PART 3 | URGENSI INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

pentingnya-integrasi-nasional-dalam-bingkai-bhineka-tunggal-ika

 

Indonesia merupakan negara yang luas dan terdiri dari berbagai pulau yang memiliki beragam suku, adat, ras, dan agama. karena perbedaan tersebut kita harus bisa menjaga kesatuan dan persatuan negara Indonesia agar tidak tercerai berai. Salah satu parameter untuk menjaga persatuan dan kesatuan tersebut adalah integrasi nasional.

 

Apa itu Integrasi Nasional?

Integrasi nasional berasal dari kata integrasi dan nasional. Integrasi berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi berarti pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Kata nasional berasal dari kata nation (Inggris) yang berarti bangsa sebagai persekutuan hidup manusia.

Sedangkan integritas nasional menurut Ramlan Subakti (2010) adalah proses penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya dalam satu kesatuan wilayah dan dalam satu identitas nasional. Integritas Nasional negara Indonesia sendiri di dasari oleh pancasila yakni pada sila ke-3 yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Jika kita perhatikan maka sila ke-3 ini memiliki makna yang sangat dalam, yaitu rasa nasionalisme dalam artian bukan rasa nasionalisme sempit.

Adapun jenis-jenis integrasi yaitu :

1) integrasi bangsa,

2) integrasi wilayah,

3) integrasi nilai,

4) integrasi elit-massa, dan

5) integrasi tingkah laku
(perilaku integratif).

 

Mengapa Integritas Nasional itu Sangat Penting?

Persatuan itu bukan menyeragamkan setiap orang, tetapi tetap berbeda dan memiliki satu tujuan atau satu kesamaan. Misalnya, masa lalu Indonesia yang dijajah oleh negara lain lalu timbulah suatu rasa pada seluruh bangsa Indonesia yang ingin  terbebas dari kesengsaraan dan ingin merdeka secara bersama-sama. Itulah mengapa integritas nasional sangat penting adanya. Maka jika tidak ada integritas nasional maka negara ini bisa-bisa hancur karena tidak bisa menghargai perbedaan tersebut. Selain itu, integritas juga bisa membangkitkan kesadaran kita akan identitas bersama, menguatkan identitas nasional, dan membangun persatuan bangsa.

 Referensi :

– Nurwadi, Paristianti et all., 2016. “Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Kewarganegaraan Cetakan I”. Jakarta : Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>