PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Nama: Panca Rulian Effendi

NPM:2115061117

Kelas:PSTI-C

OOP (Object-Oriented Programming) atau Pemrograman Berorientasi Objek adalah sebuah paradigma atau gaya dalam pemrograman yang berfokus pada objek-objek dan interaksi antara objek-objek tersebut. Dalam OOP, sebuah program dianggap sebagai kumpulan objek yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan utama dari Pemrograman Berorientasi Objek adalah untuk mempermudah pembuatan, pengembangan, dan pemeliharaan perangkat lunak dengan memandang program sebagai kumpulan objek yang saling berinteraksi. Dengan pendekatan ini, kompleksitas perangkat lunak dapat diatasi dengan membaginya menjadi objek-objek yang lebih kecil dan lebih terkelola.

KONSEP DASAR DALAM PBO

  • Class: Tempat untuk membuat objek. Class mendefinisikan karakter atribut objek atau metode yang dapat dilakukan objek tersebut
  • Objek: turunan dari kelas sebuah instance atau hasil dari pembuatan suatu kelas. Objek memiliki atribut dan metode yang didefinisikan oleh kelas dan dapat melakukan interaksi dengan objek lain.
  • Encapsulation: konsep menyembunyikan detail internal suatu objek dari dunia luar dan hanya memungkinkan akses melalui metode publik yang ditentukan. Hal ini penting karena dengan cara ini, kita dapat menjaga data dan perilaku objek agar tidak terganggu oleh kode lain yang tidak terkait.
  • Inheritance (pewarisan): mekanisme dalam OOP untuk merancang dua atau lebih entitas yang berbeda tetapi memiliki kesamaan fitur. Cara kerja inheritance adalah menggunakan kata “extends” diikuti kata induk (parent classs) yang akan diwarisi.
  • Polymorphism: kemampuan suatu objek untuk memiliki banyak bentuk atau perilaku yang berbeda tergantung pada konteks penggunaannya. Contohnya, sebuah objek “Shape” dapat memiliki banyak bentuk yang berbeda seperti persegi, segitiga, atau lingkaran, tetapi tetap dapat dioperasikan dengan metode yang sama seperti “getArea()” atau “getPerimeter()”.

COUPLING DAN COHESION 

Coupling dalam Pemrograman Berorientasi Objek mengacu pada tingkat ketergantungan antara objek satu dengan yang lain. Semakin besar ketergantungan antara objek-objek, semakin kuat coupling-nya. Sedangkan, Cohesion dalam Pemrograman Berorientasi Objek mengacu pada tingkat kohesi atau kesatuan fungsi antara elemen-elemen dalam suatu objek. Semakin terfokus dan spesifik fungsi-fungsi dalam suatu objek, semakin tinggi tingkat kohesinya.

ACCESS MODIFIER

  • Private: member hanya dapat diakses oleh method yang sama pada class yang sama.
  • Protected: member dapat diakses oleh method yang sama pada class yang sama dan subclass-nya.
  • Public: member dapat diakses oleh method pada class yang sama, subclass-nya, dan class lain.

PERBEDAAN ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE

Abstract class adalah sebuah class setengah jadi (abstrak) yang memuat/memiliki method dan atrribut. Abstract class sebenarnya adalah sebuah class, sehingga memiliki semua sifat dari class biasa (punya konstruktor). Hanya saja sifatnya masih abstrak, karena itu biasanya method kosong/belum di implementasikan. Namun Abstract class dapat mengimplementasikan method tersebut. Abstract class akan selalu menjadi superclass / hirarki tertinggi dari subclass-subclass-nya. Sedangkan

Interface adalah sebuah blok signature kumpulan method tanpa tubuh (konstan). Sebuah definisi method yang umum/general yang dapat menghubungkan class-class yang berbeda. Dengan kata lain, interface memungkinkan kita mengimplementasikan method yang sama terhadap class yang tidak ada hubungan sama sekali (tidak dalam satu hirarki). Oleh karena itu, interface bukanlah sebuah class, walaupun memiliki ciri yang serupa dengan abstract class.

KUIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN

NAMA: PANCA RULIAN EFFENDI

NPM: 2115061117

KELAS: PSTI-D

DOSEN: Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I

 Sampah di pesisir Teluk Lampung

Apa akar masalah yang terjadi ?

Teluk Lampung adalah sebuah teluk di perairan Selat Sunda yang berada di selatan Lampung. Di teluk ini, bermuara dua sungai yang membelah Kota Bandar Lampung. Teluk ini berada di antara Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran. Pelabuhan Panjang juga terdapat di teluk ini.

Menurut data Dinas Lingkungan Hidup Lampung, sekitar 57 ribu ton sampah masuk ke perairan Lampung per tahun. Dari jumlah tersebut, sekitar 19 ribu ton berada di pesisir Teluk Lampung. Adapun sampah menuju laut di sekitar Kota Bandar Lampung, lebih dari 8.000 ton per tahun.

Penumpukan sampah di pesisir Bandar Lampung, tak lepas dari kontribusi sampah yang tak selesai diproses di darat. Menurut Direktur Wahana Lingkungan Hidup [Walhi] Lampung, Irfan Tri Musri, sampah di pesisir itu, selain berasal dari aktivitas masyarakat ada juga kontribusi kiriman yang dibuang di hulu sungai hulu yang akhirnya bermuara ke laut.

Siapa yang terdampak ?

Dampak sampah akan terasa kepada siapa pun tidak terkecuali pada orang yang membuang sampah sembarangan tersebut, adapun makhluk hidup yang juga mendapatkan dampak dari sampah sampah tersebut seperti hewan dan tumbuh tumbuhan. Salah satu contoh orang yang terdampak dari pembuangan sampah sembarangan yaitu nelayan di pesisir teluk lampung. Nelayan tersebut kerap kesulitan dalam menjaring ikan akibat menumpuknya sampah, ada sampah plasik, kayu, botol-botol, dan lain sebagainya.

Analisa Solusi untuk Mengatasi Permasalahan tersebut.

Sebagian besar permasalahan yang terjadi di pesisir teluk Lampung adalah membuang sampah sembarangan dan kiriman sampah dari hulu yang akhirnya bermuara ke laut. Untuk menangani permasalahan ini pertama yang harus dilakukan masyarakat pesisir teluk Lampung membentuk tim untuk melakukan penanganan terhadap sampah kiriman dari hulu yang akhirnya bermuara ke laut dan mendaur ulang sampah sampah tersebut, yang kedua untuk masyarakat sendiri agar berhenti membuang sampah sembarangan dan mulai mendaur ulang sampah dengan berbagai cara seperti menggumpulkan botol bekas, kertas bekas, botol plastik dan lain lain atau yang bisa kita sebut dengan bank sampah lalu dijual, lalu selanjutnya sampah sampah plastik bisa dibuat menjadi ecobrick, Ecobrick adalah sebuah inovasi visioner yang dikembangkan sebagai solusi pengolahan limbah plastic, lalu sampah rumah tangga yang bisa di daur ulang menjadi kompos atau pupuk tanaman. Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat Pengepul sampah. Bank sampah juga sudah ada yang berbasis aplikasi yang memudahkan penjual dan pembeli melakukan transaksinya seperti penjual dapat menemukan pembeli di sekitarnya, standarisasi harga dengan cara melakukan survey ke bank sampah dan lain sebagainya. Salah satu aplikasi daur ulang sampah yang dapat digunakan yaitu RP jual beli sampah daur ulang yang sudah memiliki fitur yang saya jelaskan di atas. Dengan menjalankan program bank sampah dan membentuk tim untuk menangani masalah sampah kiriman dari hulu yang akhirnya bermuara ke laut di harapkan sampah sampah di sekitar pesisir teluk Lampung dapat berkurang dan mengurangi dampak yang diberikan akibat sampah sampah tersebut seperti bencana alam, mengganggu makhluk hidup yang ada di laut dan lain sebagainya.

Siapa saja yang harus menerapkan solusi tersebut?

Tentu saja semua pihak karena permasalahan sampah ini tidak bisa bergantung pada satu pihak saja, semua harus pro aktif untuk menangani permasalahan sampah ini agar hasil yang didapatkan sesuai keinginan.

Kuis Pengantar Teknologi Informasi

Nama: Panca Rulian Effendi

NPM: 2115061117

Kelas: PSTI-D

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SAAT INI DI INDONESIA DAN 10 TAHUN YANG AKAN DATANG

1. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SAAT INI

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang dalam perjalanannya. Sebab, perkembangan teknologi di Indonesia sudah dimulai hampir satu abad yang lalu.
Memang, perkembangan teknologi informasi ini beriringan dengan peradaban manusia dari zaman ke zaman. Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi saat ini merupakan hasil evolusi yang akan terus berlanjut hingga masa depan.

Radio sebagai Teknologi Informasi Pertama

Radio menjadi teknologi pertama yang masuk di Indonesia sejak jaman Hindia Belanda. Saat itu, radio tersebut bernama Bataviase Radio Vereniging yang berlokasi di daerah Batavia atau Jakarta. Radio pertama Indonesia diresmikan pada tanggal 16 Juni 29125, kala itu terjadi setelah stasiun radio pertama di Amwreikan dan tiga tahun setelah Inggris dan Uni Soviet.

Televisi

Setelah radio, televisi munvul pertama kali di Indonesia pada siaran pertamanya 17 Agustus 1962 melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang berisi siaran tentang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dari istama Merdeka, Jakarta.
Kala itu memang hanya segelintir orang saaja yang bisa menonton, karena televisi menjadi barang yang mahal saat itu. Namun, mulai dari tahun 163-1976, RRI menyebarkan stasiun televisi di berbagai kota mulai dari Yogyakarta hingga kota lainnya.

Satelit

Satelit pertama di Indonesia bernama Palapa. Saat itu satelit ini meriupakan telekomunikasi geostasioner Indonesia yang menjadi pencetus pertama siaran televisi semakin bagus. Saat itu pula hadir berbagai stasiun telebisi swasta seperti RCTI yang pertama muncul pada 24 Agustus 1989, lalu disusul oleh SCTV, ANTV, Indosiar, dan yang lainnya.

Internet

Internet masuk ke Indonesia diperkirakan sama dengan industry pertelevisian, yaitu mulai tahun 1988. Akan tetapi, berdasarkan WHOIS ARIN dan APNIC, protokol internet pertama di Indonesia didaftarkan oleh Univesitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Tapi, internet memang tidak banyak diketahui oleh masyrakat. Sebab, era 1990 internet baru mulai disarakan oleh masyrakat.
Itu dia sejarah singkat dari perkembang teknologi informasi yang ada ada di Indonesia. Memang, kemajuan teknologi sangat terlihat dari masa ke masa, bahkan di masa depan teknologi informasi dan komunikasi akan terus semakin canggih dan mutakhir hingga tidak pernah terbanyangkan sebelumnya.

Beberapa perkembangan teknologi yang terjadi di Indonesia saat ini

a. Dalam dunia pendidikan terkhusus di masa pandemi yang mengharuskan segala aktivitas dilakukan di rumah termasuk dalam menempuh pendidikan namun dengan adanya TIK yang dulu awalnya tidak terpikirkan dapat belajar dari jarak jauh sekarang semua itu dirasakan pelajar maupun tenaga pendidik menggunakan teknologi yang ada untuk melakukan virtual meeting, membuat bahan pembelajaran dalam bentuk elektronik seperti buku. Selain itu dengan adanya e-library,  e-learning, email juga membantu dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini.

b. Dalam dunia bisnis saat ini dunia bisnis atau perdagangan sangat di perhitungkan apalagi dengan perdagangan online bahkan sudah semakin banyak e-commerce yang menunjang aktivitas untuk melakukan jual beli orang tidak perlu harus keluar rumah pun bisa mendapat barang yang mereka butuhkan. Bahkan pembayaran pun juga sudah didukung dengan adanya e-money maupun e-banking.

c. Bahkan dalam dunia kesehatan pun juga sudah ada seperti konsultasi dengan dokter terpercaya tanpa harus bertatap muka, bertanya seputar kesehatan dalam sebuah aplikasi buatan komputer seperti misalnya halodoc. Kemudian tersedia juga e-medicine untuk membantu menebus obat atau membeli obat di apotek yang terhubung dalam aplikasi.

d. Kegiatan distribusi dan transportasi pun juga sudah banyak dengan bantuan teknologi komputer dalam sebuah aplikasi yang mempermudah memesan kendaraan, pesan antar barang maupun makanan. Dan sudah banyak ditemukan di Indonesia berbagai pengemudi online dari gojek, grab,maxim dsb.
Itulah beberapa aktivitas di Indonesia yang memanfaatkan teknologi informasi dan komputer.

2. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) 10 Tahun Yang Akan Datang

Mungkin dalam 10 tahun kedepan di Indonesia banyak beredar robot-robot yang membantu pekerjaan manusia. Misalnya, di berbagai rumah sakit hingga perusahaan telah mengintegrasikan pekerjaan manusia untuk dilakukan oleh robot saat ini. Belum lama ini, robot bernama Tommy dipekerjakan di rumah sakit Circolo di Varese, Italia untuk membatasi kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien, sehingga mengurangi risiko infeksi. Ada pula robot yang membantu kedokteran bedah, dimana robot ini bertujuan untuk memungkinkan konduksi prosedur bedah dari jarak jauh tanpa menyentuh pasien. Tak hanya itu, Korea Selatan juga punya robot yang telah digunakan untuk mengukur suhu dan mendistribusikan hand sanitizer lho. McDonald bahkan telah menguji coba robot untuk memasak di dapurnya. Nah, menurut pandangan saya, Indonesia dalam 10 tahun kedepan nantinya akan mengikuti perkembangan teknologi yang sudah terlaksana di berbagai negara maju seperti yang ada pada penjelasan diatas.

JAWABAN SOAL NOMOR 2

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau usaha kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa sebagai pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategis yang tinggi. Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL (Digital subscriber lineatau internet kabel. Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik dapat di akses antara beberapa komputer lokal.

jaringan SOHO

Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.
Untuk koneksi antara client dengan server harus dilakukan konfigurasi setiap perangkat dengan menambahkan ip address. Dimana dengan IP address ini maka setiap perangkat akan saling berhubungan atau berkomunikasi.

Perangkat yang di butuhkan jaringan SOHO

1. PC SERVER
Yaitu perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan.
2. PC Client
Adalah perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server.
3. SWITCH
Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan menggunakan media kabel.
4. Wifi
Wi-Fi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.
5. Router Mikrotik
Router adalah bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain.

Sumber :

Sumber Refrensi


https://kumparan.com/berita-update/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-indonesia-radio-internet-1umPw56bFTn/full
http://okta350.blogspot.com/2018/12/membuat-small-office-home-office-soho.html
https://catatanshand.blogspot.com/2018/03/Pengertian-jaringan-soho.html

JURNAL PERKULIAHAN|TOPIK 10 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI: DIGITAL COMMUNICATION CONTENT

Digital Communication Content

Digital Communication atau Komunikasi Digital merupakan proses di mana dua atau lebih komputer atau perangkat mentransfer data, instruksi, dan informasi. Konsep Komunikasi Digital adalah konsep-konsep penting dalam komunikasi digital termasuk internet dan juga mencakup elemen-elemen yang tidak ada pada internet, seperti CD-ROMmultimedia, atau perangkat lunak komputer virtual reality (gambar tiga dimensi yang seperti nyata).

Lalu muncul komunikasi digital, yang mana kita melakukan interaksi dan penyampaian pesan melalui beberapa perangkat tambahan seperti komputerhandphoneinternet dan masih banyak lagi.

Network

Network adalah istilah populer dari jaringan komputer. Network merupakan kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, dengan menggunakan peralatan tertentu. Dalam sebuah jaringan komputer, penggunaan peralatan tertentu ini dapat diakses secara bersama-sama (seperti disk dan printer) dan berhubungan dengan komputer induk sistem lain, yang letaknya berjauhan.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi dan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.

Media perantara peralatannya dapat berupa media kabel atau tanpa kabel (nirkabel), sehingga masing-masing komputer dapat terhubung dan saling bertukar data.

Jenis-jenis Network

  • Berdasarkan Luas Area

Dirangkum dalam Modul Kuliah Jaringan Komputer oleh Rifkie Primartha (2020: 10), network dapat dibagi menjadi empat jenis berdasarkan jangkauan areanya, yaitu:

LAN

Local area network (LAN) adalah jaringan komputer yang dibuat pada area tertutup. Misalnya, dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil, yang menggunakan resource bersama-sama, seperti penggunaan printer secara bersama, penggunaan media penyimpanan secara bersama, dan lain sebagainya.

MAN

Metropolitan area network (MAN) menggunakan metode yang sama dengan LAN, akan tetapi cakupannya lebih luas dibandingkan LAN. Area cakupan MAN bisa sebesar satu kota atau lebih besar lagi.

WAN

Wide area network (WAN) cakupannya lebih besar dibandingkan MAN. WAN dapat meliputi satu negara bahkan satu benua.

Internet

Internet adalah interkoneksi berbagai jaringan komputer yang ada di dunia. Cakupan internet mencapai satu planet (bahkan tidak menutup kemungkinanan antarplanet). Internet menggunakan protokol komunikasi yang khas, yaitu Internet Protocol (IP).

Selain LAN, MAN, WAN, dan Internet, masih ada beberapa jenis network lainnya, yaitu:

  1. Storage Area Network (SAN)
  2. Personal Area Network (PAN)
  3. Cluster Area Network (CAN)

Baik SAN, PAN, dan CAN, masih dapat dikelompokkan dalam LAN, MAN, WAN, dan Internet. Hanya saja, bentuk layanan dan cakupan areanya berbeda-beda. Sebagai contoh, SAN merupakan kumpulan berbagai perangkat penyimpanan (storage) yang dihubungkan melalui jaringan internet.

  • Berdasarkan Media Penghantar

Berdasarkan jenis media penghantarnya, network dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Wire Network

Wire network adalah network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

Wireless Network

Wireless network menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya. Oleh sebab itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses network tanpa harus memasang kabel pada komputernya.

  • Berdasarkan Pola Operasi

Network berdasarkan pola operasinya, dibagi menjadi dua jenis, di antaranya meliputi:

Client Server

Clinet server adalah network yang memiliki satu atau lebih komputer, yang dapat melayani komputer lain. Komputer yang melayani ini disebut server, sedangkan komputer yang dilayani disebut client. Contoh server antara lain, yaitu web serverfire server, dan lain sebagainya.

Peer to peer

Peer to peer adalah network yang setiap komputernya bisa melayani atau dilayani pada saat bersamaan. Peer to peer banyak diimplementasikan pada LAN, akan tetapi kemungkinan besar juga digunakan pada jenis network yang lebih besar cakupannya.

Protokol Komunikassi Jaringan

Ethernet

Jenis protokol yang menggunakan suatu metode akses berupa CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).‌

Token Ring

Jenis protokol yang dikembangkan oleh perusahaan IBM dengan metode akses pengiriman informasi yang berada di dalam satu lingkaran protokol.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

Jenis standar komunikasi data yang terdiri dari sekumpulan protokol dan dipakai oleh komunitas internet secara global.

Wi-Fi

mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain.

LTE

adalah standar jaringan yang mendefinisikan bagaimana transmisi seluler berkecepatan tinggi menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler.

Bluetooth

adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.

UWB (Ultra-WideBand)

adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain.

IrDA

mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR).

RFID

adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan atau dilampirkan ke objek, hewan, atau orang.

NFC

adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC.

Perangkat Komunikasi

Perangkat komunikasi adalah semua jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima.

  • ‌Modem nirkabel menggunakan jaringan penyedia ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer atau ponsel.
  • ‌Modem broadband mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari saluran digital.
  • Titik akses nirkabel (WAP) adalah perangkat komunikasi pusat yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk mentransfer data secara nirkabel di antara mereka sendiri atau ke jaringan kabel.
  • Router menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tujuan yang benar di jaringan.
    Beberapa router menyediakan fungsionalitas tambahan:
    1. Router nirkabel Router pita lebar
    2. Router nirkabel pita lebar
    3. Router nirkabel broadband seluler.
  • Kartu jaringan memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki kemampuan jaringan internal untuk mengakses jaringan. Tersedia dalam berbagai gaya Hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik pusat untuk kabel dalam jaringan.

Media Transmisi

Media transmisi membawa satu atau lebih sinyal komunikasi.

Media broadband mengirimkan banyak sinyal secara bersamaan.
Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui media transmisi kadang-kadang disebut bandwidth. Latensi adalah waktu yang dibutuhkan sinyal untuk melakukan perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lain di jaringan.

Media transmisi terbagi 2

1. Media Transmisi Fisik

Kabel twisted-pair
Kabel koaksial
Kabel serat optik

2. Media Transmisi Nirkabel

  • ‌Radio siaran adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh.
  • ‌Radio seluler adalah bentuk radio siaran yang digunakan secara luas untuk komunikasi seluler.
  • ‌Gelombang mikro adalah gelombang radio yang menyediakan transmisi sinyal berkecepatan tinggi.
  • ‌Satelit komunikasi adalah stasiun ruang angkasa yang menerima sinyal gelombang mikro dari stasiun berbasis bumi, memperkuatnya, dan menyiarkan sinyal ke area yang luas ke sejumlah stasiun berbasis bumi.
  • ‌GPS (global positioning system) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima berbasis bumi yang menerima dan menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima.

Sumber:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Konsep_komunikasi_digital

https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/protokol_jaringan_komputer_pengertian_fungsi_dan_jenisnya-710

Continue reading JURNAL PERKULIAHAN|TOPIK 10 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI: DIGITAL COMMUNICATION CONTENT

JURNAL PERKULIAHAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI: OPERATING SYSTEM

Panca Rulian Effendi-2115061117-PSTI D

OPERATING SYSTEMS

Sistem operasi atau operating system adalah salah satu software atau perangkat lunak yang tugasnya bertanggung jawab mengatur dan mengontrol kerja hardware atau perangkat keras serta menjalankan software atau aplikasi di dalam sebuah sistem komputer. Dengan kata lain, sistem operasi merupakan sistem yang mengendalikan operasi dasar serta memastikan sistem dalam komputer bisa berjalan dan berfungsi sebagaimana semestinya. Karena sistem operasi dapat memungkinkan suatu aplikasi bisa berfungsi, maka sistem operasi disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya bisa berfungsi karena adanya sistem operasi kecuali apabila komputer sedang dalam keadaan booting.

Cara Kerja Operating System

Cara kerja operating system adalah sebagai berikut:

Sebenarnya operating system merupakan penghubung antara hardware dan software. Ketika komputer dinyalakan pertama kalinya, maka kita akan tahu bahwa yang sedang berjalan ialah sistem operasi dan setelah komputer menyala, barulah aplikasi atau program dapat berjalan. Intinya operting system atau sistem operasi adalah sistem yang berada pada lapisan pertama di mana memori harddisk di letakkan.

Fungsi Operating System

Fungsi operating system adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk menjalankan operasi dasar pada komputer.
  • Untuk mengatur kerja hardware dan juga software.
  • Untuk menyajikan tampilan.
  • Sebagai wadah aplikasi atau program.
  • Untuk mengkoordinasi kerja perangkat komputer.
  • Untuk mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program.
  • Untuk mengoptimalkan fungsi perangkat komputer.

Jenis – Jenis Sistem Operasi

Selanjutnya, masuk pada pembahasan mengenai jenis dari sistem operasi berdasarkan cara kerjanya.

1. Batch OS

Yang pertama ada Batch OS, merupakan jenis sistem operasi yang dapat menyatukan beberapa pekerjaan, sehingga menjadi lebih cepat terselesaikan dan tidak terlalu berat untuk implementasinya.

2. Distributed OS

Jenis yang kedua, menggunakan beberapa processor di berbagai mesin untuk memudahkan komputasi yang nantinya diberikan kepada user secara cepat dengan akurasi yang tepat.

3. Mobile OS

Yang ketiga, merupakan operating system yang didesain khusus untuk kebutuhan perangkat mobile. Apakah anda tahu Android dan iOS? Tentu saja kedua platform tersebut merupakan OS yang dibuat khusus untuk kebutuhan aplikasi dalam perangkat mobile.

4. Multitasking / Time – Sharing OS

Dengan menggunakan sistem multitasking, setiap pengguna dapat mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dalam perangkat CPU yang sama.

5. Network OS

Dalam menggunakan jaringan (network), OS juga berperan sebagai pengatur data, keamanan, user, dan fungsi dari networking itu sendiri.

6. Real – Time OS

Fungsi yang terakhir adalah real time OS, dimana interval atau jarak waktu pemrosesan dan respons input yang kecil.

Contoh operating system

Contoh operating system adalah PC- DOS (Personal Computer Disk Operating System), MS- DOS (Microsoft Disk Operating System), Microsoft Windows (Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows Vista, Windows Xp, Windows 7 dan Windows 8), Linux, Unix, MAC OS (Macintosh Operating Sistem), IBM OS/2, Free BSD, Chrome OS, Solaris dan lain-lain.

REFERENSI:

https://www.sekawanmedia.co.id/sistem-operasi/

https://www.temukanpengertian.com/2013/01/pengertian-operating-system.html

JURNAL PERKULIAHAN|TOPIK 8 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI: DIGITAL STORAGE

WHAT IS DIGITAL STORAGE?? | nsyafinasyaacob

Pengertian

Media penyimpanan adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang sekarang banyak digunakan,diantaranya : eksternal hard disk, solid state driver, usb flash drive sampai dengan penyimpanan cloud storage. Saat ini Cloud Storage banyak digunakan karena jenis media penyimpanan online ini dapat digunakan transparan bagi pengguna.

Didalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis. Membaca adalah proses pengiriman barang dari medium penyimpanan ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman barang dari memori ke media penyimpanan.

Peran media penyimpanan pada perangkat komputer sangat penting, karena media penyimpanan yang mengatur mengenai berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage).

Macam-macam Media Penyimpanan

1.  Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk).

magnetic

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

  • Disket (floppy disk), pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus.
  • Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan sebagaimana disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat.
  • Flashdisk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan.
  • Memory Card, yaitu Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console

2.  Penyimpanan Optical (Optical Disk).

optical

Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

Macam-macam media dari Optical Disk :

  • CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket.
  • CD-ROM adalah CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan.
  • CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan.
  • CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.
  • DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes.

3.  Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

cloud

Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Pada dasarnya teknologi Cloud Storage merupakan pengembangan dari sistem Komputasi Awan atau yang disebut juga dengan istilah cloud computing. Cloud computing adalah sebuah istilah dalam ilmu komputer yang berarti komputasi awan yang berbasis internet atau biasa dalam dunia IT dengan sebutan “The Cloud”. Istilah lain dalam teknologi cloud computing yaitu Sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain yang dapat dijalankan secara bersamaan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

Sumber:

Discovering Computers 2016: Tools, Apps, Devices, and Impact of Technology.

https://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_magnetik

https://www.mahada.co.id/souvenir-flashdisk-macam-macam-media-penyimpanan-data-digital

https://www.google.com/url?sa=i&url=http%3A%2F%2Fblog.wowrack.co.id%2F2016%2F12%2Fcloud-storage-untuk-back-up-data-yang.html&psig=AOvVaw3ONvah-VjGbIDqE8FIV8kE&ust=1636177202125000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCIidxK3BgPQCFQAAAAAdAAAAABAD

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fwww.pro.co.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F02%2FOptical-Drive.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.pro.co.id%2Fpengertian-optical-drive-fungsi-dan-cara-kerja-optical-drive%2F&tbnid=slJ8Kouu_xW7wM&vet=12ahUKEwizh62twID0AhXCjtgFHWhXAoEQMygGegUIARCYAQ..i&docid=C7m78xWzPSeZ3M&w=700&h=400&q=foto%20optical%20disk&client=firefox-b-d&ved=2ahUKEwizh62twID0AhXCjtgFHWhXAoEQMygGegUIARCYAQ

https://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fiptinformation.weebly.com%2Fuploads%2F4%2F8%2F7%2F3%2F48736149%2F593468.jpg%3F275&imgrefurl=https%3A%2F%2Fiptinformation.weebly.com%2Fmagnetic-disk.html&tbnid=RbxR9_eIacWLBM&vet=12ahUKEwjb8sThv4D0AhWNhNgFHSBeBq4QMygGegUIARCdAQ..i&docid=avTTSMIsBlt8yM&w=274&h=240&q=foto%20magnetic%20disk&client=firefox-b-d&ved=2ahUKEwjb8sThv4D0AhWNhNgFHSBeBq4QMygGegUIARCdAQ

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fnsyafinasyaacob.files.wordpress.com%2F2014%2F11%2Fasus-webstorage-digital-hub.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fnsyafinasyaacob.wordpress.com%2F2014%2F11%2F18%2Fwhat-is-digital-storage%2F&tbnid=h2EavBxrTrfOAM&vet=12ahUKEwif6-rDv4D0AhUP_TgGHWdXBzIQMygFegUIARCgAQ..i&docid=8N7aphCqonmZqM&w=960&h=698&itg=1&q=FOTO%20DIGITAL%20STORAGE&client=firefox-b-d&ved=2ahUKEwif6-rDv4D0AhUP_TgGHWdXBzIQMygFegUIARCgAQ

 

JURNAL PERKULIAHAN|PERTEMUAN 11 PENGETAHUAN LINGKUNGAN EVENT G20 dan COP26.

EVENT G20


apa itu G20? G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Forum yang dibentuk pada 1999 ini memiliki posisi strategis karena secara kolektif merupakan representasi dari 85 persen perekonomian dunia, 80 persen investasi global, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia. Forum ini mengadakan pertemuan setiap tahun dan memulai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Tahunan pertamanya pada 2008 dengan partisipasi dari masing-masing Kepala Negara dan pemerintahan.Fokus isu yang dibahas pada finance track adalah ekonomi dan keuangan, seperti kebijakan fiskal; moneter dan riil; investasi infrastruktur; regulasi keuangan; inklusi keuangan; dan perpajakan internasional. Pembahasan isu diatas dilakukan oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral masing-masing negara anggota. Sementara itu, fokus isu yang dibahas pada sherpa track meliputi geopolitik, antikorupsi, pembangunan, perdagangan, energi, perubahan iklim, kesetaraan gender. Pembahasan isu-isu tersebut dilakukan oleh kementerian terkait pada tingkat menteri masing-masing negara anggota. Sebelum dibahas di tingkat Menteri, isu-isu tersebut akan dibahas secara detail dan teknis pada tingkat Working Group (WG) terlebih dahulu agar optimal dan komprehensif. Rangkaian pertemuan G20 dalam setiap presidensi normalnya mencakup 3-4 pertemuan tingkat working group (WG), 3-4 pertemuan tingkat deputi, 2-4 pertemuan tingkat Menteri dan diakhiri dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri oleh Kepala Negara anggota G20. Masing-masing jalur di atas berjalan secara paralel yakni dimulao dari tingkat teknis (WG) kemudian dieskalasi ke tingkat deputi untuk mendapat konsep kesepakatan (communique) dan menyusutkan isu-isu untuk dibahas pada tingkat menteri. Dengan siklus tersebut, pada akhirnya G20 akan menyepakati kesepakatan final atas aksi kebijakan yang diambil atas isu-isu prioritas pada KTT sebagai penghujung rangkaian kegiatan.

Dampak G20 bagi Indonesia


Indonesia akan mendapat banyak keuntungan dengan menjadi tuan rumah Group of Twenty (G20) pada 2022. Salah satu keuntungan yang didapat Indonesia dengan menjadi presidensi G20 adalah bisa mengarahkan agenda. Keuntungan lain dengan posisi Indonesia sebagai tuan rumah, pemerintah bisa mengharapkan dampak positif dari hadirnya delegasi berbagai negara ke Indonesia. Ini akan sangat membantu pemulihan pariwisata dan industri di Indonesia.

Presidensi G20 memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi Indonesia. Termasuk pada sektor perdagangan dan investasi. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) juga menilai hal itu akan berdampak positif pada iklim investasi di Indonesia. Momentum presidensi G20 dinilai dapat digunakan untuk mempromosikan keberhasilan Undang Undang Cipta Kerja. Sehingga Indonesia dapat menjadi negara tujuan investasi di Asia dan global. Pemimpin negara-negara yang membawa perwakilan pengusaha di negaranya akan menilai bahwa Indonesia layak menjadi tujuan investasi.

Selain itu, presidensi G20 juga akan berdampak pada branding dunia bisnis di Indonesia. Indonesia dinilai akan memperoleh pengakuan internasional, visibilitas, dan branding positif bagi turisme Indonesia, komunitas industri dan bisnis.

COP26


COP26 adalah badan pembuat keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change, yang ditandatangani pada 1992. Namun COP baru berlangsung pertama kali pada tahun 1995.Setiap negara yang masuk dalam COP melakukan peninjauan pelaksanaan konvensi dan instrumen hukum lainnya yang diadopsi COP serta mengambil keputusan yang diperlukan untuk mempromosikan pelaksanaan konvensi yang efektif, termasuk pengaturan kelembagaan dan administratif.

Tugas utama COP adalah melakukan peninjauan target-target setiap negara terkait emisi yang diajukan. Pelaksanaan COP akan digilir di antara lima wilayah PBB, yakni Afrika, Asia, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Tengah dan Timur dan Eropa Barat dan Lainnya.

Dampak COP26 bagi Indonesia


Konferensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa terkait perubahan iklim edisi ke-26 atau COP26 merupakan momentum bagi Indonesia untuk menarik investasi hijau sebesar mungkin.

Indonesia memiliki potensi besar untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan, energi, transportasi sebesar 650 Mton CO2e dan 398 Mton CO2e dengan bantuan pendanaan internasional. Oleh karena itu, gelaran COP26 merupakan momentum Indonesia untuk menjadi negara destinasi Green Investment.

Sebagai negara yang telah meratifikasi Paris Agreement, Indonesia juga telah memiliki target-target yang akan dicapai terkait pengurangan emisi dan perubahan iklim.

Salah satunya pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% (tanpa syarat dan dilakukan secara mandiri) dan 41% (dengan dukungan internasional) pada 2030. Dalam upaya pemenuhan target pengurangan emisi ini, pemerintah perlu mendapat dukungan dari semua pihak terutama dari perusahaan-perusahaan yang secara langsung proses produksinya terkait dengan emisi gas rumah kaca seperti perusahaan tambang.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211103/9/1461415/ktt-cop26-momentum-indonesia-jadi-destinasi-investasi-hijau

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211030/9/1460044/indonesia-menjadi-presidensi-g20-tahun-2022-apa-itu-g20.

INPUT DAN OUTPUT DEVICES

  • PERANGKAT INPUT

1. Keyboard
Perangkat yang satu ini digunakan untuk memasukkan data ke dalam aplikasi dan mengetik perintah ke dalam CLI interface. Kelebihan dari perangkat ini adalah mudah untuk dipakai dan entri teks yang cepat ke dalam dokumen. Namun sayangnya metode yang digunakan perangkat ini lebih lambat dibandingkan dengan entri data secara langsung.

2. Numeric Key Pad
Perangkat yang satu ini biasa digunakan untuk melakukan penginputan data numerik menuju ATM, Terminal POS, Chip dan Pin, Ponsel, dan lain-lain. Perangkat ini terdepan untuk memasukkan data numerik seperti Pin atau harga di POS, namun dalam penggunaanya sering terkendala pada kunci yang terlalu kecil dan kesulitan dalam pengetikan huruf.

3. Mouse
Perangkat ini mungkin tidak asing untuk kita, alat yang biasa di gunakan untuk mengontrol penunjuk pada layar, baik dalam memilih windows, mengklik ikon, pilihan menu, serta penunjuk posisi. Dengan adanya perangkat ini membuat kita lebih mudah dalam menavigasikan menu pilihan dan lebih cepat untuk memilih pilihan dibandingkan dengan menggunakan keyboard. Namun jika digunakan dengan tidak hati-hati perangkat ini akan mudah rusak, dan dalam penggunaannyapun harus memerlukan permukaan yang datar.

4. Touch Pad
Perangkat yang digunakan sebagai penunjuk pada laptop ini merupakan bagian dari keyboard jadi tidak membutuhkan alat terpisah. Namun beberapa orang berpendapat bahwa dalam penggunaannya cenderung lebih susah dibandingkan dengan penggunaan perangkat laptop dengan bantuan mouse.

5. Tracker Ball
Perangkat input Tracker Ball ini biasa digunakan oleh pengguna yang cenderung memiliki keterbatasan motilitas pada pergelangan tangan mereka, sehingga kurang familiar dan cenderung memiliki harga yang mahal. Namun apabila mengenyampingkan dua hal tadi sebenarnya perangkat input yang satu ini lebih mudah digunakan dibandingkan mouse. Perangkat ini juga lebih akurat dalam mengemukakan pointer.

6. Remote Controll
Merupakan perangkat yang banyak digunakan untuk mengontrol saluran TV dan pilihan menu, sistem multimedia, dan aplikasi industri. Perangkat ini dapat digunakan dalam jarak tertentu, tetapi tidak ada sinyal dan mungkin terhalang oleh hambatan atau dinding, yang dapat mempengaruhi efektivitas perangkat yang satu ini.

7. Joystick
Digunakan dalam permainan komputer dan simulator, joystick lebih mudah digunakan daripada keyboard. Namun, lebih sulit untuk dioperasikan daripada mouse.

8. Driving Wheel
Merupakan perangkat yang sering digunakan gamer dalam permainan komputer (balapan / mengemudi) dan simulator. Alat ini membuat aktivitas mengemudi lebih akurat daripada keyboard. Namun sayang, perangkat ini mahal dan pergerakan perangkat ini bisa dikatakan terlalu sensitif.

9. Scanners
Perangkat ini digunakan untuk memindai dokumen atau foto. Perangkat ini dapat membuat sebuah salinan dan untuk resolusi salinannya bergantung pada pengaturan resolusi yang dipilih.

10. Web Cams
Digunakan oleh pengguna yang ingin memiliki konferensi web ( Skype Call ). Dengan Web Cams memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan video tatap muka, sehingga kita dapat menghubungi orang tanpa perlu bepergian. Untuk kualitas tergantung pada koneksi internet.

  • DIRECT DATA ENTRY AND ASSOCIATED DEVICES

1. Magnetic strip readers
Digunakan untuk membaca data yang terdapat pada sebuah kartu yang memiliki sinyal magnetic. Biasanya digunakan pada kartu bank, kartu permainan, voucher, dan kunci/kartu hotel.

2. Chip and pin reader
Digunakan dalam POS terminals untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

3. Contactless Cards
Aplikasi ini dapat digunakan ketika pengguna melakukan pembayaran menggunakan teknologi RFID tanpa menggunakan password (PIN). Biasanya digunakan untuk pembayaran dalam jumlah kecil.

4. RFID (Radio Frequency Identification)
Perangkat ini dapat menggunakan gelombang radio untuk membaca informasi yang disimpan pada tag (chip silicon kecil atau diletakkan pada stiker).

  • PERANGKAT OUTPUT

1. CRT (Cathode Ray Tube) Monitor
Monitor yang berfungsi sebagai layar untuk menampilkan output

2. LCD (Liquid Crystal Display) Monitor
Monitor ini hampir sama dengan CRT yang digunakan sebagai layar untuk menampilkan output.

3. IPS (In-Plane Switching) /LCD Monitor
Secara umum, monitor ini digunakan oleh professional graphic artist.

4. Touch screen
Merupakan layar computer yang dapat digunakan sebagai imput device.

5. Projector
Digunakan ketika menampilkan sesuatu dalam layar yang besar dan berasal dari computer atau TV.

8. Inkjet Printer
Berfungsi dalam mencetak data ke dalam kertas ( low output volume ).

9. Laser Printer
Laser printer sering ditemui untuk melakukan pencetakan dengan high output volume.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=9xQjaxvQLFs

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI: WEEK 9

KOMPONEN KOMPUTER

komponen-komponen-komputer

perkuliahan Pengantar Teknologi Informasi minggu ke 9 Topic ke 6 membahas mengenai komponen-komponen yang terdapat pada komputer. adapun komponen tersebut yang membentuk komputer dari kosong hingga bisa dipakai seperti yang anda gunakan saat ini. antar komponen komputer saling berhubungan, jika ada salah satu yang rusak atau tidak berfungsi maka komponen lainya tidak berfungsi juga. adapun komponen-komponen komputer tersebut sebagai berikut :

1. inside the case

Inside the case atau Casing adalah sebuah rumah atau tempat dari komponen komputer yang berbentuk kotak yang merupakan tempat diletakkannya kumpulan-kumpulan hardware komputer, seperti motherboard, harddisk, DVD Rom dan perangkat-perangkat lainnya.

2. Motherboard

Perangkat ini sebagai tempat awal untuk memasang beberapa komponen komputer. motherboard berupa papan tipis yang berfungsi menghubungkan beberapa komponen penting lainnya. Motherboard ini berisi processorRAM dan perangkat keras penting lainnya.

3. Processor

Processor / Central Processing Unit (CPU) adalah suatu chip yang berupa IC “Integrated Circuit” yang mengontrol keseluruhan sistem komputer khususnya dalam menjalankan  intruksi, pengolah dan digunakan sebagai pusat ataupun otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

4. Cloud Computing

Disebut cloud computing mengacu pada lingkungan server yang menampung dan menyediakan akses ke sumber daya yang diakses pengguna melalui internet. Alasan pengguna rumahan dan bisnis memilih cloud computing dikarenakan :

•   Aksesibilitas : Data dan/atau aplikasi yang tersedia di seluruh dunia dari komputer atau perangkat mana pun dengan koneksi internet.
•   Penghematan biaya : Biaya perangkat lunak dan perangkat keras kelas atas, seperti prosesor cepat serta memori dan perangkat penyimpanan berkapasitas tinggi, beralih dari pengguna.
•   Penghematan ruang: Ruang yang diperlukan untuk server, perangkat penyimpanan, dan perangkat keras lain yang dipindahkan dari pengguna.
•   Skalabilitas: Memberikan fleksibilitas untuk menambah atau mengurangi persyaratan komputasi sesuai kebutuhan.

Cloud Computing terdiri dari bagian depan dan bagian belakang, terhubung satu sama lain melalui jaringan. Ujung depan mencakup perangkat keras dan perangkat lunak, yang mana user berinteraksi untuk mengakses cloud. Misalnya, pengguna mungkin mengakses sumber daya di cloud melalui browser di laptop. Bagian belakang terdiri dari server dan perangkat penyimpanan yang mengelola dan menyimpan sumber daya yang diakses oleh pengguna.

5. Data Representation

Representasi data terdapat 2 jenis, yaitu representasi analog dan digital. Dalam representasi analog, kuantitas suatu besaran dinyatakan dengan tegangan, arus atau jarak perpindahan yang sebanding dengan nilai kuantitas tersebut. Sedangkan, dalam representasi digital, sebuah kuantitas dinyatakan tidak secara proporsional terhadap nilainya tetapi dinyatakan sengan simbol digit.

6. Memory

Memori adalah media penyimpanan data atau informasi sementara pada komputer . Memori merupakan komponen yang penting didalam suatu komputer yang berada didalam CPU (Central Processing Unit). Memori ini akan menyimpan setiap program dan data yang diproses oleh prosesor. Ada banyak jenis memori antara lain, RAM, ROM, CMOS, Memory Cache, dll.

7. adapter

adapter merupakan komponen komputer untuk  meningkatkan ekspansi nirkabel yang ada di laptop atau komputer. adapter berbentuk seperti slot USB pada umum nya berbentuk USB Tipe A, ataupun USB tipe c, yang dapat dihubungkan ke slot adapter tersebut

8. buses

dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus. Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus), bus AGP, bus PCI, bus USB, bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus lainnya.

9. power supply & battery

Power Supply adalah salah satu hardware di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya. Pada dasarnya Power Supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian diubah menjadi energi yang menggerakkan perangkat elektronik. Sistem kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengubah daya 120V ke dalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai kebutuhan komponen-komponen tersebut. perangkat komputer dapat berjalan karena menggunakan komponen baterai. Baterai yang dapat diisi ulang biasanya menggunakan baterai lithium-ion.

https://dwikykomputer.blogspot.com/2018/10/pengertian-casing-komputer-lengkap.html

https://www.share28s.com/2020/11/penjelasan-fungsi-komponen-komputer.html

https://balubu.com/komponen-komputer/