PERTEMUAN 3 INDUSTRI PERTANIAN PSTI B

 

Nama : Sabila Zata Amani         NPM : 2115061071

Jenis Pertanian

1. Sawah

stock-photo-15954777

Sawah adalah sistem pertanian yang berpetak-petak dan tanah berair, Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata airsungai atau air hujan. pada umumnya sawah di gunakan untuk menanam padi. Ada beberapa contoh sawah sebagai berikut :

 

- Sawah irigasi adalah sawah yang teratur dan tidak bergantung dengan air hujan, karena sawah irigasi memanfaatkan air sungai, waduk, atau bendungan untuk perairan nya.

Sawah non irigasi adalah sawah yang tidak menfaatkan sistem irigasi tetapi kepada alam seperti air hujan dan pasang surutnya air sungai, sebagai contoh sawah non irigasi biasa di sebut sawah tadah hujan.

2.  Ladang 

road-fields-hay-corn-wallpaper-preview

R (1)

Ladang adalah suatu lahan kosong yang biasanya di tanami tanaman pangan, padi, tetapi setelah 1-2 tahun di tinggalkan, ladang juga bisa juga di gunakan sebagai tempat ternak.

3. Tegalan 

Ex-RubberTreePlantation

Tegalan adalah daerah dengan lahan kering yang bergantung pada pengairan air hujan yang bisanya ditanami tanaman musiman.

4. Kebun 

kebun-teh-sukawarna

Kebun dalam pengertian di Indonesia adalah sebidang lahan, biasanya di tempat terbuka, yang mendapat perlakuan tertentu oleh manusia, khususnya sebagai tempat tumbuh tanaman.

 

5. Peternakan

Sumber-daya-alam-dari-usaha-peternakan

Peternakan adalah Ternak adalah tempat pengembangbiakan dan budidaya ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil.

 

 

Proses Dalam Pertanian

1. Pengolahan Lahan adalah proses mengubah sifat tanah dengan alat pertanian sedemikian rupa sehingga diperoleh lahan pertanian yang sesuai kebutuhan untuk tujuan pemanfaatan yang diinginkan manusia dan sesuai bagi pertumbuhan suatu tanaman tertentu.

2. Penyiapan Budidaya, untuk mendapatkan hasil yang berkualitas maka di perlukan penyiapan budidaya petani dalam pemilihan bibit-bibit yang berkualitas

3. Pemanenan adalah pengambilan hasil dari kegiatan bercocok tanam.

4. Pemasaran Produksi, menjual produk berupa komoditas pertanian sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, menjual hasil produk juga dapat di lakukan secara pnlien melalui aplikasi TaniHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>