REVIEW HUAWEI NOVA 3I, SMARTPHONE JOSS GANDOS

HUAWEI NOVA 3I

Assalamualaikum Wr. Wb,

Oke guys, kali ini saya akan me-review sebuah Smartphone keren yang pastinya bikin kalian ngiler pengen beli. Yaitu Huawei Nova 3i.specsHuawei Nova 3I adalah smartphone android yang terbaru dari huawei yang harganya mencapai kisaran 4,2 Juta. Dengan harga segitu HP ini masuk ke pasar kelas menengah. Jadi, dengan begitu saingannya otomatis super banyak, mulai dari ASUS dan XIAOMI sampai ke SAMSUNG. Untuk itu, jalan Huawei Nova 3i ini bakalan lumayan berat karena reputasi dari Huawei sendiri yang belum seberapa terkenal seperti saingannya.

  • DESAINhp

Desain belakang Nova 3i ini bagus banget, enak diliat. Skema warna gabungan biru dan ungu membuat siapa saja yang memegang dan melihatnya menjadi tertarik. Apalagi bagian belakang juga dilapisi dengan bahan kaca, jadi kayak ada pantulan pelangi gitu kalo kita goyang-goyangkan bisa keliatan kinclongnya. Saya rasa kalian bakalan sering menaruh HP dengan posisi belakangnya menghadap ke atas, biar bisa pamer gitu hehe. Huawei Nova 3i memiliki berat 170 gram dan dimensi 157,6 x 75,2 x 7,6 mm. Ketika digenggam, Nova 3i cukup nyaman. Tidak terlalu berat dan pas di genggaman tangan. Layar seluas 6,3 inci terpampang di bagian depan Huawei Nova 3i. Speaker receiver, LED notification dan sensor proximity. Tombol fisik absen dari Huawei Nova 3i ini selayaknya ponsel notch pada umumnya. Kamera utama ganda beresolusi 16MP+2MP tersemat di bagian belakang ponsel ini. Di bawahnya terdapat LED flash, sensor fingerprint dan logo Huawei. Sisi kanan Nova 3i, dijumpai tombol volume up dan down serta tombol power. Sementara di sisi kiri hanya terdapat slot SIM Card dan SDCard. MicroUSB 2.0, sebuah speaker, jack audio 3,5mm, lubang mic terpatri di bagian bawah Huawei Nova 3i. Sementara di bagian atas hanya ditemui lubang mic.

  • KAMERA

Terdapat notch sebagai wadah kamera selfie ganda 24MP+2MP. Ini sih udah bagus dan keren banget. Untuk kamera belakang, huawei menggunakan empat kamera berteknologi AI. Dua kamera utama beresolusi 16MP (color) dengan aperture F/2.2, PDAF dan 2 MP (color) dengan depth sensor dibubuhi di bagian belakang. Sementara dua lagi hadir di bagian depan beresolusi 24MP Fusion Pixel f/2.0 dan 2MP Fixed Focal Length disertai depth sensor. Beragam mode dan filter disematkan pada kamera utama dan selfie Huawei Nova 3i. Untuk mode kameranya terdapat photo, portrait, Pro, HDR, Panorama, 3D Panorama, Artist mode, Night mode dan Light Painting. Mode kamera tersebut juga dapat digunakan pada kamera utama dan selfie Huawei Nova 3i.

  • LAYAR DAN UI

Huawei Nova 3i dibekali layar TFT LCD (IPS) berukuran 6,3 inci dengan resolusi FHD+ (2340 x 1080p). Aspek rasionya cukup besar yakni 19,5:9. Warna yang dihasilkan layar Nova 3i adalah 16,7 juta warna dan ukuran saturasi warna (NTSC) nya mencapai 85%. Layarnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga tahan terhadap goresan benda tajam dan benda keras lainnya. Karena didukung teknologi AI, layar Huawei Nova 3i mampu menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan di sekitar. Misalnya, jika Anda berada di luar ruangan dengan kondisi terik matahari, maka layar secara otomatis menurunkan brightness. Anda juga bisa mengatur brightness layar Huawei Nova 3i di notification tray maupun menu setting.

  • PERFORMA

Performa Nova 3i sangatlah sepadan dengan HP keren lainnya. AnTuTu mencatat skor 133522 untuk Huawei Nova 3i dan menduduki peringkat ke 51. Saat tes AnTuTu, Huawei Nova 3i berhasil menjalaninya dengan baik. Dukungan teknologi GPU Turbo berbasis AI mampu memberikan performa maksimal terutama saat bermain game. Selain performa optimal, teknologi GPU Turbo mampu membuat daya tahan baterai Nova 3i lebih hemat. Penyimpanannya, Huawei Nova 3i ditanamkan RAM 4GB, ROM 128GB serta memori eksternal hingga 256GB. Jadi, cocok banget buat main game berat seperti PUBG ataupun ML.

  • BATERAI

Berbicara soal baterai, HP ini sangatlah tahan lama terhadap pemakaian baterai. Sumber tenaganya, Huawei Nova 3i disokong baterai berkapasitas 3340 mAh. Dukungan teknologi GPU Turbo, membuat Nova 3i hemat daya. Ketika tidak digunakan sama sekali dan dibiarkan standby, Huawei Nova 3i mampu bertahan hingga 48 jam atau kurang lebih 2 hari dalam kondisi full daya 100%.  Untuk pengisian dayanya, Huawei Nova 3i cukup cepat hanya membutuhkan waktu 2,5 jam dalam kondisi low di bawah 15% hingga kondisi full 100%. Ketika di-charge di atas 15% membutuhkan waktu 1,5 jam hingga 2 jam sampai full.

  • KONEKTIVITAS

Soal konektivitas, Huawei Nova 3i mendukung jaringan 4G/3G/2G, Wi-Fi 802.11b/g/n, 2.4 GHz, Bluetooth 4.2, slot SIM Card dan SDCard serta sebuah port Micro USB dan USB 2.0. Huawei Nova 3i hanya memiliki sebuah slot SIM Card dan sebuah slot SD Card. Huawei Nova 3i melaju dengan kecepatan download 1.43 Mbps dan upload 2.98 Mbps. Hasil lainnya, Ping 15ms, Jitter 45ms dan tidak ada loss untuk Nova 3i.

KESIMPULAN

Jadi, Huawei Nova 3i menghadirkan banyak keunggulan yang bisa kalian nikmati. Intinya nggak akan nyesel kalo beli HP ini. Karena HP ini cocok banget buat kalian yang hobi foto, game, ataupun yang lainnya. Mimin sih merekomendasikan banget kok ke kalian.

Jadi seperti itu saja review dari saya. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf.

Assalamualaikum Wr. Wb

referensi : https://selular.id/2018/10/review-huawei-nova-3i-kamera-ciamik-performa-apik/

DUNIA KULIAH

“MOTIVASI MASUK TEKNIK INFORMATIKA UNILA”


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Kuliah, kegiatan paling menyenangkan yang pernah dijalani bagi mereka yang paham arti kata kuliah. Semester awal adalah waktu paling ideal, memilih dan unjuk gigi pada mahasiswa seangkatan. Kenapa begitu?  yah,kuliah itu sudah pasti akan mempertemukan kita pada banyak orang siapapun mereka, berbentuk apapun dan bersuku serta agama apapun. Memilih teman itu hukumnya wajib karena kalau kita salah memilih teman endingnya kita nggak kuliah men! yang ada malah terjerumus.

Dunia kuliah merupakan suatu titik dimana kita diberi kebebasan untuk menggapai cita – cita melalui pendidikan tertinggi dan kita dituntut untuk berkreasi sebebas mungkin guna menentukan masa depan diri sendiri. Melalui dunia kuliah, kita dituntut untuk aktif mencari tahu, bukan aktif diberi tahu. Mahasiswa adalah sebutan bagi siswa di dunia perkuliahan. Sedangkan Dosen adalah sebutan guru di dunia perkuliahan.

IF

Perkenalkan, nama saya Surya Saputra. Saya masuk di Jurusan Teknik Elektro, Prodi Teknik Informatika melalui jalur SNMPTN. Teknik Informatika merupakan Prodi yang bisa dikatakan prodi baru dalam Jurusan Teknik Elektro. Prodi Teknik Informatika baru disahkan pada tahun 2014 yang sebelumnya pada tahun 1998 telah ada rencana pembentukannya.

Awalnya, ketika saya lulus dari SMA, saya berencana untuk tidak kuliah terlebih dahulu karena kondisi ekonomi keluarga yang pada saat itu bisa dibilang pas. Namun, timbul rasa sangat ingin sekali kuliah ketika semua teman-teman dan guru di SMA meyakinkanku untuk langsung melanjutkan ke perguruan tinggi karena ditakutkan jika menunda kuliah maka semua materi SMA akan mudah lupa.

Dulu di SMA, aku bergabung di Ekstrakurikuler Komputer yang sekarang menjadi Pengembangan Diri Komputer. Saya ditunjuk sebagai Ketua PD Komputer kala itu, saya juga bingung apa yang dibanggakan dari saya wkwkwk. Setiap harinya aku hanya dihadapkan dalam urusan komputer. Bidang yang aku kuasai yaitu Desain Grafis menggunakan Adobe Photoshop. Selain itu, saya juga menguasai ilmu komputer, oleh karena itu saya ditunjuk untuk mewakili sekolah dalam ajang OSN tingkat Kabupaten bidang Komputer. Namun, saya gagal membawa nama SMA saya untuk berada di podium juara.

Hari-hari berlalu. Aku terus mengasah ilmuku terus jadi lebih baik, sampai- sampai komputer dan laptop jadi teman dekatku setiap hari. Aku jadi suka sekali semua hal yang berhubungan dengan teknologi tersebut. Saya berpikir, bahwa sekarang ini segalanya telah dikuasai oleh teknologi. Oleh karena itu jika kita tak tahu apa-apa tentang teknologi maka akan ketinggalan jaman. Dan saya rasa Prodi Teknik Informatika ini sangat berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan untuk kedepannya.

Hingga akhirnya, aku tertarik dengan Prodi Teknik Informatika. Awalnya, saya tidak yakin masuk ke Prodi tersebut karena saya tau peluang saya masuk sangat kecil sekali karena ada ratusan bahkan ribuan yang memcoba mendaftar di prodi tersebut apalagi di Unila. Namun, saya tak pantang menyerah. Saya yakinkan hati ini untuk mencoba masuk melalui jalur nilai (SNMPTN). Dan alhamdulillah atas berkat rahmat Allah SWT, saya berhasil masuk Teknik Informatika Unila. Saya sampai bernazar, jika saya masuk di prodi itu, saya akan berpuasa selama setengah bulan dan alhamdulillah keinginan itu tercapai.

Terimakasih Ya Allah, Orangtua saya, Guru Saya, Serta teman-teman sekalian. Semoga doa kalian yang telah terjabah ini menjadi berkah untuk kedepannya. Aamiin ya rabbal alamin…

Sekian dan Terimakasih…

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…