Kuis PTI : Building Solutions


Nama : A. Rochman Fachrozi

NPM : 2115061067

Kelas : TI B

Dosen Pengampu : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I


1. Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

Jawab :

Di masa sekarang ini peranan IT semakin  penting karena dengan seiring perkembangan IT, banyak manusia melakukan pekerjaan dengan menggunakan komputer maupun menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Semua orang berlomba-lomba untuk dapat menciptakan hal yang baru dan dapat mempermudah pekerjaanya. Perkembangan IT yang berkembang sangat pesat di dunia, khususnya di negara kita tercinta, Republik Indonesia. Oleh karna itu,Perkembangan teknologi informasi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi. Untuk membangun fasilitas IT, Indonesia masih sangat mengandalkan investor.

Pandangan saya perkembangan teknologi yang berpengaruh bangi masyarakat Indonesia 10 tahun mendatang yaitu:

1. E-money

Peningkatan jumlah penerbit e-money didominasi oleh lembaga non-bank, terutama financial technology. Sampai dengan Juli 2021 jumlah lembaga non-bank penerbit e-money sebanyak 44 dari total 61 penerbit. Jumlah instrument e-money yang diberikan juga meningkat tajam, mengindikasikan tingginya minat masyarakat.

Volume transaksi menurun di awal masa pandemi karena penurunan penggunaan e-money  berbasis kartu. Namun demikian, penggunaan e-money berbasis server tetap tinggi dengan tren yang meningkat. Rata-rata nilai transaksi meningkat tajam terutama di awal masa pandemi, di mana masyarakat mulai beralih berbelanja online dengan menggunakan e-money berbasis server.

2. E-commerce

Saat ini, perkembangan e-commerce di Indonesia memang terus meningkat. Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19, marketplace yang ada diprediksi akan menjadi semakin kuat. Data yang diperoleh tim Compas menunjukkan bahwa terdapat 5 top marketplace yang mendominasi di Indonesia. Pada kuartal kedua tahun 2020, jumlah pengguna untuk setiap e-commerce adalah sebagai berikut: Shopee (93,4 juta orang), Tokopedia (86,1 juta orang), Bukalapak (35,2 juta orang), Lazada (22 juta orang), dan Blibli (18,3 juta orang).

Tingginya laju pengguna e-commerce di Indonesia tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Hal yang mendasari perkembangan yang signifikan ini diantaranya adalah pertumbuhan penduduk yang meningkat, hingga perkembangan teknologi yang semakin maju.

Menurut laporan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, transaksi e-commerce Tanah Air diproyeksi menyentuh Rp 403 triliun pada 2021. Jumlah ini tumbuh 51,6% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 266 triliun. Bank Indonesia juga telah memproyeksikan transaksi e-commerce di Indonesia terus naik pada 2022 dengan nilai mencapai Rp 530 triliun atau tumbuh 31,4% (yoy).

Sejalan dengan perkembangan transaksi e-commerce, transaksi pembayaran digital banking pada 2021 diproyeksikan sebesar Rp 40 ribu triliun atau naik 46,1% (yoy). Peningkatan transaksi digital banking ini juga diperkirakan terus mengalami kenaikan hingga Rp 48,6 ribu triliun atau tumbuh 21,8% (yoy) pada 2022. Senada, penggunaan uang elektronik pada 2021 juga diproyeksikan tumbuh 41,2% (yoy) dan akan kembali tumbuh 16,3% (yoy) hingga mencapai Rp 337 triliun pada 2022.

Pesatnya perkembangan transaksi ekonomi dan keuangan digital ini sejalan dengan meningkatnya penerimaan dan preferensi masyarakat untuk berbelanja daring, meluasnya ekosistem e-commerce, serta perkembangan layanan pembayaran digital.


2. Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Jawab :

 

SOHO merupakan singkatan dari Small Office, Home Office yang jika diterjemahkan secara langsung bisa diartikan sebagai kantor kecil, hunian kecil. SOHO bisa diartikan sebagai apartemen hybrid yang menggabungkan fungsi hunian sekaligus tempat bekerja (kantor).

Secara desain, umumnya SOHO dirancang berbentuk loft dengan plafon tinggi sehingga memungkinkan kehadiran lantai mezanin sebagai fungsi tambahan yang memisahkan hunian pada lantai mezanin dan area kerja yang berada di lantai dasar. Namun, ada pula SOHO yang hadir dalam bentuk apartemen dua lantai dimana terdapat dua akses dari koridor yakni untuk hunian pada lantai atas dan area kerja di lantai bawah atau sebaliknya yang tetap terhubung dengan tangga pada bagian dalam guna memaksimalkan privasi pada area hunian.

Karena memiliki fungsi lain sebagai hunian dan juga tempat bekerja, fasilitas yang disediakan oleh pengembang di bangunan juga hadir untuk menunjang kegiatan bisnis seperti area-area meeting hingga area parkir untuk tamu yang lebih luas.

 

Untuk membangun sebuah multimedia SOHO dan mendukung kerja tim vlogger yang nantinya akan memproduksi sebuah video, research market, podcast studi dan broadcast stream live, maka diperlukan beberapa komponen penting yaitu :

Router: berfungsi untuk memberikan jangkauan jaringan internet pada device yang ada.

Switch: menyediakan konektivitas antara berbagai stasiun akhir dan server di kantor, untuk keperluan pertukaran data yang ada

Wireless Access Point : Merupakan hardware yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel yang berfungsi mengirim dan menerima data.

PC Server : PC server berfungsi memonitor segala aktivitas yang ada pada PC Client yang berfungsi sebagai penghubung langsung dengan server

PC Client : Memiliki fungsi untuk mengakses semua baik data maupun informasi yang dimiliki oleh server

Wi-Fi : Perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>