Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL) Teknik Informatika UNILA

Kuliah Kunjungan Lapangan

(KKL)

Teknik Informatika UNILA

13116436_10154096081287822_4330851250059556681_o        Kuliah kunjungan lapangan Program Studi Teknik Informatika Universitas Lampung yang berlangsung pada hari Selasa,tangga 3 Mei 2015 bertempatan di Kantor Wilayah TELKOM Lampung berjalan dengan lancar. Kegiatan yang diikuti seluruh mahasiswa angakat 2014 Jurusan Teknik Informatika yang berjumlah 35 orang dan seorang dosen pembimbing mata kuliah Jaringan Komputer yaitu Bapak Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang TI dan Komunikasi Jaringan pada PT TELKOM Lampung.

    Acara tersebut dibuka dan dijelaskan mengenai pemaparan Topologi Jaringan yang ada pada PT TELKOM Lampung oleh Bapak Eko waluyo selaku staff bagian BGES (Busines Gues Writel Support).  Pemaparan jaringan TELKOM Lampung terbagi menjadi 2 jarinagn yaitu menggunakan jaringan kabel fiber optic atupun menggunakan jaringan sattelit yang dipasang pada gardu-gardu sinyal  yang terdapat hampir di seluruh pelosok Lampung.

DSC_1614

Gambar Bapak Eko memaparkan jaringan Topologi PT TELKOM

Pihat PT TELKOM juga menggunakan sistem yang membentuk Ring di beberapa daerah yang dapat dilalaui kaber fiber optik untuk mengantisipasi terjadinya Single Point of Failure atau kerusakan pada jaringan kabel, PT TELKOM juga memberikan rancangan-rancangan strategis lainnya dalam mengantisipasi terjadinya putusnya sinyal ataupun jaringan pada suatu daerah yang sudah diakses. Layanan yang terdapat pada PT TELKOM disebut dengan Triple Play yaitu layanan yang berupa Tv kabel, jaringan telephone dan jaringan internet.

Pada jaringan keamanan PT TELKOM sering diganggu oleh hacker mengenai VLAN . Pada bagian server sering di serang pada bagian fooding nya ( LPSE). Untuk itu PT TELKOM Lampung mengantisipasi terjadinya hacker dengan mengganti password dan login para staff dan karyawan TELKOM Lampung setiap 3 bulan sekali wajib diperbarui.

Setelah memberikan pemaparan seputar jaringan topologi dan informasi seputar jaringan PT TELKOM Lampung kami diajak untuk mengunjungi Pusat Data Center pada PT.TELKOM Lampung. pada saat di ruang data center kami diberikan beberapa penjelasan mengenai fungsi dari alat yang dipergunakan dan jenis-jenis alat yang dipergunakan. setelah itu kami diajarkan untuk melihat langsung bagaimana cara kerja tim lapangan apabila terjadi putusnya kabel jaringan dan bagaimana cara menyambungkan kabel-kabel fiber optik tersebut yang putus.

  Kemudian kami diajak menuju ruang batterai yang berguna untuk mengalirkan energi listrik agar mesin-mesin tidak mati atau berhenti menggunakan Aki kering ataupun Aki basah yang terdiri dari puluhan Aki. Batterai tersebut berfungsi sebagai powerr supplay energi listrik ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba dan mesin genset belum sempat dihidupkan, sehingga memungkinkan untuk mesin-mesin tetap bekerja dan tidak kehlangan sumber energinya.

  Pada kegiatan ini mahasiswa sangat antusias dan merasa senang karna adanya kegiatan ini, minat mahasiswa juga menjadi lebih terpacu untuk semakin ingin tau dan menambah wawasan mahasiswa mengenai jaringan topologi salah satunya pada PT TELKOM Lampung ini. kegiatan yang berlangsung mulai pukul 13.30 hingga 15.30 WIB ini berjalan dengan lancar dan memberikan banyak sekali ilmu yang berharga bagi para mahasiswa.

Read More

Teknik Informatika Unila 2014

TI 2

          Unila merupakan salah satu perguruan tinggi negri yang ada di Indonesia tepatnya berada di Provinsi Lampung. Mendengar namanya pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa unila merupakan universitas favorit di wilayah lampung dengan minat yang cukup tinggi. Unila sendiri di bangun pada tahun 1959 dengan membangun Fakultas Ekonomi Hukum Sosial dan pada tahun 1991 Fakultas Teknik resmi di buka.

Fakultas Teknik sendiri pada tahun 2015 ini memiliki 8 jurusan untuk program Sarjana yaitu :

1. Teknik Sipil

  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Sipil

2. Teknik Elektro

  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Elektro
  • Program Non Reguler Teknik Elektro

3. Teknik Mesin

  • Program Sarjana Teknik Jurusan teknik Mesin

4. Teknik Kimia

  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Kimia

5. Teknik Geofisika

  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Kimia

6. Teknik Informatika

  • Program Sarjana Teknik Informatika

7. Teknik Arsitektur

  • Program Sarjana Teknik Arsitektur

8. Teknik Geodesi

  • Program Sarjana Teknik Geodesi

 

Teknik Informatika UNILA sendiri baru di buka pada tahun 2014 hanya dengan melalui 1 jalur yaitu jalur Ujian Masuk Lokal UNILA (UML UNILA).UML. Pada tahun 2014 ini Jurusan Teknik Informatika memiliki jumlah 38 mahasiswa yang terdiri dari 13 mahasiswi dan 25 mahasiswa yang merupakan angkatan pertama Jurusan Teknik Informatika dengan ketua Jurusan yaitu Dr.Eng. Mardiana, S.T., M.T. Berikut ini merupakan tabel kurikulum Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Lampung :

No Nama Mata Kuliah (MK) SKS
SEMESTER I
1 Pendidikan Agama 3
2 Bahasa Indonesia 3
3 Bahasa Inggris 3
4 Kalkulus 1 3
5 Fisika Dasar 2
6 Probabilitas dan Statistika 2
7 Pengenalan Teknologi Informasi 2
8 Algoritma dan Pemrograman 1 3
Jumlah SKS 21
SEMESTER II
1 Pendidikan Kewarganegaraan 3
2 Bahasa Inggris Teknik 2
3 Kalkulus 2 3
4 Dasar Elektronika 3
5 Metode Numerik 3
6 Sistem Informasi 2
7 Algoritma dan Pemrograman 2 3
8 Praktikum Fisika Dasar * 1
9 Praktikum Algoritma dan Pemrograman 1 * 1
Jumlah SKS 21

 

TI 1

Padasaat ini kami mahasiswa TI sedang menjalani kuliah semester 2 dengan jumlah 21 SKS dengan total jumlah SKS pada 2 semester ini yaitu 42 SKS. Beberapa mata kuliah merupakan mata kuliah mengenai dasar pemprograman. Pada mata kuliah Algoritma dan Pemprograman kami belajar mengenai bahasa C dengan menggunakan applikasi Dev C++, sedangkan pada praktikum ADP kami belajar bahasa pemprograman dengan menggunakan PYTHON dan Notepad++. Kedua mata kuliah tersebut memang sama yaitu membahas tentang eksekusi program dan bagaimana membuat program namun hanya dengan sedikit aturan yang berbeda. Masih banyak lagi pelajaran yang di dapat dari setiap mata kuliah, yang pasti kuliah di TI itu asik , seru, banyak dapetin pengetahuan” mengenai informasi teknologi.

 

Mungkin sekian post hari ini mengenai info seputar TI UNILA 2014. See you next time!! :D :D

Read More