(KKL) Kuliah Kerja Lapangan ke PT.Telkomsel

 

 

Pada tanggal 17 July 2017 tepatnya hari Senin, Program Study Teknik Informatika melakukan Kuliah Kerja Lapangan di salah satu brand terkenal di Indonesia yaitu “Telkomsel” yang letaknya berada di  Pahoman, Bandar Lampung. Kami berangkat dan berkumpul di tempat tujuan pada pukul 09.30 WIB dikarena kegiatan KKL (Kuliah Kerja Lapangan ) telah dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB . Setelah kami sampai disana, karyawan dari PT.TELKOMSEL menyambut kami dengan hangat dan mempersilakan kami untuk berkumpul di ruang meeting karna akan diadakan pembukaan kegiatan KKL dan penyambutan serta presentasi dari pihak PT.TELKOMSEL.

Oke, Setelah melewati acara pembukaan ,penyambutan, serta presentasi dari pihak PT.Telkomsel , kami mahasiswa Teknik Informatika Universitas Lampung dibagi menjadi 3 kelompok , tujuannya dalam pengunjungan ruangan suasana dapat terkondisikan sehingga kami dapat lebih fokus dalam mempelajari apa yang ada disana. Pada saat itu kebetulan saya Mendapat No. kelompok 2 , dan akhirnya kunjungan kami kedalam ruangan ruangan yang ditunggu pun dimulai.

Pertama rombongan dari kelompok kami diarahkan menuju lantai 2, dimana pada lantai ini terdapat sebuah ruangan yang didalamya terdapat banyak sekali mesin mesin yang selalu beroperasi 24jam didalam sana, oleh karena itu suhu diruangan pun diatur dibawah rata rata pada umumya sehingga dingin dari ac tersebut dapat meredam panas dari semua mesin yang beroperasi selama 24 jam non stop. Yang menarik dari ruangan ini ialah semua koneksi telepon dan sms serta data internet di Lampung akan melalui atau tertuju pada ruangan ini terlebih dahulu dan selanjutnya akan diarahkan ke pusat , terkhusus operator Telkomsel . Kami juga diberi informasi bahwa apabila terjadi lonjakan user pada suatu tempat secara tinggi, maka biasanya operator Telkomsel akan mengirimkan mobil yang digunakan sebagai tambahan akses agar tidak terjadi limit  atau overload pada BTS di daerahya.

Oke lanjut pada ruangan kedua, yaitu pada lantai dasar, dimana lantai ini memuat semua informasi dari BTS atau tower pemancar yang terpasang di area Lampung, serta tempat tempat yang menggunakan akses data internet. Pada lantai ini lebih difokuskan sebagai tempat monitoring dimana apabila terjadi kerusakan maka akan terdeteksi dan segera dilaporakan untuk dicheck kondisi nya seperti apa. PT.Telkomsel sendiri lebih memfokuskan pada pelayanan sehingga dapat memberikan kesan yang maksimal dan tidak sama sekali mengecewakan pelanggan.

Kemudian rombongan kami berlanjut pada ruangan yang ketiga, dimana ini terdapat pada lantai tiga, pada ruangan ini terdapat mesin mesin yang sama dengan lantai dua tadi, namun di lantai ini juga terdapat mesin mesin model lama yang masi digunakan dan ada juga yang sudah tidak digunakan. Diruangan ini saya kira suhunya lebih dingin dari yang ruangan lantai dua tadi. Di PT.Telkomsel ini semua peralatan yang mendukung performa pelayanan di bekali oleh baterai cadangan, yang nantinya apabila terjadi seperti power down atau mati lampu,semua peralatan akan langsung terbackup powernya yang nantinya akan di supply oleh genset yang ada disana, sehingga tidak mengecewakan pelanggan. dan apabila terjadi hal ha kerusakan yang tidak teduga maka nantinya mesin mesin ini dapat di alih koneksikan pada mesin mesin terdekat contohnya pada daerah Palembang yang dapat menampung user dari Lampung apabila terjadi kerusakan mesin pada daerha di Lampung.

Oke semua rungan yang tadi ditunggu tunggu telah k

ami

 

 

 

kunjungi selanjutnya kami diajak karyawan PT.Telkomsel untuk naik ke atap dimana di atap terdapat  Tower BTS , dan diakhir kami diajak foto bersama sama oleh karyawan PT.Telkomsel.

visitasi_170717_0061

visitasi_170717_0056