6 Tips untuk Perawatan Industrial & Hydraulic Hose

Perhatian umum di antara banyak manajer dan insinyur pabrik adalah mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti selang industri . Kekhawatiran ini datang dengan alasan yang bagus.

Menunggu terlalu lama untuk mengganti selang yang memerlukan perhatian dapat sangat meningkatkan risiko kegagalan, berpotensi menyebabkan masalah keselamatan dan waktu henti yang tidak direncanakan. Di sisi lain, mengganti selang terlalu dini — meski bukan risiko keselamatan — bisa jadi mahal dalam hal waktu dan uang.

Perawatan industrial dan pneumatic hose
Perawatan industrial dan pneumatic hose

Rencana perawatan preventif dapat membantu melengkapi prosedur operasi standar dengan memberikan informasi tentang setiap selang (Flexible hosedi pabrik Anda. Ini berarti melacak masa pakai dan kinerja setiap selang,sering memeriksanya, menggantinya secara proaktif, dan mengidentifikasi penggantian kunci untuk dimiliki di fasilitas Anda.

Meskipun mengembangkan rencana seperti itu mungkin tampak sulit, manfaat penghematan biaya membuatnya sepadan dengan investasi waktu di muka.

Fungsi dasar pipa dan selang pneumatik adalah untuk mengalirkan udara bertekanan ke aktuator, katup, perkakas, dan perangkat lainnya. Tetapi ada banyak jenis dan ukuran tabung dan selang di pasaran, jadi para insinyur harus mempertimbangkan sejumlah faktor penting untuk memilih yang tepat untuk tugas tertentu.

Mulailah dengan konstruksi. Tabung untuk aplikasi udara dapat diekstrusi dari bahan tunggal atau diperkuat secara internal, biasanya dengan serat tekstil, untuk kekuatan yang lebih tinggi. Selang pneumatik umumnya terdiri dari ban dalam, satu atau lebih lapisan penguat yang dikepang atau serat lilitan spiral, dan penutup pelindung luar. Secara umum, selang lebih kasar daripada pipa tetapi harganya lebih mahal.

Pasokan udara dan aplikasi menetapkan dasar untuk kinerja produk yang diperlukan. Persyaratan aliran membantu menentukan ukuran selang atau tabung. Tubing umumnya ditentukan oleh OD dan ketebalan dinding, sedangkan selang ditentukan oleh ID.

Terlepas dari itu, memilih aliran “tersedak” diameter dalam yang terlalu kecil dapat mengakibatkan hilangnya tekanan, inefisiensi, dan kecepatan fluida yang berlebihan yang dapat mempersingkat masa pakai. Sebaliknya, diameter yang terlalu besar menghasilkan berat, ukuran, dan biaya yang lebih tinggi dari yang seharusnya.

Pastikan juga bahwa produk beroperasi di bawah tekanan kerja maksimum yang dinyatakan. Produsen umumnya menilai pipa dengan mengukur tekanan semburan pada 75 ° F, dan kemudian membaginya dengan faktor keamanan yang sesuai (biasanya 3:1 atau 4:1) untuk menentukan tekanan kerja maksimum. Ingatlah bahwa peringkat tekanan ledakan yang dipublikasikan hanya untuk tujuan uji produksi, dan sama sekali tidak menunjukkan bahwa suatu produk dapat menangani lonjakan tekanan dengan aman atau beroperasi di atas tekanan kerja maksimum.

Perhatikan juga bahwa beberapa produk menangani vakum hingga kira-kira 28 in.-Hg tanpa keruntuhan.

1. Ikuti Protokol Pemeriksaan dan Penggantian

Saat Anda mempelajari interval penggantian untuk setiap selang, rencana perawatan selang Anda pramerta.co.id akan mulai terbentuk. Namun, bahkan setelah menentukan interval penggantian, Anda harus melanjutkan pemeriksaan berkala untuk memastikan bahwa perubahan parameter sistem tidak membebani selang.

2. Analisis Data Anda

Analisis data historis Anda secara berkala terhadap pemeriksaan selang dan frekuensi penggantian yang telah ditetapkan untuk menentukan apakah ada interval yang harus dipersingkat atau diperpanjang demi alasan keamanan atau anggaran. Melakukan uji kerusakan pada selang yang diganti dapat menunjukkan apakah selang diganti terlalu cepat atau terlalu lambat.

Selain analisis data reguler, jika selang tertentu sering diganti, pertimbangkan untuk menggunakan desain alternatif yang menawarkan masa pakai lebih lama. Dengan demikian, verifikasikan bahwa analisis biaya-manfaat bekerja untuk kepentingan terbaik pabrik Anda.

3.Bersiaplah dengan Suku Cadang

Jika Anda mengetahui interval penggantian selang Anda, Anda dapat memesan penggantian terlebih dahulu. Selain itu, untuk kategori selang tertentu, merupakan praktik yang baik untuk menyimpan persediaan suku cadang di pabrik Anda:

Selang untuk Aplikasi Keselamatan atau Proses Kritis : Sangat penting untuk menyediakan suku cadang yang tersedia untuk memperbaiki aplikasi selang yang menimbulkan bahaya keselamatan kritis atau potensi waktu henti yang parah.

Selang yang Kemungkinan Gagal : Ketika lingkungan pengoperasian selang menunjukkan kemungkinan besar kegagalan prematur, tim Anda akan membutuhkan selang tambahan untuk mengakomodasi penggantian yang sering. Misalnya, selang tertekuk, bergerak dalam dua bidang, atau mengalami getaran kemungkinan besar akan gagal lebih awal dari yang lain. Praktik yang lebih baik mungkin menemukan selang yang lebih cocok untuk aplikasi atau menyesuaikan sistem sepenuhnya untuk menghilangkan tekanan pada selang.

Selang untuk Aplikasi Khusus : Simpan suku cadang selang yang sulit didapat karena bahan khusus, panjang, sambungan ujung, dan variabel lainnya. Misalnya, jika Anda mengetahui selang pesanan khusus memiliki waktu tunggu tiga minggu, Anda bahkan mungkin ingin menginventarisasi dua suku cadang untuk ukuran yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>