Input and Output Device
A. Perangkat Input
Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dari user kedalam sistem komputer sehingga dapat diproses untuk menghasilkan keluaran. berikut ini adalah contoh dari perangkat inputan beserta kegunaanya:
- Keyboard, yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk menginput data ke suatu aplikasi dan mengetikan perintah untuk CLI Interface. Kelebihan dari keyboard yaitu mudah digunakan karena sudah familiar serta cepat dalam memasukan text menjadi sebuah dokumen. Adapun kekuranganya metode yang digunakan lebih lambat dari pada entry data langsung.
- Numeric Keypad, yaitu alat yang dapat menginputkan data seperti keeyboard. Tetapi numeric key pad digunakan pada mesin ATM, terminal pos, pin, mobile phone dan lain-lain.
- Mouse, berfungsi untuk mengontrol pointer atau kursor yang ada pada layar. kelebihan dari mouse ini adalah mudah digunakan untuk menavigasi menu serta lebih cepat dalam penyeleksian pilihan dibaningkan dengan keyboard. Adapun kekurangannya yaitu mudah mengalami kerusakan dan harus menggunakan media yang permukaanya datar sebagai alas.
- Touch Pad, biasanya terletak di laptop dan digunakan sebagai perangkat masukan yang berfungsi sama seperti mouse. Namun penggunaanya dengn menggunakan jari yang disentuhkan pada touch pad, lalu jari di arahkan ke menu yang terdapat pada layar yang ingin dituju. Namun sayangnya touh pad ini lebih susah digunakan jika dibandingkan dengan mouse biasa.
- Tracker Ball, fungsinya kurang lebih sama dengan mouse dan touch pad. Tracker Ball ini digunakan oleh pengguna yang cenderung mengalami keterbatasan pergerakan di pergelangan tangan mereka.
- Remote Control, fungsi dari remote kontrol ini yaitu untuk memilih menu yang ada pada TV, sebagai sistem multimedia dan aplikasi industri. penggunaan remote kontrol ini dapat dilakukan melalui jarak jauh sampai batas tertentu. Tetapi ada benda yang menghalangngi remote, maka signal remote akan mengalami gangguan.
- Joystick, joystick biasa digunakan didalam game yaitu untuk mengatur pergerakan atau pun bisa juga digunakan untuk simulator.
- Driving Wheel, digunakan bagi pemain game Racing/Driving. atau bisa juga sebagai inputan untuk alat simulator.
- Touch screen, touch screen atau yang biasa kita sebut sebagai layar sentuh digunakan sebagai inputan di berbagai perangkat seperti tablets, Point of sale, smartphone dan lain-lain. layar sentuh sangat mudah digunakan dalam menyeleksi suatu pilihan menu. Namun karena menggunakan sentuhan, terkadang pilihan secara tidak sengaja terseleksi oleh sentuhan lain. selain itu layar juga bisa kotor.
- Scanners, yaitu perangkat inputan yang digunakan untuk men-scan dokumen.
- Kamera digital, digunakan untuk mengambil foto dan video. data berupa foto dan video ini dapat ditransfer ke komputer untuk dilakukan pengolahan lebih lanjut seperti pengeditan atau pun untuk disimpan.
- Kamera video, kamera ini dikhusukan untuk merekam video dengan resolusi HD yang disediakan. Karena bisa direkam dalam kualitas HD maka membutuhkan memory penyimpanan yang cukup besar.
- Microphone, fungsi dari microphone yaitu untuk menginput suara melalui rekaman suara ke komputer.
- Graphic Tablet, yaitu perangkat yang digunakan bersama dengan sebuah stylus untuk menggambar menggunakan tangan, lalu gambar tersebut daoat disimpan.
- Web Cams, yaitu kamera yangberfungsi untuk merekam video dalam sebuah konferensi yang dilakukan secara online, misallnya menggunakan zoom. namun nuntukkualitas vide sendiri tergantung pada jaringan internet yang tersedia.
- Light pens, digunakan pada aplikasi yang memungkinkan menggambar pada layar. menggamabr menggunakan light pens lebih akurat dari pada menggunakan light pens.
B. Entry Data langsung dan Perangkat terkait
- Magnetic Strip Reader, yaitu digunakan untuk membaca data yang ditemukan di bagian srip magnetik dibelakang kartu. Kelebihan dari magnetic Strip Reader adalah entry data yang cepat apabila dibandingkan dengan keyboard. Selain itu dari segi keamanan juga lebih baik dan tidak mudah dirusak.
- Chip and Pin Reader, ini digunakan pada terminal POS untuk melakukan pembayaran yang aman menggunakan kartu debit atau kredit. Contoh penggunaanya terdapat pada pembayaran di toko atau restoran. Caranya pun mudah pembeli tinggal memasukan karti kredit mereka ke chip and pin reder, lalu memasukan pinnya.
- Contactless Cards, kartu ini digunakan oleh pelanggan untuk membayar produk di POS tanpa perlu memasukan PIN menggunakan teknologi RFID. Terminal pembayaran mengambil signal dari chip ke proses dan menyelesaikan transaksi saat kartu dalam jarak beberapa senti meter
- RFID (Radio Frequency Indetification), Rfid membaca informasi yang disimpan pada tag menggunakan gelombang radio. contoh penerapanya yaitu untuk melacak hewan ternak atau manusia, Bandara yaitu untuk melacak bagasi demi memastikan tidak ada yang hilang dan masih banyak lagi.
- Magnetic Ink Character Reader, MICR berfungsi untuk membaca karakter yang dicetak dengan tinta khusus yang nantinya dapat dipahami oleh komputer. contoh penerapanya digunakan untuk memproses cek bank.
- Optical Mark Reader (OMR) ini bisa membaca tanda yang ditulis dengan pena atau pensil yang mana tanda tersebut disimpan didalam komputer. contoh penerapanya yaitu digunakan didalam tanda dari beberapa pilihan ujian sampai tiket lotere.
- Optical Character Reader atau OPR dapat memindai teks dari hardcopy dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat diedit untuk digunakan di berbagai perangkat lunak termasuk pengolah kata. contoh penerapannya yaitu pada kartu identitas, sistem imigrasi di bandara dan lain-lain.
- Barcode Scanners, seperti namanya yaitu berfungsi untuk men-scan kode bar yang berisikan informasi unik dari suatu product yang mengandung harga.
C. Perangkat Output
- Chatode Ray Tube (CRT) Monitor, digunakan sebagai keluaran utama display komputer. kelebihanya yaitu lebih murah dari pada monitor lain dan dapat digunakan dengan pena jaringan serta memiliki resolusi yang sangat baik
- Liquid Crystal Display (LCD) Monitor, LCD telah mengambil alih CRT sebagai output tampilan utama untuk komputer menjadi output utama untuk monitor. LCD memiliki ukuran yang lebih kecil dari CRT dan menggunakan tenaga yang lebih rendah. Namun kemungkinan resolusinya tidak sebagus CRT
- In-Plane Switching (IPS)/ LCD monitor yaitu output tampilan yang umumnya digunakan oleh para profesional aktif.
- Light Emitting Diode (LED) Monitor ini umumnya digunakan di toko-toko, papan reklame karena tingkat kecerahannya. LED menghasilkan cahaya yang baik yang meningkatkan definisi warna. Harga LED lebih mahakl jika dibandingkan dengan monitor lainya.
- Touch Screen, Selain berfungsi sebagai input, touch screen juga dapat menampilkan outpunya secara langsung.
- Projektor, proyektor menggunakan signal proyektor dari berbagai perangkat seperti TV, komputer dll untuk di tampilkan ke layar yang lebih besar.
- Inkjet Printer, yaitu output yang berfugsi untuk mencetak dokumen atau photo.
- Laser Printer, fungsinya sama dengan injkjet printer. Hanya saja laser printer memiliki hight output volume. biasanya laser printer digunakan untuk instasi seperti sekolahan atau kantor.
- Dot matriks Printer, merupakan jenis pencetakkan yang menggunakan print kepala yang menekankan pita bertinta saat bergerak bolak-balik.
- wide format printer, printer ini digunakan untuk mencetak keluaran yang menggunakan format yang besar seperti banner atau spanduk dll.
- 3D printer, printer ini bisa memproduksi objek yang memiliki 3 dimensi. contoh penerapan printer ini dapat di jumpai pada fashion, konstruksi, manufakturing dan lain-lain.
- Speaker, adalah perangkat untuk mengeluarkan output berupa audio atau suara.