CARA INSTALASI TRIXBOX-2.8.0.4 PADA SISTEM VIRTUALBOX

Standard

hai teman-teman!! Kali ini saya akan menjelaskan cara instalasi trixbox 2.8.0.4 pada VirtualBox.

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC. Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris.

Trixbox adalah sebuah VOIP server yang dibuat menjadi satu dengan system operasi, yaitu Linux CentOS. Trixbox bersifat open source yang artinya setiap orang dapat mengetahui source code programnya dan memperolehnya secara gratis.

Apabila di install pada komputer/laptop  dengan interface yang sesuai, maka akan dapat digunakan sebagai full feature PBX untuk pengguna rumahan, lembaga, VOIP service provider dalam komunitasnya di dunia internet mempunyai 2 forum yang berbeda yaitu pengembangan dengan sifat open source dan commercial akan tetapi keduanya mempunyai forum yang saling memberikan solusi. Trixbox terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut:

  1. Sistem Operasi CentOS Linux
  2. Database MySQL
  3. VOIP server Asterisk
  4. Tampilan GUI FreePBX

SIAPKAN!!!!

Untuk itu ayo simak tutorialnya:

1. Buka VirtualBox yang telah diintal.

1

2. Masukkan nama untuk mesin virtual yang diinginkan dan pilih tipe sistem operasi dan versinya. Saya menggunakan nama “trixbox” dengan sistem operasi linux versi Red Hat (64-bit). Kemudian pilih NEXT

2

3. Lalu pilih Create a Virtual Hardisk Now kemudian klik CREATE.

3

4. Untuk Tipe file hardisk, dapat dipilih VHD (Virtual Hard Disk), kemudian klik NEXT.

5

5. Untuk penyimpana fisik Hardisk, dapat dipilih Dynamically allocated, kemudian klik NEXT.

61

6. Buat Virtual Hardisk dengan menggunakan 8GB sesuai rekomendasi, kemudian pilih CREATE.

7

7. Tampilan Ini menampilkan berhasil membuat mesin virtual. Lakukan penyetelan setting terlebih dahulu untuk manambahkan file ISO TrixBox dengan klik SETTING pada menu bar.

8

8. Lalu pilih menu STORAGE, kemudian pilih empty dengan ikon piringan yang akan menampilkan pengaturan atribut. Pada kolom Optical Drive, klik ikon piringan dan klik Choose/Create a Virtual Disk.

9

9. Pilih file ISO TrixBox dan pilih OK.

10

10. Jalankan Mesin Virtual dengan klik START.

11

11. Kemudian Muncul tampilan seperti pada gambar. Lalu klik ENTER.

17

 

12. Pilih tipe Keyboard yang dimiliki dan mode waktu setempat. Lalu Enter OK.

13

 

13. Masukkan Root Password. lalu pilih OK.

14

 

14. Tunggu Instalasi berjalan.

16

 

15. Setealh itu tampilan akan kembali ke tampilan Main Installation karena masih terdapat file ISO TrixBox tersebut. Karena itu, harus me-remove file ISO tersebut pada mesin virtual pada ikon piringan kaki bar.

17

16. Untuk me-remove file ISO tersebut. Klik DEVICES pada menubar lalu pada OPTICAL DRIVE pilih REMOVE DISK. Setelah itu, kembali pada menubar, pilih MACHINE dan klik RESET. Tunggu sampai loading selesai dan akan muncul permintaan input login dan password, untuk login gunakan “root” dan password gunakan yang telah diinputkan sebelumnya.

20

 

Terimakasih tutorial dari saya. SEMOGA BERMANFAAT

 

Daftar Pustaka:

Ade. 2019. TrixBox. http://adepriima97.blogspot.com/2014/11/pengertian-trixbox.html. (diakses 12 Maret 2020)

Wikipedia. 2019. Virtual Box. https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox. (diakses 12 Maret 2020

Cara Instal Phyton 2.7.5 di Windows

Image
  • Unduh terlebih dahulu Phyton 2.7.5., anda dapat mengunduh nya disini.
  • Bukalah instalasi Phyton 2.7.5 yang sudah terunduh.

1

  • Muncul sebuah kotak, klik install for all users lalu klik next.

2

  • Kemudian terus klik next hingga kotak dialog bertuliskan finish.

34

  • Tunggu proses berjalan sejenak.

5

  • Klik finish untuk menyelesaikan tahap install.

6

  • Anda dapat membuka Phyton 2.7.5 dan siap untuk dipakai.

7

<SFK>

Mengapa saya memilih Teknik Informatika UNILA?

Standard

Saya memilih teknik informatika karena saya ingin mengembangkan minat saya terhadap teknologi yang saat ini sangat diperlukan untuk segala aspek kehidupan. Namun, alasan utama saya memilih teknik informatika karena kata ‘Teknik Informatika’ yang menurut saya keren. Mengapa harus membutuhkan alasan untuk menekuni sesatu yang menurut saya menarik? Apakah kita harus bisa menelanjangi komputer untuk dapat masuk TI? Apa kita harus bisa membuat website atau aplikasi untuk masuk TI? Tentu saja tidak! Saya memilih teknik informatika sebagai bagian diri saya untuk belajar. Belajar mengetahui semua hal yang membuat saya berjalan bersama TI. “Pelajarilah hal yang kau sukai”.

UNILA iyalah universitas yang saya percayakan untuk menaungi saya untuk belajar. Saya berfikir untuk memilih universitas yang berada diluar Lampung, namun orang tua saya seperti tidak rela jika anak perempuan satu-satunya pergi. Dan juga sayaa berfikir jika ingin masuk ke universitas bergengsi seperti UGM, ITB, atau UI saya tidak cukup bisa bersaing di taraf itu. Daripada saya memilih universitas lain selain 3 universitas itu, lebih baik tetap di Lampung dengan memakai almamater hijau UNILA.

Saya harap, Program Studi Teknik Informatika dapat memiliki akreditas A untuk menunjang lulusannya di dunia pekerjaan nanti. Saya berharap agar gedung yang kami tempati diperbaiki agar mahasiswa dapat nyaman belajar. Peralatan untuk menunjang Prodi kami diharapkan lebih lengkap. Perbanyak praktek agar mahasiswa dapat mengaplikasikan kegiatan belajar mengajar lebih mudah. Perbanyak teknologi-teknologi muthakhir pada seisi lingkungan tempat belajar sebagai ciri khas Prodi Teknik Informatika.