Jurnal PTI 5 : Communicating Digital Content


Communicating Digital Content

Digital communication adalah sebuah proses antara dua atau lebih computer yang melibatkan kegiatan seperti mentransfer data, instruksi dan informasi dengan alur perjalanan yaitu mengirim data pada device, mentransmisikan media dan menerima data pada device.

 

Jaringan adalah sekumpulan komputer dan perangkat yang terhubung satu sama lain melalui perangkat komunikasi dan media transmisi. Jaringan memiliki keutungan, beberapa diantaranya yaitu :

Terdapat beberapa keuntungan memiliki jaringan, diantaranya:
1. Mentransfer Data.
2. Berbagi data dan informasi.
3. Berbagi software.
4. Berbagi hardware.
5. Memfasilitasi komunikasi.

Jenis jaringan komputer

Local Area Network ( LAN ), jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN yaitu sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah. Banyak orang yang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan Wifi dan lebih dikenal dengan Wireless Local Area Network ( WLAN ).

Metropolitan Area Network ( MAN ), adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari dari jaringan Local Area Network ( LAN ).

Wide Area Network ( WAN ), merupakan kumpulan dari Local Area Network ( LAN ) yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

Personal Area Network ( PAN ), jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya saja pada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

Cluster Area Network ( CAN ), dapat dibilang memiliki kesamaan dengan MAN, namun lebih terbatas dalam ruang lingkup kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini, lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain sebagainya.

Internet, adalah jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Media Penghantar

Wire Network, adalah network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

Wireless Network, menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya. Oleh sebab itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses network tanpa harus memasang kabel pada komputernya.

3. Berdasarkan Pola Operasi

Client Server, adalah network yang memiliki satu atau lebih komputer, yang dapat melayani komputer lain. Komputer yang melayani ini disebut server, sedangkan komputer yang dilayani disebut client. Contoh server antara lain, yaitu web server, fire server, dan lain sebagainya.

Peer to Peer, adalah network yang setiap komputernya bisa melayani atau dilayani pada saat bersamaan. Peer to Peer banyak diimplementasikan pada LAN, akan tetapi kemungkinan besar juga digunakan pada jenis network yang lebih besar cakupannya.


Standar dan Protokol Komunikasi Jaringan

1. Ethernet

Ethernet atau Internet adalah standar jaringan yang tidak menentukan pusat komputer atau perangkat di jaringan ( node ) harus mengontrol ketika data dapat ditransmisikan.

2. Cincin Token

Token ring standar menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau melewati sinyal khusus.

3. TCP / IP

TCP / IP protokol adalah jaringan yang mendefinisikan bagaimana pesan ( data ) dirutekan dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

4. Wifi

Wi-Fi mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain.

5. Bluetooth

Bluetooth adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.

7. Ultra – Wideband ( UWB )

UWB (ultra-wideband) adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain.

8. IrDA

IrDA mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah ( IR ).

9. RFID

RFID adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan di atau dilampirkan ke objek, hewan, atau seseorang.

10. NFC

NFC atau komunikasi jarak dekat adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC.

11. LTE

LTE adalah standar jaringan yang menentukan seberapa tinggi kecepatan transmisi seluler menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler.


 

Wireless Transmission Media

  • Broadcast radio
  • Cellular radio
  • Microwaves
  • Communications Satelite
  • GPS

Perangkat Jaringan Komputer

  • Server
  • NIC
  • Kabel Jaringan
  • Hub & Switch
  • Router
  • Bridge
  • Modem
  • Repeater

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>