Pemrograman Berorientasi Objek

Kesimpulan dari Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut

Pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming atau disingkat OOP) adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek yang merupakan suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat. Objek adalah entitas yang memiliki atribut, karakter (bahavour) dan kadang kala disertai kondisi (state)

Tujuan utama pemrograman berorientasi objek

Tujuan utama dari pemrograman berorientasi objek (PBO) adalah untuk mempermudah pengembangan software dengan cara mengorganisir kode menjadi objek-objek yang dapat berinteraksi satu sama lain. Konsep PBO mengizinkan pengembang untuk mengorganisir program mereka menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mandiri yang disebut objek. Setiap objek memiliki data dan fungsi-fungsi yang berkaitan dengannya, dan dapat berinteraksi dengan objek lain melalui metode yang didefinisikan pada kelas tersebut.

APA SAJA KONSEP DASAR DALAM PBO?

  • Class

Class adalah sebuah blueprint atau cetak biru untuk membuat objek-objek dalam program. Class menyediakan struktur, perilaku, dan properti yang digunakan untuk membuat objek-objek dalam program. Class dapat berisi variabel (atau disebut dengan field) dan method, yang mendefinisikan perilaku objek.

  • Object

Object adalah sebuah instance atau contoh dari sebuah class. Object dibuat dari sebuah class dengan menggunakan kata kunci “new”. Ketika sebuah object dibuat, ia memiliki semua properti dan perilaku yang didefinisikan dalam class tersebut.

  •  Inheritance

Inheritance atau pewarisan adalah salah satu konsep dasar dalam pemrograman berorientasi objek (PBO) yang memungkinkan sebuah class untuk mewarisi properti dan metode dari class lain yang telah ada sebelumnya (parent class atau superclass). Class yang menerima warisan disebut subclass atau child class. Cara kerja inheritance adalah dengan menunjukkan hubungan parent-child antara class menggunakan kata kunci extends. Syntaxnya seperti ini:

class Parent {

// Properties dan methods

}

 

class Child extends Parent {

// Properties dan methods baru

}

Dalam contoh di atas, Child merupakan subclass dari Parent. Dengan kata lain, Child mewarisi semua properti dan metode dari Parent, serta dapat menambahkan properti dan metode baru atau mengubah perilaku metode yang diwarisi dari Parent.

  • Polymorphism

Polymorphism adalah salah satu konsep utama dalam Pemrograman Berorientasi Objek (PBO). Polymorphism merujuk pada kemampuan suatu objek untuk memiliki banyak bentuk atau perilaku yang berbeda tergantung pada cara objek tersebut digunakan.

Dalam Pemrograman Berorientasi Objek (PBO), Polymorphism dapat dicapai melalui dua cara yaitu melalui Overloading dan Overriding. Berikut adalah contoh dari kedua cara tersebut:

- Overloading: Overloading terjadi ketika suatu class memiliki beberapa method dengan nama yang sama, namun memiliki parameter yang berbeda. Contohnya seperti:

public class PersegiPanjang {

private int panjang, lebar;

 

public PersegiPanjang(int panjang, int lebar) {

this.panjang = panjang;

this.lebar = lebar;

}

 

public int hitungLuas() {

return panjang * lebar;

}

 

public int hitungLuas(int sisi1, int sisi2) {

return sisi1 * sisi2;

}

}

- Overriding: Overriding terjadi ketika sebuah subclass memiliki method yang sama dengan superclass-nya. Dalam hal ini, method yang ada pada subclass akan menimpa atau menggantikan method pada superclass-nya. Contohnya seperti:

public class Hewan {

public void suara() {

System.out.println(“Hewan bersuara…”);

}

}

 

public class Kucing extends Hewan {

@Override

public void suara() {

System.out.println(“Meong…”);

}

}

 

public class Anjing extends Hewan {

@Override

public void suara() {

System.out.println(“Guk-guk…”);

}

}

  • Encapsulation

Encapsulation adalah salah satu prinsip utama dalam Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) yang mengacu pada penyembunyian detail dari suatu objek dan menjaga data dan perilaku yang terkait di dalam satu tempat yang terisolasi. Hal ini dilakukan dengan membuat variabel dan method pada suatu kelas bersifat private, sehingga hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri.

Dalam PBO, encapsulation sangat penting karena membantu kita dalam membuat kode yang lebih aman, terstruktur, dan mudah dipelihara. Hal ini juga membantu dalam mengurangi kompleksitas dan meningkatkan fleksibilitas dalam pengembangan program, sehingga kita dapat dengan mudah menambahkan atau mengubah fitur tanpa mempengaruhi kode yang ada sebelumnya.

konsep coupling dan cohesion dalam Pemrograman Berorientasi Objek.

Coupling mengacu pada seberapa erat ketergantungan antara dua kelas atau komponen dalam sebuah program. Semakin tinggi tingkat coupling antara dua kelas, semakin sulit dan kompleks untuk memodifikasi salah satu kelas tanpa memengaruhi yang lain. Coupling yang terlalu tinggi juga dapat menghasilkan kode yang sulit dipahami dan sulit diuji.

Sebaliknya, cohesion mengacu pada seberapa terkait dan fokus suatu kelas terhadap satu tugas atau tujuan tertentu. Semakin tinggi tingkat cohesion suatu kelas, semakin mudah untuk memahami dan memodifikasi kelas. Kode yang memiliki tingkat cohesion yang baik cenderung lebih mudah dipelihara, diuji, dan diubah.

Perbedaan antara abstract class dan interface

Berikut adalah perbedaan antara abstract class dan interface:

  1. Konsep Dasar
  • Abstract class merupakan kelas yang tidak dapat di-instantiate atau dibuat menjadi objek langsung. Sebaliknya, abstract class berperan sebagai kerangka kerja atau template yang diperluas oleh kelas anaknya. Abstract class dapat memiliki metode abstrak atau non-abstrak, dan metode abstrak tersebut harus diimplementasikan oleh kelas anak.
  • Interface merupakan sebuah kontrak yang digunakan untuk menggambarkan perilaku objek. Interface hanya dapat memiliki metode abstrak dan konstanta, dan tidak memiliki implementasi kode sama sekali. Interface dapat di-implementasikan oleh kelas-kelas lain yang ingin menggunakan perilaku yang digambarkan oleh interface tersebut.
  1. Tujuan
  • Abstract class digunakan untuk menggambarkan kesamaan atau hubungan antara kelas-kelas yang ada dalam sebuah hierarki kelas. Abstract class juga digunakan untuk mengurangi duplikasi kode dengan memberikan implementasi dasar untuk metode-metode yang sama di kelas-kelas anaknya.
  • Interface digunakan untuk memastikan bahwa kelas-kelas yang berbeda dapat memiliki perilaku yang sama, tanpa harus peduli dengan detail implementasi dari perilaku tersebut.
  1. Implementasi
  • Abstract class diimplementasikan dengan membuat class abstrak dan meng-extend class tersebut ke class anak, lalu mengimplementasikan metode-metodenya.
  • Interface diimplementasikan dengan membuat interface, lalu mengimplementasikan semua metode yang terdapat pada interface tersebut pada class yang meng-implementasikannya.
  1. Multiple Inheritance
  • Abstract class mendukung multiple inheritance dengan menggunakan keyword extends untuk mewarisi class lain. Namun, karena Java hanya mendukung single inheritance untuk class, dalam hal multiple inheritance pada abstract class, hanya satu class yang bisa di-extend dan class-class lainnya diimplementasikan menggunakan interface.
  • Interface mendukung multiple inheritance dengan menggunakan keyword implements untuk meng-implementasikan banyak interface sekaligus.

Perbedaan antara private, protected, dan public access modifier

  • Private access modifier: Variabel atau method yang dideklarasikan sebagai private hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri. Tidak ada kelas lain yang dapat mengakses variabel atau method tersebut. Variabel atau method private digunakan untuk menyembunyikan informasi yang tidak perlu diakses atau dimodifikasi oleh kelas lain.
  • Protected access modifier: Variabel atau method yang dideklarasikan sebagai protected hanya dapat diakses oleh kelas yang berada dalam package yang sama atau kelas turunan dari kelas yang mengandung variabel atau method tersebut. Variabel atau method protected digunakan untuk memberikan akses pada kelas turunan.
  • Public access modifier: Variabel atau method yang dideklarasikan sebagai public dapat diakses oleh kelas mana saja, baik dari package yang sama atau package yang berbeda. Variabel atau method public digunakan untuk memberikan akses pada kelas lain untuk menggunakan variabel atau method tersebut.

Perbedaan utama antara ketiga access modifier tersebut adalah seberapa besar akses yang diberikan pada variabel atau method. Private memberikan akses yang paling ketat, hanya untuk kelas itu sendiri. Protected memberikan akses lebih besar, untuk kelas dalam package yang sama atau kelas turunan. Public memberikan akses terluas, untuk kelas mana saja, dari package yang sama atau berbeda. Dalam menggunakan access modifier, kita harus mempertimbangkan keamanan data dan fungsionalitas dari program yang kita buat.

TRANSLATE with
COPY THE URL BELOW
Back

EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE
Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster Portal

// <![CDATA[
var intervalId = setInterval(function () { if (MtPopUpList) { LanguageMenu = new MtPopUpList(); var langMenu = document.getElementById(LanguageMenu_popupid); var origLangDiv = document.createElement("div"); origLangDiv.id = "OriginalLanguageDiv"; origLangDiv.innerHTML = "ORIGINAL: “; langMenu.appendChild(origLangDiv); LanguageMenu.Init(‘LanguageMenu’, LanguageMenu_keys, LanguageMenu_values, LanguageMenu_callback, LanguageMenu_popupid); window[“LanguageMenu”] = LanguageMenu; clearInterval(intervalId); } }, 1);
// ]]>

This page is in Indonesian
Translate to English
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh


Framework Frontend

The-Most-Popular-Front-end-Frameworks

Framework tidak bisa lepas dari developer karena sebagai developer pasti akan menggunakan framework. Website yang menarik dapat membuat pengunjung merasa nyaman beralama-lama pada website kamu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan website yang menarik, salah satunya dengan menggunakan framework.

Apa itu front end framework? Front end framework adalah kerangka kerja yang membantu front end developer untuk mempermudah  dalam pengembangan website. Di dalam penggunaan framework bukan berarti kamu tidak akan bertemu dengan code, justru ada beberapa aturan code khusus jika kamu ingin menggunakannya. Dengan code tersebut dapat meningkatkan kinerja kamu karena kamu bisa memanfaatkan beberapa fungsi dan plugin yang disediakan untuk mempersingkat dan mengoptimalkan code yang kamu buat.

Keuntungan

Keuntungan utama dari pengguna yang didapatkan saat menggunakan frontend framework yaitu kemudahan untuk membuat website yang menarik. Namun, selain itu juga masih ada beberapa keuntungan yang lain antara lain:

1. Mempercepat pembuatan website

Di dalam framework sudah terdapat fungsi-fungsi yang sudah tersedia jadi kamu hanya mengimplementasikan fungsi tersebut dan menyesuaikannya sesuai kebutuhanmu.

2. Pemeliharaan website menjadi lebih mudah

Dalam perkembangannya nanti, suatu website pasti akan mengalami penambahan fitur dan membuat website menjadi semakin kompleks. Hal ini menjadi tantangan bagi front end developer, namun jika kamu menggunakan front end framework maka untuk perbaikan bug atau bahkan penambahan fitur menjadi lebih mudah karena kebanyakan front end framework sudah menggunakan pola arsitektur yang terstruktur.

3. Kode program yang terstruktur

Biasanya front end framework memiliki arsitektur tersenndiri untuk menuliskan kode. Sehingga struktur kode yang kamu buat akan terstruktur dan terlihat rapih. Dengan demikian jika terjadi bug maka kamu akan cepat untuk menemukan kesalahan dan mengatasinya.

Contoh Front End Framework

1. React

front-end-framework-react-768x456

 

 

 

 

 

React adalah salah satu library javascript yang bersifat open source. Libaray populer ini dibangun dan dikembangkan oleh Facebook pada tahun 2011.

Fitur unggulan yang dimiliki react yaitu:

  • JSX atau extended javascript, dengan adanya JSX ini kamu bisa memodifikasi DOM (Document Object Model) menggunakan code HTML
  • Single way data flow, aliran data pada react hanya satu arah saja dan menjadi fitur unggulan karena memudahkan dalam penanganan masalah.
  • Virtual DOM, jika kamu menggunakan react maka jika terjadi perubahan kamu tidak perlu mereload halaman karena virtual DOM akan mengolah perubahan yang kamu buat dan akan di render ulang pada bagian yang diubah.

Kelebihan React:

  • Komponen dalam react bisa digunakan berulang tanpa harus menuliskan kode yang sama atau biasa disebut react mendukung adanya reusable component.
  • Banyak sumber yang dapat membantu menyelesaikan masalah karena kepopulerannya yang membuat banyak situs yang membahas tentang react.
  • Rendering react dinilai cukup cepat dan stabil sehingga mampu menangani banyak trafik untuk membangun PW.
  • React dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis mobile atau biasa dikenal dengan react native.

Kekurangan React:

  • Dokumentasi yang tidak konsisten dan berubah-ubah, mengingat react js adalah library open source yang memungkinkan banyak terjadi perubahan di dalamnya.
  • React tidak mendukung browser dengan versi lama seperti Internet Explorer versi 8. Sampai saat ini react yang bisa jalan di IE 8 adalah react versi v0.14. Versi terbaru dari react hanya mendukung Internet Explorer versi 9 keatas.

2. Vue.Js

front-end-framework-vue-js

 

 

 

 

 

Saat ini fungsi dari Vue JS sendiri yaitu digunakan untuk mengembangkan SPA (Single Page Application).

Beberapa fitur dalam Vue JS:

  • Vue js juga memiliki virtual DOM seperti react js. Hal ini membuat Vue Js juga memiliki performa yang cepat dan stabil untuk trafik yang besar.
  • Komponen dalam Vue JS juga bisa digunakan berulang seperti react.
  • Fitur computed properties yang digunakan untuk melihat perubahan di dalam element tanpa harus melakukan penambahan kode.
  • Event handling atau v-on yang berfungsi sebagai atribut yang ditambahkan ke element DOM untuk melakukan perubahan event.

Kelebihan Vue JS:

  • Dokumentasi resmi dari vue js bisa dibilang cukup lengkap dan memuudahkan pemula untuk mempelajarinya.
  • Mempunyai ukuran yang ringan yaitu sekitar 33 Kb saja loh! Jadi kamu tidak usah menunggu lama untuk mengunduh dan mengembangkan website menggunakan framework ini.
  • Mampu berinteraksi dua arah karena memiliki konsep MVVM (Model View View Model).

Kekurangan Vue JS:

  • Komponen yang digunakan belum stabil.
  • Lebih sedikit dukungan seperti forum diskusi karena komunitas yang belum cukup besar.

3. Angular

Salah satu contoh front end framework yang dibangun dengan bahasa typescript dan memiliki konsep MVC (Model View Controller) adalah Angular. Sama seperti React dan Vue, Angular juga bisa diguanakn untuk PWA dan SPA.

 

front-end-framework-angular

 

 

 

 

 

 

Fitur unggulan Angular:

  • Memiliki konsep MVC, dengan adanya pemisahan ini maka dapat dengan mudah melakukan maintain dan pengolahan kode.
  • Two-way Data Binding yang memudahkan untuk sinkronisasi antara view dan model.

Kelebihan Angular:

  • Dokumentasi yang lengkap.
  • Struktur dan arsitektur web dapat digunakan untuk skala besar.
  • Dengan adanya Two-way Data Binding dapat memperkecil resiko error.

Kekurangan Angular:

  • Cukup kompleks dan sulit untuk dipelajari oleh orang awam.
  • Memiliki ukuran yang terbilang cukup besar.
  • Kurang mendukung SEO.

4. Bootstrap

bootstrap-social

 

 

 

 

Bootstrap adalah framework HTML, CSS, dan JavaScript yang berfungsi untuk mendesain website responsive dengan cepat dan mudah. Kemudahan yang ditawarkan oleh Bootstrap adalah Anda tak perlu coding komponen website dari nol. Framework ini tersusun dari kumpulan file CSS dan JavaScript berbentuk class yang tinggal pakai. Class yang disediakan Bootstrap juga cukup lengkap. Mulai dari class untuk layout halaman, class menu navigasi, class animasi, dan masih banyak lainnya. Menariknya lagi, Bootstrap bersifat responsive berkat grid system yang digunakan. Sistem grid pada bootstrap menggunakan rangkaian containers, baris, dan kolom untuk menyesuaikan bentuk layout dan konten website Anda.Dengan kata lain, Bootstrap menjamin tampilan website Anda akan tetap rapi dan konsisten di berbagai perangkat pengunjung. Baik melalui smartphone, tablet, atau laptop.

5. Fondation

front-end-framework-foundation

 

 

 

 

 

Foundation digunakan oleh perusahaan seperti Ebay dan Mozilla. Fitur unggulan yang dimiliki yaitu GPU Acceleration yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja aplikasi saat melakukan rendering animasi.

Kelebihan Foundation:

  • Memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk mencustom tampilan.
  • Tampilan yang responsif.

Kekurangan Foundation:

  • Terlalu rumit untuk pemula.
  • Kurang populer sehingga susah untuk mencari sumber.

6. Ember.js

ember-js

 

 

 

 

 

Ember sama seperti Vue JS yang menggunakan model MVVM berbasis javascript. Ember memiliki performa yang tidak usah diragukan lagi dalam pengembangan website dan mobile app.

Fitur unggulan Ember.js yaitu:

  • Two-way Data Binding yang memudahkan untuk sinkronisasi antara view dan model.
  • Fastboot.js Module yang bertugas untuk mempercepat rendering UI disisi server.
  • Large Ecosystem yaitu menyediakan tools, plugin, dan template untuk meningkatkan kinerja.

Kelebihan ember.js:

  • Jika kamu pengguna angular sebelumnya maka kamu tidak akan kesuliatan jika berpindah ke ember.
  • Server-side rendering yang dapat mempercepat kinerja website.
  • Dokumentasi yang lengkap.

Kekurangan ember.js:

  • Agar tidak kesusahan maka kamu harus terbiasa dengan konsep Serializers dan Adapters.
  • Terlalu banyak fitur.
  • Komunitas yang masih sedikit.
  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy
  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy
  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy

Penerapan dari salah satu framework

Program Studi Teknik Informatika di Universitas Lampung telah mempunyai sebuah website dengan beralamatkan  http://if.unila.ac.id/. Pembuatan website tersebut menggunakan salah satu platform content management system yaitu wordpress. Namun, wordpress sifatnya terbatas, sehingga terkadang sering mengalami kesulitan ketika ingin mengembangkan sebuah website. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan suatu framework yang dapat memudahkan dalam pengembangan website, salah satunya adalah Boorstrap. Bootstrap adalah senjata andalan para developer saat menciptakan website. Tak lain karena Bootstrap merupakan  framework HTML, CSS, dan JavaScript yang bisa membantu mereka membuat website dengan cepat dan mudah. Berikut ini adalah beberapa hal yang didapat dalam proses pengembangan ketika website  http://if.unila.ac.id/ dirancang menggunakan framework Bootstrap:

1. Grid system

Grid System berfungsi untuk memudahkan dalam membuat layout website atau aplikasi. Grid system dapat membuat tampilan lebih rapih dengan membagi layar menjadi 12 kolom. Sehingga website  http://if.unila.ac.id/ dapat menggunakan banyak kolom dalam pengembangannya.

2. Desain yang lebih responsif

Salah satu keunggulan bootstrap adalah dapat membuat tampilan website responsive dengan cepat dan mudah. Bootstrap telah menyediakan class-class CSS sehingga pengembang dapat menggunakan untuk membuat tampilan yang responsif dengan berbagai ukuran layar. Hal tersebut dapat membuat website  http://if.unila.ac.id/ bisa menyesuaikan tampilan berdasarkan perangkat yang digunakan oleh user.

3. Komponen yang Siap Pakai

Di dalam bootstrap terdapat berbagai komponen yang siap digunakan seperti form, navigasi, tombol, modal, dan berbagai komponen lainnya. Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk pengembangan website  http://if.unila.ac.id/ karena dapat dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan pengguna karena banyak komponen yang telah tersedia.

4. Animasi dan efek

Bootstrap menyediakan berbagai animasi dan efek yang dapat menambahkan interaksi dan pengalaman pengguna yang lebih baik pada website atau aplikasi. Beberapa animasi yang tersedia antara lain fade, slide, dan bounce. Hal tersebut  terjadi dikarenakan sudah terintegrasi dengan JavaScript, sehingga framework ini powerfull dalam hal animasi dan efek.

5. Pengujian cross-browser

Bootstrap telah diuji pada berbagai jenis browser dan perangkat, sehingga dapat memastikan konsistensi tampilan pada berbagai platform. Hal ini mengurangi risiko kesalahan tampilan atau performa pada browser tertentu.

6. Dukungan browser

Bootstrap mendukung browser modern seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan Safari. Hal ini membuat website atau aplikasi yang menggunakan Bootstrap dapat diakses dengan baik pada berbagai jenis browser. Jadi tidak perlu khawatir website http://if.unila.ac.id/ yang telah dibuat tidak dapat diakses dengan baik, karena browser yang digunakan oleh mayoritas pengguna tidak kompatibel dengan framework bootstrap.

7. Font dan ikon

Bootstrap menyediakan berbagai jenis font dan ikon siap pakai yang dapat digunakan pada website atau aplikasi. Hal ini memudahkan dalam membuat tampilan yang konsisten dan estetis.

TRANSLATE with
COPY THE URL BELOW
Back

EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE
Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster Portal

// <![CDATA[
var intervalId = setInterval(function () { if (MtPopUpList) { LanguageMenu = new MtPopUpList(); var langMenu = document.getElementById(LanguageMenu_popupid); var origLangDiv = document.createElement("div"); origLangDiv.id = "OriginalLanguageDiv"; origLangDiv.innerHTML = "ORIGINAL: “; langMenu.appendChild(origLangDiv); LanguageMenu.Init(‘LanguageMenu’, LanguageMenu_keys, LanguageMenu_values, LanguageMenu_callback, LanguageMenu_popupid); window[“LanguageMenu”] = LanguageMenu; clearInterval(intervalId); } }, 1);
// ]]>

This page is in Indonesian
Translate to English
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh


  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy
  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy
  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy
  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy
  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy
  • Add to Phrasebook
    • No word lists for English → Indonesian…
    • Create a new word list…
  • Copy

RPL Pertemuan 10 : System Design and Class Diagram

System Design and Class Diagram

A. System Design

  • Pengertian

System design adalah proses mengartikan elemen sistem seperti architecture (arsitektur), module (modul) dan component (komponen), interface (antarmuka) yang berbeda dari komponen tersebut dan data yang melewati sistem itu. Pada tahapan atau fase system design ini, aktivitas system atau software development yang kompleks dibagi menjadi beberapa sub aktivitas yang lebih kecil, yang saling berkoordinasi untuk mencapai tujuan utama pengembangan sistem.

  • Tujuan System Design

Secara umum dan terkait prosesnnya sendiri, adapun tujuan dari system design (desain sistem) adalah untuk menyediakan data dan informasi rinci yang cukup tentang sistem dan elemen sistemnya untuk memungkinkan implementasi yang konsisten dengan entitas arsitektur (architecture entity) seperti yang didefinisikan dalam model dan tampilan arsitektur sistem.

  • Jenis – Jenis System Design

1. Logical Design : menjelaskan sumber, tujuan, penyimpanan data, dan aliran data semua dalam proses yang memenuhi kebutuhan user (pengguna).

2. Physical Design : mengelola bagaimana data diverifikasi, diproses, dan ditampilkan sebagai hasilnya.

3. Architectural Design : Disebut juga desain tingkat tinggi (high level design) yang menekankan pada desain arsitektur sistem.

4. Detailed Design : tipe system design yang mengikuti desain arsitektur dan berfokus atau menekankan pengembangan setiap module (modul).

 


 

B. Class Diagram

  • Pengertian

Class diagram adalah salah satu jenis diagram berbentuk struktur pada model UML. Diagram ini menggambarkan struktur, atribut, kelas, hubungan dan metode dengan sangat jelas dari setiap objeknya. Diagram kelas memberikan data berupa hubungan apa yang terjadi diantara kelas-kelas, bukan menjelaskan kejadiannya. Class diagram dalam suatu proyek umumnya menggunakan konsep yang disebut object- oriented, sehingga membuatnya mudah untuk digunakan.

  • Fungsi Class Diagram

Beberapa fungsi class diagram adalah sebagai berikut:

  1. Dapat meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum atau suatu skema dari program yang dibuat
  2. Dapat menunjukan struktur sebuah sistem dengan sangat jelas
  3. Dapat memberikan gambaran tentang perangkat lunak dan relasi-relasi yang ada di dalamnya
  4. Dapat menjadi bahan analisis bisnis, serta dapat digunakan untuk model sistem yang akan dibuat dari sisi bisnis
  • Manfaat Class Diagram

manfaat dari Class diagram adalah sebagai berikut:

  1. Dibuatnya Class diagram bisa membantu dalam pembuatan sebuah bagan yang tampak jelas dan sangat terperinci. Kemudian, kita harus memperhatikan kode spesifik yang diperlukan oleh suatu program.
  2. Class diagram juga bisa dibuat menjadi tampilan visual dengan kebutuhan spesifik dari sebuah informasi. Kemudian, semua bisnis juga mendapatkan berbagai informasi secara merata.
  3. Jika mempelajari Class diagram, maka hal tersebut bisa membantu meningkatkan pemahaman dan gambaran umum tentang suatu skema dari sebuah aplikasi
  4. Dapat memberikan gambaran umum tentang pemodelan data untuk sistem informasi, baik yang sederhana maupun yang kompleks.
  • Simbol Class Diagram

Seperti yang telah diulas sebelumnya, bahwa dalam Class diagram kita bisa melihat gambaran tentang hubungan antara kelas dalam suatu sistem. Gambaran tersebut akan dibuat dalam bentuk simbol – simbol Class diagram. Berikut ulasannya:

  1. Garis lurus (Generalization), menunjukan hubungan objek anak (descendent) dan induk (ancestor) dalam hal berbagai perilaku dan struktur datanya
  2. Nary Association, suatu upaya untuk menghindari asosiasi yang melebihi 2 objek
  3. Class, suatu himpunan dari objek-objek dalam sistem, yang kemudian berbagi atribut dan operasi yang persis sama
  4. Collaboration, berupa urutan aksi-aksi dalam sistem agar menghasilkan sebuah hasil yang terukur
  5. Realization, sebuah operasi yang benar-benar dilakukan oleh objek dalam sistem
  6. Dependency, suatu hubungan pada perubahan yang terjadi dalam independent yang mempengaruhi elemen yang tidak mandiri
  7. Association, bagian yang menghubungkan objek yang satu dengan yang lainnya
  • Komponen penyusun class diagram

Contoh_komponen_class_diagrampng-768x403

 

 

 

 

  1. Komponen atas
    Komponen ini berisikan nama class. Setiap class pasti memiliki nama yang berbeda-beda, sebutan lain untuk nama ini adalah simple name (nama sederhana).
  2. Komponen tengah
    Komponen ini berisikan atribut dari class, komponen ini digunakan untuk menjelaskan kualitas dari suatu kelas. Atribut ini dapat menjelaskan dapat ditulis lebih detail, dengan cara memasukan tipe nilai.
  3. Komponen bawah
    Komponen ini menyertakan operasi yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Operasi ini dapat menggambarkan bagaimana suatu class dapat berinteraksi dengan data.
  • Hubungan antar kelas

Ada tiga hubungan dalam diagram kelas. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Asosiasi
Pertama ada asosiasi. Asosiasi dapat diartikan sebagai hubungan antara dua class yang bersifat statis. Biasanya asosiasi menjelaskan class yang memiliki atribut tambahan seperti class lain.

 

Contoh_Asosiasi-768x403

 

 

 

 

 

2. Agregasi
Agregasi adalah hubungan antara dua class di mana salah satu class merupakan bagian dari class lain, tetapi dua class ini dapat berdiri masing-masing.

Contoh_agregasi-768x403

 

 

 

 

3. Pewarisan
Pewarisan atau inheritance dapat disebut juga generalization dalam class diagram adalah suatu kemampuan untuk mewarisi seluruh atribut dan metode dari class asalnya (superclass) ke class lain (subclass).

Contoh_pewarisan-768x403

 

 

 

 

  • Contoh penerapannya

Berikut ini adalah contoh dari diagram kelas sistem perpustakaan.

Contoh_class_diagram-768x403

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Kelompok 1 RPL PSTI D
Judul Projek : Restaurant Menu and Ordering System
1. Elisabeth Pakpahan (2115061093)
2. Fani Pebrianto (2115061061)
3. M. Dava Syahputra (2115061101)
4. Tyas Nafara Andini (2115061028)

 


 

Referensi:

https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-system-design/

https://accurate.id/teknologi/class-diagram-adalah/

https://www.dicoding.com/blog/memahami-class-diagram-lebih-baik/

TRANSLATE with
COPY THE URL BELOW
Back

EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE
Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster Portal

// <![CDATA[
var intervalId = setInterval(function () { if (MtPopUpList) { LanguageMenu = new MtPopUpList(); var langMenu = document.getElementById(LanguageMenu_popupid); var origLangDiv = document.createElement("div"); origLangDiv.id = "OriginalLanguageDiv"; origLangDiv.innerHTML = "ORIGINAL: “; langMenu.appendChild(origLangDiv); LanguageMenu.Init(‘LanguageMenu’, LanguageMenu_keys, LanguageMenu_values, LanguageMenu_callback, LanguageMenu_popupid); window[“LanguageMenu”] = LanguageMenu; clearInterval(intervalId); } }, 1);
// ]]>

This page is in Indonesian
Translate to English
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh


KUIS MK PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Nama                         : Tyas Nafara Andini

NPM                           : 2115061028

Kelas                         : PSTI-D

Dosen Pengampu : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Pilihan permasalahan yang akan dijadikan bahan untuk menganalisa :

  • Polusi Udara
  • Polusi Air
  • Polusi Tanah
  • Tata kelola sampah
  • Penyakit
  • Kependudukan
  • Pangan
  • Kemiskinan

Soal :

  1. Apa akar masalah yang terjadi ?
  2. Siapa yang terdampak ?
  3. Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah !
  4. Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3 ?

 


KEMISKINAN DI LAMPUNG MENINGKAT SELAMA PANDEMI COVID-19

07cdb305-4075-40a1-805b-6e565d7f6da3_169

1. Apa akar masalah yang terjadi?

Angka kemiskinan di Provinsi Lampung menunjukkan kenaikan selama pandemi Covid-19. Data Badan Pusat Statisik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin Lampung sebelum pandemi pada September 2019 berjumlah 1.041.480 jiwa atau 12,3% dari total penduduk. Namun, pada Maret 2020 angkanya meningkat menjadi 1.049.320 jiwa (12,34%).

Penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19 pada September 2020 mencapai 655,9 ribu jiwa (10,25%). Hal itu ikut mendorong naiknya angka kemiskinan Lampung, di mana ada sebanyak 52 ribu menjadi penganggur dan 549,7 ribu pekerja mengalami pengurangan jam kerja.

2. Siapa yang terdampak?

Akhir-akhir ini begitu banyak potret kemiskinan yang terjadi akibat dampak dari badai Covid-19 yang terus menerjang kehidupan kita semua. Dan pastinya yang begitu merasakan imbas dari adanya pandemi Covid-19 ini adalah masyarakat dengan tingkat perekonomian yang rendah. Pandemi Covid-19 benar-benar menghantam kondisi perekonomian masyarakat. Berikut sederet potret kemiskinan di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi selama mewabahnya virus Corona ini, antara lain:

1.     Banyaknya warga yang mengalami kelaparan dan tidak bisa makan setiap hari.

2.     Warga yang terpaksa menjual barang yang tersisa dikarenakan semenjak wabah Corona terjadi, tidak ada lagi orang yang mempekerjakannya.

3.     Adanya warga yang terpaksa mencuri.

3. Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah

Pada Rakor yang dipimpin Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto ini dibahas target, sasaran, dan sinergi program dalam penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung termasuk program bantuan yang telah digelontorkan selama Pandemi Covid-19.

Program penanggulangan kemiskinan ini, bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil serta mensinergikan kebijakan dan program penanggulangn kemiskinan.

Adapun program bantuan yang telah digelontorkan selama Pandemi Covid-19:

Pertama, bantuan sosial berupa paket sembako yang dikucurkan sejak awal Pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia.

Kedua, bantuan sosial tunai yang sama dengan bantuan sembako. Program ini juga dikucurkan sejak awal kasus Covid-19 muncul di Indonesia.

Ketiga, BLT Dana Desa. Pemerintah juga mengalihkan sebagian anggaran dana desa (ADD) untuk BLT ini demi menghadapi dampak ekonomi Pandemi Covid-19,

Keempat, listrik gratis. Pemerintah juga memberikan insentif tarif listrik pelanggan yang terdampak Pandemi Covid-19.

Kelima, Kartu Prakerja. Kartu Prakerja dirilis pemerintah untuk membantu karyawan yang terkena PHK dan pengangguran.

Bukan hanya itu pemerintah juga memutuskan untuk mengucurkan bantuan subsidi gaji bagi karyawan swasta. Karyawan yang mendapat subsidi ini adalah mereka yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di bawah Rp5 juta. Pemerintah siapkan anggaran Rp37,7 triliun untuk program bantuan subsidi gaji ini. Penerima subsidi gaji akan menerima bantuan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan. Pembayarannya dilakukan selama 2 tahap atau Rp 1,2 juta setiap penyaluran, Terakhir pemerintah mengucurkan bantuan para pelaku usaha mikro kecil berupa dana hibah atau bantuan langsung tunai (BLT). Skemanya, yakni kucuran bantuan modal usaha Rp 2,4 juta yang ditransfer lewat rekening.

Dana triliunan rupiah ini dikucurkan untuk program jaring pengaman sosial. Berbagai bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi. Selain itu, bantuan ini diharapkan kembali bisa mendongkrak perekonomian Indonesia.

4. Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3?

Dalam masalah ini, tentunya pemerintah lah yang perlu mengambil tindakan. Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Rapat Koordinasi penguatan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Lampung melalui Virtual Zoom di Ruang Command Center, Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Selasa (6/10/2020).

Pada Rakor yang dipimpin Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto ini dibahas target, sasaran, dan sinergi program dalam penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung termasuk program bantuan yang telah digelontorkan selama Pandemi Covid-19.


SUMBER:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/29/kemiskinan-lampung-meningkat-selama-pandemi-covid-19

https://lampungprov.go.id/detail-post/pemprov-lampung-bahas-program-bantuan-penanggulangan-kemiskinan-selama-pandemi-covid-19

Kuis MK Pengantar Teknologi Informasi

Kuis MK Pengantar Teknologi Informasi

Nama                          : Tyas Nafara Andini

NPM                            : 2115061028

Kelas                          : PSTI-D

Dosen Pengampu  : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

  1. Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

Jawab:

Saat ini teknologi informasi dan komputer (TIK) berkembang sangat pesat. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 membuat teknologi memiliki banyak kemajuan. Pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya dalam hal teknologi e-commerce semakin populer. Kalangan UMKM dipaksa untuk lebih melek teknologi yang berkecimpung dunia digital agar bisnis tetap bisa berjalan walau di masa pandemi. Pemerintah memaksa masyarakat untuk melek teknologi agar semakin terbiasa terutama di masa pandemi ini.

Pandemi juga memaksa percepatan di sektor pendidikan. Pembelajaran sekolah jarak jauh ini memaksa anak-anak dengan dibantu dengan orang tua untuk akrab dengan internet. Oleh sebab itu, akses internet dan teknologi di Indonesia belum merata di semua wilayah. Beberapa anak di berbagai daerah di Indonesia tidak dapat mengakses internet dengan mudah. Mereka harus bersusah payah mencari tempat yang dapat menjangkau internet agar depat melaksanakan sekolah daring. Permasalahan ini muncul dan membuat pemaksaan terhadap pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah. Apabila anak-anak yang sama sekali tidak bisa melakukan akses internet maka dengan terpaksa mengumpulkan tugas sekolah secara offline. Penyebaran virus Corona yang belum berhenti ini menjadikan acuan agar akses internet dan teknologi dapat lebih merata ke seluruh penjuru Indonesia.

Teknologi yang juga mulai berkembang pesat di masa pendemi ini adalah teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robot yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan ini. Dengan adanya peraturan pemerintah dalam menjaga jarak atau PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka banyak startup dan periset mencoba bermacam cara untuk berinovasi membuat robot agar bisa mengurangi kontak dengan sesama manusia. Teknologi yang memiliki kegunaan ‘tanpa sentuh’ kini sudah mulai banyak digunakan khususnya di tempat umum. Penggunaan robot di masa pandemi ini semakin masif untuk berbagai keperluan membantu manusia. Salah satu contohnya adalah robot digunakan untuk menyemprotkan desinfektan di ruangan. Robot digunakan untuk untuk membantu memeriksa kondisi pasien. Teknologi Artificial Intelligence pun kian banyak digunakan di masa pandemi. Kecerdasan buatan dipakai untuk membantu banyak hal seperti mendiagnosa penyakit dan membantu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pandemi.

Asosiasi Internet of Things Indonesia memperkirakan teknologi 5G akan segera hadir seusai pendemi berlalu. Meski belum jelas pandemi kapan berakhir dan persiapan infrastruktur 5G di Indonesia, teknologi ini menjanjikan banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. Memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dengan 4G, teknologi 5G dapat memungkin bekerja secara jarak jauh lebih efisien dan kompeten baik bagi masyarakat maupun instansi pemerintah dan swasta.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dari waktu ke waktu, diperkirakan dalam 10 tahun ke depan akan lebih banyak lagi teknologi-teknologi modern yang sebelumnya bahkan kita tak akan menyangka akan seperti itu dan tentunya akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Menurut saya 10 tahun ke depan akan ada beberapa kemungkinan perkembangan teknologi sebagai berikut:

  • Semakin banyak robot membantu pekerjaan manusia

Berbagai rumah sakit hingga perusahaan saat ini telah mengintegrasikan pekerjaan manusia untuk dilakukan oleh robot . contohnya, robot bernama Tommy dipekerjakan di rumah sakit Circolo di Varese, Italia untuk membatasi kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien, sehingga mengurangi risiko infeksi. Ada pula robot yang membantu kedokteran bedah, yang bertujuan untuk memungkinkan konduksi prosedur bedah dari jarak jauh tanpa menyentuh pasien. Tak hanya itu, Korea Selatan juga punya robot yang telah digunakan untuk mengukur suhu dan mendistribusikan hand sanitizer. McDonald bahkan telah menguji coba robot untuk memasak di dapurnya.

  • Mengendalikan komputer dengan pikiran

Beragam penelitian soal teknologi nano sudah dijalankan di berbagai negara. Bahkan, implan microchip di tubuh manusia dan hewan juga sudah mulai dilakukan untuk meneliti potensi sinkronisasi antara manusia dan komputer. Salah satu perusahaan yang sedang meneliti integrasi antara komputer dan manusia adalah Neuralink yang didirikan oleh Elon Musk, miliuner Amerika Serikat pemilik Tesla dan SpaceX. Buat yang belum tahu, Elon Musk memamerkan demonstrasi hasil implan chip di seekor babi pada bulan Agustus lalu. Dari hasil demonstrasi ini, chip yang ditanam ternyata mampu terhubung ke sistem saraf dari babi tersebut dan menangkap sinyal yang dihasilkan oleh neuron. Dengan pengembangan lebih lanjut, sinyal otak tersebut bisa diterjemahkan ke dalam serangkaian perintah. Dengan demikian, kita bisa mengendalikan perangkat komputer hanya dengan pikiran.

  • Mobil listrik akan berseliweran di jalanan

Kemajuan teknologi yang semakin canggih, mobil listrik diprediksi akan menjadi pilihan transportasi utama dalam 10 tahun mendatang. Meskipun saat ini produsen mobil listrik masih bisa dihitung dengan jari, namun tuntutan untuk menciptakan akses transportasi yang ramah lingkungan dan minim emisi menjadi semakin mendesak dan mobil listrik adalah solusinya. Namun, harga mobil listrik saat ini masih selangit karena pabrikan mobil listrik masih terbatas. Jika industri mobil listrik sudah diisi oleh banyak pemain, maka harga mobill listrik bisa semakin turun, sehingga bisa dijangkau oleh kita semua. Sehingga, jangan heran kalau di masa depan jalanan Indonesia nantinya bisa bebas polusi karena diisi oleh lebih banyak mobil listrik.

Cara Menyikapi Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi memang memberikan kemudahan dalam hidup manusia. Namun, pada hakikatnya manusia memiliki kendali atas teknologi sehingga perlu disertai dengan literasi yang mumpuni untuk menunjang kecakapan dalam mengaplikasikan teknologi. Maka dari itu kita perlu tau cara menyikapi perkembangan teknologi tersebut agar tidak terpengaruh oleh dampak negatifnya. Untuk merespons perkembangan teknologi, manusia perlu memiliki pola pikir adaptif agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Selain itu, manusia juga perlu memiliki pemikiran terbuka dan kritis untuk terbuka terhadap hal-hal baru.

2. Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan   meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Jawab:

sohoo-300x223

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau usaha kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa sebagai pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategis yang tinggi. Suasana kantor dirumah menjadi nyaman karena rumah kita sendiri dan dekat dengan kehangatan keluarga. Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL (Digital subscriber line) atau internet kabel.

Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik dapat di akses antara beberapa komputer lokal. Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.

Berikut adalah beberapa perangkat yang di butuhkan untuk membangun sebuah jaringan SOHO (Small Office Home Office):

  1. PC SERVER

Yaitu perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan. Sehingga server harus cukup spesifikasi untuk bisa menangani akses dari client.

  1. PC Client

Adalah perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server. Sama fungsinya seperti PC client, ada juga client menggunakan laptop atau smartphone menggunakan media wifi untuk koneksinya.

  1. SWITCH

Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan menggunakan media kabel.

  1. Wifi

Wi-Fi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.

  1. Router Mikrotik

Router adalah bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain. Dapat diartikan juga bahwa router adalah media penghubung dalam jaringan berskala besar dengan berbagai macam segmen ip yang berbeda-beda. Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencangkup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider Hotspot.

 


sumber:

https://catatanshand.blogspot.com/2018/03/Pengertian-jaringan-soho.html

https://mahaprian.blogspot.com/2019/04/jaringan-sohoprian-mahaditya.html?m=1

https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/karsa-adiguna-2/teknologi-10-tahun-mendatang-csc

Pengantar Teknologi Informasi Topic 10 : Communication Digital Content

COMMUNICATION DIGITAL CONTENT


digital-com-breeze-scaled

 

Communication Digital Content atau Komunikasi Digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, dimana sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu.

 

A. Perangkat Yang Diperlukan

Dalam melakukan komunikasi digital terdapat beberapa perangkat yang diperlukan, antara lain :

1. Perangkat pengirim, yang berfungsi dalam melakukan instruksi pengiriman data atau informasi.

2. Media transmisi, merupakan media yang digunakan sebagai tempat data atau saluran komunikasi.

3. Perangkat penerima, merupakan perangkat yang berperan dalam menerima instruksi, data atau informasi.

B. Jenis Jaringan Komputer 

1. Berdasarkan Luas Area

– Local Area Network ( LAN )

jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN yaitu sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah. Banyak orang yang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan Wifi dan lebih dikenal dengan Wireless Local Area Network ( WLAN ).

– Metropolitan Area Network ( MAN )

adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari dari jaringan Local Area Network ( LAN ).

– Wide Area Network ( WAN )

merupakan kumpulan dari Local Area Network ( LAN ) yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

– Personal Area Network ( PAN )

jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya saja pada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

– Cluster Area Network ( CAN )

dapat dibilang memiliki kesamaan dengan MAN, namun lebih terbatas dalam ruang lingkup kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini, lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain sebagainya.

– Internet

adalah jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Media Penghantar

– Wire Network

adalah network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

- Wireless Network

menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya. Oleh sebab itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses network tanpa harus memasang kabel pada komputernya.

3. Berdasarkan Pola Operasi

- Client Server

adalah network yang memiliki satu atau lebih komputer, yang dapat melayani komputer lain. Komputer yang melayani ini disebut server, sedangkan komputer yang dilayani disebut client. Contoh server antara lain, yaitu web server, fire server, dan lain sebagainya.

- Peer to Peer

adalah network yang setiap komputernya bisa melayani atau dilayani pada saat bersamaan. Peer to Peer banyak diimplementasikan pada LAN, akan tetapi kemungkinan besar juga digunakan pada jenis network yang lebih besar cakupannya.

C. Standar dan Protokol Komunikasi Jaringan

1. Ethernet

Ethernet atau Internet adalah standar jaringan yang tidak menentukan pusat komputer atau perangkat di jaringan ( node ) harus mengontrol ketika data dapat ditransmisikan.

2. Cincin Token

Token ring standar menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau melewati sinyal khusus.

3. TCP / IP

TCP / IP protokol adalah jaringan yang mendefinisikan bagaimana pesan ( data ) dirutekan dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

4. Wifi

Wi-Fi mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain.

5. Bluetooth

Bluetooth adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.

7. Ultra – Wideband ( UWB )

UWB (ultra-wideband) adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain.

8. IrDA

IrDA mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah ( IR ).

9. RFID

RFID adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan di atau dilampirkan ke objek, hewan, atau seseorang.

10. NFC

NFC atau komunikasi jarak dekat adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC.

11. LTE

LTE adalah standar jaringan yang menentukan seberapa tinggi kecepatan transmisi seluler menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler.

D. Macam Perangkat Jaringan Komputer

1. Server

Server berfungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan informasi, serta mengelola jaringan komputer. Server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client. Karena tujuan dari dibuatnya server memang untuk melayani komputer client.

2. Network Interface Card ( NIC )

NIC dapat disebut juga dengan LAN Card Expansion Board yang digunakan supaya komputer dapat terhubung dengan jaringan. Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yaitu ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

3. Kabel jaringan

Kabel merupakan media untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain. Terdapat beberapa jenis kabel untuk pembuatan saluran jaringan. Diantaranya adalah kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

4. Hub dan Switch

Switch merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik, bentuk dari switch sama dengan hub, namun jika dilihat dari sisi logika switch sama dengan bridge. Switch memiliki dua tipe, yaitu unmanaged switch yang merupakan tipe termurah. Dan managed switch yang merupakan tipe termahal.

5. Router

Router adalah perangkat jarkom yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN ke dalam suatu jaringan WAN, serta mengelola lalu lintas dari data di dalamnya. Router dapat menentukan jalur terbaik, karena memiliki tabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat dalam jaringan.

6. Bridge

Bridge adalah sebuah piranti yang digunakan untuk meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi pada sebuah data link. Bridge juga memiliki fungsi untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan kecil.

7. Modem

Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer, dengan penyedia layanan internet atau disebut juga dengan Internet Service Provider ( ISP ).

8. Repeater

Repeater adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater berusaha untuk mempertahankan integritas dari sinyal jaringan. Kelemahan dari repeater sendiri adalah tidak dapat melakukan filter traffic dalam jaringan.

9. Wireless card

Wireless card merupakan perangkat yang wajib digunakan apabila anda ingin terhubung dalam jaringan nirkabel. Rata – rata komputer jenis terbaru sudah menggunakan perangkat yang mendukung wireless card. Namun, anda juga bisa menambahkannya sendiri pada komputer anda.


Sumber:

– https://www.kompasiana.com/mardety/5f53650c097f3624d51b1092/orang-pintar-wajib-baca-komunikasi-digital-manfaat-dan-efek-negatif?page=2&page_images=1

– https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/protokol_jaringan_komputer_pengertian_fungsi_dan_jenisnya-710

– https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi

Pengantar Teknologi Informasi Topic 9 : Operating Systems

OPERATING SYSTEMS

1_IqiC7ABEzP2NCIjGvwAC4g

        Operating Systems atau Sistem Operasi adalah salah satu software atau perangkat lunak yang tugasnya bertanggung jawab mengatur dan mengontrol kerja hardware atau perangkat keras serta menjalankan software atau aplikasi di dalam sebuah sistem komputer. Dengan kata lain, sistem operasi merupakan sistem yang mengendalikan operasi dasar serta memastikan sistem dalam komputer bisa berjalan dan berfungsi sebagaimana semestinya. Karena sistem operasi dapat memungkinkan suatu aplikasi bisa berfungsi, maka sistem operasi disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya bisa berfungsi karena adanya sistem operasi kecuali apabila komputer sedang dalam keadaan booting.

 

Cara Kerja Operating System

Cara kerja operating system adalah sebagai berikut:

pengertian+operating+system2

Sebenarnya operating system merupakan penghubung antara hardware dan software. Ketika komputer dinyalakan pertama kalinya, maka kita akan tahu bahwa yang sedang berjalan ialah sistem operasi dan setelah komputer menyala, barulah aplikasi atau program dapat berjalan. Intinya operting system atau sistem operasi adalah sistem yang berada pada lapisan pertama di mana memori harddisk di letakkan.

 

Fungsi Operating System

Fungsi operating system adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk menjalankan operasi dasar pada komputer.
  • Untuk mengatur kerja hardware dan juga software.
  • Untuk menyajikan tampilan.
  • Sebagai wadah aplikasi atau program.
  • Untuk mengkoordinasi kerja perangkat komputer.
  • Untuk mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program.
  • Untuk mengoptimalkan fungsi perangkat komputer.

 

Jenis operating system

1. Linux

Salah satu jenis sistem operasi yang populer selain Windows dan MacOS adalah Linux.

Sistem operasi yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang programmer bernama Linus Torvalds pada 1991.

Linux menjadi salah satu sistem operasi favorit para programmer. Maka, tak heran jika Linux banyak digunakan di server korporasi, sains, dan sistem komputer cloud, seperti ditulis oleh Chron. Selain itu, Linux juga memiliki sifat open source yang berarti pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikannya secara bebas tanpa memerlukan lisensi. Dengan sistem open source tersebut, Linux bisa memiliki perkembangan yang sangat pesat karena dikembangkan oleh banyak orang.

2. MS DOS

MS DOS atau Disk Operating System (DOS) adalah pendahulu Microsoft Windows yang kita kenal saat ini. DOS merupakan awal mula metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM.

DOS sudah ada sejak beberapa dekade yang lalu. Kemudian, jenis sistem operasi yang satu ini mengalami masa kejayaannya pada tahun 1980-an.

Salah satu kelebihan DOS adalah ukurannya yang kecil sehingga tidak memerlukan kapasitas penyimpanan (storage) yang besar. Selain itu, DOS juga bisa digunakan di berbagai perangkat. Namun, DOS mengharuskan penggunanya melakukan perintah dalam bentuk teks sehingga pengguna perlu mengingat berbagai format perintah yang ada. Adapun kekurangan DOS lainnya yaitu belum mendukung aplikasi atau software grafis.

Tampilan DOS masih hitam putih dan tidak bisa menampilkan gambar. Dengan berbagai kekurangannya tersebut, kini DOS kalah dari sistem operasi lainnya yang lebih canggih.

3. Unix

Unix merupakan salah satu jenis sistem operasi yang sudah ada sejak lama, seperti DOS.

Biasanya, Unix digunakan sebuah komputer mini sebagai server jaringan. Pasalnya, Unix ringan dan sangat membantu dalam proses pemindahan kerja dari satu komputer ke komputer yang lain.

Salah satu kelebihan Unix adalah dapat digunakan secara multiuser atau lebih dari satu pengguna dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, sistem file dalam Unix juga bersifat hirarkial yang akan memudahkanmu dalam mengakses data. Saat ini, sudah ada banyak versi dari Unix yang bisa kamu pilih. Namun, sistem operasi yang satu ini memang tidak banyak digunakan oleh pengguna komputer sehari-hari. Salah satu alasannya yaitu Unix tidak memiliki tampilan dan grafis yang menarik. Adapun sistem operasi ini membutuhkan storage yang besar dan sulit dioperasikan oleh pengguna awam.

Unix juga belum kompatibel untuk semua hardware.

4. Chrome OS

Chrome OS adalah salah satu jenis sistem operasi yang paling baru. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini dirilis pada Juni 2011. Chrome OS berbasis Linux dan hanya dapat digunakan di perangkat tertentu, seperti Chromebook.

Sistem operasi yang satu ini memiliki tampilan yang minimalis. Selain itu, awalnyna Chrome OS juga hanya bisa menjalankan beberapa aplikasi sederhana. Namun seiring berjalannya waktu, kini Chrome OS dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Dikutip dari PCMag, Chrome OS terbilang cocok digunakan dalam keperluan personal dan bisnis.

5. Windows

Salah satu jenis sistem operasi yang paling populer adalah Windows.

Dilansir dari TechTerms, Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia selama dua dekade. Sistem operasi ini diluncurkan pertama kali pada 1985 oleh Microsoft Inc. Kemudian, Windows terus mengalami perkembangan yang pesat dari segi fungsi, tampilan, dan kualitas.

6. MacOS

MacOS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple. Layaknya produk Apple lainnya, MacOS memiliki user interface yang sangat simpel dan mudah dipahami.

Sistem operasi ini dapat digunakan di semua perangkat keluaran Apple. Menariknya, semua terkoneksi dalam satu Apple ID yang sama. Sebagai contoh, jika ada seseorang menelepon ke iPhone-mu, kamu bisa mengangkatnya melalui Macbook. Dengan segala kecanggihan yang ditawarkan Apple, tak heran jika banyak orang memilih untuk menggunakan MacOS.


SUMBER:

https://www.temukanpengertian.com/2013/01/pengertian-operating-system.html

https://glints.com/id/lowongan/jenis-sistem-operasi/#.YY0s1WBBzDc

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI : TOPIC 8

untitled

Pengertian

Digital storage adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang digunakan saat ini seperti eksternal hard disksolid state driver (SSD), usb flash drive sampai dengan penyimpanan cloud storageCloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data transparan bagi pengguna.

Fungsi Storage Device

Fungsi storage device yakni untuk menyimpan dan mengelola data digital. Data tersebut nantinya bisa dengan mudah dibagikan ke orang lain. Cara ini sangat efektif karena proses penyalinan data berlangsung cepat karena tidak melalui proses pencetakan. Saat ini ada berbagai jenis storage device, sehingga dari segi fungsi memang memiliki sedikit perbedaan.

Storage device dapat dibedakan menjadi dua kategori yakni primary storage dan secondary storage. Untuk primary storage ini contohnya seperti RAM maupun ROM. Fungsinya untuk membaca, menulis dan mengolah data yang tersimpan di secondary storage.

Jenis-jenis

  1. Hard Drives
  • Hard Disk atau Hard Disk Drive (HDD)

Merupakan  sebuah media penyimpanan yang berisi satu atau lebih piringan bundar yang menggunakan partikel magnetic untuk menyimpan data, instruksi dan juga informasi.

Kapasitas penyimpanan hard disk bervariasi dan ditentukan oleh:

– Jumlah piringan yang berisi hard disk

– Disk menggunakan longitudinal atau perpendicular

– Kepadatan

  • SSD ( Solid State Drive )

Merupakan sebuah penyimpanan memori dari suatu perangkat yang mengandung processor untuk mengatur penyimpanan perangkat tersebt.

Ada beberapa keunggulan dari SSD dibandingkan dengan hard disk: Kecepatan akses yang lebih unggul, Kemampuan transfer yang lebih cepat, Lebih ringan, Lebih hemat energi, Dapat digunakan lebih lama

Selain keunggulan ssd memiliki sebuah kelemahan yaitu daya tahan umur yang rendah jika digunakan sebagi main storage,dikarenakan umur ssd ditentukan oleh jumlah tulis yang dilakukan ssd semakin banyak jumlah tulis maka semakin rendah pula usia dari ssd.

  • Eksternal HDD

Merupakan sebuah penyimpanan yang terpisah dari perangkat computer yang dikoneksikan oleh kabel dengan menggunakan USB Port dan dihubungkan kepada computer atau mobile device lainnya.

  • RAID (Redundant Array Of Independent Disks)

Merupakan  sebuah penyimpanan yang merupakan gabungan dari dua atau lebih hardisks/SSD yang digabungkan.

  1. Portable Flash Memory Storage 
  • Memory Card

Merupakan perangkat penyimpanan yang cukup kecil dengan ukuran yang sangat portable biasanya perangkat ini banyak digunakan pada kamera maupun laptop.

  • USB Flash Drives

Merupakan sebuah plug yang dapat dihubungkan melalui USB port pada sebuah computer atau mobile device.

  • Cloud Storage

Merupakan sebuah layanan internet yang menyediakan penyimpanan untuk pengguna computer atau mobile device.

  • Optical Disk

Terdiri dari piringan datar, bulat, portabel piringan yang terbuat dari logam, plastik, dan pernis yaitu ditulis dan dibaca oleh laser.dimasa sekarang penggunaan optical dics sudah jarang dan digantikan oleh flashdisk.

 

  1. Enterpise Storage
  • Network attached storage (NAS)

merupakan server yang ditempatkan pada jaringan dengan tujuan tunggal menyediakan penyimpanan untuk pengguna, komputer, dan perangkat yang terhubung ke jaringan.

  • Strorage area network (SAN)

Merupakan jaringan kecepatan tinggi dengan satu-satunya tujuan untuk menyediakan penyimpanan ke server terlampir lainnya.

  • Tape Drive

Merupakan Pita bersifat magnetis pita dilapisi plastik mampu menyimpan besar jumlah data dan informasi Sebuah tape drive membaca dan menulis data dan informasi pada pita magnetik.

 

sumber:

Discovering Computers 2016 Tools, Apps, Devices, and the Impact of Technology

Storage Device: Pengertian, Fungsi dan Contohnya – Mas Dzikry

Jurnal Perkuliahan | Topic 11 Pengetahuan Lingkungan

 

Pengantar Teknologi Informasi : Topik 7

 

 

Pengertian input dan output device pada komputer sering disingkat dengan lambang I/O. Baik perangkat input dan output, keduanya didominasi oleh perangkat keras. Untuk dapat berjalan dengan baik, komputer harus dilengkapi dengan kedua bagian tersebut. Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka komputer tidak dapat berjalan dengan baik. Setiap perangkat yang bertugas pada sistem operasi ini memiliki fungsinya masing-masing.

Banyak sekali perangkat yang termasuk dalam kategori input maupun output.

PERANGKAT INPUT

- Keyboard

Perangkat ini digunakan untuk memasukkan data ke dalam aplikasi dan memasukkan perintah melalui antarmuka CLI. Keuntungan dari alat ini adalah kemudahan penggunaan dan entri teks cepat ke dalam dokumen. Sayangnya, metode yang digunakan pada perangkat ini lebih lambat daripada entri data langsung.

- Numeric Key Pad

Perangkat yang satu ini banyak digunakan untuk menginput data numerik ke ATM, terminal point-of-sale, chip dan pin, handphone, dll. Perangkat ini merupakan perangkat utama untuk memasukkan data numerik seperti pin dan harga ke dalam POS, namun sering kali dibatasi penggunaannya karena kunci yang terlalu kecil atau sulit untuk diketik.

- Mouse

Perangkat ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, alat yang biasa digunakan untuk mengontrol penunjuk di layar, baik itu memilih windows, mengklik ikon, memilih menu, atau memposisikan penunjuk. Perangkat membuat navigasi menu opsi lebih mudah dan memungkinkan Anda memilih opsi lebih cepat daripada menggunakan keyboard. Namun, permukaannya harus rata saat digunakan karena mudah rusak jika digunakan sembarangan.

- Touch Pad

Perangkat yang digunakan sebagai penunjuk pada laptop ini adalah bagian dari keyboard, sehingga tidak diperlukan alat tersendiri. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa lebih sulit digunakan daripada menggunakan laptop dengan bantuan mouse.

- Tracker Ball

Perangkat input Tracker Ball ini banyak digunakan oleh pengguna dengan rentang gerak pergelangan tangan terbatas, sehingga cenderung kurang familiar dan lebih mahal. Namun, terlepas dari dua hal tersebut, perangkat input ini sebenarnya lebih mudah digunakan daripada mouse. Perangkat ini juga memiliki penunjuk-penunjuk yang lebih akurat.

- Remote Controll

Merupakan perangkat yang banyak digunakan untuk mengontrol saluran TV dan pilihan menu, sistem multimedia, dan aplikasi industri. Perangkat ini dapat digunakan dalam jarak tertentu, tetapi tidak ada sinyal dan mungkin terhalang oleh hambatan atau dinding, yang dapat mempengaruhi efektivitas perangkat yang satu ini.

- Joystick

Digunakan dalam permainan komputer dan simulator, joystick lebih mudah digunakan daripada keyboard. Namun, lebih sulit untuk dioperasikan daripada mouse.

- Driving Wheel

Merupakan perangkat yang sering digunakan gamer dalam permainan komputer (balapan / mengemudi) dan simulator. Alat ini membuat aktivitas mengemudi lebih akurat daripada keyboard. Namun sayang, perangkat ini mahal dan pergerakan perangkat ini bisa dikatakan terlalu sensitif.

- Scanners

Perangkat ini digunakan untuk memindai dokumen atau foto. Perangkat ini dapat membuat sebuah salinan dan untuk resolusi salinannya bergantung pada pengaturan resolusi yang dipilih.

- Web Cams

Digunakan oleh pengguna yang ingin memiliki konferensi web ( Skype Call ). Dengan Web Cams memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan video tatap muka, sehingga kita dapat menghubungi orang tanpa perlu bepergian. Untuk kualitas tergantung pada koneksi internet.

ENTRI DATA LANGSUNG DAN PERANGKAT TERKAIT

- Magnetic Strip Readers

Perangkat ini digunakan untuk membaca data pada kartu menggunakan sinyal magnetik. Penggunaannya biasa terdapat untuk kartu bank, kartu remi, kupon, kunci / kartu hotel.

- Chip and Pin Reader

Chip and Pin Reader digunakan untuk membayar dengan kartu debit atau kredit dalam POS terminals.

- Contactless Cards

Aplikasi ini dapat digunakan ketika pengguna melakukan pembayaran menggunakan teknologi RFID tanpa menggunakan password (PIN). Biasanya digunakan untuk pembayaran dalam jumlah kecil.

- RFID (Radio Frequency Identification)

Perangkat ini dapat menggunakan gelombang radio untuk membaca informasi yang disimpan pada tag (chip silicon kecil atau diletakkan pada stiker).

- MICR (Magnetic Ink Character Reader)

Biasa  digunakan untuk membaca karakter yang dicetak / print dengan menggunakan tinta spesial. Biasanya digunakan pada cek bank.

PERANGKAT OUTPUT

- CRT (Cathode Ray Tube) Monitor

Monitor yang berfungsi sebagai layar untuk menampilkan output

- LCD (Liquid Crystal Display) Monitor

Monitor ini hampir sama dengan CRT yang digunakan sebagai layar untuk menampilkan output.

- IPS (In-Plane Switching) /LCD Monitor

Secara umum, monitor ini digunakan oleh professional graphic artist.

- LED (Light-Emmiting Diode) Monitor

Secara umum digunakan di luar ruangan seperti papan iklan, store signs, dan penunjuk arah.

- Touch Screen

Merupakan layar komputer yang dapat digunakan sebagai input device.

- Projector

Digunakan ketika menampilkan sesuatu dalam layar yang besar dan berasal dari komputer atau TV.

- Inkjet Printer

Inkjet Printer berfungsi untuk mencetak data ke dalam kertas ( low output volume ).

- Laser Printer

Laser printer ini berfungsi untuk melakukan pencetakan dengan high output volume.

- Actuators

Merupakan bagian dari control process yang dikirimkan oleh computer dalam bentuk sinyal digital ke actuator. Adapun contoh dari actuator ini seperti  motors, buzzer, heater, lights.

 

SUMBER: 

 https://youtu.be/9xQjaxvQLFs