PART 2 | ESENSI DAN URGENSI IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN PEMBANGUNAN BANGSA DAN KARAKTER

makna-persatuan-dan-kesatuan-630x380

Identitas Nasional

Identitas nasional dibentuk oleh dua kata dasar, ialah “identitas” dan “nasional”. identitas berasal dari bahasa Inggris identity yang secara harfiah berarti jati diri, ciri-ciri, atau tanda-tanda yang melekat pada seseorang atau sesuatu sehingga mampu membedakannya dengan yang lain. Istilah “nasional” menunjuk pada kelompok-kelompok persekutuan hidup manusia yang lebih besar dari sekedar pengelompokan berdasar ras, agama, budaya, bahasa, dan sebagainya. Jadi dapat disimpulkan bahwa identitas nasional adalah suatu ciri khas, karakteristik atau jati diri suatu negara.

Identitas Nasional Negara Indonesia

Indonesia sendiri mempunyai identitas nasional, yaitu seperti yang tercantum dalam Undang Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009.

BAB XV. BENDERA DAN BAHASA

BAB XV BENDERA, BAHASA, DAN LAMBANG NEGARA SERTA LAGU KEBANGSAAN

Pasal 35

Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih.

Pasal 36

Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.

Pasal 36A

Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Pasal 36B

Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya.

Jati Diri

Jati diri adalah suatu hal yang ada di dalam diri seseorang, yang meliputi sifat, watak dan kepribadiannya. Sebagai suatu ciri khas yang membedakan dengan negara lain, Indonesia memiliki jati diri, yaitu :

1. Sifat religius

2. Menghormati bangsa dan manusia lain

3. Persatuan

4. Gotong royong dan musyawarah

5. Keadilan Sosial

Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia bermakna kepribadian, identitas dan keunikan yang dapat terwujud sebagai satu kesatuan.

Referensi :

https://radenfatah.ac.id/tampung/hukum/20161122085810uud1945amandemen.pdf

- Nurwadi, Paristianti et all., 2016. “Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Kewarganegaraan Cetakan I”. Jakarta : Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>