Pengantar TI: Jurnal Perkuliahan 6

Komponen Komputer (Computing component)

Komponen komputer meliputi casing (inside the case), processor (cpu), cloud computing, data representation, memory, adaptor, buses, powersupply and batteries.
Casing (inside the case)

Casing komputer atau selubung komputer adalah tempat yang berisi sebagian besar komponen dari sebuah komputer. Kasing biasanya dibuat dari baja atau Aluminium.

Casing biasanya digunakan untuk melindungi perangkat keras komputer dari kerusakan yang disebabkan faktor dari luar.

processor

Processor atau CPU merupakan otak komputer yang berfungsi untuk menjalankan/menginstruksi seluruh operasi yang berjalan pada komputer. Processor memiliki 3 komponen yaitu control unit, aritmatics logical unit, dan register unit.

Processor memiliki kecepatan clock yang biasanya disebut juga Giga Hertz atau Mega Hertz. Semakin besar kecepatan yang terdapat pada processor maka akan semakin baik pula jenisnya.

cloud computing

Cloud computing adalah sistem dimana suatu data disimpan di internet, karena memang harus terhubung dengan internet. Cloud computing biasanya digunakan untuk menyimpan data-data yang dianggap penting agar tidak hilang. Data yang tersimpan pada cloud computing biasanya akan otomatis tersimpan pada database, server, dll.

data representation

Biasanya menggunakan digit unik (boolean) yaitu 1 dan 0. Representasi data merupakan cara dimana suatu data disimpan di komputer, tipe datanya terbagi menjadi dua yaitu bertanda (signed) dan tidak bertanda (unsigned).

memory

Memori merupakan tempat semua data yang berada pada komputer disimpan. Memori pada komputer khususnya berjenis PC dibagi menjadi dua jenis, yaitu RAM, ROM, SSD, Memory cache, dan lain-lain.

RAM (Random Access Memory) merupakan penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

ROM (Read Only Memory) dimana tempat data yang disimpan bersifat permanen dan tidak mudah hilang.

SSD (Solid state drive) berfungsi sebagai penyimpan sekunder pada komputer, biasanya SSD digunakan pada perangkat komputer berjenis PC atau Desktop.

 ADAPTERS

Merupakan komponen yang digunakan untuk konektivitas yang terhubung dengan komputer, dimana biasanya menjadi jalan-jalan yang terdapat pada komputer. Terdapat beberapa jenis adapter, misalnya USB dan PCI Express dimana PCI Express sendiri terhubung pada motherboard komputer.

BUSES

Buses atau sistem bus digunakan oleh sistem komputer yang menghubungkan semua komponennya untuk menjalani tugasnya masing-masing. Banyaknya Buses tergantung pada jenis komputer yang dipakai, biasanya bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan ke bus yang memiliki kecepatan lebih tinggi.

power supply & batteries

Power supply merupakan suatu tempat dimana komputer menggunakannya untuk menjalani tugasnya. Power supply dapat merubah listrik AC menjadi DC. Baterai masuk kedalam power suplai karena baterai memberikan energi pada komputer saat digunakan.

sumber referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Kasing_komputer

https://en.wikipedia.org/wiki/Computer_hardware

https://www.asani.co.id/blog/pengertian-prosesor-dan-cara-kerja

https://www.investopedia.com/terms/c/cloud-computing.asp#what-is-cloud-computing

http://sangerengdewaraja.blogspot.com/2016/10/representasi-data.html

Jurnal Perkuliahan ke-5

ARTIKEL ILMIAH

depositphotos_72123213-stock-photo-womans-hand-writing-on-paper

Artikel ilmiah adalah suatu karya tulis ilmiah yang telah diuji melalui berbagai percobaan dan disusun menggunakan metodelogi ilmiah yang berdasarkan fakta tanpa adanya kebohongan data.

Menurut KBBI, artikel merupakan suatu karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya. Sedangkan ilmiah, maksudnya adalah ilmu pengetahuan; memenuhi syarat atau kaidah ilmu pengetahuan.
Ciri-ciri Artikel Ilmiah

Terdapat berbagai ciri-ciri didalam artikel ilmiah diantaranya sebagi berikut.

Bahasa Formal
Artikel ilmiah memiliki gaya bahasa yang formal sehingga hanya fokus ke dalam ilmu saja dan tidak ada gaya bahasa yang santai.\
Kritis
Karena biasanya digunakan sebagai tempat menyampaikan kritik timbal balik terhadap sesuatu yang dipersoalkan.
Rasional
Berarti dapat diterima oleh pembaca dan dapat dipertanggung jawabkan.
Objektif
Artinya isi artikel ilmiah hanya dapat dikembangkan dari keadaan yang secara aktual dan benar-benar sesuai terhadap fakta lapangan yang ada.
Reserved
Benar adanya (jujur), lugas dan tidak menyertakan masalah pribadi dan kepentingan tertentu.
Sumber Referensi
Sumber referensi dari sumber yang jelas dan benar kepastiannya.

Jenis-jenis artikel ilmiah

Terdapat berbagai jenis artikel ilmiah diantaranya sebagai berikut.

Artikel ilmiah, merupakan tulisan yang berisi tentang opini dari penulisnya, yang didasarkan pada suatu peristiwa.
Makalah, merupakan sebuah karya tulis yang isinya mengulas mengenai data di lapangan yang sifatnya empiris.
Tesis, memiliki pengertian sebagai sebuah karya ilmiah yang di dalamnya menguak suatu pengetahuan baru secara empiris sekaligus teoritis.
Skripsi,  memiliki definisi sebagai karya ilmiah yang ditulis berdasarkan penelitian yang memiliki ruang lingkup lebih kecil.
Disertasi, merupakan karya tulis yang disusun dari temuan original dari penulis melalui kegiatan penelitian.
Paper, merupakan karya ilmiah namun penyusunan data dan fakta didalamnya tidak terikat oleh bab dan sub bab.
Kertas Kerja, mirip dengan makalah, namun isinya memaparkan suatu hal melalui analisis yang lebih mendalam.

Struktur artikel ilmiah
  1. Judul
  2. Informasi Penulis
  3. Abstrak
  4. Kata Kunci
  5. Pendahuluan
  6. Metode Penelitian
  7. Hasil Penelitian
  8. Kesimpulan
  9. Daftar Pustaka
Tahapan penulisan artikel ilmiah
  1. Menentukan tema
  2. Membuat kerangka penelitian
  3. Mengumpulkan Bahan
  4. Survei Lapangan
  5. Membangun Bibliografi
  6. Menyusun Hipotesis
  7. Menyusun Rancangan Penelitian
  8. Melaksanakan Percobaan Berdasakan Metode yang Digunakan
  9. Mengumpulkan Data
  10. Menganilisis Data
  11. Merumuskan Kesimpulan/Teori
referensi

Awwabin, Salma. 2021. “Jenis Karya Ilmiah yang Wajib Diketahui agar Tidak Salah Persepsi”, https://www.duniadosen.com/jenis-karya-ilmiah/, diakses pada 9 Oktober 2021 pukul 11.58.

deepublish. 2021. “11 Langkah-Langkah Menulis Karya Ilmiah yang Efektif”, https://penerbitdeepublish.com/langkah-menulis-karya-ilmiah/#1_Menentukan_Tema_atau_Topik_Penelitian, diakses pada 9 Oktober 2021 pukul 12.47.

Hidayat, Chandra. “Pengertian Artikel Ilmiah: Ciri, Struktur, dan 6 Manfaatnya Untuk Studi”, https://ranahresearch.com/pengertian-artikel-ilmiah/#Ciri-Ciri_Artikel_Ilmiah, diakses pada 9 Oktober 2021 pukul 13.15.

Jurnal Perkuliahan ke-4

Big Data

Big data, adalah istilah umum untuk segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional belaka.
Terdapat 3 unsur utama pada Big Data

3Vs-in-Big-Data-Volume-refers-to-the-amount-of-all-types-so-if-the-data-generated-from

  • Volume, merupakan data yang superbesar yang mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk transaksi bisnis, perangkat pintar (IoT), peralatan industri, video, media sosial dan banyak lagi.
  • Variety, merupakan jenis data yang beragam yang berstruktur, tak berstuktur, maupun setengah struktur.
  • Velocity, merupakan frekuensi munculnya data dan frekuensi perubahan data (dalam satuan diatas puluhan transaksi perdetik) contohnya OLTP.
sumber-sumber big data Media
  1. Media
  2. Sosial Media,
  3. Cloud,
  4. Website,
  5. IoT
  6. Network stream Monitoring
  7. Database
  8. Communication data
contoh penggunaan big data
  1. Search Engine, sepertinya yang telah diketahui search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
  2. AI, adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah yang didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.
  3. Chat Bot, merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks.
  4. AI, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.
manfaat lainnya

big data

  1. Kesehatan
  2. Pendidikan
  3. Pembuat Keputusan
  4. Mesin Pencari
  5. Harga Optimal
  6. Inovasi yang hebat

Big Data for Agriculture

Big data sangat bermanfaat bagi smart farming, karena untuk memudahkan para petani dalam menganalisis suatu permasalahan yang muncul. Big Data diharapkan dapat menyebabkan pergeseran besar dalam peran dan relasi kekuasaan di antara pemain tradisional dan non-tradisional.

Dengan dimekian big data nantinya dapat melakukan analasis dan pengambilan keputusan yang terbaik dan menguntungkan agar hasil pertanian menjadi lebih meningkat dan optimal.

 

 

 

Jurnal Perkuliahan ke-3

AI for Algiculture

teknologi-ai-pengaruhi-kehidupan-manusia-di-masa-depan-Aom1juCHOE

Secara singkat AI itu apasih?
Kecerdasan buatan ( AI ) adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin , sebagai lawan dari kecerdasan alami yang ditampilkan oleh manusia atau hewan.

Hubungannya AI dengan Algiculture ?

Proses Pertanian

prosespertanian
A. Pengolahan Lahan

Pengolahan tanah adalah proses di mana tanah digemburkan dan dilembekkan, bertujuan agar lahan dapat ditanam dengan baik.

B. Pembibitan

Para petani menyiapkan bibit yang ditanam, dengan kualitas tertentu tergantung target pasar, bibit yang disiapkan adalah bibit yang sudah siap tanam.

c. Penanaman

Proses ini merupakan proses dimana lahan dan bibit sudah siap dan tinggal menanam dengan media tanam yang telah disiapkan.

d. perawatan

Bibit yang telah ditanam dirawat dengan baik, agar terhindar dari hama dan supaya tanaman dapat tumbuh dengan sempuna sempurna yang dapat meningkatkan harga jual dan kualitas tanaman.

e. pemanenan

Tanaman yang sudah siap, tinggal menunggu proses pemanenan berlangsung, proses pemanenan dapat dikerjakan oleh manusia maupun mesin yang telah diprogram.

f. penjualan

Tanaman yang telah ditanam disortir untuk menentukan kualitas pada tanaman, guna meningkatkan keuntungan. Tanaman-tanaman yang telah disortir selanjutkan dijual ke pasar, pengepul, dan lain-lain.

 AGROINDUSTRI

Tempat_penyimpanan_hasil_panen_berupa_biji-bijian

Indonesia merupakan negeri yang menghasilkan banyak komoditas rempah-rempah, karena sumber daya alam yang begitu kaya. Rempah merupakan komoditas terbesar ke-4 terbesar di Indonesia setelah perudangan, ikan, dan kopi. Agroindustri itu sendiri dapat meningkatkan nilai jual, kualitas, dengan menerapkan perencanaan, perancangan, dan evaluasi.

Agroindustri pada Era Revolusi Industri 4.0

Ilustrasi

Di pertanian itu sendiri, terdapat 4 teknologi yang dapat menunjang Agroindustri.

a. Internet of things (iot)

Secara garis besar, Internet of Things atau IoT adalah teknologi komunikasi antar mesin dengan menggunakan koneksi internet. Bentuk komunikasi pintar ini juga disebut Machine-to-Machine (M2M) dengan manusia sebagai pengelola dan penggunanya.

B. Artificial Intelligence (AI)

Seperti yang telah dijelaskan di awal artikel ini, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas, melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan komputer.

c. Human Machine Interface (HMI)

(HMI) Human Machine Interface adalah suatu sistem yang menghubungkan antara manusia dan teknologi mesin. Sistem HMI sebenarnya sudah cukup popular di kalangan industri. HMI pada umumnya berupa pengendali dan visualisasi status melalui visualisasi komputer yang bersifat real time, sehingga manusia dapat melakukan pemantauan pada proses-proses pertanian.

D. Robotik dengan Pengendali Jarak Jauh

Teknologi robotik ini sudah banyak digunakan untuk membantu kegiatan di industri pertanian. Teknologi robotik yang banyak digunakan pada saat ini adalah teknologi Drone. Contohnya teknologi drone atau pesawat tanpa awak yang digunakan untuk melakukan pemetaan lahan atau yang melakukan penyiraman pada lahan pertanian.

Pertemuan ke-4: Industri Pertanian

Penerapan Teknologi IoT pada Tanaman Hidroponik menggunakan Arduino dan Blynk Android

Pada sistemhidroponik, aspek terpenting yang harus diperhatikan adalah pengelolaan nutrisi, dimana pengukurannya berdasar pada EC (Electro Conductivity) dan pH.EC (Electro Conductivity) terkait erat dengan aliran listrik di dalam air, untuk pengukurannya menggunakan TDS/EC meter. Dimana setiap tanaman, membutuhkan larutan dengan nilai EC yang berbeda.

Internet of Things adalah konsep yang muncul dimana semua alat dan layanan terhubung satu dengan yang laindengan mengumpulkan, bertukar dan memproses data untuk beradaptasi secara dinamis.

Screenshot 2021-09-17 144906Untuk pengujian,dilakukan dengan melakukan pengujian melalui angket accessibility (kemudahan infrastruktur agar monitoring sistem hidrponik dapat dilakukan), experience (kemudahan penggunaan monitoring sistem hidroponik), marketing (daya jual sistem hidroponik), dan technology (kesiapan dalam segi teknologi pada sistem hidroponik).

Implementasi Blynk Android pada tanaman hidroponik dilakukan dengan membuat, merakit, dan memprogram masing-masing komponen, lalu menyatukannya menjadi satu sistem yang terintegrasi. Komponen yang dimaksud, secara garis besar adalah sebagai berikut:
a. Sistem hidroponik
b. Arduino Uno
c. Sensor temperaturdan kelembapan (DHT11)
d. Sensor intensitas air(Flow Sensor YF-S201)
e. Blynk android

Cara pengujian adalah dengan menguji kesesuaian modul yang terpasang dengan fungsi modul tersebut.DHT11 merupakan sensor untuk temperatur dan kelembapan, dimana pengujian dilakukan dengan pembacaan modul sensor DHT11 yang terhubung dengan Arduino dan ditampilkan pada LCD.

Selain pengujian teknis, juga dilakukan pengujian melalui angket accessibility (kemudahan infrastruktur agar monitoring sistem hidrponik dapat dilakukan), experience (kemudahan penggunaan monitoring sistem hidroponik), marketing (daya jual sistem hidroponik), dan technology (kesiapan dalam segi teknologi pada sistem hidroponik).

Note:
Ternyata IoT bisa diterapkan pada hampir semua bidang, karena kemajuan teknologi terus berkembang paling tidak kita harus terlibat didalam kemajuan teknologi tersebut.

Daftar Pustaka:
Ciptadi, Prahenusa W. & Hardyanto R.H. 2018, “Penerapan Teknologi IoT pada Tanaman Hidroponik menggunakan Arduino dan Blynk Android”, Jurnal Dinamika Informatika, 7(2), 29-40. 

Rangkuman Materi 3

Assalamu’alaikum wr. wb.

Apa kabarnya? hari ini saya akan menjelaskan, apa sih yang dimaksud dengan “Proses Pertanian.”

Pertama dulu deh, apa sih Pertanian itu? Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Jenis Pertanian

Terdapat beberapa jenis pertanian, yaitu;

  1. SawahsawahSawah, terbagi menjadi dua jenis berdasarkan proses pengairannya yaitu, Sawah Irigasi dan Sawah Non Irigasi. Sawah Irigasi terbagi lagi menjadi dua macam yaitu, sumber air alami dan sumber air non alami (rekayasa).
    Sawah irigasi, merupakan sawah yang sistem pengairan airnya dilakukan secara buatan. Sedangakan, sawah non irigasi, merupakan sawah yang sistem pengairannya bergantung pada alam. Sawah non irigasi ini bergantung pada cuaca.
  2. Ladang688314126Ladang adalah lahan kering yang ditanami tanaman semusim atau tahunan dan terpisah dengan halaman sekitar rumah serta penggunaannya tidak berpindah-pindah.
  3. Tegalan2f1c04033f77eab67e3895d761e1636dTegalan, merupakan lahan kering, berbeda dengan ladang, tegalan digarap di daerah dataran tinggi khususnya pegunungan.
  4. Kebundownload (2)Terdapat dua jenis kebun yaitu, kebun yang ditanam di lahan terbatas dan kebun yang ditanam di lahan yang luas.

Selain hal-hal diatas terdapat juga jenis lainnya seperti peternakan dan perikanan.

Proses dalam Pertanian

Terdapat beberapa jenis proses dalam pertanian, diantara sebagai berikut.

  1. Pengolahan Lahanpenggaruan-758x400Pengolahan lahan adalah tahap pertama yang dilakukan,  yang di mana tanah digemburkan dan dilembekkan dengan menggunakan bajak ataupun garu yang ditarik dengan berbagai sumber tenaga, seperti tenaga manusia, tenaga hewan, dan mesin pertanian.
  2. Penyiapan Budidaya bibit-tanamanProses ini terjadi dimana para petani menyiapkan bibit yang akan dibudidayakan, khususnya pada bidang pertanian yang akan ditanam.
  3. PemanenanAgriculture_in_Volgograd_Oblast_002Saat proses ini, para petani menanen hasil dari pertanian mereka menggunakan beberapa cara. Ada yang menggunakan cara konvensional maupun IOT.
  4. Pemasaran ant-inflasi-sayur-pasar-mtb3Pada kali ini, petani akan menjual hasil mereka ke pasar. Peran IOT dalam pemasaran sangat penting karena dapat menimbulkan kesepakatan saling menguntungkan antara petani dan pembeli.
    Dengan adanya IOT, diharapkan angka mafia pasar dapat turun dan harga barang sembako dapat terjaga diangka stabil.

Kesimpulan, peran IOT dalam proses pertanian sangat membantu disemua tahap pertanian. Dengan adanya IOT kita dapat mudah melakukan hal sesuatu karena saling terhubung dengan dunia luar.6986d2ca-c3c8-4715-94b8-cc84f7e12717

Sekian, penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat saya akhiri. Wassalamu’alaikum wr. wb.

MATERI PERTEMUAN KE-2 INDUSTRI PERTANIAN

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Selamat pagi, izin memperkenalkan diri;
Nama : Winaldi Putra Jaya
NPM : 2115061010
Kelas : TI B

Pada mata kuliah Industri Pertanian tanggal 2 September 2021 membahas 2 topik, yaitu;
Penerapan Teknologi Informasi Melalui Pertanian Presisi Peningkatan Produksi Tanaman

Apa sih yang dimaksud pertanian presisi (precision algiculture) itu?

download2

Pertanian presisi (precision agriculture) merupakan sistem pertanian modern saat ini yang dapat menjadi keyword dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Sistem pertanian presisi dianggap sebagai solusi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jadi apa aja sih bidang IT yang bisa diterapin disini?

Yaps, IOT dengan itu kita dapat mempermudah melakukan pekerjaan, dan dijabarkan sebagai berikut;

281218-1

  1. Pengolahan Lahan, dengan IOT kita jadi bisa banyak tau hal-hal apa saja yang dapat dilakukan oleh kita. Mengapa??? Karena, dengan adanya program yang mampu memecahkan masalah berupa pengolahan lahan, hal ini dapat membantu para petani untuk mempermudah pekerjaan.
  2. Monitoring, IOT juga dapat membantu proses monitoring suatu pertanian. Misal dengan penggunaan drone, dengan adanya drone para petani bisa tahu adanya suatu masalah pada pertanian tersebut.
  3. Pemasaran, hal ini sangat berguna baik para petani, maupun para pembeli untuk menghasilkan harga terbaik dikedua belah pihak. Dengan adanya IOT para petani dan pembeli jadi tahu, harga pasar yang seharusnya. Yang menyebabkan tidak terjadinya kemahalan suatu barang pokok.
  4. Aplikasi Pertanian, aplikasi membantu petani, investor, dan pembeli. Untuk memudahkan mereka memasarkan suatu produk, menanam investasi, meminjam modal dan lain sebagainya. Dengan adanya aplikasi waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh informasi akan menjadi lebih singkat, dibandingkan cara konvensional biasa

 

 Rekayasa e-Aquaculture untuk Otomasi Monitoring Tambak Udang

images

Provinsi Lampung merupakan daerah penghasil udang dan sebagian besar hasil udang tersebut di ekspor ke luar negri. Lampung juga merupakan provinsi pensuplly Benih udang vename nomer satu nasional dengan sebesar 37,84%.

Permasalahan

Tambak udang di Lampung masih menggunakan cara-cara tradisional meskipun sebagian sudah dilakukan secara intensif. Tembak udang dimana kontrol terhadap kualitas tembak itu sendiri dilakukan secara manual dan berkala.
Hal ini mengakibatkan seringnya penurunan kualitas air telambat diketahui, kualitas air yang buruk dapat menimbulkan resiko terkena penyakit white feces pada udang, yang menyebabkab kerugian.

Solusi

tambak-udang

Dengan perkembangan zaman, manusia semakin menemukan solusi terbaik, salah satunya adalah Internet of Things (IOT).
Beberapa perangkat IOT seperti sensor dan mini computer di pasang ditiap kolam melakukan akuisisi data. Data tersebut dikirim ke master board untuk diterukan ke database.