Data Base

assalamualaikum.wr.wb

artikel ini saya buat untuk sedikit memahami database.

Data Base

Related image

Data Base/ basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.

pengertian data base menurut para ahli

• Silberschatz, dkk (2002), mendefinisikan basisdata sebagai kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan.

• Menurut Mc Leod, dkk (2001), basisdata adalah kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi.

• E. Petroutsos (2002), basis data adalah sebuah objek yang komplek untuk menyimpan informasi yang terstruktur, yang diorganisir, dan disimpan dalam suatu cara yang memungkinkan informasi diakses dengan cepat.

struktur data dan basis data

• Field – Merupakan unit data yang berisi satu atau lebih karakter (byte) – Merupakan unit terkecil dari informasi berharga di dalam database – Setiap field memiliki nama field yang menggambarkan jenis data yang harus di masukkan ke dalam field – Contoh : Nim, Nama, Alamat.

• Record – Merupakan kumpulan field-field yang berhubungan. – Masing masing record menyimpan suatu informasi data suatu entitas – Contoh : • Record bisa saja nama, alamat, dan jenis kelamin.

• Tabel – Merupakan kumpulan record-record yang saling berhubungan. – Contoh tabel : • Mahasiswa, dosen, pegawai.

sistem data base/basis data

• Sistem Basis Data

Merupakan sistem yg terdiri dari basis data dan sekumpulan program (DBMS) yang memungkinkan user mengakses dan memanipulasi data tersebut.

Database Management System

 Image result for gambar manfaat dbms

• DBMS merupakan Program komputer yang digunakan untuk memasukkan data, menghapus, memanipulasi, dan memperoleh data/informasi secara praktis dan effisien

Proses/Fungsi:

 Defining : database harus bisa mendefiniskan tipe data, struktur dan batasan (constraint) dari data agar dapat disimpan dalam database.

 Constructing : database merupakan proses penyimpanan data pada pada beberapa media penyimpanan yang dikontrol oleh DBMS.

 Manipulating : database mencakup berbagai fungsi manipulasi, meliputi query data (mendapatkan data) yang akan dicari, operasi insert, update dan delete serta dalam meng-generate report data.

 Sharing : database harus dapat diatur untuk bisa sharing data pada multiple user dan program, sehingga dapat diakses secara bersama-sama. Sistem Basis Data (DBMS)…

 Fungsi yang lebih penting dari DBMS adalah proteksi dan perawatan (maintain) database dalam jangka panjang.

 Proteksi : mencakup system protection yang menangani kondisi malfunction (crash) baik pada hardware ataupun software, dan security protection yang menangani pengaksesan oleh user yang tidak dikehendaki.

 Maintain : DBMS harus memiliki kemampuan dalam memberikan perawatan pada sistem database akan setiap perubahan tiap saat dibutuhkan.

Manfaat DBMS

• Performance -> Pengelolaan data yang besar, efisiensi penggunaan media penyimpanan dan memori.

• Integritas –> Masalah redundansi data dapat teratasi.

• Independensi –>Perubahan struktur tanpa mempengaruhi aplikasi lain.

• Sentralisasi –>Data yg terpusat akan memudahkan pengelolaan

• Sekuritas

Contoh Software DBMS

• Oracle

• SyBase

• SQL server

• My SQL

• MS Access

Tujuan Data Base

 Kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan data (speed)

 Efisiensi ruang penyimpanan (space) Mengurangi / menghilangkan redudansi data

 Keakuratan (Accuracy) Pembentukan kode & relasi antar data berdasar aturan / batasan (constraint) tipe data, domain data, keunikan data, untuk menekan ketidakakuratan saat entry / penyimpanan data.

 Ketersediaan (Avaibility) Pemilahan data yang sifatnya pasif (off-line, distributed) dari database aktif.

 Kelengkapan (Completeness) Kompleksnya data menyebabkan perubahan struktur database sehingga menjadi lengkap.

 Keamanan (Security) Memberikan keamanan atas hak akses data.

 Pemakaian Bersama (Sharebility) Bersifat multiuser

Konsep Relational Database

• Data diorganisasikan dalam sekumpulan tabel yang saling berelasi.Data pada file-file berbeda dihubungkan dengan menggunakan sebuah kunci atau elemen data yang umum

• Cara kerja – Tidak ada akses berjalan menurun – Elemen data disimpan pada tabel lain yang membentuk baris dan kolom – Pengguna tidak boleh mengetahui lokasi fisik sebuah record.

Istilah dalam Model Data Relasional

*Relasi: Sebuah tabel yang terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris.

*Atribut: Kolom pada sebuah relasi (field).

*Tupel Baris pada sebuah relasi (record).

*Domain Kumpulan nilai yang valid untuk satu atau lebih atribut

*Derajat (degree) Jumlah atribut dalam sebuah relasi (jumlah field)

*Cardinality Jumlah tupel dalam sebuah relasi (jumlah record

Pengelolaan Database

• Membuat Database – Create Database ;

• Menghapus Database – Drop Database ;

• Menampilkan Database – Show Databases;

• Menggunakan Database – Use

Bahasa Data Base/Basis Data

DBMS merupakan perantara antara user dengan database.  Cara komunikasi diatur dalam suatu bahasa khusus yang telah ditetapkan oleh DBMS. Contoh: SQL, dBase, QUEL, dsb.Bahasa database, dibagi dalam 2 bentuk:

- Data Definition Language (DDL)

 Digunakan dalam membuat tabel baru, indeks, mengubah tabel, menentukan struktur tabel, dsb.

 Hasil dari kompilasi perintah DDL berupa kumpulan tabel yang disimpan dalam file khusus: Kamus Data (Data Dictionary).

 Data Dictionary: merupakan metadata (superdata), yaitu data yang mendeskripsikan data sesungguhnya. Data dictionary ini akan selalu diakses dalam suatu operasi database sebelum suatu file data yang sesungguhnya diakses.

- Data Manipulation Language (DML)

 Digunakan dalam memanipulasi dan pengambilan data pada database.

 Manipulasi data, dapat mencakup: Pemanggilan data yang tersimpan dalam database (query),Penyisipan/penambahan data baru ke database (Insert) – Pengubahan data pada database (Update) ,Penghapusan data dari database (Delete). Terdapat dua (2) jenis DML:

 Prosedural Menghendaki user untuk menspesifikasikan data apa yang diperlukan dan bagaimana cara mendapatkan data itu. Contoh: bahasa C/C++, PL/SQL, dsb.

 Nonprosedural Menghendaki user untuk menspesifikasikan data apa yang dibutuhkan, tanpa harus menspesifikasikan bagaimana cara mendapatkan data tersebut. Contoh: SQL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>