Jurnal Perkuliahan Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 10


System Design & Class Diagram


System Design

Merupakan proses mendefinisikan komponen, modul, interface dan data dari suatu sistem untuk memenuhi kebutuhan badan usaha. Sistem development adalah proses untuk menciptakan atau mengembangkan sistem termasuk didalamnya adalah proses, model, implementasi dan metodologi yang digunakan untuk dikembangkan.

Tujuan System Design

Untuk menyediakan data dan informasi rinci yang cukup tentang sistem dan elemen sistemnya untuk memungkinkan implementasi yang konsisten dengan entitas arsitektur (architecture entity) seperti yang didefinisikan dalam model dan tampilan arsitektur sistem.

Jenis System Design

  • Logical Design
  • Physical Design
  • Architectural Design
  • Detailed Design

 

Class Diagram

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika di-instansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).

Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Diagram Class memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan kelas-kelasnya dan hubungan mereka. Diagram Class bersifat statis; menggambarkan hubungan apa yang terjadi bukan apa yang terjadi jika mereka berhubungan.

Class diagram dapat membantu dalam memvisualisasikan struktur kelaskelas dari suatu sistem dan merupakan tipe diagram yang paling ditemui dalam pemodelan system berbasis object-oriented. Class Diagram memperlihatkan sekumpulan class, interface, dan collaborations dan relasi yang ada didalamnya.

 

Simbol Class Diagram

Class Diagram - Google Chrome 23_04_2022 20_42_46 (2)

CLASS DIAGRAM (Analisis dan Perancangan berorintasi Objek) - Google Chrome 23_04_2022 20_25_22 (2)

 Fungsi Class Diagram

  • Menunjukan struktur dari suatu sistem dengan jelas.
  • Meningkatkan pemahaman tentang gambaran umum atau skema dari suatu program.
  • Dapat digunakan untuk analisis bisnis dan digunakan untuk membuat model sistem dari sisi bisnis.
  • Dapat memberikan gambaran mengenai sistem atau perangkat lunak serta relasi-relasi yang terkandung di dalamnya

Keunggulan

  • Diagram kelas berfungsi untuk menjelaskan suatu model data untuk sebuah program, baik model data sederhana maupun kompleks.
  • Memberikan gambaran umum tentang skema aplikasi dengan jelas dan lebih baik.
  • Membantu kamu untuk menyampaikan kebutuhan dari suatu sistem.

Komponen Penyusun Class Diagram

  • Komponen atas
    Komponen ini berisikan nama class. Setiap class pasti memiliki nama yang berbeda-beda, sebutan lain untuk nama ini adalah simple name (nama sederhana).

  • Komponen tengah
    Komponen ini berisikan atribut dari class, komponen ini digunakan untuk menjelaskan kualitas dari suatu kelas. Atribut ini dapat menjelaskan dapat ditulis lebih detail, dengan cara memasukan tipe nilai.

  • Komponen bawah
    Komponen ini menyertakan operasi yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Operasi ini dapat menggambarkan bagaimana suatu class dapat berinteraksi dengan data.

  • Komponen tambahan

    • Class, yang merepresentasikan obyek atau sekumpulan obyek yang memiliki persamaan struktur.
    • Signals, yaitu simbol yang mewakili komunikasi asinkron satu arah antara objek aktif.
    • Tipe data yang terbentuk dengan melakukan pengklasifikasi yang menentukan nilai data. Tipe data ini dapat menghasilkan tipe primitif dan pencacahan.
    • Packages yang dirancang untuk mengatur pengklasifikasi terkait dalam diagram. Komponen ini dilambangkan dengan bentuk persegi panjang.
    • Interface, yaitu sekumpulan atribut yang mendefinisikan sekumpulan perilaku yang kohesif. Komponen ini mirip dengan class, namun harus memiliki setidaknya satu class untuk mengimplementasikannya.
    • Enumerations, yang menggambarkan tipe data yang ditentukan pengguna. Komponen enumerations mencakup kelompok pengenal yang mewakili nilai-nilai pencacahan.
    • Objek, adalah item yang dapat ditambahkan ke dalam class diagram untuk mewakili contoh konkret atau prototipe.
    • Artifacts,  yaitu elemen model yang mewakili entitas konkret dalam sistem perangkat lunak. Misalnya, dokumen, database, file yang dapat dieksekusi, komponen perangkat lunak, dan sebagainya.

Hubungan Antar Class

Asosiasi
Pertama ada asosiasi. Asosiasi dapat diartikan sebagai hubungan antara dua class yang bersifat statis. Biasanya asosiasi menjelaskan class yang memiliki atribut tambahan seperti class lain.

Agregasi
Agregasi adalah hubungan antara dua class di mana salah satu class merupakan bagian dari class lain, tetapi dua class ini dapat berdiri masing-masing.

Pewarisan
Pewarisan atau inheritance dapat disebut juga generalization dalam class diagram adalah suatu kemampuan untuk mewarisi seluruh atribut dan metode dari class asalnya (superclass) ke class lain (subclass).


 

Kelompok RPL

1. A.Rochman Fachrozi (2115061067)

2. Ahmad Agustian Salim (2115061119)

3. Refrizar Dwiardito (2115061051)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>