Tips Agar Smartphone Lebih Awet

Smartphone-Anda-Ingin-Lebih-Awet-Ikuti-Cara-Ini

Sebagus dan semahalnya smartphone namun jika kurang perawatan atau pemakaian yang jabrah, pasti akan cepat rusak/tidak awet. Apabila sudah rusak uang pasti akan keluar, karena yang pertama pasti akan diservis atau membeli yang baru.

Namun, jika Anda tidak ingin keluar uang, langkah terbaik yaitu menjaga smartphone tersebut. Nah berikut ini caranya agar smartphone kesayangan Anda lebih awet seperti yang dikutip dari careercenter.id dan sumber lainnya.

1. Rutin Dibersihkan

Meski sepele namun jika smartphone terlihat kotor pasti tidak sedap dipandang. Kotornya ponsel pintar bisa disebabkan oleh debu atau lainnya. Usahakan membersihkan smartphone secara rutin, baik itu di bagian luar atau dalam, yang terutama adalah di layarnya.

Untuk membersihkan di layar bisa menggunakan tisu kering atau kain pembersihsih kacamata. Teteskan tisu tersebut dengan alkohol, dan jangan menggunakan tisu basah, karena sangat riskan apabila smartphone terkena air. Sementara untuk membersihkan bagian sela-sela seperti lubang untuk earphone atau charger bisa memakai cutton bad.

2. Isi Daya Baterai sesuai Kebutuhan

Hindari mengisi daya baterai dengan jangka waktu yang lama. Segera cabut charger jika sudah full 100 persen, karena jika dibiarkan terus sampai lama maka bisa menyebabkan overheating dan baterai pun tidak akan awet.

Walaupun saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan teknologi yang bisa memutus aliran listrik sendiri ketika sudah 100 persen, namun alangkah baiknya hal tersebut tidak dilakukan.

3. Taruh di Tempat Aman

Simpanlah smartphone di tempat yang aman baik dari jangkauan anak-anak atau lainnya. Pasalnya, ponsel yang ditaruh di dekat anak-anak sangat berisiko yaitu terbanting atau jatuh dan akhirnya rusak. Bukan hanya itu, saat akan menaruh smartphone di atas meja ketika sudah selesai dipakai, cek dulu apakah meja tersebut tidak ada genangan air.

Hindari juga menyimpan smartphone di dalam saku celana dalam waktu yang lama, karena bisa menyebabkan layar di smartphone pecah. Selain itu, perhatikan waktu mengisi daya baterai, lebih baik saat mengisi baterai simpan smartphone di tempat yang terbuka.

Kemudian jangan menyimpan makanan atau minuman di dekat smartphone, karena kalau makanan atau minum itu tumpah dan mengenai smartphone dampaknya yaitu kerusakan.

4. Pasang Pelindung Layar serta Casing

Agar bodi smartphone tidak baret atau lecet serta layar aman dari goresan sehingga tidak merusak penampilan, maka cara yang paling mudah yaitu dengan memasang pelindung layar dan casing smartphone.

Aplikasi Emulator Android

Aplikasi-Emulator-Android-untuk-PC-Ringan-Ini-Daftar-Pilihan-Terbaik-1024x576

Aplikasi android emulator untuk PC cukup beragam. Aplikasi ini bermanfaatkan untuk menjalankan aplikasi Android pada perangkat PC atau laptop. Ini dapat pengguna manfaatkan untuk memainkan game-game yang terdapat pada Play Store hingga menjalankan aplikasi social media.

Seperti Instagram, Facebook atau Twitter versi Android pada perangkat PC. Meskipun terdapat beragam aplikasi emulator, bagi Anda yang mempunyai spesifikasi PC atau laptop dengan RAM kecil, maka Anda perlu memilih emulator terbaik dan ringan. Ini bertujuan agar dapat berjalan tanpa adanya lag.

Daftar Aplikasi Android Emulator Untuk PC Terbaik dan Ringan

Secara lebih jelas, emulator merupakan sebuah program yang dapat membuat kita menggunakan sistem operasi lain pada sebuah perangkat komputer. Maka dengan menggunakan emulator Android memungkinkan para pengguna untuk dapat menggunakan sistem operasi Android pada perangkat laptop atau PC.

Terdapat banyak aplikasi emulator Android yang cukup ringan untuk perangkat PC yang tersedia di toko aplikasi. Pasalnya, tidak semua emulator Android ringan untuk PC.

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan emulator lain yang memungkinkan Anda dapat menjalankan program dari satu sistem operasi ke sistem operasi lain. Berikut ini daftar emulator PSP ringan menurut bettermind.id untuk Android yang dapat Anda manfaatkan antara lain:

Genymotion

Salah satu aplikasi emulator Android ringan untuk PC yang menawarkan akses premium untuk para developer Android. Ini dapat dimanfaatkan oleh para gamers yang ingin menjalankan aplikasi Android di PC atau Mac. Aplikasi ini mendukung webcam dan mikrofon seperti dua emulator sebelumnya untuk menelepon serta video call dengan menggunakan aplikasi VoIP.

LeapDroid Emulator Android

Pilihan aplikasi Android emulator untuk PC yang cukup ringan selanjutnya adalah LeapDroid Emulator Android. Aplikasi ini dapat diinstal secara gratis oleh pengguna Windows.

Salah satu kelebihan yang terdapat dalam aplikasi LeapDroid Emulator Android adalah adanya kemudahan dalam mengkustomisasi kontroler.

Versi terbaru dari aplikasi ini adalah versi 11.0.0. dan hanya memerlukan ruang penyimpanan 250MB. Selain itu, pengaturan kontrol juga dapat pengguna sesuaikan hanya dengan menggunakan keyboard ataupun mouse.

Ko Player

Pilihan aplikasi Android emulator untuk PC yang cukup ringan berikutnya adalah Ko Player. Aplikasi ini dapat pengguna jalankan pada RAM 512MB. Meskipun demikian para pengguna tetap dapat membuka aplikasi Android pada perangkat PC atau laptop dengan mudah.

Ko Player adalah aplikasi emulator yang selain ringan juga dirancang bagi pengguna komputer dengan spek yang rendah. Namun Anda tidak perlu khawatir, meskipun memiliki spek yang rendah, para pengguna tetap dapat menjalankan berbagai aplikasi. Mulai dari aplikasi sosial media serta berbagai game android yang ringan.

Beberapa kelebihan dari aplikasi Android emulator untuk PC satu ini cukup beragam. Mulai dari adanya fitur drag to install, resolusi yang adaptive, hingga compatible dengan berbagai game dan aplikasi Playstore. Selain itu, aplikasi ini juga support gamepad, mouse dan keyboard.

Baca Selengkapnya di prismaham.id

 

Cara Menggunakan Fake GPS

Cara-Menggunakan-Fake-GPS-di-Smartphone-Tanpa-Root-Parktis-768x432

Cara menggunakan fake GPS di perangkat HP dapat Anda lakukan dengan beberapa trik mudah. Hal ini bertujuan untuk memalsukan lokasi GPS supaya keberadaan Anda tidak mudah terlacak oleh orang lain.

Fitur GPS pada smartphone memiliki manfaat yang cukup beragam. Beberapa di antaranya adalah mencari alamat, menuju suatu tempat dengan menggunakan navigasi, mencari lokasi dari keberadaan ponsel yang hilang, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dari beragam manfaat tersebut, selalu saja dapat menimbulkan adanya kekhawatiran terhadap privasi yang kita miliki.

Pasalnya, fitur lokasi di dalam smartphone menggunakan sinkronisasi antara akun Google serta GPS pada smartphone.

Dengan demikian, kemanapun Anda pergi, akan sangat mudah terlacak serta tersimpan dalam akun Google sebagai riwayat lokasi.

Ini akan memberikan keterangan nama jalan dan tempat yang Anda kunjungi. Dengan demikian, kita dapat menggunakan fake GPS untuk memalsukan lokasi GPS dari keberadaan Anda yang sebenarnya.

Ketahui Cara Menggunakan Fake GPS di HP

Saat ini terdapat berbagai fitur menarik yang dapat Anda manfaatkan dari perangkat HP. Salah satu fitur menarik dan keren yang dapat Anda temukan di smartphone adalah fitur GPS.

Global Positioning System (GPS) memungkinkan Anda untuk mengetahui, memantau hingga melacak keberadaan melalui fitur lokasi yang tersedia pada smartphone tersebut.

Bahkan beberapa aplikasi pada smartphone telah banyak menyediakan fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi dengan pengguna smartphone lain.

Selanjutnya lokasi yang telah dibagikan, maka seseorang akan dapat mengetahui keberadaan Anda.

Namun dengan berbagai alasan, para pengguna sering menggunakan fitur GPS untuk memanipulasi lokasi di mana mereka berada. Dengan demikian, lokasi yang mereka kirimkan bukanlah lokasi yang sebenarnya.

Untuk dapat memanipulasi lokasi tersebut, maka pengguna dapat menggunakan adanya aplikasi fake GPS. Lantas, bagaimanakah cara menggunakan fake GPS di smartphone tersebut? Berikut informasi lengkap dari pascaltechnologies.com

Trik Menggunakan Fake GPS di Android

Sebenarnya jika Anda tidak ingin Google menyimpan riwayat lokasi, Anda dapat menonaktifkannya melalui pengaturan akun atau dengan mematikan fitur GPS.

Namun jika Anda mempunyai tasking lain yang mengharuskan untuk memalsukan lokasi GPS Android, maka dapat memanfaatkan aplikasi fake GPS.

Berikut ini cara menggunakan fake GPS di perangkat Android agar seolah-olah Anda berada di tempat lain:

  1. Pasang aplikasi Fake GPS Location Spoofer yang dapat Anda unduh dari Play Store.
  2. Kemudian buka Setting > About device > Build number dan tap 7 kali hingga fitur developer option aktif.
  3. Setelah fitur Developer Option telah aktif, maka Anda perlu mengaktifkan fitur Mock Location dengan cara masuk pada menu Settings > Developer option > Allow mock locations.
  4. Cara menggunakan aplikasi fake GPS berikutnya, buka aplikasi lalu cari kota atau nama jalan sesuai dengan yang Anda inginkan.
  5. Selanjutnya tap tombol Play untuk dapat mengaktifkan lokasi palsu Anda.
  6. Untuk membuktikan apakah lokasi Anda berada di Bali, Anda dapat buka aplikasi Google Map, maka aplikasi tersebut pun akan menampilkan lokasi yang sama.

Untuk menonaktifkan aplikasi fake GPS, maka Anda cukup buka kembali aplikasinya lalu klik tombol pause.

Sehingga tombol berubah menjadi tombol Play kembali. Ini berarti aplikasi fake GPS telah non aktif dan kembali pada posisi semula.

Cara Mengaktifkan Fake GPS di iPhone

Selain di perangkat Android, Anda juga dapat menggunakan aplikasi fake GPS di iPhone dengan cara mudah bahkan tanpa root.

Namun cara tersebut harus melalui beberapa prosedur dan perlu menginstal aplikasi tertentu di Appstore:

  1. Langkah pertama adalah dengan menginstal Fakey-Fake GPS Spoof dari App Store.
  2. Berikutnya buka Fakey.
  3. Klik tempat yang akan Anda tuju.
  4. Langkah selanjutnya klik icon play yang terdapat pada layar iPhone Anda.

Cara mengaktifkan fake GPS di iPhone berikutnya adalah tanpa jailbreak, yakni:

  1. Pastikan perangkat iPhone Anda dalam keadaan jailbreak.
  2. Kemudian unduh location faker pada cydia lalu install aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya tentukan posisi GPS yang Anda inginkan.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk menggunakan fake GPS di smartphone. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan tersendiri sehingga Anda dapat memilih mana yang cocok.

Game Metaverse PC Ternyata Bisa Menjadi Tempat Menambang Crypto

Game-Metaverse-PC-Ternyata-Bisa-Menjadi-Tempat-Menambang-Crypto-1024x576

Game Metaverse PC saat ini sedang populer. Terdapat beberapa judul yang memiliki banyak penggemar.

Metaverse adalah sebuah dunia virtual baru. Di dalam Metaverse kalian dapat melakukan kegiatan apapun, namun secara virtual.

4 Game Metaverse PC Terpopuler

Game saat ini sudah ada di berbagai platform. Salah satu fitur baru yang ada di Metaverse adalah game online.

Nama Metaverse mulai terkenal sejak perusahaan media sosial ternama Facebook mengganti namanya.

Mark Zuckerberg, founder Facebook, atau yang saat ini berganti menjadi Metaverse, mengatakan bahwa platform mereka menyediakan kehidupan virtual.

Sebelumnya memang Metaverse sudah menawarkan cryptocurrency hingga NFT. Adanya game di dalam dunia virtual tersebut dinilai dapat menambah banyak peminatnya.

Game-game di dalam platform dunia virtual ini tersebut tentunya memiliki grafik yang tidak perlu lagi dipertanyakan. Berikut ini beberapa game yang sedang populer di Metaverse dan baca selengkapnya di android62.com

Axie Infinity

Permainan satu ini berhasil mendapatkan banyak sekali perhatian dari penghuni Metaverse. Pada dasarnya Axie Infinity menerapkan konsep play to earn.

Artinya, para pemain berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan uang. Axie Infinity terinspirasi dari game Pokemon.

Pemain dapat mengumpulkan, memelihara, dan mengembangbiakkan makhluk yang bernama Axies. Kalian bisa menjadikan Axies sebagai NFT untuk bertempur dengan Axies lainnya.

Decentraland

Permainan selanjutnya ini juga tengah populer. Terdapat beberapa dunia virtual di dalam Decentraland yang bisa kalian kontrol secara langsung.

Pemainnya juga bisa melakukan berbagai macam transaksi membeli dan menjual tanah sebelum kemudian membangunnya dari awal kembali. Setelah pembangunan selesai, maka kalian bisa menjual kembali ke pemain lain.

Game satu ini benar-benar menawarkan pengalaman layaknya di kehidupan nyata. Business Insider mengatakan bahwa terdapat 90.60 tahan virtual yang melambangkan NFT. Sehingga, tanah tersebut dapat kalian beli menggunakan cryptocurrency.

Chromia

Selanjutnya ada Chromia. Chromia adalah game Metaverse PC seperti Mines of Dalarnia, My Neighbor Alice, Chain of Alliance, dan Krystopia.

Siapapun dapat memainkan Chromia dengan mudah. Game ini sendiri menawarkan beberapa game di dalamnya. Saat ini Chromia sedang menciptakan proyek terobosan terbaru yang akan segera rilis.

GALA

Teknis permainan selanjutnya ini mirip dengan Chromia. GALA adalah sebuah studio game yang menggunakan sistem blockchain dengan tim pengembangnya.

GALA menawarkan para pemain untuk temukan sebuah toko yang bisa digunakan untuk beli maupun jual barang-barang tertentu sebagaimana NFT menggunakan cryptocurrency berkode GALA.

Hingga saat ini, tim pengembang GALA berhasil mengembangkan sekaligus merilis berbagai permainan Metaverse seperti Townstar dan SpiderTracks.

Sejauh ini, game Metaverse PC banyak menggunakan sistem NFT dan cryptocurrency juga tidak kalah populer di kalangan muda. Sehingga hal itu bisa memberikan penghasilan berupa uang pada setiap pemainnya.

Artikel ini disadur dari situs berikut: www.hnpp.org

Cara Cek NIK KTP Secara Online

Cara Cek NIK KTP Secara Online

Nomor Induk Kependudukan (NIK), merupakan nomor identitas dari setiap Warga Negara Indonesia. Nomor ini tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimiliki oleh masing – masing masyarakat Indonesia.

Kini ada cara mengecek NIK mudah, tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Berikut beberapa cara untuk mengecek NIK secara online:

Email

Cara cek NIK melalui Email adalah dengan mengirimkan email kepada callcenter.dukcapil@gmail.com, dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Setelah selesai mengirimkannya, tunggu balasan selama kurang lebih satu kali 24 jam untuk mengetahui pengecekan NIK.

Media Sosial

Cara pengecekan NIK juga tersedia melalui akun Twitter atau Instagram resmi Dukcapil yaitu @dukcapilkemendagri. Selain itu, Dukcapil juga bisa dihubungi melalui media sosial lainnya seperti Facebook. Update terbaru di www.royalriders.id

SMS

Cara pengecekan NIK melalui SMS hanya dengan menggunakan format Cek#KTP#NIK lalu kirimkan ke nomor disdukcapil Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) di nomor 0815-3636-9999.

WhatsApp

Anda juga dapat mengecek NIK melalui aplikasi pesan singkat ke WhatsApp di nomor 0813-2691-2479. Dengan mengirimkan data seperti nama lengkap yang sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota.

Situs Resmi Kemendagri

Pengecekan NIK juga dapat diakses melalui situs resmi yang disediakan Kemendagri, yaitu https://dukcapil.kemendagri.go.id/. Dengan cara mencari menu e-KTP dan isi NIK yang dimiliki. Jika nomor KTP tersebut sesuai, maka akan diarahkan pada tampilan yang berisi data lengkap sesuai dengan KTP.

Call Center Dukcapil

Selain cara di atas, Anda juga dapat menghubungi call center Halo Dukcapil melalui nomor telpon 1500-537. Apabila ingin mengecek nomor NIK, maka Anda harus menyiapkan data seperti NIK dan nomor KK. Cek di clickstreamtech.com

Nantinya, petugas akan meminta Anda untuk membacakan NIK tersebut dan mencocokannya. Apabila tidak valid maka Anda dapat langsung mengajukan sinkronisasi data tersebut.

Nah, itulah beberapa cara untuk melakukan pengecekan NIK secara online. Selain praktis, ini juga pastinya tidak perlu mengunjungi kantor Dukcapil terdekat. Semoga dapat membantu ya!

Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Isi Chat

Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Isi Chat

Saat hendak mengganti nomor WhatsApp, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah riwayat percakapan yang ada di nomor lama. Biasanya ketika mengganti nomor WhatsApp, riwayat tersebut akan ikut terhapus.

Nah, agar tidak kehilangan data percakapan, WhatsApp sebenarnya mengizinkan para penggunanya mengganti nomor ponsel yang telah terintegrasi dengan yang baru tanpa menghapus data pengguna.

Dengan begitu, pengguna akan tetap terhubung dengan para teman dan keluarganya, meski nomor WhatsApp-nya baru. Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur ganti nomor ponsel ini?

Untuk mengganti nomor WhatsApp, pengguna cukup pergi ke menu pengaturan atau “Settings”. Kemudian, pilih menu “Account”, “Change number”, dan klik tombol “Next” di tampilan selanjutnya. Lalu, masukkan nomor WhatsApp pengguna yang lama (yang sedang digunakan saat ini) dan nomor WhatsApp pengguna yang baru (yang akan digunakan nanti) pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik tombol “Next”.

Pada tampilan selanjutnya, pengguna bakal disodorkan dengan jendela konfirmasi bahwa nomor WhatsApp yang sekarang akan digantikan dengan nomor yang baru. Di tampilan ini pula, pengguna bisa mengaktifkan fitur “Notify contacts” untuk memberitahu ke seluruh orang yang berada di dalam grup yang pengguna ikuti, bahwa nomor ponselnya telah diganti. Apabila nomor ponsel sudah benar dan fitur Notify contacts sudah diaktifkan/dinonaktifkan, klik tombol “Done”.

Pada tampilan selanjutnya, pengguna akan dimintai enam digit kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel baru. Kode tersebut bisa saja dikirimkan melalui panggilan suara. Setelah itu, masukkan kode verifikasi yang didapat dan apabila kode verifikasi benar, maka WhatsApp akan melanjutkan proses verifikasi dalam beberapa saat. Dapatkan update teknologi terbaru di amazingindonesia.id

Jika proses verifikasi sudah selesai, maka akan ada jendela pop-up yang menyatakan bahwa nomor WhatsApp sudah diganti ke nomor baru, tanpa menghapus data-data percakapan dan informasi dalam grup.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan pergantian nomor WhatsApp tanpa takut kehilangan chat kalian sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.