OOP (Object Oriented Programming)

Deskripsi Object Oriented Programming

Object Oriented Programming atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Pemrograman Berbasis Objek adalah  paradigma atau cara pemrograman yang memungkinkan pengguna untuk membuat program dengan cara memandang program tersebut sebagai kumpulan objek yang berinteraksi satu sama lain.. Fungsi utama dari adanya OOP adalah mempermudah pengembangan program kedepannya. Dengan menggunakan OOP kita bisa meminimalisir bug program dan membuat script coding bisa tertata lebih rapi. Selain itu OOP dipilih karena bisa memangkas waktu pembuatan program yang lebih cepat daripada menggunakan cara lama. Untuk urusan maintenance dan pengembangan, OOP lebih mudah karena programnya tertata lebih rapi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa konsep penting dalam yang perlu diketahui dalam Object Oriented Programming.

  • Class dan Objek

Class adalah sebuah blueprint yang mendefinisikan karakteristik dan perilaku objek, dan objek dibuat dari class tersebut. Objek adalah sebuah instansi dari class yang merepresentasikan objek di dunia nyata. Objek memiliki karakteristik dan perilaku yang didefinisikan oleh atribut dan method dalam class.

Dengan menggunakan class dan objek, program dapat dibagi menjadi unit-unit yang lebih kecil dan terorganisir, serta objek-objek dapat saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Konsep class dan objek sangat penting dalam OOP karena memungkinkan pengembangan program yang lebih mudah.

  • Enkapsulasi

Enkapsulasi adalah konsep dalam OOP di mana data atau informasi dalam suatu objek hanya dapat diakses dan dimanipulasi melalui interface atau metode publik yang didefinisikan dalam class tersebut. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan dan integritas data, serta memisahkan antara data dan perilaku dalam suatu objek. Enkapsulasi membantu dalam mengorganisir dan memperbaiki kode, serta membuat kode lebih mudah dipahami dan dipelihara. Objek saling terpisah dan berkomunikasi dengan menggunakan fungsi, jika mempertahankan seperti ini dalam jangka waktu lama akan sulit dilakukan.

  • Abstract class dan interface

Abstract class dan interface adalah konsep penting dalam OOP. Abstract class tidak bisa di-instansiasi dan hanya digunakan sebagai dasar untuk membuat objek lain. Abstract class memiliki satu atau lebih method abstrak yang harus di-override oleh subclass. Interface, di sisi lain, adalah kumpulan method tanpa implementasi yang harus diimplementasikan oleh class yang mengimplementasikan interface tersebut. Kedua konsep ini memungkinkan untuk membuat blueprint atau kerangka kerja dari objek, sehingga memudahkan dalam pengembangan program.

  • Polymorphism

Polymorphism adalah konsep dalam PBO yang memungkinkan objek untuk memiliki banyak bentuk atau tampilan. Ini terdiri dari dua bagian, yaitu overriding dan overloading. Overriding terjadi ketika subclass menimpa method yang ada di superclass dengan implementasi yang berbeda, sedangkan overloading terjadi ketika method dengan nama yang sama memiliki parameter yang berbeda.

Coupling Dan Cohesion Pada Object Oriented Programming

Coupling merujuk pada tingkat ketergantungan antara dua kelas. Semakin tinggi tingkat ketergantungan antara kelas-kelas, semakin kuat coupling antara kelas-kelas tersebut. Coupling yang tinggi dapat menyebabkan masalah saat melakukan perubahan pada suatu kelas, karena perubahan tersebut dapat mempengaruhi kelas-kelas yang terkait.

Cohesion merujuk pada tingkat konsistensi dan kesatuan antara anggota-anggota dalam sebuah kelas. Semakin tinggi tingkat cohesion suatu kelas, semakin terfokus dan terorganisir anggota-anggota dalam kelas tersebut. Hal ini memudahkan pemeliharaan dan pengembangan program.

Private, Protectea, Dan Public Access Modifier Dalam Object Oriented Programming

Access modifier adalah konsep dalam Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) yang digunakan untuk mengatur tingkat aksesibilitas anggota suatu kelas, seperti atribut atau method. Ada tiga jenis access modifier yaitu private, protected, dan public.

  • Private hanya dapat diakses di dalam kelas yang sama.
  • Protected dapat diakses di dalam kelas yang sama, kelas-kelas turunannya, dan kelas-kelas dalam package yang sama.
  • Public dapat diakses secara langsung dari mana saja.

Pemilihan access modifier yang tepat dapat membantu dalam memastikan keamanan dan integritas data, serta meningkatkan struktur dan organisasi kode dalam program.

Framework Frontend Website dan Contoh Penerapannya

Framework Frontend Website

Framework Frontend Website adalah seperangkat alat dan struktur yang digunakan untuk membangun antarmuka pengguna (UI) dalam pengembangan web. Dalam pengembangan website, framework ini memainkan peran penting dalam mempercepat proses pembangunan, mengurangi kerumitan dan meningkatkan produktivitas pengembang. Framework frontend website menawarkan berbagai komponen UI dan kode yang dapat digunakan kembali sehingga pengembang tidak perlu membuat ulang komponen-komponen tersebut dari awal.

Framework frontend website juga memungkinkan pengembang untuk membuat tampilan website yang responsif dan estetis dengan mudah. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh framework ini meliputi animasi, efek hover, dan navigasi yang mudah digunakan. Pengembang web dapat menghemat waktu dan upaya dalam membangun antarmuka pengguna yang menarik dan responsif, sehingga dapat memfokuskan energi mereka pada pengembangan fitur dan fungsionalitas yang lebih penting. Namun, pengembang web harus memilih framework yang tepat untuk proyek mereka dan memahami cara kerja dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh framework.

Beberapa contoh framework frontend website yang populer :

Bulma

Picture1Bulma adalah sebuah framework CSS open source yang digunakan untuk membangun tampilan dan layout web dengan cepat dan mudah.  Bulma menyediakan banyak kelas CSS untuk membangun layout, warna, typography, border, dan lain-lain. Pengembang dapat menggabungkan kelas-kelas CSS yang ada untuk membuat tampilan web yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Bulma juga mendukung pemrograman responsif, yang memungkinkan pengembang untuk membuat tampilan web yang responsif pada berbagai ukuran layar. Bulma memiliki dokumentasi yang lengkap dan mudah dipahami, sehingga pengembang dapat dengan mudah mempelajari dan menggunakannya. Bulma juga memiliki komunitas yang aktif dan banyak plugin yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi.

Salah satu fitur unggulan Bulma adalah fleksibilitasnya yang memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan tampilan web sesuai dengan kebutuhan aplikasi dengan mudah, tanpa perlu menulis kode CSS tambahan. Selain itu, Bulma juga memiliki tampilan yang estetis dan modern.

ReactJS

Picture2React JS adalah sebuah framework berbasis bahasa JavaScript yang fokus pada pengembangan antarmuka pengguna (user interface) pada aplikasi web. Framework ini membantu pengembang untuk membuat komponen UI yang dapat di-update secara efisien dan responsif terhadap perubahan data pada aplikasi.

Salah satu kelebihan utama dari React adalah Virtual DOM (Document Object Model). Virtual DOM adalah struktur data yang merepresentasikan struktur HTML DOM dari aplikasi React. Ketika terjadi perubahan data pada aplikasi, React membandingkan Virtual DOM dengan DOM aktual, kemudian melakukan update pada DOM yang diperlukan. Proses ini membuat pengembangan aplikasi React lebih cepat dan efisien, terutama untuk aplikasi yang memiliki banyak interaksi dan perubahan data.

VueJS

Picture3Vue.js adalah sebuah framework JavaScript open-source yang dirancang untuk memudahkan pengembangan aplikasi web interaktif dengan menggunakan pola arsitektur Model-View-ViewModel (MVVM). Vue.js didesain untuk memudahkan pengembang untuk membangun antarmuka pengguna yang responsif , dengan fokus pada fleksibilitas dan kecepatan.

Selain itu, Vue.js juga memungkinkan pengembang untuk memisahkan antara kode tampilan dan kode logika bisnis dengan adanya konsep komponen. Vue.js juga memiliki dukungan dari komunitas pengembang yang aktif dan tersedia banyak plugin dan library yang dapat membantu dalam pengembangan, seperti Vuex untuk mengelola state aplikasi dengan mudah. Dengan semua fitur dan dukungan yang dimilikinya, Vue.js menjadi salah satu pilihan yang baik untuk pengembangan frontend modern.

Bootstrap

Picture4Bootstrap adalah sebuah framework front-end open source yang digunakan untuk membangun tampilan dan antarmuka pengguna (user interface/UI) pada website dan aplikasi web. Bootstrap dikembangkan oleh tim Twitter dan pertama kali dirilis pada tahun 2011. Bootstrap didesain untuk memudahkan pengembang dalam membuat tampilan website yang responsif (responsive), dengan sistem grid yang sudah disediakan. Bootstrap menggunakan teknologi HTML, CSS, dan JavaScript sehingga kompatibilitasnya tinggi dengan browser modern. Bootstrap juga sudah diadopsi oleh banyak perusahaan besar, situs web dan aplikasi web, sehingga menjadi salah satu framework front-end yang populer saat ini.

Bootstrap juga menyediakan kumpulan komponen UI seperti tombol, form, navigasi, tabel, dan lain-lain yang sudah diatur dengan CSS dan JavaScript yang dapat digunakan untuk mempercepat pengembangan website. Komponen-komponen tersebut sudah dikustomisasi dan bisa diatur dengan mudah sesuai dengan kebutuhan pengembang. Selain itu, Bootstrap juga menyediakan berbagai tema yang dapat digunakan untuk memperindah tampilan website dengan mudah.

Tailwind CSS

Picture6Tailwind CSS adalah sebuah framework CSS yang dirancang untuk memudahkan pengembangan tampilan dan layout web dengan menggunakan kelas-kelas CSS yang sudah tersedia. Dalam Tailwind CSS, setiap kelas CSS sudah terdefinisi dengan nilai-nilai tertentu, sehingga pengembang tidak perlu menuliskan kode CSS secara manual.

Tailwind CSS menyediakan banyak kelas CSS untuk membangun layout, warna, typography, border, shadow, dan lain-lain. Pengembang dapat menggabungkan kelas-kelas CSS yang ada untuk membuat tampilan web yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Salah satu fitur unggulan Tailwind CSS adalah konfigurasi yang mudah.

Semantic UI

Picture7Semantic UI adalah sebuah framework front-end open-source yang digunakan untuk membangun tampilan dan layout web dengan mudah dan cepat. Framework ini didesain untuk mempermudah pengembangan aplikasi web dengan memanfaatkan kelas-kelas CSS yang sudah tersedia dan intuitif. Dalam Semantic UI, pengembang dapat memilih dari banyak kelas CSS yang sudah tersedia, seperti warna, typography, form, dan lain-lain. Selain itu, Semantic UI juga menyediakan komponen web yang sudah jadi seperti dropdown, modal, dan popup yang dapat digunakan tanpa perlu menulis kode tambahan.

Salah satu fitur unggulan Semantic UI adalah fleksibilitasnya. Pengembang dapat mengubah tampilan komponen web sesuai dengan kebutuhan aplikasi dengan mudah, tanpa perlu menulis kode CSS tambahan. Semantic UI juga mendukung pemrograman responsif, yang memungkinkan pengembang untuk membuat tampilan web yang responsif pada berbagai ukuran layar.

Angular

Picture8Angular adalah sebuah framework JavaScript open-source yang digunakan untuk membangun aplikasi web.  Salah satu fitur utama Angular adalah kemampuannya dalam memisahkan antara kode tampilan dan kode logika bisnis dengan adanya konsep komponen. Selain itu, Angular juga memiliki dukungan dari komunitas pengembang yang aktif dan tersedia banyak plugin dan library yang dapat membantu dalam pengembangan, seperti RxJS untuk mengelola asinkronisitas pada aplikasi. Angular juga menyediakan banyak fitur seperti routing, validasi form, dan animasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Materialize

Picture5MaterializeCSS adalah sebuah framework front-end open source yang didesain untuk memudahkan pengembang dalam membuat tampilan website yang modern dan responsif dengan gaya Material Design. Material Design adalah sebuah desain UI/UX yang dikembangkan oleh Google, yang memadukan desain minimalis dengan elemen tiga dimensi dan efek animasi halus. Framework ini menggunakan teknologi HTML, CSS, dan JavaScript sehingga kompatibilitasnya tinggi dengan browser modern.

MaterializeCSS juga menyediakan fitur responsif, yaitu dapat menyesuaikan tampilan website pada berbagai ukuran layar perangkat, seperti desktop, tablet, dan ponsel pintar. Fitur responsif ini sangat penting untuk membuat tampilan website yang mudah diakses dan mudah digunakan pada berbagai perangkat

Penerapan dari Salah Satu Framework

 Website Unila.ac.id adalah website resmi Universitas Lampung, yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kegiatan, program, dan fasilitas yang tersedia di kampus Universitas Lampung. Website unila.ac.id memiliki tampilan yang profesional dan mudah digunakan, sehingga website Unila.ac.id sangat berguna bagi para mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Selain itu website unila.ac.id menyediakan informasi yang lengkap dan terbaru mengenai kegiatan dan program yang tersedia di kampus dengan navigasi yang jelas dan mudah dipahami.

Salah satu framework yang biasa digunakan untuk pengembangan sebuah website unila.ac.id adalah. Bootstrap adalah framework front-end yang menyediakan library komponen-komponen siap pakai untuk membangun tampilan website. Terdapat beberapa keuntungan yang didapat dalam proses pengembangan website unila.ac.id dengan menggunakan Bootstra yaitu sebagai berikut:

1. Mempercepat Pengembangan

Dengan menggunakan Bootstrap proses pengembangan website unila.ac.id dapat selesai lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan.

2. Responsif

Dirancang untuk mendukung tampilan responsif dapat mebuat proses pengembangan website unila.ac.id terlihat baik dan mudah digunakan di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan smartphone.

3. Konsisten

Proses pengembangan website unila.ac.id dengan Bootstrap menyediakan gaya visual yang konsisten di seluruh website, sehingga memberikan tampilan yang profesional rapi dan menarik.

4. Mendukung Browser yang Berbeda

Proses pengembangan website unila.ac.id dengn Bootstrap daat bekerja pada berbagai browser, termasuk Internet Explorer 10+, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari.

5. Dukungan Komunitas 

Bootstrap memiliki komunitas pengembang yang besar dan aktif, sehingga proses pengembangan website unila.ac.id dapat dengan mudah menemukan solusi atas masalah yang dihadapi dalam pengembangan website.

Adapun kesimpulan dari penerapan Bootstrap pada website unila.ac.id yaitu dengan tampilan yang responsif dan mudah digunakan, dan dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna website. Selain itu, penggunaan Bootstrap juga dapat mempercepat proses pengembangan website. kampus dan menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan.

 

REKAYASA PERANGKAT LUNAK // PERTEMUAN 10

SYSTEM DESIGN & CLASS DIAGRAM

System Design

System Design merupakan proses yang melibatkan menempatkan hasil analisis kebutuhan dan spesifikasi sistem ke dalam model. Pengembang harus menjelaskan bagaimana data dibangun, fungsi diimplementasikan sebagai arsitektur perangkat lunak, prosedur yang tepat diimplementasikan, dan antarmuka didefinisikan (di karakterisasi). Pengembang mungkin mendefinisikan pemodelan berdasarkan perilaku sistem atau arsitektur saat membuat model. Sistem akan digambarkan dalam bentuk model seperti use case diagram, data flow diagram, sequence diagram, entity relationship diagram, dan lain-lain sebagai hasil dari kegiatan ini.

Terdapat beberapa aspek yang diperhatikan dalam tahap design, yaitu:

  1. Menjelaskan metode perangkat lunak dalam berkomunikasi dengan server atau aplikasi lainnya.
  2. Menentukan bahasa pemrograman yang digunakan dan pemecahan masalah serta tugas/fitur yang ada dalam perangkat lunak.
  3. Meliputi penentuan bahasa pemrograman, praktik dalam industri, desain secara keseluruhan dan penggunaan suatu template tertentu.
  4. User Interface. Memberikan tampilan bagaimana user menggunakan/menjalankan suatu software dan bagaimana software tersebut merespon input yang ada.
  5. Mendefinisikan platform dimana software akan dijalankan, misalkan android, ios, linux, atau game konsol.
  6. Mendeskripsikan langkah-langkah untuk mengamankan aplikasi.

 

Class Diagram

Class diagram merupakan jenis diagram dalam UML yang menjelaskan mengenai atribut, class, metode dan hubungan antar setiap objek yang ada. Diagram class bersifat statis, yaitu diagram class tidak menggambarkan apa yang terjadi jika suatu sistem tersebut saling berhubungan, tetapi menggambarkan hubungan apa yang terjadi. Desain model dalan class diagram terbagi menjadi dua bagian, yaitu penjabaran dari database dan bagian dari modul MVC (class interface, class control dan class entity. Class diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.

  • Komponen Class Diagram

Terdapat tiga komponen dalam sebuah class diagram, sebagai berikut;

  1. Class name, merupakan sesuatu yang yang mewkaili dari nama kelas.
  2. Atribut, merupakan properti dari sebuah kelas, atribut melambangkan batas nilai kelas yang mungkin terdapat dalam objek kelas.
  3. Proses atau method, sesuatu yang dapat dilakukan atau diproses oleh sebuah kelas.
  • Sifat-sifat Class
  1. Private (-) : tidak dapat dipanggil atau digunakan oleh kelas lain, itu artinya hanya dapat digunakan oleh kelas sendiri.
  2. Protected (#) : hanya dapat dipanggil dan digunakan oleh kelas-kelas bersangkutan serta turunannya dari kelas itu sendiri.
  3. Public (+) : dapat dipanggil dan digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya.
  4. Package : hanya dapat dipanggil dan digunakan oleh instance sebuah kelas di paket yang sama.
  • Hubungan Antar Class

Tidak jauh berbeda dengan data flow diagram (DFD)yang menggambarkan hubungan antar tabel. Terdapat empat hubungan antar class sebagai berikut;

  1. Asosiasi, yaitu hubungan yang sifatnya statis di antara class. Biasanya memperlihatkan class yang mempunyai atribut lain. Bisa juga sebuah class yang harus mengetahui ekstensi class lain, panah navigasi yang ada sebagai penunuk arah query.
  2. Agresi, yaitu suatu hubungan yang menyatakan bagian (terdiri atas)
  3. Pewarisan, yaitu suatu hubungan hirarki antar class, yang mana dapat diturunkan dari class lain dan mewarisi semua atribut. Hal ini disebut juga sebagai class child atau anak class.
  4. Hubungan dinamis, yaitu serangkaian pesan atau message yang dipasing ke class lain, hubungan ini dapat dilihat dan dijelaskan dalam sebuah sequence diagram.
  • Fungsi Class Diagram

Berikut adalah fungsi atau manfaat dari sebuah class diagram :

  1. Menggambarkan model data untuk sebuah program.
  2. Memudahkan untuk mempelajari sekema aplikasi.
  3. Menyatakan secara visual apa yang dibutuhkan oleh sistem.
  4. Class diagram sebagai bahan acuan dalam membuat program.
  5. Class diagram bisa memberikan gambaran dengan jelas.
  • Keunggulan Class Diagram

Diagram kelas memberikan banyak keunggulan bagi proses pengembangan perangkat lunak dan dalam bisnis. Berikut ini adalah keunggulan dari diagram kelas:

  1. Diagram kelas berfungsi untuk menjelaskan suatu model data untuk sebuah program, baik model data sederhana maupun kompleks.
  2. Memberikan gambaran umum tentang skema aplikasi dengan jelas dan lebih baik.
  3. Membantu kamu untuk menyampaikan kebutuhan dari suatu sistem.

 

2

  • Contoh Class Diagram

Class Diagram Penjaualan

1

Keterangan :

  • Class atau table departemen mempunya agresi dengan class atau table pegawai karena departemen ini dapat berdiri sendiri. Kemudian banyak pegawai dapat bekerja dalam satu departemen, jadi many to 1.
  • Class atau table transaksi tidak dapat berdiri sendiri, sebab ia harus ada table produk. Hal ini berlaku terhadap table produk, sebab membutuhkan table departemen.
  • Banyak pelanggan yang bisa melakukan banyak transaksi.
  • Satu transaksi bisa mencakup banyak produk.

Pengantar Teknologi Informasi // Topik 11 Kuis

Nama   : Vania Yolanda

Npm    : 2115061033

Kelas   : PSTI-D

Dosen : Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

  1. Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

Jawaban soal no 1 :

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu teknologi informasi dan komunikasi sering tidak terpisahkan satu sama lain.

Pandemi Covid-19 membuat teknologi memiliki banyak kemajuan. Pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya dalam hal teknologi e-commerce semakin populer. Kalangan UMKM dipaksa untuk lebih melek teknologi yang berkecimpung dunia digital agar bisnis tetap bisa berjalan walau di masa pandemi. Pemerintah memaksa masyarakat untuk melek teknologi agar semakin terbiasa terutama di masa pandemi ini.

Pandemi juga memaksa percepatan di sektor pendidikan. Pembelajaran sekolah jarak jauh ini memaksa anak-anak dengan dibantu dengan orang tua untuk akrab dengan internet. Oleh sebab itu, akses internet dan teknologi di Indonesia belum merata di semua wilayah. Beberapa anak di berbagai daerah di Indonesia tidak dapat mengakses internet dengan mudah. Mereka harus bersusah payah mencari tempat yang dapat menjangkau internet agar depat melaksanakan sekolah daring. Permasalahan ini muncul dan membuat pemaksaan terhadap pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah. Apabila anak-anak yang sama sekali tidak bisa melakukan akses internet maka dengan terpaksa mengumpulkan tugas sekolah secara offline. Penyebaran virus Corona yang belum berhenti ini menjadikan acuan agar akses internet dan teknologi dapat lebih merata ke seluruh penjuru Indonesia.

Teknologi yang juga mulai berkembang pesat di masa pendemi ini adalah teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robot yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan ini. Dengan adanya peraturan pemerintah dalam menjaga jarak atau PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka banyak startup dan periset mencoba bermacam cara untuk berinovasi membuat robot agar bisa mengurangi kontak dengan sesama manusia. Teknologi yang memiliki kegunaan ‘tanpa sentuh’ kini sudah mulai banyak digunakan khususnya di tempat umum. Penggunaan robot di masa pandemi ini semakin masif untuk berbagai keperluan membantu manusia. Salah satu contohnya adalah robot digunakan untuk menyemprotkan desinfektan di ruangan. Robot digunakan untuk untuk membantu memeriksa kondisi pasien. Teknologi Artificial Intelligence pun kian banyak digunakan di masa pandemi. Kecerdasan buatan dipakai untuk membantu banyak hal seperti mendiagnosa penyakit dan membantu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pandemi.

Asosiasi Internet of Things Indonesia memperkirakan teknologi 5G akan segera hadir seusai pendemi berlalu. Meski belum jelas pandemi kapan berakhir dan persiapan infrastruktur 5G di Indonesia, teknologi ini menjanjikan banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. Memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dengan 4G, teknologi 5G dapat memungkin bekerja secara jarak jauh lebih efisien dan kompeten baik bagi masyarakat maupun instansi pemerintah dan swasta.

Di samping itu, pemanfaatan TIK dalam pelayanan instansi pemerintah selaras dengan Inpres No 3 tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan secara Elektronis di Indonesia. Penggunaan TIK oleh pemerintah atau E-Government membantu memperbaiki kualitas pelayanan, meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah. Secara tidak langsung, pandemi yang terjadi sekarang memaksa pemerintah dalam melakukan pembenahan dan penerapan E-Government.

Adanya pemanfaatan TIK oleh instansi pemerintah dalam melakukan layanan di masa pandemi merupakan salah satu strategi dalam mengefektifkan pelayanan publik dan mendukung E-Government. Masyarakat yang terbiasa menggunakan TIK juga akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan selama di rumah. TIK juga mendukung pemerintah dalam mengatasi permasalahan selama pandemi Covid-19.

Perkembangan teknologi sangat cepat, tentunya 10 tahun mendatang akan lebih banyak lagi teknologi-teknologi modern yang sebelumnya bahkan kita tak akan menyangka akan seperti itu, menurut saya 10 tahun ke depan akan ada beberapa kemungkinan perkembangan teknologi sebagai berikut:

  • Semakin banyak robot membantu pekerjaan manusia

Berbagai rumah sakit hingga perusahaan saat ini telah mengintegrasikan pekerjaan manusia untuk dilakukan oleh robot . contohnya, robot bernama Tommy dipekerjakan di rumah sakit Circolo di Varese, Italia untuk membatasi kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien, sehingga mengurangi risiko infeksi. Ada pula robot yang membantu kedokteran bedah, yang bertujuan untuk memungkinkan konduksi prosedur bedah dari jarak jauh tanpa menyentuh pasien. Tak hanya itu, Korea Selatan juga punya robot yang telah digunakan untuk mengukur suhu dan mendistribusikan hand sanitizer. McDonald bahkan telah menguji coba robot untuk memasak di dapurnya.

  • Mengendalikan komputer dengan pikiran

Beragam penelitian soal teknologi nano sudah dijalankan di berbagai negara. Bahkan, implan microchip di tubuh manusia dan hewan juga sudah mulai dilakukan untuk meneliti potensi sinkronisasi antara manusia dan komputer. Salah satu perusahaan yang sedang meneliti integrasi antara komputer dan manusia adalah Neuralink yang didirikan oleh Elon Musk, miliuner Amerika Serikat pemilik Tesla dan SpaceX. Buat yang belum tahu, Elon Musk memamerkan demonstrasi hasil implan chip di seekor babi pada bulan Agustus lalu. Dari hasil demonstrasi ini, chip yang ditanam ternyata mampu terhubung ke sistem saraf dari babi tersebut dan menangkap sinyal yang dihasilkan oleh neuron. Dengan pengembangan lebih lanjut, sinyal otak tersebut bisa diterjemahkan ke dalam serangkaian perintah. Dengan demikian, kita bisa mengendalikan perangkat komputer hanya dengan pikiran.

  • Mobil listrik akan berseliweran di jalanan

Kemajuan teknologi yang semakin canggih, mobil listrik diprediksi akan menjadi pilihan transportasi utama dalam 10 tahun mendatang. Meskipun saat ini produsen mobil listrik masih bisa dihitung dengan jari, namun tuntutan untuk menciptakan akses transportasi yang ramah lingkungan dan minim emisi menjadi semakin mendesak dan mobil listrik adalah solusinya. Namun, harga mobil listrik saat ini masih selangit karena pabrikan mobil listrik masih terbatas. Jika industri mobil listrik sudah diisi oleh banyak pemain, maka harga mobill listrik bisa semakin turun, sehingga bisa dijangkau oleh kita semua. Sehingga, jangan heran kalau di masa depan jalanan Indonesia nantinya bisa bebas polusi karena diisi oleh lebih banyak mobil listrik.

 

  1. Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Jawaban soal no 2:

large-6c695394ac828842dbeb038c6f9efff0

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau usaha kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa sebagai pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategis yang tinggi. Suasana kantor dirumah menjadi nyaman karena rumah kita sendiri dan dekat dengan kehangatan keluarga. Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL (Digital subscriber line) atau internet kabel.

Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik dapat di akses antara beberapa komputer lokal. Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.

Berikut adalah beberapa perangkat yang di butuhkan untuk membangun sebuah jaringan SOHO (Small Office Home Office):

  1. PC SERVER

Yaitu perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan. Sehingga server harus cukup spesifikasi untuk bisa menangani akses dari client.

  1. PC Client

Adalah perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server. Sama fungsinya seperti PC client, ada juga client menggunakan laptop atau smartphone menggunakan media wifi untuk koneksinya.

  1. SWITCH

Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan menggunakan media kabel.

  1. Wifi

Wi-Fi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.

  1. Router Mikrotik

Router adalah bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain. Dapat diartikan juga bahwa router adalah media penghubung dalam jaringan berskala besar dengan berbagai macam segmen ip yang berbeda-beda. Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencangkup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider Hotspot.

 

Referensi:

https://sevima.com/tren-teknologi-di-tahun-2021/

https://catatanshand.blogspot.com/2018/03/Pengertian-jaringan-soho.html

https://mahaprian.blogspot.com/2019/04/jaringan-sohoprian-mahaditya.html?m=1

https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/karsa-adiguna-2/teknologi-10-tahun-mendatang-csc

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-yogyakarta/baca-artikel/14031/Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Sebagai-Sarana-Peningkatan-Layanan-di-Masa-Pandemi.html

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGETAHUAN LINGKUNGAN // TOPIK 14 KUIS

 

Polusi Udara di Provinsi Lampung

Nama   : Vania Yolanda

Npm    : 2115061033

Kelas   : PSTI-D

Dosen : Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Penyebab Pencemaran Udara di Provinsi Lampung

OIP

Provinsi Lampung sebagai gerbang utama penghubung pulau Sumatera dan Jawa memiliki peranan dalam mendukung lajunya perekonomian, sosial, budaya, kesatuan dan persatuan masyarakat dalam berinteraksi, sangat pasti tingkat mobilitas kegiatan transportasi akan bertambah. Udara kotor yang disebabkan oleh asap pembuangan sangatlah berbahaya bagi kesehatan, virus dan penyakit yang mungkin timbul karena buruknya kualitas udara. Polusi udara adalah campuran partikel dan gas baik di luar maupun di dalam ruangan yang dapat membahayakan kesehatan dan menyebabkan meningkatkan suhu udara. Indeks Kualitas Udara (IKU) secara rerata se Provinsi Lampung sepanjang 2019 dinyatakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung cukup baik. Nilai IKU yang diperoleh selama tahun 2019 dari kabupaten/kota menunjukkan nilai rerata IKU se Provinsi Lampung sebesar 86,63. Dari data yang didapat, Kota Bandar Lampung sendiri memiliki nilai IKU yang paling rendah. Dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya. Dalam data yang didapat, Tanggamus memiliki nilai IKU 87.16; Lampung Selatan 88.82; Lampung Timur 84.49; Lampung Tengah 86.35; Lampung Utara 88.42; Way Kanan 82.32; Tulangbawang 86.80; Mesuji 87.76; dan Pringsewu 86.33. Kemudian, di Pesawaran 90.60; Tulangbawang Barat 90.33; Bandarlampung 80.31; Metro 81.80; Lampung Barat 86.21 dan Pesisir Barat 91.78. Jika di rata-rata kan, hasilnya 86,63. Data ini berdasarkan hasil update dari dua kali pengecekan kondisi udara di Provinsi Lampung sepanjang 2019. Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Provinsi Lampung Akhmad Rizal mengatakan, penilaian tersebut diperoleh dari empat barometer sektor. Mulai trasnportasi, Industri, permukiman, dan perkantoran. Sektor transportasi merupakan penyumbang polusi yang berdampak cukup besar terhadap lingkungan, terutama akibat penggunaan bahan bakar fosil yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara khususnya di daerah perkotaan. Pencemaran udara akibat gas buang lalu lintas dipengaruhi oleh volume lalu lintas, proporsi kendaraan berat, kecepatan, dan jarak antara sumbu jalan dengan titik yang di tinjau.

Dampak Polusi Udara

Pencemaran udara tidak hanya sebatas merusak lingkungan, tapi juga berdampak pada kesehatan lingkungan bahkan mengancam kematian. Dampak ini bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun  juga dialami oleh anak-anak. Berikut dampak dari Pencemaran Udara antara lain :

  1. Masalah kesehatan

Efek polusi udara mengkhawatirkan sebab memengaruhi pernafasan, jantung bahkan menyebabkan kanker pada tubuh manusia. Anak-anak di daerah yang terpapar polutan udara dapat menderita pneumonia dan asma.

  1. Pemanasan global

Dampak langsung polusi udara adalah perubahan langsung yang dialami seluruh dunia karena pemanasan global. Meningkatnya suhu di seluruh dunia, meningkatkan permukaan laut dan menyebabkan pencairan es di daerah yang lebih dingin dan gunung es

  1. Hujan asam

Gas berbahaya seperti Nitrogen Oksida dan Sulfur Oksida dilepaskan ke atmosfer selama pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara. Saat hujan, tetesan air bergabung dengan polutan udara ini menjadi asam dan kemudian jatuh ke tanah dalam bentuk hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan kerusakan besar pada manusia, hewan dan tanaman.

  1. Eutrofikasi

Eutrofikasi adalah kondisi di mana sejumlah besar nitrogen dalam beberapa polutan bahan kimia berkembang di permukaan laut. Akibatnya, muncul ganggang yang berdampak buruk pada spesies ikan, tanaman dan hewan.

  1. Penipisan lapisan ozon

Ozon ada di stratosfer bumi dan berfungsi melindungi manusia dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Lapisan ozon yang menipis berakibat tembusnya sinar UV ke bumi dan menyebabkan masalah kulit dan mata.

 

Solusi polusi udara

  1. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi

asap dari kendaraan yang dikeluarkan itu menjadi sumber masalah. Mungkin kamu mengatakan suda melakukan uji emisi kendaraan, itu merupakan langkah yang baik untuk mengurangi pencemaran udara. Akan tetapi lebih baik lagi kamu dapat melakukan upaya maksimal seperti menggunakan transportasi umum. Selain itu kebanyakan orang selalu menyalakan mesin kendaraan saat sedang menunggu, alih-alih karena alasan cuaca yang panas. Betul, tapi untuk menciptakan udara yang baik, maka cobalah untuk mematikan mesin.

  1. Memilih Produk Hemat daya & Ramah Lingkungan

Menggunakan perlengkapan yang hemat energi seperti lampu LED, dan pernagkat elektronik yang hemat daya juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat biaya dan melindungi lingkungan. Pastikan juga untuk mematikan daya listrik saat tidak menggunakan pernagkat tersebut.

  1. Tidak Membakar Sampah

Tidak membakar sampah adalah salah satu cara untuk mengurangi polusi udara. Banyak orang yang berpikir untuk menempuh cara ini untuk mengurangi sampah yang ada. Akan tetapi ternyata ini bukan langkah yang tepat, karena justru berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebagai gantinya gunakan barang-barang yang mudah terurai serta ramah lingkuangan.

  1. Menanam Tanaman

Masalah yang sering dialami oleh kota besar adalah kurangnya tanaman hijau yang memproduksi oksigen, belum lagi ditambah banyaknya kendaraan yang membuat polusi udara. Banyak yang mengatakan jika ini terjadi akibat lahan yang berkurang dipakai untuk industri. Ini ada benarnya namun mari kita coba untuk mencari tahu cara mengatasi pencemaran udara ini bersama.Mulalilah untuk bertanam, semakin banyak kamu melakukan ini maka semakin banyak juga udara bersih yang dihasilkan. Pasalnya keberadaan tanamah hijau sangat membantu untuk menyaring udara kotor, dan menyerap karbon dioksida lebih banyak. Selain itu untuk pemiliknya maka dapat memberikan udara yang segar untuk lingkungan sekitar.

  1. Hindari Menggunakan Bahan Kimia yang Berlebihan

Hindari penggunaan bahan kimia yang berlebihan, memang dalam pembuatan produk membutuhkan banyak campuran bahan-bahan yang terkadang tidak ramah lingkungan. Penyebab-penyebab inilah yang seharusnya dihindari, karena pasalnya hal ini sudah mencemari udara dan bahkan kita sendirilah yang akan menghirupnya udara itu kelak.

 

Yang berperan dalam penerapan solusi yang terdapat pada poin-poin di atas yaitu seluruh kalangan masyarakat. Terkhusus pada poin pertama pemerintah harus menyediakan sarana transportasi yang memadai, transportasi disini berperan penting agar setiap orang tidak menggunakan kendaraan pribadi sebagai salah satu penyebab polusi udara. Kemudian, pada poin kedua sampai keempat dibutuhkannya kesadaran setiap orang agar menghemat energi, tidak membakar sampah sembarangan, menanam tanaman dan menghindari penggunaan bahan kimia yang berlebihan.

 

 

Sumber :

5 Tips Mengatasi Pencemaran Udara Mulai dari Pribadi dan Lingkungan (ruparupa.com)

10 Cara Mengatasi Polusi Udara, Mulai dari Diri & Lingkungan (tokopedia.com)

Pencemaran Udara: Dampak dan Solusi (kompas.com)

Ini Kualitas Udara di Lampung, Bandarlampung Terburuk? (radarlampung.co.id)

Pengantar Teknologi Informasi // Topik 10

Communicating Digital Content

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

hello everyone!

Pada jurnal kali ini, saya akan mejelaskan tentang materi Communicating Digital Content

Langsung saja kita masuk ke materinya.

OIP

 

PENGERTIAN

Komunikasi digital disebut juga komunikasi online. Komunikasi digital  adalah komunikasi berbasis komputer untuk mengirim dan menerima pesan atau bertukar kabar lewat platform digital. Konsep komunikasi digital selalu berkembang tergantung pada penemuan-penemuan alat berbasis teknologi internet. Komunikasi digital disebut juga komunikasi di dunia maya. Dalam dunia maya terdapat hidup yang transparan, tempat privasi mencair. Dunia digital, tanpa kabel ini telah membuat kita terhubung dengan orang lain secara global dan saling berbagi pengalaman.

Network adalah istilah populer dari jaringan komputer. Network merupakan kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, dengan menggunakan peralatan tertentu. Dalam sebuah jaringan komputer, penggunaan peralatan tertentu ini dapat diakses secara bersama-sama (seperti disk dan printer) dan berhubungan dengan komputer induk sistem lain, yang letaknya berjauhan.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi dan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.

 

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

  • Berdasarkan Luas Area

Dirangkum dalam Modul Kuliah Jaringan Komputer oleh Rifkie Primartha (2020: 10), network dapat dibagi menjadi empat jenis berdasarkan jangkauan areanya, yaitu:

  1. LAN

Local area network (LAN) adalah jaringan komputer yang dibuat pada area tertutup. Misalnya, dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil, yang menggunakan resource bersama-sama, seperti penggunaan printer secara bersama, penggunaan media penyimpanan secara bersama, dan lain sebagainya.

  1. MAN

Metropolitan area network (MAN) menggunakan metode yang sama dengan LAN, akan tetapi cakupannya lebih luas dibandingkan LAN. Area cakupan MAN bisa sebesar satu kota atau lebih besar lagi.

  1. WAN

Wide area network (WAN) cakupannya lebih besar dibandingkan MAN. WAN dapat meliputi satu negara bahkan satu benua.

  1. Internet

Internet adalah interkoneksi berbagai jaringan komputer yang ada di dunia. Cakupan internet mencapai satu planet (bahkan tidak menutup kemungkinanan antarplanet). Internet menggunakan protokol komunikasi yang khas, yaitu Internet Protocol (IP).

Selain LAN, MAN, WAN, dan Internet, masih ada beberapa jenis network lainnya, yaitu:

  1. Storage Area Network (SAN)
  2. Personal Area Network (PAN)
  3. Cluster Area Network (CAN)

Baik SAN, PAN, dan CAN, masih dapat dikelompokkan dalam LAN, MAN, WAN, dan Internet. Hanya saja, bentuk layanan dan cakupan areanya berbeda-beda. Sebagai contoh, SAN merupakan kumpulan berbagai perangkat penyimpanan (storage) yang dihubungkan melalui jaringan internet.

 

  • Berdasarkan Media Penghantar

Berdasarkan jenis media penghantarnya, network dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Wire Network

Wire network adalah network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

  1. Wireless Network

Wireless network menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya. Oleh sebab itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses network tanpa harus memasang kabel pada komputernya.

 

  • Berdasarkan Pola Operasi

Network berdasarkan pola operasinya, dibagi menjadi dua jenis, di antaranya meliputi:

  1. Client Server

Clinet server adalah network yang memiliki satu atau lebih komputer, yang dapat melayani komputer lain. Komputer yang melayani ini disebut server, sedangkan komputer yang dilayani disebut client. Contoh server antara lain, yaitu web serverfire server, dan lain sebagainya.

  1. Peer to peer

Peer to peer adalah network yang setiap komputernya bisa melayani atau dilayani pada saat bersamaan. Peer to peer banyak diimplementasikan pada LAN, akan tetapi kemungkinan besar juga digunakan pada jenis network yang lebih besar cakupannya.

 

STANDAR DAN PROTOKOL KOMUNIKASI JARINGAN

  • Ethernet

Internet adalah standar jaringan yang tidak menentukan pusat komputer atau perangkat di jaringan (node) harus mengontrol ketika data dapat ditransmisikan.

  • Cincin token

Token ring standar menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau melewati sinyal khusus

  • TCP/IP

TCP / IP protokol adalah jaringan yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) dirutekan dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

  • Wifi

Wi-Fi mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain

  • Bluetooth

Bluetooth adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data

  • UWB

UWB (ultra-wideband) adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua Perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain

  • IrDA

IrDA mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR)

  • RFID

RFID adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan di atau dilampirkan ke objek, hewan, atau seseorang

  • NFC

NFC (komunikasi jarak dekat) adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC

  • LTE

LTE adalah standar jaringan yang menentukan seberapa tinggi kecepatan transmisi seluler menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler

 

MACAM-MACAM PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

Sekarang, telah banyak dikembangkannya berbagai macam perangkat jaringan komputer untuk membantu dan mengoptimalkan kinerja sistem jaringan. Berikut ini merupakan beberapa macam perangkat yang sering anda jumpai dan anda gunakan.

  1. Server

Server berfungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan informasi, serta mengelola jaringan komputer. Server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client. Karena tujuan dari dibuatnya server memang untuk melayani komputer client.

  1. NIC (Network Interface Card)

NIC dapat disebut juga dengan LAN Card Expansion Board yang digunakan supaya komputer dapat terhubung dengan jaringan. Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yaitu ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

  1. Kabel jaringan

Kabel merupakan media untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain. Terdapat beberapa jenis kabel untuk pembuatan saluran jaringan. Diantaranya adalah kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

  1. Hub dan Switch

Switch merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik, bentuk dari switch sama dengan hub, namun jika dilihat dari sisi logika switch sama dengan bridge.

Switch memiliki dua tipe, yaitu unmanaged switch yang merupakan tipe termurah. Dan managed switch yang merupakan tipe termahal.

  1. Router

Router adalah perangkat jarkom yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN ke dalam suatu jaringan WAN, serta mengelola lalu lintas dari data di dalamnya. Router dapat menentukan jalur terbaik, karena memiliki tabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat dalam jaringan.

  1. Bridge

Bridge adalah sebuah piranti yang digunakan untuk meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi pada sebuah data link. Bridge juga memiliki fungsi untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan kecil.

  1. Modem

Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer, dengan penyedia layanan internet atau disebut juga dengan Internet Service Provider (ISP).

  1. Repeater

Repeater adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater berusaha untuk mempertahankan integritas dari sinyal jaringan. Kelemahan dari repeater sendiri adalah tidak dapat melakukan filter traffic dalam jaringan.

  1. Wireless card

Wireless card merupakan perangkat yang wajib digunakan apabila anda ingin terhubung dalam jaringan nirkabel. Rata – rata komputer jenis terbaru sudah menggunakan perangkat yang mendukung wireless card. Namun, anda juga bisa menambahkannya sendiri pada komputer anda.

 

Sekian materi pada pertemuan kali ini, terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

 

Sumber :

 

Discovering Computers 2016: Tools, Apps, Devices, and Impact of Technology.

https://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_magnetik

https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi

https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-jaringan-komputer/

Pengantar Teknologi Informasi // Topik 9

Operating Systems

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

hello everyone!

Pada jurnal kali ini, saya akan mejelaskan tentang materi Operating Systems. Langsung saja kita masuk ke materinya.

Pengertian-Sistem-Operasi-Komputer-Beserta-Contohnya

 

PENGERTIAN

Operating System atau Sistem Operasi merupakan suatu perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) serta perangkat lunak (Software), dan juga digunakan sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa ada adanya OS, maka client tidak bisa menjalankan program aplikasi yang ada di dalam komputer mereka, kecuali hanya program booting. Sistem operasi memiliki penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan pemakaian memori, penyimpanan data, pemrosesan data, serta sumber daya yang lainnya. Bagian OS yang nantinya akan melakukan task inti tersebut dikenal sebagai Kernel.

 

FUNGSI

Sistem operasi mempunyai berbagai fungsi vital yang ada di dalam komputer. Berikut ini merupakan beberapa fungsi sistem operasi, antara lain :

  • Resource manager merupakan pengelolaan sumber daya sekaligus mengalokasikannya. Sebagai contoh: CPU, memori, disk drive serta perangkat yang lainnya.
  • Coordinator, mengkoordinasi sekaligus menyediakan fasilitas sehingga kegiatan yang kompleks bisa diatur serta dapat diproses secara berurutan.
  • Interface atau tatap muka, merupakan sebagai media perantara antara user dengan hardware atau perangkat keras yang menyediakan tampilan terhadap user yang lebih mudah untuk dipahami serta bersahabat.
  • Guardian, menyediakan akses kontrol serta tugasnya untuk melindungi file sekaligus mengawasi data dan juga program.
  • Optimizer, merupakan penjadwal masukan (input) yang dilakukan oleh user, proses komputasi pengaksesan basis data, serta penggunannya.
  • Gate Keeper, berfungsi untuk mengendalikan hak akses user dalam mengendalikan yang berhak untuk masuk ke dalam sistem serta mengawasi apa saja yang akan dilakukannya.
  • Accountant, berfungsi untuk mengatur waktu CPU, pemakaian memori, pemanggilan I/O, disk storage, serta waktu koneksi terminal.
  • Server, berfungsi untuk melayani user komputer, pengelolaan sumber daya sekaligus mengalokasikannya. Sebagai contoh: CPU, memori, disk drive serta perangkat lainnya.

 

JENIS-JENIS  OS

  1. Sistem Operasi Android

maxresdefault

Sistem operasi Android merupakan OS dengan basis linux yang didesain secara khusus untuk diterapkan di dalam perangkat mobile seperti smartphone maupun komputer tablet.

OS Android pada mulanya dikembangkan oleh Android, Inc yang dengan support dana dari Google. Hingga pada akhirnya google akhirnya membelinya OS ini pada tahun 2005. Lalu OS ini mulai dirilis di tahun 2007.

Kelebihan: Sifatnya open source, multitasking, didukung degan aplikasi yang tersedia dari Google Play Store, Mendukung penggunaan USB Mass Storage

Kekurangan:Rawan diserang oleh malware, pemakaian baterai yang boros.

 

  1. Sistem Operasi Windows

windows

Windows adalah OS terbesar di dunia yang pada waktu ini telah banyak dijadikan sebagai opsi untuk membantu mengakomodir keperluan sehari-hari. Mulai dari komputer instansi, akademisi, sampai keperluan pribadi.

OS Windows sudah mampu menampilkan tampilan yang menarik dengan dukungan visual grafis GUI. OS Windows sejatinya adalah hasil dari revolusi MS DOS yang beberapa tahun sebelumnya masih menggunakan basis tulisan tanpa gambar.

Kelebihan: User Friendly, aplikasi OS Windows yang melimpah, lebih mudah untuk proses instalasi

Kekurangan: Tidak open source, mudah untuk diretas sebab memiliki sistem keamanan yang masih lemah, berbayar serta lumayan mahal, rentan terserang serangan virus.

 

  1. Sistem Operasi Linux

OIP (10)

Sistem Operasi Linux sudah diperkalan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Linux  merupakan sistem operasi open-source yang mana kalian dapat memodifikasi Linux serta menggunakan sekaligus mendistribusikan kembali secara bebas.

Secara umum, user linux memasang serta akan melakukan konfigurasi sendiri terhadap konfigurasi sistemnya.

Kelebihan:  Open Source, perkembangannya sangat kencang sebab dikembangkan oleh banyak orang, gratis tidak terdapat biaya lisensi

Kekurangan:  Tidak dianjurkan untuk user baru atau awam, instalasi yang terbilang susah, aplikasi Linux terbatas.

 

  1. Sistem Operasi Mac OS

OIP (11)

Mac OS merupakan singkatan dari Machintosh operating System yang mana adalah sistem operasi eksklusif yang hanya ada di dalam komputer besutan Apple saja. MacOS sudah diluncurkan sejak pada tahun 1984 yang pertama kali dipakai di dalam komputer bernama LISA. LISA merupakan komputer hasil racikan dari Steve Jobs selepas dia menempuh perjalanan spiritual di India.

Karena perangkat apple tergolong perangkat mahal, maka user dari OS ini relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan user Windows.

Kelebihan: Lebih stabil, mempunyai keamanan tinggi serta tidak mudah untuk diretas, tampilan antarmuka atau interface cocok untuk keperluan multimedia, aman dari Virus

Kekurangan: Kurang optimal untuk gaming, harganya relatif mahal, tidak open source

 

Sekian materi pada pertemuan kali ini, terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

sumber :

Discovering Computers 2016: Tools, Apps, Devices, and Impact of Technology.

Vanya Karunia Mulia Putri, (2021), Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya.

Pengantar Teknologi Informasi // Topik 8

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

hello everyone!

Pada jurnal kali ini, saya akan mejelaskan tentang materi Digital Storage.

Langsung saja kita masuk ke materinya.

Cuplikan layar 2021-11-04 181020

Digital Storage

Digital storage adalah bahan fisik berupa tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Device storage merupakan hardware yang merekam atau menyimpan data ke dalam media penyimpanan. Sebagian besar orang pada saat ini lebih suka menyimpan data yang berbasis digital, hal ini membuat penggunaan storage device terus mengalami peningkatan. Storage device menjadi komponen penting dalam komputer, smartphone atau barang elektronik lainnya. Dengan adanya perangkat ini, kita dapat dengan mudah menyimpan data-data penting dengan aman.

Jenis-jenis Device Storage

  1. Hard Drives
  • Hard Disk atau Hard Disk Drive (HDD)

OIP (15)

Merupakan  sebuah media penyimpanan yang berisi satu atau lebih piringan bundar yang menggunakan partikel magnetic untuk menyimpan data, instruksi dan juga informasi.

Kapasitas penyimpanan hard disk bervariasi dan ditentukan oleh:

– Jumlah piringan yang berisi hard disk

– Disk menggunakan longitudinal atau perpendicular

– Kepadatan

  • SSD ( Solid State Drive )

d37e273d-5cb9-45f2-ac81-d074091f9c8a

Merupakan sebuah penyimpanan memori dari suatu perangkat yang mengandung processor untuk mengatur penyimpanan perangkat tersebt.

Ada beberapa keunggulan dari SSD dibandingkan dengan hard disk: Kecepatan akses yang lebih unggul, Kemampuan transfer yang lebih cepat, Lebih ringan, Lebih hemat energi, Dapat digunakan lebih lama

Selain keunggulan ssd memiliki sebuah kelemahan yaitu daya tahan umur yang rendah jika digunakan sebagi main storage,dikarenakan umur ssd ditentukan oleh jumlah tulis yang dilakukan ssd semakin banyak jumlah tulis maka semakin rendah pula usia dari ssd.

  • Eksternal HDD

5e2fb73877bc7691777

Merupakan sebuah penyimpanan yang terpisah dari perangkat computer yang dikoneksikan oleh kabel dengan menggunakan USB Port dan dihubungkan kepada computer atau mobile device lainnya.

  • RAID (Redundant Array Of Independent Disks)

OIP (9)

Merupakan  sebuah penyimpanan yang merupakan gabungan dari dua atau lebih hardisks/SSD yang digabungkan.

 

  1. Portable Flash Memory Storage 
  • Memory Card

OIP (10)

Merupakan perangkat penyimpanan yang cukup kecil dengan ukuran yang sangat portable biasanya perangkat ini banyak digunakan pada kamera maupun laptop.

  • USB Flash Drives

OIP (11)

Merupakan sebuah plug yang dapat dihubungkan melalui USB port pada sebuah computer atau mobile device.

  • Cloud Storage

OIP (12)

Merupakan sebuah layanan internet yang menyediakan penyimpanan untuk pengguna computer atau mobile device.

  • Optical Disk

Optical-Disc-Writer-min

Terdiri dari piringan datar, bulat, portabel piringan yang terbuat dari logam, plastik, dan pernis yaitu ditulis dan dibaca oleh laser.dimasa sekarang penggunaan optical dics sudah jarang dan digantikan oleh flashdisk.

 

  1. Enterpise Storage
  • Network attached storage (NAS)

OIP (13)

merupakan server yang ditempatkan pada jaringan dengan tujuan tunggal menyediakan penyimpanan untuk pengguna, komputer, dan perangkat yang terhubung ke jaringan.

  • Strorage area network (SAN)

Storage-Area-Network-SAN

Merupakan jaringan kecepatan tinggi dengan satu-satunya tujuan untuk menyediakan penyimpanan ke server terlampir lainnya.

  • Tape Drive

OIP (14)

Merupakan Pita bersifat magnetis pita dilapisi plastik mampu menyimpan besar jumlah data dan informasi Sebuah tape drive membaca dan menulis data dan informasi pada pita magnetik.

 

Sekian materi pada pertemuan kali ini, terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Sumber :

Discovering Computers 2016 Tools, Apps, Devices, and the Impact of Technology

Storage Device: Pengertian, Fungsi dan Contohnya – Mas Dzikry

PENGETAHUAN LINGKUNGAN // PERTEMUATAN 11

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo semuanya!

Bertemu lagi bersama  saya Vania Yolanda dengan Npm 2115061033 dari PSTI-D.

Pada jurnal perkuliahan kali ini, saya akan mejelaskan materi tentang G20 dan COP 26. Langsung saja kita masuk ke materinya.

123

G20

G20 adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Secara resmi G20 dinamakan The Group of Twenty (G20) Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kelompok ini dibentuk tahun 1999 sebagai forum antar pemerintah yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia.

Tujuan G20

Tujuan utama G20 adalah menghimpun para pemimpin Negara ekonomi maju dan berkembang utama dunia untuk mengatasi tantangan ekonomi global. Pertemuan para pemimpin Negara G20 dilakukan setiap setahun sekali, sedangkan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dilakukan beberapa kali dalam setahun.

Manfaat G20

  1. Aspek Ekonomi
  • Kunjungan delegasi negara G20 akan dapat meningkatkan konsumsi domestik, peningkatan PDB, hingga menyerap tenaga kerja.
  • Mendorong confidence dari investor global untuk percepatan pemulihan ekonomi dan mendorong kemitraan global yang saling menguntungkan.
  1. Aspek Pembangunan Sosial
  • Indonesia berpeluang untuk mendorong topik terkait dengan produksi dan distribusi vaksin
  1. Aspek Politik
  • Memperluas relasi antar negara di dunia
  • Membantu negara lain yang sedang kesulitan di masa pandemi
  • Mewujudkan bentuk keamanan dan perdamaian dunia

 sddefault

Indonesia Resmi Terima Presidensi G20

Indonesia resmi meneruskan estafet presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya akan memegang presidensi G20 pada tahun 2022. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu, 31 Oktober 2021. Selain itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah sekaligus Presiden G20 pada 2022, sesuai kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-15 di Riyadh, Arab Saudi.

Jokowi menjelaskan bahwa presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar ‘Recover Together, Recover Stronger’. Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

Negara-Negara Anggota G20

Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, Uni Eropa.

 

COP26

COP26

COP26 merupakan singkatan dari Conference of the Parties ke-26 yaitu badan pembuat keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change, yang ditanda tangani pada 1992. Namun COP baru berlangsung pertama kali pada tahun 1995. Dalam forum tingkat tinggi tahunan ini, ada 197 negara yang terlibat pertemuan untuk membicarakan dan menanggulangi isu perubahan iklim global. COP pertama diadakan Maret 1995 di Berlin, Jerman. Untuk tahun ini, COP26 digelar di Glasgow, Skoltlandia, Inggris Raya pada 1-12 November 2021.

Tujuan COP

Tugas utama COP adalah melakukan peninjauan target-target setiap negara terkait emisi yang diajukan. Pelaksanaan COP akan digilir di antara lima wilayah PBB, yakni Afrika, Asia, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Tengah dan Timur dan Eropa Barat dan Lainnya.

Pentingnya COP26 Bagi Isu Perubahan Iklim

COP26 adalah pertemuan pertama yang akan mengevaluasi hasil dari Paris Accord atau Persetujuan Iklim Paris pada 2015 lalu. Secara singkat, Perjanjian tersebut bertujuan untuk menghindari bencana akibat perubahan iklim global.

Dalam Paris Accord, disepakati jika pemanasan global naik hingga 1.,5 derajat celcius di atas suhu yang pernah dialami di era praindustri, maka akan terjadi banyak perubahan yang tak dapat dihindarkan. Dengan itulah, rencana yang dibuat harus dilaksanakan. Adapun target-target utama saat Paris Accord 2015 atau ketika COP21 yaitu setiap negara harus berjanji untuk:

  • Melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca
  • Mendorong peningkatan produksi energi terbarukan
  • Mempertahankan suhu global di bawah 2 derajat celcius, atau idealnya maksimal 1,5 derajat celcius
  • Komitmen menyumbangkan miliaran dolar untuk dampak perubahan iklim yang dihadapi oleh negara-negara miskin

Hasil yang Diharapkan Dari COP26

COP26 adalah pertemuan tingkat tinggi pertama di mana setiap negara juga memiliki tuntutan baru. Adapun lebih dari 100 negara berkembang telah bersepakat untuk menyampaikan tuntutan jelang COP26, yang antara lain:

  • Pendanaan dari negara-negara maju untuk memerangi maupun menanggulangi perubahan iklim.
  • Kompensasi dari negara-negara maju atas dampak yang akan menimpa mereka
  • Uang dari kelompok negara maju untuk membantu mereka menerapkan ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, diharapkan pertemuan tingkat tinggi ini akan dapat menemukan cara terbaik menerapkan sistem pasar karbon dan kredit karbon. Sistem ini merupakan mekanisme agar negara penghasil karbon untuk membayar emisi yang dikeluarkannya, dan negara yang telah menerapkan ekonomi hijau untuk menjual kredit karbon.

 

 

Sekian materi pada pertemuan kali ini, terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

 

Sumber :

Indonesia Menjadi Presidensi G20 Tahun 2022. Apa Itu G20? – Ekonomi Bisnis.com

G20 – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Indonesia.go.id – Jadi Presidensi G20, Indonesia Berpeluang Raih Manfaat Ekonomi

COP26 Adalah Pertemuan Perubahan Iklim, Apa Saja Hasil yang Diharapkan? – Halaman 2 (detik.com)

HEADLINE: Indonesia Pegang Presidensi G20 Tahun 2022, Arti Penting dan Strategisnya? – Bisnis Liputan6.com

 

Pengantar Teknologi Informasi // Topik 7

Input dan Output Devices

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

hello everyone!

Bertemu lagi dengan saya Vania Yolanda dengan Npm 2115061033 dari PSTI-D.

Pada jurnal kali ini, saya akan mejelaskan materi tentang Input dan Output Devices. Langsung saja kita masuk ke materinya.

unnamed

Komputer merupakan suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama, yang dapat melakukan serangkaian pekerjaan secera otomatis melalui intruksi atau program yang diberikan kepada komputer, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu. Komputer tentunya memiiki Perangkat keras (Hardware) yang terdiri dari Input dan Output. Input dan Output merupakan aktivitas pengguna dengan program pada komputer yang memungkinkan kita memberikan data kedalam program dan program itu juga dapat mengeluarkan data untuk pengguna. Adapun contoh-contoh Input dan Output devices sebagai berikut :

 

INPUT DEVICES  

  1. Keyboard

Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam aplikasi dan mengetik perintah ke dalam CLI interface. Kelebihan dari perangkat ini adalah mudah untuk dipakai dan entri teks yang cepat ke dalam dokumen. Namun sayangnya metode yang digunakan perangkat ini lebih lambat dibandingkan dengan entri data secara langsung.

  1. Numeric Key Pad

Adalah perangkat yang biasa digunakan untuk melakukan penginputan data numerik menuju ATM, Terminal POS, Chip dan Pin, Ponsel, dan lain-lain.

  1. Mouse

Adalah perangkat yang di gunakan untuk mengontrol penunjuk pada layar, baik dalam memilih windows, mengklik ikon, pilihan menu, serta penunjuk posisi. Dengan adanya perangkat ini membuat pengguna lebih mudah dan cepat untuk memilih menu pilihan dibandingkan dengan menggunakan Touch Pad.

  1. Touch Pad

Adalah perangkat yang digunakan sebagai penunjuk pada laptop ini merupakan bagian dari keyboard jadi tidak membutuhkan alat terpisah.

  1. Tracker Ball

Adalah perangkan input Tracker Ball  biasa digunakan oleh pengguna yang cenderung memiliki keterbatasan motilitas pada pergelangan tangan mereka, sehingga kurang familiar dan cenderung memiliki harga yang mahal.

  1. Remote Control

Adalah  perangkat yang biasa digunakan untuk mengontrol saluran TV dan pilihan menu, sistem multimedia, serta aplikasi industri.

  1. Joystick

Adalah alat yang digunakan di komputer permainan dan simulator, yang penggunaanya lebih mudah dibandingkan papan ketik. Namun akan lebih sulit penggunaannya jika dibandingkan dengan sebuah mouse.

  1. Driving Wheel

Adalah perangkat yang biasa digunakan oleh para gamer di permainan komputer atau dalam simulator. Dengan alat ini maka kegiatan berkendara akan lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan keyboard.

  1. Touch Screen

Adalah perangkat yang digunakan pada ponsel / tablet,  Point of Sale ( POS ), interactive white board ini sangat mudah digunakan dalam memilih opsi.

  1. Scanners

Adalah perangkat yang digunakan untuk memindai dokumen atau foto. Perangkat ini dapat membuat sebuah salinan dan untuk resolusi salinannya bergantung pada pengaturan resolusi yang dipilih.

  1. Digital Cameras

Adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil foto dan vidio yang nantinya data dari perangkat ini dapat ditransfer ke komputer.

  1. Video Cameras

Adalah alat kamera video yang  digunakan untuk merekam video.

  1. Microphone

Adalah perangkat yang  biasa digunakan untuk memasukkan suara ke komputer dan dalam suara pengakuan aplikasi.

  1. Graphics Table

Adalah perangkat yang digunakan dengan stylus untuk menggambar tangan bebas gambar yang bisa disimpan di komputer.

  1. Web Cams

Adalah perangkat yang digunakan oleh pengguna yang ingin memiliki konferensi web ( Skype Call ).

  1. Light Pens

Adalah perangkat yang  digunakan dalam aplikasi CAD untuk menggambar di layar. Dengan ukurannya yang kecil, penggunaan Light Pens lebih akurat daripada layar sentuh. Perangkat yang satu ini hanya digunakan dengan monitor CRT.

 

ENTRI DATA LANGSUNG DAN PERANGKAT TERKAIT 

  1. Magnetic strip readers

Perangkat yang digunakan untuk membaca data yang terdapat pada sebuah kartu yang memiliki sinyal magnetic. Yang biasa digunakan pada kartu bank, kartu permainan, voucher, dan kunci/kartu hotel.

  1. Chip and pin reader

Chip and pin reader biasa digunakan dalam POS terminals untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

  1. Contactless cards

Adalah aplikasi yang digunakan oleh user untuk melakukan pembayaran tanpa menggunakan kata sandi (PIN) dengan teknologi RFID. Biasa digunakan dalam melakukan pembayaran jumlah kecil.

  1. RFID (Radio Frequency Identification)

Adalah perangkat yang dapat membaca informasi yang disimpan dalam sebuah tag (chip silicon kecil atau dapat diletakkan pada sticker) menggunakan gelombang radio. Contoh penggunaan: track luggage, contactless cards, track movement dan stock control.

  1. MICR (Magnetic Ink Character Reader)

Adalah perangkat yang digunakan untuk membaca karakter yang dicetak/print dengan menggunakan tinta spesial. Biasanya digunakan pada cek bank.

  1. Optical Mark Reader

Adalah perangkat yang dapat membaca tanda yang dituliskan menggunakn pensil atau pulpen. Posisi dan tanda yang ada tersimpan di dalam memori computer.

  1. Optical Character Reader

Adalah perangkat yang dapat mengscan teks yang telah di print dan mengubahnya ke dalam bentuk editable (dapat diedit).

  1. Barcode scanner

Adalah perangkat yang biasa digunakan untuk mengscan barcode yang berisi informasi mengenai suatu produk termasuk harganya.

 

OUTPUT DEVICES 

  1. CRT ( Cathode Ray Tube ) Monito

Suatu perangkat yang berfungsi sebagai layar yang menampilkan output.

  1. LCD ( Liquid Crystal Display ) Monitor

Suatu perangkat yang berfungsi sebagai layar yang menampilkan output.

  1. IPS ( In-Plane Switching ) / LCD Monitor

Suatu perangkat yang digunakan oleh professional graphic artist.

  1. LED ( Light-Emmiting Diode ) Monitor

Suatu perangkat yang secara umum digunakan di luar ruangan seperti papan iklan, store signs, dan penunjuk arah.

  1. Touch Screen

Suatu perangkat yang layar computernya dapat digunakan sebagai input device.

  1. Projector

Suatu perangkat yang pengaplikasiannya digunakan ketika menampilkan sesuatu dalam layar yang besar dan berasal dari computer atau TV.

  1. Inkjet Printer

Suatu perangkat yang berfungsi dalam mencetak data ke dalam kertas (low output volume).

  1. Laser Printer

Suatu perangkat yang laser printer nya sering ditemui untuk melakukan pencetakan dengan high output volume.

  1. Actuators

Suatu perangkat yang merupakan bagian dari control process yang dikirimkan oleh computer dalam bentuk sinyal digital ke actuator. Adapun contoh dari actuator ini seperti  motors, buzzer, heater, lights.

Sekian materi pada pertemuan kali ini, terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Sumber :

https://youtu.be/9xQjaxvQLFs

Pengertian dan Dasar Input Output C++ – Belajar C++ (belajarcpp.com)