INDIVIDUAL TASK | MENGANALISIS PERMASALAHAN YANG TERJADI DI ACEH DAN PAPUA YANG BEHRUBUNGAN DAENGAN INTEGRASI NASIONAL

Nama Mahasiswa       : Sarah Mustika Dewi
NPM                              : 1915061001
Mata Kuliah                : Pendidikan Kewarganegaraan
Nama Dosen MK         : Rio Ariestia Pradipta

 

Pertama-tama, apa itu integritas nasional?

Integritas adalah suatu upaya untuk membaurkan atau mempersatukan suatu kesatuan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Di Indonesia sendiri, integritas nasional termasuk sebagai salah satu parameter untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Jika ada persatuan, pasti ada saja perpecahan yang dapat timbul karena beberapa hal. Indonesia juga pernah mengalami konflik antar kelompok yang ingin memisahkan diri dengan Indonesia, yaitu Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Karena itulah, kali ini kita akan bahas dan analisa tentang kelompok tersebut.

 

Gerakan Aceh Merdeka (GAM)

Gerakan Aceh Merdeka (GAM) merupakan organisasi separatisme yang bertujuan untuk mengupayakan Aceh dapat lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan membuat negara kesatuan sendiri. Awal mula terbentuknya organisasi ini adalah perbedaan budaya antara budaya aceh dan budaya-budaya di seluruh Indonesia. Selain itu, banyak kebijakan sekuler dalam administrasi pada masa Presiden Soeharto (Orde Baru) sangat tidak disukai di Aceh, di mana banyak tokoh Aceh tidak menyukai kebijakan pemerintahan Orde Baru yang mempromosikan satu ‘budaya Indonesia’. Awal mula terbentuknya organisasi ini adalah karena kekecewaan mereka dengan model pembangunan yang dibawahi oleh orang-orang jawa. Mereka berasumsi bahwa telah terjadi kolonialisasi Jawa atas masyarakat dan kekayaan alam di Aceh.

 

Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah gerakan separatis yang didirikan tahun 1965 yang bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan Papua bagian barat dari pemerintahan Indonesia. Sebelum era reformasi, provinsi yang sekarang terdiri atas Papua dan Papua Barat ini dipanggil dengan nama Irian Jaya. OPM merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah dengan bagian Indonesia yang lain maupun negara-negara Asia lainnya.

Pada tanggal 1 Juli 1971, Nicolaas Jouwe dan dua komandan OPM yang lain, Seth Jafeth Raemkorem dan Jacob Hendrik Prai menaikkan bendera Bintang Fajar dan memproklamasikan berdirinya Republik Papua Barat. Namun republik ini berumur pendek karena segera ditumpas oleh militer Indonesia dibawah perintah Presiden Soeharto (orde baru).

 

Solusi

Berdasarkan konflik tersebut, solusi yang bisa dilakukan adalah :

  • Pemerintah
  1. Memberi pendekatan dan pemahaman mengenai sosial budaya yang ada di Indonesia.
  2. Melakukan pendekatan diplomatik, pendekatan militer, juga pendekatan kesejahteraan warga asli secara damai khususnya pada konflik OPM karena di papua masih belum tersentuh dengan pembangunan.
  • Masyarakat
  1. Tidak membandingkan budaya secara berlebihan.
  2. Menerima perbedaan mereka, dengan begitu mereka merasa diterima dan nyaman berada di Indonesia.
  3. Mengamalkan pancasila sebagai ideologi negara karena pancasila memiliki poin-poin penting dalam kehidupan.

 

Referensi :

https://www.kompasiana.com/rizkirulya/550066458133115318fa7607/sekilas-tentang-konflik-aceh

http://www.markijar.com/2016/12/sejarah-lengkap-konflik-dan.html

http://suarakritingfree.blogspot.com/2013/01/sejarah-singkat-terbentuknya-organisasi.html

 

 

Review Artikel ”PC and Tech” edisi 2018

Assalamualaikum Wr. Wb.

images (5)

Halo, kali ini saya akan me-review sebuah artikel dari ”PC and Tech” edisi 2018 tentang perbandingan antara Nest Hello dengan Ring Video Doorbells 2.

1.Kemudahan Setup
Ring lebih unggul karena Ring ditenagai oleh baterai Lithium-ion yang bisa dilepas-pasang dan diisi ulang juga bisa disambungkan dengan wifi rumah. Sedangkan Nest pemasangannya lebih rumit dari Ring karena baterainya tidak bisa dibongkar-pasang dan untuk menginstallnya harus dengan teknisi listrik.

2. Pengawasan Video
Ring lebih efektif karena wifi extendernya berfungsi sebagai suara notifikasi. Untuk Hello harus membeli lagi penyuaranya. Itupun belum termasuk biaya pemasangan. Biaya storage Ring 30 dollar per tahun sedangkan Hello 100 dollar per tahun.

images (6)

3. Fitur-Fitur Hello Nest
– Kualitas videonya beresolusi 1600×1200 dan juga jelas merekam dalam keadaan gelap sekalipun.
– merekam full 24 jam. Fitur ini juga yang membuat Hello semakin mahal.
– Rekaman videonya bisa dibikin berjadwal.

4. Fitur-Fitur Ring
– Mengandalkan bel pintu atau motion sensor untuk memulai notifnya.
– Kualitas video beresolusi 1920×1080 juga jelas merekam dalam keadaan gelap.
– Merekam tidak setiap saat.
– Menggunakan lensa fish eye sehingga penglihatan kamera lebih luas.
– Kualitas suara jernih

Jadi Sebaiknya Beli yang Mana?

images (7)
Dari segi kualitas Hello Nest memiliki kualitas yang sangat bagus tetapi dari harga produk dan biaya pemakaiannya memakan biaya yang sangat besar juga pemakaiannya sangat rumit.
Sedangkan Ring memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang lebih murah.

Sekian Review singkat dari saya terima kasih.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

 

JONATHAN BRAY