Let’s Fight!! Covid-19

Gimana sih cara melawan COVID-19??

021420_ac_coronainfant_feat-1028x579

Penyebaran Virus Corona di Indonesia?

Corona (bahasa Latin : mahkota), nama ini diberikan karena bentuk virusnya menyerupai mahkota. Penyakit yang disebabkan terinfeksi SARS-CoV-2 disebut Covid-19 (Coronavirus Disease 19).

Saat ini, jumlah pasien positif virus Corona atau COVID-19 di Indonesia bertambah 107 kasus sehingga total menjadi 686 kasus. Pasien yang meninggal pun bertambah 7 sehingga menjadi 55 orang “Ini adalah angka akumulasi sejak awal kami melakukan pemeriksaan“ kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto melalui siaran langsung di Jakarta, Selasa (24/3/2020).graf 1

1 dari 686 pasien COVID-19 di Indonesia berasal dari daerah Lampung. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengatakan, penyemprotan rumah pasien yang berada di Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung itu sudah dilaksanakan pada Jumat (20/3/2020). Saat ini pasien sedang dirawat di ruang isolasi, Rumah Sakit Dr.H. Abdul Moeloek.

graf 3

 

Gimana sih cara terhindar dari Virus Corona?

Virus ini menyebar melalui cipratan (droplet) cairan pernapasan tersebut. Bukan lewat udara. Ludah memang bukan bagian dari sistem pernapasan, tetapi sangat dekat dengan sistem pernapasan bahkan “bertemu” di pangkal mulut. Oleh karena itu, upaya meminimalisir penyebaran COVID-19, pemerintah Indonesia menghimbau warganya untuk menerapkan :

  • Self distancing, sel isolation, self quarantine, dan atau lockdown. 
    Sejumlah kebijakan pemerintah saat ini, termasuk meliburkan sekolah dan menyarankan pekerja untuk bekerja dari rumah, merupakan langkah social distancing—skala lebih luas dari self distancing—sebagai upaya bersama mencegah penularan virus corona.
  • Pakai masker buat yang sedang tak enak badan,
    apalagi pernah kontak dengan pasien positif terinfeksi corona. Bagi yang sehat, masker bisa membantu di lingkungan yang tak bisa dipastikan kesterilannya, sembari pastikan juga kebersihan masker.
  • Cuci tangan secara menyeluruh
    Atau pastikan tak menggunakan tangan yang tak steril untuk mengusap mulut, hidung, dan atau mata. Karena, penyebaran dan jalur masuk virus adalah masuknya virus dalam cipratan cairan (droplet) melalui jalur pernapasan.
  • Tidak perlu juga jadi anti-sosial, tidak belanja, tidak bertegur sapa
    Kecuali bila ada riwayat kontak atau kemungkinan jalur terhubung kepada riwayat kontak. Sehingga, tak perlu juga panic buying alias borong segala rupa untuk stok.
  • Pastikan saja jarak aman tidak terkena cipratan ludah dan napas orang lain
    Lalu pastikan tak menggunakan tangan yang tak steril untuk mengusap mulut, hidung, dan mata; serta segera cuci tangan menyeluruh menggunakan air dan sabun, begitu ada kesempatan.

 

Bantu lawan Corona yuk!

Dampak yang timbulkan dari virus COVID-19 yang mewabah selain bidang kesehatan adalah bidang ekonomi. Salah satunya adalah terjadi kelangkaan hand sanitizer dan harga hand sanitizer pun kini naik. Oleh karena itu, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari Universitas Lampung (UNILA) membagikan hand sanitizer secara gratis sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat.

Pembagian dilakukan di depan Laboratorium Fisika, Senin, 23 Maret 2020. “Kalo sistem pembagian kita ada dua bentuk pembagian, yang pertama bentuk paket botol dan yang kedua bentuk refill (isi ulang). Untuk paket botol kami sebar di beberapa titik ada di lingkup Unila, Kampung Baru, Raja Basa Raya dan beberapa fasilitas kesehatan seperti puskesmas,” ujar  Afdahul Irza Khadriyan selaku koordinator kegiatan.

Menurut Regiana, salah satu masyarakat yang turut hadir untuk mendapatkan hand sanitizer, dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Dapat infonya dari Instagram. Terbantu dengan adanya kegiatan ini, soalnya susah juga cari hand sanitizer ini di supermarket pada kosong,” kata Regiana.
“Buka donasinya dari Senin lalu sampai waktu yang belum ditentukan batasnya. Donasi bisa dikirim ke rekening a.n Deni Setiawan No. Rek 0469577031 (BNI),” kata Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia, Indra Prasetyo, Rabu (18/3).

 2

 

 

Sumber:

D’Link DCS-2630L

Hello Sobaat.., mungkin diantara kalian masih ada yang bingung untuk memilih kamera CCTV yang bagus untuk mengawasi rumah, toko, atau apapun lah itu.., Udah gitu pingin kamera CCTV yang bisa memantau dari kejauhan??. Nah, mimin kasih review bin saran nih “D-Link DCS-2630L” #tattattaraaaa~ . Apa aja sih kelebihannya??, langsung aja cekidot yak..

dlink_DCS-2630L-profile
Fitur utama DCS-2630L ini adalah bidang pandangannya yang jauh lebih besar dari kebanyakan kamera CCTV lainnya yaitu sebesar 180 derajat. Fitur kamera nirkabel d-link DCS-2630L ini juga mampu memberikan Sobat kualitas video high-definition 1080p yang jernih dan detail.
Sobat dapat mengendalikan pengaturan kamera ini dengan praktis hanya melalui penggunaan aplikasi mydlink. Aplikasi serbaguna mydlink tersebut dapat Sobat unduh secara gratis melalui semua application store di semua gadget iOS, Android maupun Windows Phone.

Less Distortion Video Quality
     Optimalkan kualitas video yang Sobat ambil dengan menggunakan teknologi de-warping yang unik dan canggih. Jadi sobat nggak perlu khawatir karena teknologi ini mampu meminimalisasi distorsi atau mata ikan aneh pada tampilan video yang dihasilkan melalui tangkapan kamera.

Night Vision
DCS-2630L memiliki mode malam, dengan kisaran jarak 16 kaki ketika cahaya mulai menghilang , kamera secara otomatis akan beralih ke mode malam. Slot SD dapat digunakan untuk menangkap  hingga 7 hari rekaman, tapi sayangnya tidak ada cara untuk merekam rekaman jarak jauh pada PC, yang tampaknya menjadi pengawasan besar untuk produk ini. Jadi, agar mendapatkan yang fungsional Sobat harus hard drive khusus.

Crisp HD Video
Kamera nirkabel d-link mampu memberikan Sobat hasil gambar yang lebih jernih. Tidak seperti resolusi kamera pesaing yang biasanya 720p. DCS-2630L ini memilki kualitas video high-definition 1080p. Sobat juga dapat melihat hasil tangkapan video dengan presisi seakan melihat tampilan benda secara nyata.

d-link-dcs-2630l-review-2

Versatile mydlink App
     Sobat dapat menggunakan aplikasi mydlink untuk dapat mengendalikan performa kamera dari manapun Sobat berada. Aplikasi ini dapat Sobat gunakan untuk melihat lebih detail dengan fitur pembesar gambar pada video yang sedang terekam. Sobat juga dapat mengaktifkan fitur pendeteksi suara dan gerakan untuk mengoptimalkan pemakaian kamera ini sebagai CCTV di rumah.

Easier Setting for Your Devices
     Penggunaan kamera ini dapat diatur dengan sangat mudah dan cepat untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan Sobat. Bisa dimasukkan ke dalam mode stand-by dan automatically yang akan bangun ketika ada pemberitahuan gerakan dan tersimpan secara otomatis di kartu SD atau mengirim email peringatan.
Penempatan kameranya cukup ditaruh di tempat yang Sobat inginkan, kemudian memanfaatkan aplikasi mydlink yang dapat diunduh gratis melalui gadget iOS, Android ataupun Windows Phone Sobat. Semua pengaturan kamera d-link Sobat kini dapat disesuaikan melalui aplikasi praktis dalam genggaman.

Capture tech

Detail
– Field of view: 180 degree
– Resolution: 1080p
– Recommended usage: indoor only
– Detection alerts: sound and motion
– Audio: 2 way
– MicroSD card slot: up to 128GB
– Digital zoom: 8x
– Wireless: 802.11ac (compatible with 802.11n/g)
– Dimension: 8.5 x 8.5 x 14cm
– Weight: 0.34kg
– Power input: 5volt DC/1.2A, 50/60 Hz (power adapter)