Object Oriented Programming Systems

Screenshot (253)

Dalam pemrograman berorientasi objek (OOP), ada beberapa konsep penting yang membentuk dasar dari paradigma ini. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai konsep-konsep tersebut:

Abstraction

Logicmojo

Abstraksi adalah proses mengisolasi fitur penting dari suatu objek dan mengabaikan detail yang tidak relevan. Dalam OOP, abstraksi mengacu pada pembuatan kelas abstrak yang menyediakan kerangka kerja umum untuk objek-objek yang lebih spesifik. Objek-objek spesifik ini mewarisi sifat-sifat dan perilaku dari kelas abstrak tersebut.

Encapsulation

Encapsulation in OOPs- Logicmojo

Enkapsulasi melibatkan penggabungan data dan metode-metode terkait dalam satu entitas yang disebut kelas. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan detail implementasi dan mencegah akses langsung ke data dari luar kelas. Enkapsulasi memungkinkan kita untuk mengatur akses ke data melalui metode-metode publik yang ditentukan dalam kelas.

Polymorphism

Polymorphism, Encapsulation, Data Abstraction and Inheritance in  Object-Oriented Programming | nerd.vision

Polimorfisme memungkinkan objek-objek dari kelas yang berbeda untuk merespons dengan cara yang sama terhadap pesan yang sama. Artinya, meskipun objek-objek tersebut memiliki perilaku yang berbeda, mereka dapat dipanggil dengan menggunakan metode yang sama. Polimorfisme dapat dicapai melalui penggunaan konsep pewarisan (inheritance) dan penggantian metode (method overriding).

Inheritance

Inheritance in Object Oriented Programming (Java)

Pewarisan adalah konsep di mana sebuah kelas baru (kelas turunan atau subclass) dapat mewarisi sifat-sifat (data dan metode) dari kelas yang sudah ada (kelas induk atau superclass). Dengan menggunakan pewarisan, kita dapat membuat hierarki kelas, di mana kelas-kelas yang lebih spesifik mewarisi sifat-sifat umum dari kelas yang lebih umum.

Class

File:CPT-OOP-objects and classes - attmeth.svg - Wikimedia Commons

Kelas adalah sebuah blueprint atau template untuk membuat objek. Ini mendefinisikan struktur dan perilaku yang dimiliki oleh objek-objek yang dibuat berdasarkan kelas tersebut. Kelas menggambarkan atribut-atribut (data) dan metode-metode (fungsi) yang dimiliki oleh objek.

Object

Sekilas Tentang Object Oriented Programming – Himpunan Mahasiswa Matematika

Objek adalah instansi yang nyata dari sebuah kelas. Saat kita membuat objek, kita menginstansiasi kelas tersebut, yang berarti kita membuat salinan dari blueprint yang didefinisikan oleh kelas. Setiap objek memiliki status (data) dan perilaku (metode) yang terdefinisi dalam kelasnya.

Komponen Dalam Object Oriented Programming

Atribut atau Data

Atribut atau data adalah variabel yang dideklarasikan dalam kelas. Atribut atau data ini dapat diakses oleh objek yang dibuat dari kelas tersebut.

Konstruktor

Konstruktor adalah metode yang dipanggil secara otomatis saat objek dibuat. Konstruktor digunakan untuk menginisialisasi objek dan menentukan nilai awal dari atribut atau data.

Destruktor

Destruktor adalah metode yang dipanggil saat objek dihapus dari memori. Destruktor digunakan untuk membersihkan sumber daya atau memori yang digunakan oleh objek.

Metode atau Fungsi

Metode atau fungsi adalah sebuah blok kode yang dapat dipanggil oleh objek untuk melakukan tindakan tertentu. Metode atau fungsi ini didefinisikan dalam kelas.

Hak Akses

Hak akses adalah mekanisme untuk mengatur akses ke atribut atau metode dalam kelas. Terdapat tiga jenis hak akses dalam OOP, yaitu public, private, dan protected. Hak akses ini dapat digunakan untuk membatasi akses ke data atau metode dalam kelas.

Manfaat Mendalami Object Oriented Programming

Dalam pemrograman berorientasi objek, mudah untuk memelihara kode dengan bantuan kelas dan objek. Dengan menggunakan pewarisan, terdapat penggunaan kembali kode, yaitu Anda tidak perlu menulis kode yang sama lagi dan lagi, sehingga meningkatkan kesederhanaan program. Konsep-konsep seperti enkapsulasi dan abstraksi juga memberikan penyembunyian data.

Framework Frontend Website

Framework frontend website adalah kumpulan alat dan aturan yang digunakan untuk memudahkan proses pembuatan tampilan dan interaksi pada website. Framework frontend ini menyediakan kode-kode dasar yang sudah terstruktur sehingga mempercepat proses pembuatan website dan memungkinkan pengembang untuk fokus pada fungsi dan desain website yang lebih spesifik.

Beberapa contoh framework frontend website yang populer adalah Bootstrap, Foundation, dan Materialize. Framework ini menyediakan komponen UI yang umum digunakan, seperti layout, tombol, formulir, tabel, dan elemen navigasi, sehingga pengembang tidak perlu membuat dari awal setiap kali membuat website baru.

Dalam beberapa kasus, framework frontend website juga menyediakan alat bantu seperti preprosesor CSS dan task runner untuk mempermudah proses pengembangan dan pengelolaan kode.

 

Bootstrap

bootstrap

Bootstrap adalah salah satu framework frontend website yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Bootstrap dikembangkan oleh Twitter dan dirilis pertama kali pada tahun 2011. Framework ini menyediakan sekumpulan alat dan aturan untuk memudahkan pengembangan website dengan cepat dan efisien.

Bootstrap menyediakan berbagai komponen UI yang siap digunakan seperti layout, tombol, formulir, tabel, dan elemen navigasi. Selain itu, Bootstrap juga menyediakan sistem grid yang dapat membantu pengembang dalam menentukan posisi dan ukuran elemen pada halaman website.

Kelebihan lain dari Bootstrap adalah kemampuannya untuk merespons perangkat yang berbeda, seperti desktop, tablet, dan smartphone. Bootstrap juga mendukung berbagai jenis browser yang berbeda, sehingga memastikan website yang dibangun dengan Bootstrap dapat diakses oleh pengguna dengan berbagai jenis perangkat dan browser.

Bootstrap juga memiliki dokumentasi yang lengkap dan komunitas yang besar, sehingga memudahkan pengembang dalam mempelajari dan memperoleh bantuan jika mengalami masalah dalam penggunaannya. Oleh karena itu, Bootstrap menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang web untuk mempercepat proses pengembangan website.

 

Foundation

foundation

Foundation adalah salah satu framework frontend website yang populer dan banyak digunakan oleh para pengembang web. Framework ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi Amerika Serikat bernama ZURB dan pertama kali dirilis pada tahun 2011. Foundation menawarkan alat dan aturan yang dapat memudahkan pengembangan website dengan cepat dan efisien.

Foundation menyediakan berbagai komponen UI seperti grid system, typography, tombol, formulir, dan navigasi. Foundation juga menyediakan fitur responsif yang memungkinkan website yang dibangun menggunakan framework ini dapat menyesuaikan tampilannya dengan perangkat yang berbeda, seperti desktop, tablet, dan smartphone.

Salah satu kelebihan Foundation adalah fleksibilitasnya. Framework ini memungkinkan pengembang untuk memilih dan mengintegrasikan komponen UI sesuai dengan kebutuhan website yang dibangun. Foundation juga menyediakan banyak tema dan plug-in yang dapat membantu pengembang dalam mempercepat proses pengembangan.

Foundation juga memiliki dokumentasi yang lengkap dan komunitas yang besar, sehingga memudahkan pengembang dalam mempelajari dan memperoleh bantuan jika mengalami masalah dalam penggunaannya. Oleh karena itu, Foundation menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang web untuk mempercepat proses pengembangan website.

 

Materialize

materialize

Materialize adalah salah satu framework frontend website yang populer dan dikembangkan oleh Google. Framework ini dirilis pertama kali pada tahun 2014 dan didasarkan pada desain material yang dikembangkan oleh Google. Materialize menyediakan alat dan aturan yang dapat memudahkan pengembangan website dengan cepat dan efisien.

Materialize menyediakan berbagai komponen UI seperti layout, tombol, formulir, tabel, dan navigasi. Framework ini juga dilengkapi dengan fitur responsif yang memungkinkan website yang dibangun menggunakan Materialize dapat menyesuaikan tampilannya dengan perangkat yang berbeda, seperti desktop, tablet, dan smartphone.

Salah satu kelebihan Materialize adalah desainnya yang modern dan estetis. Framework ini mengadopsi desain material yang elegan dan responsif, sehingga memastikan website yang dibangun menggunakan Materialize terlihat menarik dan mudah digunakan.

Materialize juga memiliki dokumentasi yang lengkap dan komunitas yang besar, sehingga memudahkan pengembang dalam mempelajari dan memperoleh bantuan jika mengalami masalah dalam penggunaannya. Oleh karena itu, Materialize menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang web untuk mempercepat proses pengembangan website dengan desain yang menarik dan responsif.

Sebenarnya masih banyak framework yang lainnya, menurut saya 3 framework di atas merupakan yang paling populer.

System Design dan Class Diagram

System Design

System design adalah proses mengartikan elemen sistem seperti architecture (arsitektur), module (modul) dan component (komponen), interface (antarmuka) yang berbeda dari komponen tersebut dan data yang melewati sistem itu. System design ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan khusus dari bisnis atau organisasi melalui rekayasa sistem yang koheren dan berjalan dengan baik.

 

Class Diagram

Class diagram adalah salah satu tipe diagram struktur dari Unified Modeling Language (UML) yang menggambarkan struktur sistem dengan menunjukkan sistem class, atributnya, metode, dan hubungan antar objek. Class diagram juga dapat membantu dalam memvisualisasikan struktur setiap kelas dari sebuah sistem. Bagian dari UML ini juga akan memperlihatkan kumpulan dari kelas, collaboration, interface dan relasi yang ada di dalam sistem. Class diagram banyak digunakan dalam pemodelan sistem berorientasi objek karena class diagram adalah satu-satunya diagram UML yang dapat dipetakan secara langsung dengan konsep object-oriented.

 

Fungsi Class Diagram

Fungsi utama class diagram adalah untuk memodelkan static view dari sebuah aplikasi. Adapun fungsi lain dari class diagram adalah sebagai berikut:

  • Menunjukkan struktur statis pengklasifikasi dalam suatu sistem dengan jelas.
  • Meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum atau suatu skema dari program yang dibuat.
  • Memberikan notasi dasar untuk diagram struktur lain yang ditentukan oleh UML.
  • Dapat menjadi bahan analisis bisnis, serta dapat digunakan untuk model sistem yang akan dibuat dari sisi bisnis.

 

Keunggulan Class Diagram

Adapun keunggulan dari class diagram adalah sebagai berikut:

  • Memberikan gambaran umum tentang skema aplikasi dengan jelas dan lebih baik.
  • Membantu klient untuk menyampaikan kebutuhan dari suatu sistem.

 

Komponen Class Diagram

 

 

 

 

Komponen Class Diagram

Class diagram memiliki 3 komponen, yaitu:

  • Bagian atas, yaitu class name
  • Bagian tengah, yaitu atribut. Atribut sendiri adalah properti yang digunakan untuk mendeskripsikan kualitas kelas. Atribut hanya diperlukan saat mendeskripsikan instance tertentu dari class.
  • Bagian bawah, yaitu proses atau method. Komponen ini menggambarkan bagaimana masing-masing class berinteraksi dengan data.

 

Hubungan Antar Class

Asosiasi

Hubungan ini menggambarkan dua kelas yang sifatnya statis atau memiliki atribut tambahan berupa kelas lainnya.

 

Agregasi

Agregasi adalah hubungan antara dua class di mana salah satu class merupakan bagian dari class lain, tetapi dua class ini dapat berdiri masing-masing.

 

Inheritance

Pewarisan atau inheritance dapat disebut juga generalization dalam class diagram adalah suatu kemampuan untuk mewarisi seluruh atribut dan metode dari class asalnya (superclass) ke class lain (subclass).

 

Simbol pada Class Diagram

Simbol Class Diagram

  • Garis lurus (Generalization), menunjukan hubungan objek anak (descendent) dan induk (ancestor) dalam hal berbagai perilaku dan struktur datanya.
  • Nary Association, suatu upaya untuk menghindari asosiasi yang melebihi 2 objek.
  • Class, suatu himpunan dari objek-objek dalam sistem, yang kemudian berbagi atribut dan operasi yang persis sama.
  • Collaboration, berupa urutan aksi-aksi dalam sistem agar menghasilkan sebuah hasil yang terukur.
  • Realization, sebuah operasi yang benar-benar dilakukan oleh objek dalam system.
  • Dependency, suatu hubungan pada perubahan yang terjadi dalam independent yang mempengaruhi elemen yang tidak mandiri.
  • Association, bagian yang menghubungkan objek yang satu dengan yang lainnya.

 

Contoh Penggunaan Class Diagram

Contoh Gambar Class Diagram Mesin ATM

Gambar di atas adalah contoh penggunaan class diagram pada mesin ATM sederhana.

 

 

Judul Project iReminder

List Nama Kelompok

Inas Safitri                                        2115061121

Marselinus Heris Adyatma          2155061014

Nabila Firzariani                            2115061065

Sandi Aditya Saputra                     2155061002

 

KUIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Nama : Sandi Aditya Saputra

NPM   : 2155061002

Kelas  : PSTI D

Dosen : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Tata Kelola Sampah di Bandar Lampung

BPLH Tanggamus Akan Ubah Pola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) – Harian Pilar

(Gambar TPA Bakung, Bandar Lampung)

Sampah merupakan masalah krusial yang bukan hanya dihadapi oleh Kota BandarLampung namun juga kota-kota lain di Indonesia. Sampah akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan perubahan pola konsumsi serta gaya hidup masyarakat perkotaan. Hal ini tidak terlepas dari, perkembangan kawasan perkotaan yang sangat pesat yang dipengaruhi oleh dorongan kemajuan teknologi, transportasi, pertambahan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi, dan gaya hidup masyarakat yang secara otomatis meningkatkan jumlah timbulan sampah, jenis, dan karakteristik sampah .

Apa Akar Masalah yang Terjadi?

Di Kota Bandar Lampung, keberadaan sampah secara kuantitas terus meningkat. Data terakhir per hari sampah yang di angkut menuju TPA Bakung berjumlah kurang lebih 800 ton per hari. Disamping itu, masih ada perilaku masyarakat yang sembarang membuang sampah ke sungai yang berakibat pada pendangkalan sungai dan yang paling terasa terjadinya banjir bila curah hujan meninggi. Achmad Jon Viktor, Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, mengatakan keadaan ini tidak terlepas dari fenomena belanja sistem online. Menurut dia, banyak masyarakat yang menggunakan jasa kirim dengan plastik yang berlapis.

Siapa yang Terdampak ?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat dikatakan bahwa dampak sampah akan makin terasa saat mencemari saluran-saluran air dan masuk tubuh manusia dalam bentuk mikroplastik. Mikroplastik bila masuk dalam tubuh manusia bisa menyebabkan kanker dan penyakit lain. Bisa juga menyebabkan kegagalan multiorgan. Paling bahaya akan menyerang ginjal dan hati karena sifatnya sangat beracun.

Analisa Solusi Untuk Mengatasi Permasalahan Tersebut

Untuk itu dalam hal penanganan dan tata kelola sampah ini, tentu bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah Kota Bandar Lampung namun juga menjadi tanggung bersama menuju kota yang beradab, sehat dan sejahtera. Yang harus dilakukan adalah pada upaya kuat mereduce atau mengurangi sampah itu sendiri, karena biasanya laju sampah tidak dibarengi dengan akselerasi yang juga cepat untuk menanganinya.

Produsen dituntut tanggung jawab untuk merubah kemasan produk yang lebih ramah lingkungan. Kemudian pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana untuk desentralisasi pengelolaan sampah yang berbasis RT, RW dan/atau Kelurahan sebagai media pemberdayaan dan edukasi masyarakat dalam partisipasi pengelolaan sampah.

Selain mengoptimalkan bank sampah, Walhi Lampung, memberikan solusi dengan penambahan lokasi TPA yang pengelolaannya menggunakan sistem sanitary landfill. Hal tersebut sesuai dengan amanat UU Nomor 8 Tahun 2018 bahwa TPA untuk kota besar wajib menggunakan sistem sanitary landfill. Jadi sampah yang ke TPA itu, dibuat lubang kemudian (sampah) dimasukkan dan ditimbun dengan tanah. Yang jelas sampah yang tidak bisa dimanfaatkan lagi atau didaur ulang. Sistem sanitary landfill ini berguna untuk mengurangi bau sampah yang mengalami pembusukan. Sistem ini juga menghambat terbuangnya gas metana ke udara yang menjadi sumber bau sampah yang membusuk tersebut.

Siapa Saja yang Harus Menerapkan Solusi Tersebut?

Tentu saja semua pihak mulai dari pemerintah, seluruh lapisan masyarakat harus turut berperan secara aktif dan bersama-sama menanggulangi permasalahan sampah. Dengan begitu, diharapkan agar setiap solusi yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Referensi:

https://netizenku.com/tata-kelola-sampah-di-bandarlampung-kembali-jadi-sorotan/

https://www.mongabay.co.id/2021/06/09/harus-ada-solusi-penanganan-sampah-plastik-di-lampung/

Kuis MK Pengantar Teknologi Informasi (PTI)

Nama : Sandi Aditya Saputra

NPM    : 2155061002

Kelas   : PSTI D

Jawaban Soal No. 1

Pandemi Covid-19 membuat teknologi memiliki banyak kemajuan. Pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya dalam hal teknologi e-commerce semakin populer. Kalangan UMKM dipaksa untuk lebih melek teknologi yang berkecimpung dunia digital agar bisnis tetap bisa berjalan walau di masa pandemi. Pemerintah memaksa masyarakat untuk melek teknologi agar semakin terbiasa terutama di masa pandemi ini.

Pandemi juga memaksa percepatan di sektor pendidikan. Pembelajaran sekolah jarak jauh ini memaksa anak-anak dengan dibantu dengan orang tua untuk akrab dengan internet. Oleh sebab itu, akses internet dan teknologi di Indonesia belum merata di semua wilayah. Beberapa anak di berbagai daerah di Indonesia tidak dapat mengakses internet dengan mudah. Mereka harus bersusah payah mencari tempat yang dapat menjangkau internet agar depat melaksanakan sekolah daring.

Permasalahan ini muncul dan membuat pemaksaan terhadap pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah. Apabila anak-anak yang sama sekali tidak bisa melakukan akses internet maka dengan terpaksa mengumpulkan tugas sekolah secara offline. Penyebaran virus Corona yang belum berhenti ini menjadikan acuan agar akses internet dan teknologi dapat lebih merata ke seluruh penjuru Indonesia.

Teknologi yang juga mulai berkembang pesat di masa pendemi ini adalah teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robot yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan ini. Dengan adanya peraturan pemerintah dalam menjaga jarak atau PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka banyak startup dan periset mencoba bermacam cara untuk berinovasi membuat robot agar bisa mengurangi kontak dengan sesama manusia. Teknologi yang memiliki kegunaan ‘tanpa sentuh’ kini sudah mulai banyak digunakan khususnya di tempat umum.

Artificial Intelligence (AI) atau Machine Learning merupakan tren teknologi baru yang dikenal karena keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi berbagi kendaraan, dan banyak lagi. AI juga banyak digunakan oleh berbagai sektor industri di era teknologi saat ini dan sangat memungkinkan dapat menciptakan industri baru mulai dari pemrograman, pengujian, dukungan dan pemeliharaan.

Penggunaan robot di masa pandemi ini semakin masif untuk berbagai keperluan membantu manusia. Salah satu contohnya adalah robot digunakan untuk menyemprotkan desinfektan di ruangan. Robot digunakan untuk untuk membantu memeriksa kondisi pasien. Teknologi Artificial Intelligence pun kian banyak digunakan di masa pandemi. Kecerdasan buatan dipakai untuk membantu banyak hal seperti mendiagnosa penyakit dan membantu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pandemi.

Asosiasi Internet of Things Indonesia memperkirakan teknologi 5G akan segera hadir seusai pendemi berlalu. Meski belum jelas pandemi kapan berakhir dan persiapan infrastruktur 5G di Indonesia, teknologi ini menjanjikan banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. Memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dengan 4G, teknologi 5G dapat memungkin bekerja secara jarak jauh lebih efisien dan kompeten.

Yang tidak kalah menarik yaitu adanya teknologi Internet of Thing (IoT), Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet.

“A Things” pada Internet of Things dapat didefinisikan sebagai subjek misalkan orang dengan monitor implant jantung, hewan peternakan dengan transponder biochip, sebuah mobil yang telah dilengkapi built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah. Sejauh ini, IoT paling erat hubungannya dengan komunikasi machine-to-machine (M2M) di bidang manufaktur dan listrik, perminyakkan, dan gas. Produk dibangun dengan kemampuan komunikasi M2M yang sering disebut dengan sistem cerdas atau “smart”. Sebagai contoh yaitu smart kabel, smart meter, smart grid sensor.

Mungkin dalam 10 tahun kedepan di Indonesia banyak beredar robot-robot yang membantu pekerjaan manusia. Misalnya, di berbagai rumah sakit hingga perusahaan telah mengintegrasikan pekerjaan manusia untuk dilakukan oleh robot saat ini. Belum lama ini, robot bernama Tommy dipekerjakan di rumah sakit Circolo di Varese, Italia untuk membatasi kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien, sehingga mengurangi risiko infeksi. Ada pula robot yang membantu kedokteran bedah, dimana robot ini bertujuan untuk memungkinkan konduksi prosedur bedah dari jarak jauh tanpa menyentuh pasien. Tak hanya itu, Korea Selatan juga punya robot yang telah digunakan untuk mengukur suhu dan mendistribusikan hand sanitizer lho. McDonald bahkan telah menguji coba robot untuk memasak di dapurnya. Nah, menurut pandangan saya, Indonesia dalam 10 tahun kedepan nantinya akan mengikuti perkembangan teknologi yang sudah terlaksana di berbagai negara maju seperti yang ada pada penjelasan diatas.

Jawaban Soal No. 2

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau usaha kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa sebagai pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategis yang tinggi. Beberapa teman mengatakan ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat dengan menggunakan konsep ini, antara lain :
  1. Kita bisa menghemat waktu perjalanan dan menghindari kemacetan yang menjadi bagian kehidupan di kota-kota besar.
  2. Kita bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan bisa menjadikan nya part-time dari pekerjaan utama kita.
  3. Suasana kantor dirumah menjadi nyaman karena rumah kita sendiri dan dekat dengan kehangatan keluarga.
Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL (Digital subscriber lineatau internet kabel. Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik dapat di akses antara beberapa komputer lokal.
Solusi Sharing Akses Internet untuk SOHO | Krakatau HotSpot
Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.
Untuk koneksi antara client dengan server harus dilakukan konfigurasi setiap perangkat dengan menambahkan ip address. Dimana dengan IP address ini maka setiap perangkat akan saling berhubungan atau berkomunikasi.

Perangkat yang di butuhkan jaringan SOHO

1. PC SERVER
Yaitu perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan.
2. PC Client
Adalah perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server.
3. SWITCH
Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan menggunakan media kabel.
4. Wifi
Wi-Fi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.
5. Router Mikrotik
Router adalah bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain.

Sumber :

https://sevima.com/tren-teknologi-di-tahun-2021/

https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/karsa-adiguna-2/teknologi-10-tahun-mendatang-csc/2

https://catatanshand.blogspot.com/2018/03/Pengertian-jaringan-soho.html

Digital Communication Content

Digital Communication Content

Digital Communication atau Komunikasi Digital merupakan proses di mana dua atau lebih komputer atau perangkat mentransfer data, instruksi, dan informasi. Konsep Komunikasi Digital adalah konsep-konsep penting dalam komunikasi digital termasuk internet dan juga mencakup elemen-elemen yang tidak ada pada internet, seperti CD-ROMmultimedia, atau perangkat lunak komputer virtual reality (gambar tiga dimensi yang seperti nyata).

Lalu muncul komunikasi digital, yang mana kita melakukan interaksi dan penyampaian pesan melalui beberapa perangkat tambahan seperti komputerhandphoneinternet dan masih banyak lagi.

Network

Network adalah istilah populer dari jaringan komputer. Network merupakan kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, dengan menggunakan peralatan tertentu. Dalam sebuah jaringan komputer, penggunaan peralatan tertentu ini dapat diakses secara bersama-sama (seperti disk dan printer) dan berhubungan dengan komputer induk sistem lain, yang letaknya berjauhan.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi dan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.

Media perantara peralatannya dapat berupa media kabel atau tanpa kabel (nirkabel), sehingga masing-masing komputer dapat terhubung dan saling bertukar data.

Jenis-jenis Network

  • Berdasarkan Luas Area

Dirangkum dalam Modul Kuliah Jaringan Komputer oleh Rifkie Primartha (2020: 10), network dapat dibagi menjadi empat jenis berdasarkan jangkauan areanya, yaitu:

LAN

Local area network (LAN) adalah jaringan komputer yang dibuat pada area tertutup. Misalnya, dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil, yang menggunakan resource bersama-sama, seperti penggunaan printer secara bersama, penggunaan media penyimpanan secara bersama, dan lain sebagainya.

MAN

Metropolitan area network (MAN) menggunakan metode yang sama dengan LAN, akan tetapi cakupannya lebih luas dibandingkan LAN. Area cakupan MAN bisa sebesar satu kota atau lebih besar lagi.

WAN

Wide area network (WAN) cakupannya lebih besar dibandingkan MAN. WAN dapat meliputi satu negara bahkan satu benua.

Internet

Internet adalah interkoneksi berbagai jaringan komputer yang ada di dunia. Cakupan internet mencapai satu planet (bahkan tidak menutup kemungkinanan antarplanet). Internet menggunakan protokol komunikasi yang khas, yaitu Internet Protocol (IP).

Selain LAN, MAN, WAN, dan Internet, masih ada beberapa jenis network lainnya, yaitu:

  1. Storage Area Network (SAN)
  2. Personal Area Network (PAN)
  3. Cluster Area Network (CAN)

Baik SAN, PAN, dan CAN, masih dapat dikelompokkan dalam LAN, MAN, WAN, dan Internet. Hanya saja, bentuk layanan dan cakupan areanya berbeda-beda. Sebagai contoh, SAN merupakan kumpulan berbagai perangkat penyimpanan (storage) yang dihubungkan melalui jaringan internet.

  • Berdasarkan Media Penghantar

Berdasarkan jenis media penghantarnya, network dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Wire Network

Wire network adalah network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

Wireless Network

Wireless network menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya. Oleh sebab itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses network tanpa harus memasang kabel pada komputernya.

  • Berdasarkan Pola Operasi

Network berdasarkan pola operasinya, dibagi menjadi dua jenis, di antaranya meliputi:

Client Server

Clinet server adalah network yang memiliki satu atau lebih komputer, yang dapat melayani komputer lain. Komputer yang melayani ini disebut server, sedangkan komputer yang dilayani disebut client. Contoh server antara lain, yaitu web serverfire server, dan lain sebagainya.

Peer to peer

Peer to peer adalah network yang setiap komputernya bisa melayani atau dilayani pada saat bersamaan. Peer to peer banyak diimplementasikan pada LAN, akan tetapi kemungkinan besar juga digunakan pada jenis network yang lebih besar cakupannya.

Protokol Komunikassi Jaringan

Ethernet

Jenis protokol yang menggunakan suatu metode akses berupa CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).‌

Token Ring

Jenis protokol yang dikembangkan oleh perusahaan IBM dengan metode akses pengiriman informasi yang berada di dalam satu lingkaran protokol.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

Jenis standar komunikasi data yang terdiri dari sekumpulan protokol dan dipakai oleh komunitas internet secara global.

Wi-Fi

mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain.

LTE

adalah standar jaringan yang mendefinisikan bagaimana transmisi seluler berkecepatan tinggi menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler.

Bluetooth

adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.

UWB (Ultra-WideBand)

adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain.

IrDA

mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR).

RFID

adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan atau dilampirkan ke objek, hewan, atau orang.

NFC

adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC.

Perangkat Komunikasi

Perangkat komunikasi adalah semua jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima.

  • ‌Modem nirkabel menggunakan jaringan penyedia ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer atau ponsel.
  • ‌Modem broadband mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari saluran digital.
  • Titik akses nirkabel (WAP) adalah perangkat komunikasi pusat yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk mentransfer data secara nirkabel di antara mereka sendiri atau ke jaringan kabel.
  • Router menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tujuan yang benar di jaringan.
    Beberapa router menyediakan fungsionalitas tambahan:
    1. Router nirkabel Router pita lebar
    2. Router nirkabel pita lebar
    3. Router nirkabel broadband seluler.
  • Kartu jaringan memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki kemampuan jaringan internal untuk mengakses jaringan. Tersedia dalam berbagai gaya Hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik pusat untuk kabel dalam jaringan.

Media Transmisi

Media transmisi membawa satu atau lebih sinyal komunikasi.

Media broadband mengirimkan banyak sinyal secara bersamaan.
Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui media transmisi kadang-kadang disebut bandwidth. Latensi adalah waktu yang dibutuhkan sinyal untuk melakukan perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lain di jaringan.

Media transmisi terbagi 2

1. Media Transmisi Fisik

Kabel twisted-pair
Kabel koaksial
Kabel serat optik

2. Media Transmisi Nirkabel

  • ‌Radio siaran adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh.
  • ‌Radio seluler adalah bentuk radio siaran yang digunakan secara luas untuk komunikasi seluler.
  • ‌Gelombang mikro adalah gelombang radio yang menyediakan transmisi sinyal berkecepatan tinggi.
  • ‌Satelit komunikasi adalah stasiun ruang angkasa yang menerima sinyal gelombang mikro dari stasiun berbasis bumi, memperkuatnya, dan menyiarkan sinyal ke area yang luas ke sejumlah stasiun berbasis bumi.
  • ‌GPS (global positioning system) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima berbasis bumi yang menerima dan menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima.

Sumber:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Konsep_komunikasi_digital

https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/protokol_jaringan_komputer_pengertian_fungsi_dan_jenisnya-710

Operating System

Pengertian Operating System

Sistem operasi atau operating system adalah salah satu software atau perangkat lunak yang tugasnya bertanggung jawab mengatur dan mengontrol kerja hardware atau perangkat keras serta menjalankan software atau aplikasi di dalam sebuah sistem komputer. Dengan kata lain, sistem operasi merupakan sistem yang mengendalikan operasi dasar serta memastikan sistem dalam komputer bisa berjalan dan berfungsi sebagaimana semestinya. Karena sistem operasi dapat memungkinkan suatu aplikasi bisa berfungsi, maka sistem operasi disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya bisa berfungsi karena adanya sistem operasi kecuali apabila komputer sedang dalam keadaan booting.

Sebenarnya operating system merupakan penghubung antara hardware dan software. Ketika komputer dinyalakan pertama kalinya, maka kita akan tahu bahwa yang sedang berjalan ialah sistem operasi dan setelah komputer menyala, barulah aplikasi atau program dapat berjalan. Intinya operting system atau sistem operasi adalah sistem yang berada pada lapisan pertama di mana memori harddisk di letakkan.

Fungsi Operating System

Fungsi operating system adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk menjalankan operasi dasar pada komputer.
  2. Untuk mengatur kerja hardware dan juga software.
  3. Untuk menyajikan tampilan.
  4. Sebagai wadah aplikasi atau program.
  5. Untuk mengkoordinasi kerja perangkat komputer.
  6. Untuk mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program.
  7. Untuk mengoptimalkan fungsi perangkat komputer.

Cara Kerja Operating System

Di dalam sebuah sistem komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), kernel, dan userspace. Hardware merupakan bentuk fisik dari sebuah sistem komputer. Kernel merupakan core software (perangkat lunak sistem utama) yang bertindak untuk berkomunikasi dengan hardware dan software aplikasi. Fungsi kernel merupakan fungsi utama dari sebuah sistem operasi. Userspace adalah software lainnya yang terdiri dari libraries and utilities (instruksi standar sistem aplikasi) dan applications/aplikasi (software yang digunakan pengguna).

Sistem operasi bekerja sebagai penghubung antar software dan hardware dalam sistem komputer. Sistem operasi mempunyai instruksi-instruksi dasar yang dapat dimengerti oleh software dan hardware. Dalam hal ini sistem operasi juga dibantu oleh perangkat lunak sistem dari perangkat keras terkait yang disebut dengan driver.

Sistem Operasi Komputer

Berikut ini merupakan jenis-jenis sistem operasi komputer yang perlu Anda ketahui:

  1. Windows

Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan dan populer di dunia. Dalam hal ini Windows menjadi perangkat lunak operasi yang mendorong sistem komputasi di seluruh dunia. Wajar jika hal ini terjadi karena memang Windows dikembangkan dengan sistem yang ramah pengguna.

Windows diciptakan oleh Microsoft pada pertengahan 1980-an. Hingga kini, windows telah memiliki beragam versi yang berbeda.

Empat versi terbaru diantaranya adalah Windows Vista (2007), Windows 7 (2009), Windows 8 (2012), dan Windows 10 (2015).

  1. MacOS

Mac OS atau singkatan dari Machintosh operating System adalah sistem operasi eksklusif yang hanya terdapat di komputer Apple saja. MacOS yang diluncurkan pada tahun 1984 pertama kali digunakan untuk komputer bernama LISA. LISA tak lain adalah komputer hasil buah tangan Steve Jobs.

Di atas kertas, pengguna sistem operasi yang satu ini memang tergolong relatif lebih sedikit dibandingkan pengguna Windows. Pasalnya, produk Apple dari dulu sampai sekarang tergolong sebagai perangkat mahal. Namun bisa dibilang Windows dan MacOS adalah sistem operasi komputer paling populer hinga saat ini.

 

  1. Linux

Linux diperkenalkan pertama kali oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 silam. Sistem operasi yang satu ini memliki sifat open-source dimana pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikan kembali secara bebas tanpa perlu lisensi.

Berkat fleksibilitas ini, rata-rata penggguna linux kerap kali memasang dan melakukan konfigurasi sendiri untuk membangun sistem. Pengguna OS Linux mayoritas juga paham akan teknologi, sehingga perkembangan Linux sangat pesat dibandingkan OS Windows atau Mac OS yang kebanyakan merupakan pengguna sehari-hari.

  1. MS DOS

MS DOS atau Disk Operating System (DOS) adalah pendahulu Microsoft Windows. DOS merupakan awal mula metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM. DOS sudah ada sejak beberapa dekade yang lalu. Salah satu kelebihan DOS adalah ukurannya yang kecil sehingga tidak memerlukan kapasitas penyimpanan (storage) yang besar. Selain itu, DOS juga bisa digunakan di berbagai perangkat. Namun, DOS mengharuskan penggunanya melakukan perintah dalam bentuk teks sehingga pengguna perlu mengingat berbagai format perintah yang ada. Adapun kekurangan DOS lainnya yaitu belum mendukung aplikasi atau software grafis. Tampilan DOS juga masih hitam putih dan tidak bisa menampilkan gambar.

5. Unix

Unix merupakan salah satu jenis sistem operasi yang sudah ada sejak lama, seperti DOS. Unix digunakan sebuah komputer mini sebagai server jaringan. Ini dikarenakan Unix ringan dan sangat membantu dalam proses pemindahan kerja dari satu komputer ke komputer yang lain. Salah satu kelebihan Unix adalah dapat digunakan secara multiuser atau lebih dari satu pengguna dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, sistem file dalam Unix juga bersifat hirarkial yang akan memudahkanmu dalam mengakses data.

 

6. Chrome OS

Chrome OS adalah salah satu jenis sistem operasi yang paling baru. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini dirilis pada Juni 2011. Chrome OS berbasis Linux dan hanya dapat digunakan di perangkat tertentu, seperti Chromebook.Sistem operasi yang satu ini memiliki tampilan yang minimalis. Selain itu, awalnyna Chrome OS juga hanya bisa menjalankan beberapa aplikasi sederhana.Namun seiring berjalannya waktu, kini Chrome OS dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android

 

 

 

Sumber

 

https://www.temukanpengertian.com/2013/01/pengertian-operating-system.html#:~:text=Pengertian%20Operating%20System%20%28Cara%20Kerja%2C%20Fungsi%20dan%20Contoh%29,Operating%20System.%20…%203%20Fungsi%20Operating%20System.%20

 

https://www.jojonomic.com/blog/sistem-operasi-adalah/#:~:text=Cara%20Kerja%20Sistem%20Opreasi%20Di%20dalam%20sebuah%20sistem,bertindak%20untuk%20berkomunikasi%20dengan%20hardware%20dan%20software%20aplikasi.

Digital Storage

PENGANTAR TI – JURNAL PERKULIAHAN 8 – TOPIC 8 | Halimah Mufita

Pengertian

Media penyimpanan adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang sekarang banyak digunakan,diantaranya : eksternal hard disk, solid state driver, usb flash drive sampai dengan penyimpanan cloud storage. Saat ini Cloud Storage banyak digunakan karena jenis media penyimpanan online ini dapat digunakan transparan bagi pengguna.

Didalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis. Membaca adalah proses pengiriman barang dari medium penyimpanan ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman barang dari memori ke media penyimpanan.

Peran media penyimpanan pada perangkat komputer sangat penting, karena media penyimpanan yang mengatur mengenai berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage).

Macam-macam Media Penyimpanan

1.  Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

Teknologi Disk – Netijen Ku

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

  1. Disket (floppy disk), pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus.
  2. Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan sebagaimana disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat.
  3. Flashdisk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan.
  4. Memory Card, yaitu Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console

 

2.  Penyimpanan Optical (Optical Disk)

300GB optical Disc from Sony and Panasonic named "Archival Disc" details -  GURU Of High-Tech

Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

  1. CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket.
  2. CD-ROM adalah CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan.
  3. CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan.
  4. CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.
  5. DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes.

 

3.  Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Pada dasarnya teknologi Cloud Storage merupakan pengembangan dari sistem Komputasi Awan atau yang disebut juga dengan istilah cloud computing. Cloud computing adalah sebuah istilah dalam ilmu komputer yang berarti komputasi awan yang berbasis internet atau biasa dalam dunia IT dengan sebutan “The Cloud”. Istilah lain dalam teknologi cloud computing yaitu Sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain yang dapat dijalankan secara bersamaan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

 

Referensi :

Discovering Computers 2016: Tools, Apps, Devices, and Impact of Technology.

https://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_magnetik

https://www.mahada.co.id/souvenir-flashdisk-macam-macam-media-penyimpanan-data-digital/#:~:text=Optical%20Disk%20(Penyimpanan%20Optical),yang%20ada%20pada%20perangkat%20pembacanya.

 

G20 DAN COP26

G20 DAN COP26

 

G20

G20_net

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20  merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Sejarah Pendirian G20

Dibentuk pada 1999 atas inisiasi anggota G7, G20 merangkul negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis, utamanya yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin.

G20 pada awalnya merupakan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Namun sejak 2008, G20 menghadirkan Kepala Negara dalam KTT dan pada 2010 dibentuk pula pembahasan di sektor pembangunan. Sejak saat itu G20 terdiri atas Jalur Keuangan (Finance Track) dan Jalur Sherpa (Sherpa Track). Sherpa diambil dari istilah untuk pemandu di Nepal, menggambarkan bagaimana para Sherpa G20 membuka jalan menuju KTT (Summit).

Tujuan G20

Tujuan utama G20 adalah menghimpun para pemimpin Negara ekonomi maju dan berkembang utama dunia untuk mengatasi tantangan ekonomi global. Pertemuan para pemimpin Negara G20 dilakukan setiap setahun sekali, sedangkan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dilakukan beberapa kali dalam setahun.

Manfaat Bagi Indonesia mengikuti G20

  1. Presidensi G20 di tengah pandemi membuktikan persepsi yang baik atas resiliensi ekonomi Indonesia terhadap krisis.
  2. Merupakan bentuk pengakuan atas status Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia, yang juga dapat merepresentasikan negara berkembang lainnya.
  3. Momentum presidensi ini hanya terjadi satu kali setiap generasi (+ 20 tahun sekali) dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberi nilai tambah bagi pemulihan Indonesia, baik dari sisi aktivitas ekonomi maupun kepercayaan masyarakat domestik dan internasional.
  4. Indonesia dapat mengorkestrasi agenda pembahasan pada G20 agar mendukung dan berdampak positif dalam pemulihan aktivitas perekonomian Indonesia.
  5. Menjadi kesempatan menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kancah internasional, khususnya dalam pemulihan ekonomi global. Dari perspektif regional, Presidensi ini menegaskan kepemimpinan Indonesia dalam bidang diplomasi internasional dan ekonomi di kawasan, mengingat Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota G20.
  6. Membuat Indonesia menjadi salah satu fokus perhatian dunia, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan keuangan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan (showcasing) berbagai kemajuan yang telah dicapai Indonesia kepada dunia, dan menjadi titik awal pemulihan keyakinan pelaku ekonomi pascapandemi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  7. Pertemuan-pertemuan G20 di Indonesia juga menjadi sarana untuk memperkenalkan pariwisata dan produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional, sehingga diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia.

Negara-Negara Anggota G20

Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, Uni Eropa.

Kerugian Menjadi Aggota G20 Dari Sektor Perikanan

Diperkirakan kerugian Indonesia mencapai US$ 200 juta/tahun atau Rp 2,4 triliun, karena produk perikanan kena tarif impor tinggi oleh negara-negara anggota G20 di Uni Eropa. Kerugian tersebut juga berasal dari tarif impor tinggi untuk produk tuna yang menjadi andalan ekspor Indonesia.

“Pada dasarnya adalah karena tarif bea masuk yang tinggi itu menyebabkan daya saing kita rendah dibandingkan produk negara lain,” ungkap Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Saut P Hutagalung kepada detikFinance, akhir pekan lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil menegaskan pemerintah akan memperjuangkan kepentingan Indonesia terkait hambatan perdagangan dengan negara-negara anggota G20.

Persoalan hambatan ini khususnya tarif tinggi oleh anggota G20 di Uni Eropa sempat diungkapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiasturi, yang mengganggap status G20 justru merugikan Indonesia, karena Indonesia dianggap negara sudah maju.

COP26

depositphotos_416569308-stock-photo-cop-26-in-glasgow-scotland

COP26 merupakan singkatan dari Conference of the Parties ke-26 yaitu badan pembuat keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change, yang ditanda tangani pada 1992. Namun COP baru berlangsung pertama kali pada tahun 1995. Dalam forum tingkat tinggi tahunan ini, ada 197 negara yang terlibat pertemuan untuk membicarakan dan menanggulangi isu perubahan iklim global. COP pertama diadakan Maret 1995 di Berlin, Jerman. Untuk tahun ini, COP26 digelar di Glasgow, Skoltlandia, Inggris Raya pada 1-12 November 2021.

Tujuan COP26

Tugas utama COP26 adalah melakukan peninjauan target-target setiap negara terkait emisi yang diajukan. Pelaksanaan COP26 akan digilir di antara lima wilayah PBB, yakni Afrika, Asia, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Tengah dan Timur dan Eropa Barat dan Lainnya.

Pentingnya COP26 Bagi Isu Perubahan Iklim

COP26 adalah pertemuan pertama yang akan mengevaluasi hasil dari Paris Accord atau Persetujuan Iklim Paris pada 2015 lalu. Secara singkat, Perjanjian tersebut bertujuan untuk menghindari bencana akibat perubahan iklim global.

Dalam Paris Accord, disepakati jika pemanasan global naik hingga 1.,5 derajat celcius di atas suhu yang pernah dialami di era praindustri, maka akan terjadi banyak perubahan yang tak dapat dihindarkan. Dengan itulah, rencana yang dibuat harus dilaksanakan. Adapun target-target utama saat Paris Accord 2015 atau ketika COP21 yaitu setiap negara harus berjanji untuk:

  1. Melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca
  2. Mendorong peningkatan produksi energi terbarukan
  3. Mempertahankan suhu global di bawah 2 derajat celcius, atau idealnya maksimal 1,5 derajat celcius
  4. Komitmen menyumbangkan miliaran dolar untuk dampak perubahan iklim yang dihadapi oleh negara-negara miskin

Hasil yang Diharapkan Dari COP26

COP26 adalah pertemuan tingkat tinggi pertama di mana setiap negara juga memiliki tuntutan baru. Adapun lebih dari 100 negara berkembang telah bersepakat untuk menyampaikan tuntutan jelang COP26, yang antara lain:

  1. Pendanaan dari negara-negara maju untuk memerangi maupun menanggulangi perubahan iklim.
  2. Kompensasi dari negara-negara maju atas dampak yang akan menimpa mereka
  3. Uang dari kelompok negara maju untuk membantu mereka menerapkan ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, diharapkan pertemuan tingkat tinggi ini akan dapat menemukan cara terbaik menerapkan sistem pasar karbon dan kredit karbon. Sistem ini merupakan mekanisme agar negara penghasil karbon untuk membayar emisi yang dikeluarkannya, dan negara yang telah menerapkan ekonomi hijau untuk menjual kredit karbon.

KONFLIK DAN KERUSUHAN MENGANCAM JIKA COP26 GAGAL

Pemanasan global bakal membawa dampak buruk bagi keamanan dan stabilitas dunia. Ancaman kekurangan pangan, konflik, migrasi, dan kekacauan mengintai dunia jika negara-negara gagal mengatasi gas rumah kaca. Bencana ekologi akan merembet menjadi bencana sosial dan kemanusiaan hampir di berbagai belahan dunia.

Sekretaris Eksekutif UN Framework Convention on Climate Change (FCCC), Patricia Espinosa, memperingatkan pemanasan global akan memicu kejadian berantai, bencana dan krisis pangan menumbuhkan kelompok rentan. Ancaman kekerasan dan terorisme yang muncul setelahnya akan tumbuh menjadi sumber instabilitas.Kejadian di satu sisi dunia akan merembet ke sisi lainnya. Sistem dunia pun akan terusik.

Permasalahan pemanasan global tak hanya melingkupi sisi lingkungan saja tetapi juga keseluruhan sistem di dunia. Ia memberikan gambaran dampak pemanasan global ini seperti dengan berbagai kejadian di masa lalu yang menyebabkan arus migrasi besar.

Sejauh ini beberapa negara berkomitmen mengurangi emisi kurang dari 45 persen. Angka ini menurut para ilmuwan diperlukan pada tahun 2030 untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5 C. Jika terdapat kekurangan target di pertemuan Glasgow maka negara-negara dapat diminta untuk merevisi rencana mereka segera setelah itu.

 

Sumber:

https://betahita.id/news/detail/6700/-konflik-dan-kerusuhan-mengancam-jika-cop26-gagal-.html?v=1635287120

https://www.g20.org/

https://www.bi.go.id/id/G20/Default.aspx

https://www.bi.go.id/id/G20/Default.aspx

COP26 Adalah Pertemuan Perubahan Iklim, Apa Saja Hasil yang Diharapkan? – Halaman 2 (detik.com)

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-2751090/jadi-anggota-g20-ini-h

HEADLINE: Indonesia Pegang Presidensi G20 Tahun 2022, Arti Penting dan Strategisnya? – Bisnis Liputan6.com

Indonesia.go.id – Jadi Presidensi G20, Indonesia Berpeluang Raih Manfaat Ekonomi

Input Output Device

Input Device

Perangkat input memungkinkan data untuk dimasukkan ke dalam sistem komputer,jadi contoh perangkat input adalah keyboard untuk menulis teks ke dalam pengolah kata, grid Mouse untuk mengontrol kursor penunjuk, joystick untuk bermain game komputer, mikrofon untuk merekam audio ke dalam sistem komputer sehingga informasi akan diproses dan kemudian informasi tersebut dapat dikeluarkan

Keyboard adalah perangkat input khas yang anda mungkin ditemukan di komputer desktop atau di laptop yang t digunakan untuk memasukkan data ke dalam aplikasi jadi misalnya mengetik perintah ke antarmuka CLI, ketik huruf kata ke dalam dokumen dan familiar untuk digunakan cukup cepat untuk memasukkan teks ke dalam aplikasi pengolah kata. Kerugiannya adalah metode yang lebih lambat dibandingkan dengan entri data langsung yang akan kita fokuskan untuk menunjuk ke keypad numerik dapat digunakan di ATM di terminal point-of-sale chip- dan-pin ponsel. Untuk memasukkan nilai numerik dari contoh chip dan pin anda mungkin diminta untuk memasukkan pin empat digit anda sehingga mudah digunakan

Mouse touchpad yang ditemukan di laptop dan papan pelacak  itu mudah dinavigasi melalui banyak opsi dan lebih cepat untuk memilih opsi dibandingkan untuk nama pengguna kursor pada keyboard. Kerugian adalah mudah rusak, kabel bisa terjebak atau bisa rusak dan juga membutuhkan permukaan datar.

Sekarang touchpad digunakan pada laptop sebagai perangkat penunjuk namun lebih sulit digunakan dibandingkan dengan mouse karena lebih sedikit orang terbiasa menggunakan touchpad dibandingkan dengan menggunakan mouse. jadi touchpad juga merupakan alat penunjuk dan digunakan oleh mereka yang memiliki motilitas terbatas di pergelangan tangan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan mouse karena anda tidak harus memindahkan bola pelacak cukup menggunakan jari untuk mengontrol bola di bagian atas tracker ball. Mereka untuk menggerakkan kursor di layar sehingga posisi pointer lebih akurat.

Kelemahan mouse College of the tracker ball adalah cenderung lebih mahal dan tidak familiar untuk pengguna biasa.

Remote control adalah jenis lain dari perangkat input yang digunakan untuk mengontrol saluran TV banyak pilihan dan sistem multimedia atau aplikasi industri sehingga keuntungan utama dari mud control dapat digunakan dari jarak jauh namun sinyal bisa diblokir dengan rintangan sehingga dapat digunakan untuk mengganti saluran TV misalnya joystick dan roda penggerak.

Joystik dapat digunakan saat bermain game komputer yang dimana karakter memiliki pengontrol atau mobil di simulator balap sehingga joystick dan roda penggerak dapat lebih mudah untuk penggunaan dibandingkan dengan menggunakan keyboard atau mouse. Kelemahan joystick adalah sulit digunakan karena terlalu banyak opsi yang digunakan pada joystick.

Kamera digital digunakan untuk mengambil foto atau klip video kecil dan data dapat ditranfer ke komputer. Kerugiannya adalah mungkin sulit untuk mentransfer dan menyimpan gambar ke sistem komputer. Kamera video digunakan untuk merekam rekaman video dan dapat merekam dalam rekaman resolusi tinggi serta dapat diedit pada sistem komputer dan memakan banyak biaya penyimpanan.

Mikrofon digunakan untuk mengimpor suara ke sistem komputer dan digunakan dalam konferensi video dapat juga digunakan dalam aplikasi pengenalan suara sehingga suara dapat ditambahkan ke presentasi audio yang direkam dan dapat disadap langsung ke pengolah kata atau aplikasi sehingga beberapa orang ketika terjadi port untuk berbicara ke mikrofon dan huruf secara otomatis mengetik pengenalan suara ke dalam pengolah kata.

Webcam fungsinya tak jauh beda dari kamera digital. Webcam adalah kamera yang terhubung ke web, bisa untuk melakukan panggilan video (video call) dan berfoto. Biasanya input device ini terpasang pada komputer dan diletakkan di atas monitor. Bentuk webcam mini seperti kamera CCTV dan dapat merekam jika diaktifkan.

Direct Data Entry and Associated Devices

Magnetic strip readers : digunakan untuk membaca data yang terdapat pada sebuah kartu yang memiliki sinyal magnetic. Biasanya digunakan pada kartu bank, kartu permainan, voucher, dan kunci/kartu hotel.

Chip and pin reader : digunakan dalam POS terminals untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

Contactless cards : digunakan oleh user untuk melakukan pembayaran tanpa menggunakan kata sandi (PIN) dengan teknologi RFID. Biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran dalam jumlah kecil (maksimal Rp 330.000,00).

RFID (Radio Frequency Identification) : dapat membaca informasi yang disimpan dalam sebuah tag (chip silicon kecil atau dapat diletakkan pada sticker) menggunakan gelombang radio. Contoh penggunaan: track luggage, contactless cards, track movement dan stock control.

MICR (Magnetic Ink Character Reader) : dapat digunalan untuk membaca karakter yang dicetak/print dengan menggunakan tinta spesial. Biasanya digunakan pada cek bank.

Optical Mark Reader : dapat membaca tanda yang dituliskan menggunakn pensil atau pulpen. Posisi dan tanda yang ada tersimpan di dalam memori computer.

Optical Character Reader : dapat mengscan teks yang telah di print dan mengubahnya ke dalam bentuk editable (dapat diedit).

Barcode scanner : digunakan untuk mengscan barcode yang berisi informasi mengenai suatu produk termasuk harganya.

 

Output Device

Output berarti ‘luar’. jadi perangkat output atau output device adalah piranti pada komputer yang dapat menghasilkan atau menampilkan keluaran (output) dari hasil pengolahan data. Data diolah oleh komputer lalu dikeluarkan berupa produk.

Alat yang mampu menghasilkan produk dari olahan data komputer inilah yang disebut perangkat output. Berikut ini adalah contoh alat-alat output.

1. Monitor

Monitor adalah keluaran yang berupa sinyal elektronik sehingga menghasilkan gambar yang sering kita lihat di layar monitor. Gambar tersebut hasil dari pemrosesan data. Resolusi gambar tiap monitor berbeda-beda.

Resolusi mempengaruhi ketajaman gambar. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin bagus gambarnya. Ukuran monitor pun berbeda seperti televisi yang memiliki bermacam ukuran. Perangkat satu ini merupakan ragam soft copy device dengan bentuk flat (layar datar), layar cembung.

2. Printer

Perangkat keras printer berfungsi untuk mencetak data dari komputer, baik berupa teks maupun gambar / foto. Cetakan dari printer berbentuk hardcopy yang dicetak di atas kertas. Alat utama untuk menghasilkan cetakan adalah tinta dan tinta bubuk (toner). Mesin printer sekarang mempunyai banyak jenis dan dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Satu piranti tidak hanya satu fungsi, tetapi memiliki beberapa fungsi, seperti scan, print, fotokopi.

3. Speaker

Speaker ialah perangkat keras yang dapat menghasilkan data berupa audio / suara. Piranti ini bisa juga disebut sebagai pengeras suara, karena mampu mengeluarkan volume suara yang menggelegar.

4. Headphone / Earphone

Earphone atau headphone berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan data berupa audio tanpa bantuan speaker. Perangkat ini dapat dipasang pada telinga pengguna sehingga hanya pengguna yang mendengar suara yang muncul dari komputer. Selain itu, piranti ini juga dapat dipakai untuk berbicara karena ada perangkat komunikasinya.

5. Proyektor

Perangkat keras ini merupakan sejenis alat optik, berfungsi menampilkan gambar di layar proyeksi atau benda lain yang dapat menerima pantulan cahaya. Ada berbagai jenis proyektor, yaitu proyektor LCD, proyektor film, slide, overhead, dan proyektor proyeksi.

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=9xQjaxvQLFs