Urgensi integrasi nasional sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa.

Assalamualaikum Wr.Wb 

Nama Mahasiswa : Ridha Aisyiyah Ryandani 

NPM : 1955061001

Mata kuliah : Pendidikan Pancasila

Nama Dosen MK : Rio Ariestia Pradipta 

 

Makna Integrasi Nasional

Marilah kita telusuri istilah integrasi nasional ini. K ita dapat menguraikan istilah tersebut dari dua pengertian: secara etimologi dan terminologi. Etimologi adalah studi yang mempelajari asal usul kata, sejarahnya dan juga perubahan yang terjadi dari kata itu.

Pengertian etimologi dari integrasi nasional berarti mempelajari asal usul kata pembentuk istilah tersebut.Secara etimologi, integrasi nasional terdiri atas dua kata integrasi dan nasional. Sekarang, kita telusuri pengertian integrasi nasional secara terminologi. Terminologi dapat diartikan penggunaan kata sebagai suatu istilah yah dihubungkan dengan konteks tertentu. Konsep integrasi nasional dihubungkan dengan konteks tertentu dan umumnya dikemukakan oleh para ahlinya.Berikut ini disajikan beberapa pengertian integrasi nasionaldalam konteks

 

Integrasi Nasional : ♦ Upaya menyatukan seluruh unsur suatu bangsa dengan pemerintah dan wilayahnya ♦ Pembentukan suatu identitas nasional dan penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya ke dalam suatu kesatuan wilayah ♦ Bersatunya suatu bangsa yang menempati wilayah tertentu dalam sebuah negara yang berdaulat ♦ Proses penyatuan berbagai kelompok sosial budaya dalam satu kesatuan wilayah dan dalam suatu identitas nasional 

Pentingnya Integrasi nasional

 

Integrasi nasional umumnya dianggap tugas penting suatu negara, apalagi negara-bangsa (nation-state) yang baru merdeka. Mengapa demikian? Apa pentingnya?

Menurut Myron Weinerdalam Surbakti (2010), dalam negara merdeka,faktor pemerintah yang berkeabsahan (Legit imate) merupakan hal penting bagi pembentukan negara-bangsa.

Hal ini disebabkan tujuan negara hanya akan dapat dicapai apabila terdapat suatu pemerintah yang mampu menggerakkan dan mengarahkan seluruh potensi masyarakat agar mau bersatu dan bekerja bersama.

Kemampuan ini tidak hanya dapat dijalankan melalui kewenangan menggunakan kekuasaan fisik yang sah tetapi juga persetujuan dan dukungan rakyatnya terhadap pemerintah itu. Jadi,diperlukan hubungan yang ideal antara pemerintah dengan rakyatnya sesuai dengan sistem nilai dan politik yang disepakati. Hal demikian memerllukan intergrasi politik. 

Solusi :

  1. Penjelasan masalah yang terjadi secara transparan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak buta informasi.
  2. Negosiasi antara pemerintahan RI dengan Gerakan/Organisasi yang bersangkutan.
  3. Sosialisasi tentang kewarganegaraan antar masyarakat dan saling mengingatkan tentang toleransi SARA. 

Tugas Review

INTEL CORE I7-8086K

Assalamualaikum wr.wb

Di post kali ini saya akan membahas dan me-review tentang salah satu artikel dari majalah PC & Authority edisi 2018 dengan pokok bahasan “INTEL CORE I7-8086K”. Dalam rangka merayakan 40 tahun INTEL X86, Intel telah merilis Core i7-8086k. Menariknya, 8086k, dengan 5GHz maksimum turbo boost, tepatnya 1000 kali dari frekuensi asli nya yaitu 8086, yang datang dengan 5MHz kecepatan waktu.

8700 – Lebih baik 

8086k adalah edisi terbatas 6 core atau 12 CPU berbasis di arsitektur Coffee Lake dan bisa dianggap sebagai versi binned yang lebih tinggi dari yang sudah sangat baik dari i7-8700k.

Motivasi masuk TI Universitas Lampung

Terinspirasi dari film yang di film itu menceritakan tentang sebuah tim dalam perusahaan National Criminal Investigation yang bertugas menyelidiki kasus dari sudut pandang seorang penjahat untuk menyelesaikan kasus yang ditanganinya, di dalam tim tersebut terdapat 6 orang dan salah satu dari 6 orang itu adalah seorang perempuan dibagian mengawasi dan mencari tahu segalanya melalui perangkat komputernya (bisa dibilang semacam hacker) dan menjadi salah satu bagian terpenting dalam proses investigasi, dan saya ingin menjadi seperti perempuan itu karna dapat membantu banyak orang, dan karena pengetahuan saya dalam komputer belum banyak dan belum bisa mengoperasikannya dengan baik, saya ingin mendalami ilmu-ilmunya dan dapat menjadi seperti yang saya inginkan.