DUNIA KULIAH

Standard

“MOTIVASI MASUK TEKNIK INFORMATIKA UNILA”


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Kuliah, kegiatan paling menyenangkan yang pernah dijalani bagi mereka yang paham arti kata kuliah. Semester awal adalah waktu paling ideal, memilih dan unjuk gigi pada mahasiswa seangkatan. Kenapa begitu?  yah,kuliah itu sudah pasti akan mempertemukan kita pada banyak orang siapapun mereka, berbentuk apapun dan bersuku serta agama apapun. Memilih teman itu hukumnya wajib karena kalau kita salah memilih teman endingnya kita nggak kuliah men! yang ada malah terjerumus.

Dunia kuliah merupakan suatu titik dimana kita diberi kebebasan untuk menggapai cita – cita melalui pendidikan tertinggi dan kita dituntut untuk berkreasi sebebas mungkin guna menentukan masa depan diri sendiri. Melalui dunia kuliah, kita dituntut untuk aktif mencari tahu, bukan aktif diberi tahu. Mahasiswa adalah sebutan bagi siswa di dunia perkuliahan. Sedangkan Dosen adalah sebutan guru di dunia perkuliahan.

IF

Perkenalkan, nama saya Surya Saputra. Saya masuk di Jurusan Teknik Elektro, Prodi Teknik Informatika melalui jalur SNMPTN. Teknik Informatika merupakan Prodi yang bisa dikatakan prodi baru dalam Jurusan Teknik Elektro. Prodi Teknik Informatika baru disahkan pada tahun 2014 yang sebelumnya pada tahun 1998 telah ada rencana pembentukannya.

Awalnya, ketika saya lulus dari SMA, saya berencana untuk tidak kuliah terlebih dahulu karena kondisi ekonomi keluarga yang pada saat itu bisa dibilang pas. Namun, timbul rasa sangat ingin sekali kuliah ketika semua teman-teman dan guru di SMA meyakinkanku untuk langsung melanjutkan ke perguruan tinggi karena ditakutkan jika menunda kuliah maka semua materi SMA akan mudah lupa.

Dulu di SMA, aku bergabung di Ekstrakurikuler Komputer yang sekarang menjadi Pengembangan Diri Komputer. Saya ditunjuk sebagai Ketua PD Komputer kala itu, saya juga bingung apa yang dibanggakan dari saya wkwkwk. Setiap harinya aku hanya dihadapkan dalam urusan komputer. Bidang yang aku kuasai yaitu Desain Grafis menggunakan Adobe Photoshop. Selain itu, saya juga menguasai ilmu komputer, oleh karena itu saya ditunjuk untuk mewakili sekolah dalam ajang OSN tingkat Kabupaten bidang Komputer. Namun, saya gagal membawa nama SMA saya untuk berada di podium juara.

Hari-hari berlalu. Aku terus mengasah ilmuku terus jadi lebih baik, sampai- sampai komputer dan laptop jadi teman dekatku setiap hari. Aku jadi suka sekali semua hal yang berhubungan dengan teknologi tersebut. Saya berpikir, bahwa sekarang ini segalanya telah dikuasai oleh teknologi. Oleh karena itu jika kita tak tahu apa-apa tentang teknologi maka akan ketinggalan jaman. Dan saya rasa Prodi Teknik Informatika ini sangat berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan untuk kedepannya.

Hingga akhirnya, aku tertarik dengan Prodi Teknik Informatika. Awalnya, saya tidak yakin masuk ke Prodi tersebut karena saya tau peluang saya masuk sangat kecil sekali karena ada ratusan bahkan ribuan yang memcoba mendaftar di prodi tersebut apalagi di Unila. Namun, saya tak pantang menyerah. Saya yakinkan hati ini untuk mencoba masuk melalui jalur nilai (SNMPTN). Dan alhamdulillah atas berkat rahmat Allah SWT, saya berhasil masuk Teknik Informatika Unila. Saya sampai bernazar, jika saya masuk di prodi itu, saya akan berpuasa selama setengah bulan dan alhamdulillah keinginan itu tercapai.

Terimakasih Ya Allah, Orangtua saya, Guru Saya, Serta teman-teman sekalian. Semoga doa kalian yang telah terjabah ini menjadi berkah untuk kedepannya. Aamiin ya rabbal alamin…

Sekian dan Terimakasih…

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

One thought on “DUNIA KULIAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>