Pemrograman Berorientasi Objek

 

Pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada penggunaan objek sebagai elemen dasar dalam proses pemrograman. Objek dalam pemrograman berorientasi objek merupakan representasi dari suatu konsep atau entitas dalam dunia nyata yang memiliki karakteristik atau atribut serta dapat melakukan suatu tindakan atau fungsi.

Pemrograman berorientasi objek memungkinkan pembuatan program yang lebih modular, fleksibel, dan mudah dipelihara. Konsep-konsep seperti inheritance, encapsulation, dan polymorphism adalah beberapa dari banyak konsep-konsep dasar dalam pemrograman berorientasi objek yang memungkinkan pengembangan program yang efektif dan efisien.

Inheritance atau pewarisan adalah konsep dalam pemrograman berorientasi objek yang memungkinkan suatu kelas baru (child class atau subclass) mewarisi sifat atau perilaku dari kelas yang sudah ada (parent class atau superclass). Dengan menggunakan inheritance, subclass dapat menggunakan fitur dan fungsi yang sudah ada di superclass tanpa harus menulis ulang kode dari awal.

Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, abstract class dan interface adalah dua konsep yang berbeda, meskipun keduanya berfungsi sebagai blueprint atau kerangka kerja untuk mengembangkan kelas baru. Abstract class dapat memiliki metode yang sudah diimplementasikan atau belum diimplementasikan. Metode yang belum diimplementasikan disebut sebagai abstract method. Sebuah abstract class dapat memiliki campuran antara metode biasa dan abstract method. Sementara itu, sebuah interface hanya dapat memiliki metode abstract yang belum diimplementasikan.

Salah satu tujuan utama dari OOP adalah untuk mengimplementasikan konsep dan model dunia nyata dalam pengembangan perangkat lunak. konsep utama dalam OOP yang membantu dalam mengimplementasikan konsep dunia nyata yaitu:

Class dan Object, kelas digunakan untuk mendefinisikan cetakan atau template untuk membuat objek. Kelas mewakili kategori atau jenis umum objek, dengan mendefinisikan atribut-atribut (data) dan perilaku (metode). Objek, di sisi lain, adalah instance dari kelas yang mewakili entitas khusus atau instansi dari dunia nyata. Dengan memodelkan kelas berdasarkan objek dunia nyata, kita dapat membuat sistem perangkat lunak yang mirip dengan skenario dunia nyata yang ingin kita simulasi atau interaksikan.

Abstraction, adalah prinsip penting dalam OOP yang memungkinkan kita fokus pada fitur-fitur penting dan menyembunyikan detail yang tidak perlu. Hal ini melibatkan penyederhanaan sistem atau konsep kompleks menjadi representasi yang lebih mudah dikelola dan dipahami. Abstraksi membantu dalam pemodelan konsep dunia nyata dengan menangkap karakteristik esensialnya sambil menghilangkan detail yang tidak relevan.

Dalam mempelajari pemrograman berorientasi objek kita juga perlu mengetahui terkait Encapsulation. Encapsulation adalah konsep dalam OOP yang memungkinkan untuk menyembunyikan detail dari implementasi sebuah objek dan hanya mengekspos fungsi-fungsi yang penting. Dalam praktiknya, hal ini berarti bahwa kita harus membuat variabel dan data dalam sebuah kelas sebagai private, dan membuat fungsi atau method sebagai public.

Di dalam OOP juga terdapat mode dari pengaksesan class, seperti private, protected, dan public access.

Private adalah jenis access modifier yang memberikan tingkat aksesibilitas paling rendah. Atribut atau method yang didefinisikan sebagai private hanya dapat diakses di dalam class tempat mereka didefinisikan. Maksudnya, atribut atau method ini tidak bisa diakses dari luar class, bahkan jika class tersebut diwariskan oleh class lain.

Protected adalah jenis access modifier yang memberikan tingkat aksesibilitas sedang. Atribut atau method yang didefinisikan sebagai protected dapat diakses di dalam class tempat mereka didefinisikan dan juga di dalam subclass yang diwarisi dari class tersebut. Namun, atribut atau method ini tidak dapat diakses dari luar class atau subclass tersebut.

Public adalah jenis access modifier yang memberikan tingkat aksesibilitas paling tinggi. Atribut atau method yang didefinisikan sebagai public dapat diakses dari mana saja, baik itu di dalam class tempat mereka didefinisikan, di dalam subclass yang diwarisi dari class tersebut, atau dari luar class maupun subclass tersebut.

Penggunaan access modifier ini penting dalam OOP karena dapat membantu mengontrol aksesibilitas dari atribut dan method dalam suatu class.

Framework Front-End Website

Front-end framework adalah kerangka kerja (framework) yang dirancang untuk mempermudah pengembangan user interface pada website atau aplikasi web. Front-end framework biasanya terdiri dari kumpulan komponen yang dapat digunakan untuk membangun tampilan website atau aplikasi web secara cepat dan konsisten.

Dengan menggunakan front-end framework, web developer dapat menghemat waktu dan usaha dalam membangun tampilan website atau aplikasi web. Selain itu, front-end framework juga membantu dalam memastikan konsistensi antara berbagai halaman atau bagian dalam website atau aplikasi web yang sedang dibangun.

Berikut adalah beberapa contoh front-end framework yang populer.

Bootstrap

Bootstrap (front-end framework) - WikipediaBootstrap adalah salah satu front-end framework yang paling populer dan banyak  digunakan saat ini. Framework ini dikembangkan oleh Twitter dan dirilis pada tahun  2011. Bootstrap dirancang untuk mempermudah pengembangan tampilan website   atau aplikasi web yang responsif dan konsisten.

 Beberapa fitur utama dari Bootstrap adalah sebagai berikut:

  1. Grid System: Bootstrap menyediakan grid system yang dapat digunakan untuk membangun tampilan website atau aplikasi web yang responsif. Grid system ini memungkinkan pengembang untuk membagi tampilan website menjadi beberapa kolom dengan ukuran yang berbeda-beda, sehingga tampilan website dapat menyesuaikan ukuran layar pengguna.
  2. Komponen UI: Bootstrap menyediakan berbagai komponen UI seperti tombol, jumbotron, form, dan navigasi yang dapat digunakan untuk membangun tampilan website dengan cepat dan mudah. Komponen-komponen ini dirancang untuk memiliki tampilan yang konsisten dan menarik.
  3. Responsif: Bootstrap dirancang untuk memastikan tampilan website atau aplikasi web yang dibangun menggunakan framework ini dapat menyesuaikan ukuran layar pengguna. Framework ini menyediakan berbagai kelas CSS yang dapat digunakan untuk menyesuaikan tampilan website sesuai dengan ukuran layar yang berbeda-beda.
  4. Dokumentasi: Bootstrap menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap dan mudah dipahami. Dokumentasi ini memudahkan pengembang untuk memahami cara menggunakan berbagai komponen dan fitur yang disediakan oleh framework ini.

Framework ini sangat cocok bagi pengembang yang ingin membangun tampilan website atau aplikasi web dengan cepat tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan usaha dalam membuat desain tampilan dari awal.

Foundation

download-removebg-preview (1)Foundation adalah salah satu front-end framework yang populer dan sering digunakan dalam pengembangan tampilan website dan aplikasi web. Framework ini dikembangkan oleh ZURB, sebuah perusahaan desain dan pengembangan web yang berbasis di California.

Foundation dirancang untuk mempermudah pengembangan tampilan website atau aplikasi web yang responsif, modular, dan mudah disesuaikan. Beberapa fitur utama dari Foundation seperti sistem grid yang dapat disesuaikan, komponen UI yang kaya, dukungan untuk pengembangan berbasis Sass, dan banyak lagi.

Foundation sering digunakan oleh web developer yang ingin membangun tampilan website atau aplikasi web yang responsif, modern, dan mudah disesuaikan. Framework ini cocok untuk pengembang yang ingin memiliki kontrol penuh atas desain tampilan website atau aplikasi web mereka dan menghindari tampilan website yang terlalu seragam atau generik.

Materialize

Materialize Logo PNG Vector (SVG) Free DownloadMaterialize adalah salah satu front-end framework yang populer dan sering digunakan dalam pengembangan tampilan website dan aplikasi web. Framework ini didasarkan pada desain material, yang dikembangkan oleh Google untuk sistem operasi Android.

Materialize dirancang untuk mempermudah pengembangan tampilan website atau aplikasi web yang responsif, modern, dan memiliki tampilan yang konsisten.

Beberapa fitur utama dari Materialize adalah sebagai berikut:

  1. Grid System: Materialize menyediakan grid system yang dapat digunakan untuk membagi tampilan website menjadi beberapa kolom dengan ukuran yang berbeda-beda, sehingga tampilan website dapat menyesuaikan ukuran layar pengguna.
  2. Komponen UI: Materialize menyediakan berbagai komponen UI seperti tombol, kartu, tab, dropdown, dan lain-lain, yang dirancang dengan desain material yang modern dan menarik. Komponen-komponen ini dapat digunakan untuk membangun tampilan website dengan cepat dan mudah.
  3. Responsif: Materialize dirancang untuk memastikan tampilan website atau aplikasi web yang dibangun menggunakan framework ini dapat menyesuaikan ukuran layar pengguna. Framework ini menyediakan berbagai kelas CSS yang dapat digunakan untuk menyesuaikan tampilan website sesuai dengan ukuran layar yang berbeda-beda.
  4. Dokumentasi: Materialize menyediakan dokumentasi yang lengkap dan mudah dipahami. Dokumentasi ini memudahkan pengembang untuk memahami cara menggunakan berbagai komponen dan fitur yang disediakan oleh framework ini.

Vue.js

download-removebg-preview (2)Vue.js adalah salah satu framework JavaScript yang populer untuk membangun user interface pada website atau aplikasi web. Framework ini dikembangkan oleh Evan You pada tahun 2014 dan kini menjadi salah satu framework JavaScript yang paling populer dan paling banyak digunakan. Vue.js dirancang untuk mempermudah pengembangan aplikasi web dengan menyediakan kemampuan pengikatan data (data binding) dua arah, dan kemampuan pengembangan komponen (component-based development). Beberapa fitur utama dari Vue.js adalah sebagai berikut:

  1. Data Binding: Vue.js menyediakan kemampuan pengikatan data dua arah (two-way data binding) yang memungkinkan perubahan data secara otomatis pada antarmuka pengguna (UI) ketika data berubah, dan sebaliknya.

  2. Komponen: Vue.js memungkinkan pengembangan komponen (component-based development) yang memudahkan dalam memisahkan antarmuka pengguna (UI) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dikelola. Komponen ini dapat digunakan kembali (reusable) pada halaman atau bagian-bagian website atau aplikasi web yang berbeda-beda.
  3. Templating: Vue.js memiliki sistem templating yang mudah dipahami dan mudah digunakan untuk membangun tampilan website atau aplikasi web yang responsif dan menarik. Templating ini memungkinkan pengembang untuk memisahkan kode HTML dan JavaScript pada komponen-komponen.
  4. Directives: Vue.js memiliki banyak directive yang memudahkan pengembang untuk memanipulasi tampilan website atau aplikasi web dengan mudah. Directive ini digunakan untuk memanipulasi DOM dan data pada tampilan website atau aplikasi web.
  5. Integrasi dengan sistem build tools: Vue.js dapat diintegrasikan dengan sistem build tools seperti webpack dan babel, sehingga memudahkan pengembang untuk membangun website atau aplikasi web yang lebih kompleks dengan mudah.

Framework ini cocok untuk pengembang yang ingin mengembangkan website atau aplikasi web dengan struktur yang jelas dan mudah dipahami, serta ingin menggunakan teknologi modern seperti data binding dan komponen.

Penerapan Framework pada Website UPT Perpustakaan Unila

Universitas Lampung mempunyai  website perpustakaan yaitu https://library.unila.ac.id/. Website tersebut dibuat dengan menggunakan wordpress yang merupakan salah satu platform CMS (Content Management System). Namun penggunaan CMS seperti wordpress ini terkadang terdapat hal-hal yang tidak dapat dilakukan atau sifatnya terbatas, pastinya sulit untuk melakukan pengembangan website jika hanya menggunakan wordpress default (nonpremium). Kita dapat menggunakan framework front-end yang dapat memudahkan pengembangan website, salah satunya adalah bootstrap. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bootstrap adalah sebuah framework front-end yang dapat memudahkan dalam pembuatan tampilan website atau aplikasi dengan cepat dan responsif. Bootstrap juga dapat diintegrasikan dengan wordpress, yaitu dengan menginstal plugin seperti WP Bootstrap Starter, WP-Bootstrap Navwalker, WP Bootstrap 4, dan Shortcodes Ultimate. Hal-hal yang didapat dalam pengembangan jika website https://library.unila.ac.id/ menggunakan framework adalah sebagai berikut:

  1. Komponen siap pakai: Bootstrap menyediakan berbagai komponen siap pakai seperti form, tombol, navigasi, modal, dan banyak lagi. Komponen-komponen ini dapat digunakan dengan mudah tanpa perlu membuat dari awal. Sehingga pengembangan website akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan pengguna, karena komponen yang diperlukan sudah tersedia.
  2. Desain responsif: Bootstrap memberikan kemudahan dalam membuat tampilan responsif untuk website atau aplikasi web. Hal ini karena Bootstrap menyediakan class-class CSS yang sudah siap digunakan untuk membuat tampilan yang responsif pada berbagai ukuran layar. Sehingga nantinya website yang dikembangkan dapat diakses dengan baik dari berbagai device, karena framework ini dapat menyesuaikan tampilan berdasarkan device yang digunakan oleh pengguna.
  3. Kustomisasi: Bootstrap juga memberikan kemudahan dalam melakukan kustomisasi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah nilai-nilai CSS pada file custom CSS. Jika pengembangan tidak menggunakan cms, maka kita dapat mengubah nilai dari atribut suatu class atau komponen yang tersedia. Jadi kita dapat mengubah komponen menyesuaikan design website yang telah ditentukan.
  4. Grid system: Bootstrap mempunyai grid system yang dapat memudahkan dalam membuat layout website atau aplikasi web. Grid system ini membagi layar menjadi 12 kolom sehingga membuat tampilan yang rapi dan proporsional. Tentunya hal ini menjadi sangat berguna karena website yang dikembangkan tidak hanya menggunakan satu kolom saja untuk penyajian konten website, tetapi menggunakan banyak kolom dalam pengembangannya.
  5. Integrasi dengan JavaScript: Bootstrap juga menyediakan berbagai plugin JavaScript seperti slider, tooltip, dan popover. Plugin-plugin ini dapat diintegrasikan dengan mudah pada website atau aplikasi web yang menggunakan Bootstrap. Adanya integrasi dengan JavaScript  ini akan membuat website yang dikembangkan menjadi lebih proper karena dengan javascript dapat membuat website bertindak berdasarkan kejadian atau event yang terjadi. Hal ini tentunya akan menambah pengalaman lebih dari pengguna.

penggunaan framework bootstrap ini dapat memudahkan dalam proses pengembangan website seperti website UPT Perpustakaan Unila ini,  karena memiliki banyak fitur-fitur yang sangat berguna di dalamnya, terlebih lagi framework ini sudah kompatibel dengan banyak browser mainstream yang sudah banyak digunakan.

Rekayasa Perangkat Lunak

CLASS DIAGRAM

Definisi Class Diagram

Class diagram atau diagram kelas merupakan salah satu jenis diagram struktur dari UML. Diagram kelas menggambarkan dengan detail struktur  serta deskripsi class, atribut, metode, dan hubungan dari setiap objek. Ia menjelaskan hubungan apa yang terjadi pada setiap kelasnya. Diagram kelas akan sesuai jika diimplementasikan pada proyek yang menggunakan konsep object-oriented karena gambaran dari struktur class diagram ini mudah digunakan.

Desain model diagram kelas dibagi menjadi dua. Pada bagian pertama merupakan uraian dari database. Pada bagian kedua merupakan bagian dari modul MVC yang memiliki class interface, class control, dan class entity.

 

Fungsi Class Diagram

Fungsi utama dari diagram kelas ini utamanya untuk menggambarkan struktur dari sebuah sistem. Beberapa fungsi lainnya yaitu:

  • Memperlihatkan struktur dari sebuah sistem dengan jelas.
  • Meningkatkan pemahaman tentang skema dari suatu program.
  • Memberikan gambaran tentang sistem atau perangkat lunak serta hubungan yang ada di dalamnya.
  • Dapat digunakan sebagai analisis bisnis dan membuat model sistem dari sisi bisnis.

 

Keunggulan Class Diagram

Diagram class memberikan banyak keunggulan untuk proses pengembangan perangkat lunak dan dalam proses bisnis. Beberapa keunggulan dari diagram kelas yaitu:

  • Berfungsi untuk menjelaskan suatu model data untuk sebuah program, baik model data sederhana ataupun kompleks
  • Memberikan gambaran tentang skema aplikasi dengan jelas
  • Membantu dalam menyampaikan kebutuhan dari suatu sistem

 

Komponen Penyusun Class Diagram

Contoh komponen class diagram

Pada diagram kelas terdapat 3 komponen dasar dimana ketiga bagian tersebut merupakan bagian pokok dari diagram tersebut. Berikut adalah komponen-komponennya:

  • Bagian Atas

Pada bagian atas berisikan nama class atau nama kelas. Saat membahas tentang classifier ataupun objek, bagian ini sangat penting dan harus ada. Setiap class pasti memiliki nama yang berbeda untuk membedakan class lainnya.

  • Bagian Tengah

Pada bagian tengah berisikan berbagai macam atribut dari kelas. Bagian tengah memiliki fungsi untuk memberikan penjelasan kualitas dari suatu class.  Atribut ini dapat menjelaskan tentang rentang nilai dari sifat tersebut.

  • Bagian Bawah

Komponen bagian ini menyertakan operasi yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Operasi ini dapat menggambarkan tentang suatu kelas yang melakukan interaksi dengan basis data.

Hubungan Antar Kelas

Terdapat tiga hubungan dalam kelas. Penjelasannya sebagai berikut:

  • Asosiasi

Hubungan asosiasi merupakan sebuah hubungan yang statis antar class. Umumnya asosiasi menjelaskan class yang memiliki atribut tambahan seperti class lainnya.

  • Agregasi

Hubungan agregasi merupakan merupakan hubungan antara dua class dimana salah satu class merupakan bagian dari class lainnya.

  • Pewarisan

Pewarisan atau inheritance merupakan suatu kemampuan untuk mewarisi seluruh atribut dan metode dari class asli (superclass) ke class lainnya (subclass).

  • Hubungan Dinamis

Hubungan ini memiliki arti suatu rangkaian message yang dilalui oleh suatu class ke class lainnya.

Contoh penggunaan class diagram

Berikut contoh penggunaan class diagram untuk sistem ATM

diagram classlavieordinairedunebretonne.com

 

Referensi:

Setiawan., R. 2021. “Memahami Class Diagram Lebih Baik”, https://www.dicoding.com/blog/memahami-class-diagram-lebih-baik/ diakses pada 23 April 2022

Imanudin., N., I. 2021. “Pengertian, Manfaat, Hingga Contoh Class Diagram”, https://tisucoding.com/contoh-class-diagram/ diakses pada 23 April 2022

 

Kuis Pengetahuan Lingkungan

Nama: Refrizar Dwiardito

NPM: 2115061051

Kelas: PSTI B

Permasalahan Kemiskinan di Provinsi Lampung

a

Kemiskinan dan kesenjangan ekonomi adalah masalah yang belum terselesaikan di negara kita. Berbagai upaya telah dan terus  dilakukan pemerintah melalui berbagai program yang secara langsung menyentuh kelompok miskin, maupun program-program antara seperti pembangunan infrastruktur publik yang tengah digalakkan pemerintahan sekarang ini. Sayogyo membedakan jenis-jenis orang miskin berdasarkan tingkat pendapatan yang setara dengan beras satu tahun. Yaitu, yang miskin, yang sangat miskin, dan yang termiskin (Suyanto, 1995). BPS menggunakan 14 kriteria untuk mengategorikan Rumah Tangga Miskin (RTM), yaitu: luas lantai rumah, jenis lantai rumah, jenis dinding rumah, ketiadaan wc, ketiadaan listrik, asal sumber air minum, bahan bakar untuk memasak, frekuensi konsumsi makanan bergizi, kemampuan membeli pakaian, frekuensi makan dalam sehari, besarnya penghasilan bulanan, pendidikan kepala keluarga, dan nilai kepemilikan barang yang mudah dijual.

Apa Akar Masalah yang Terjadi?

Kemiskinan merupakan masalah krusial di Lampung. Hal ini karena angka kemiskinan masih tinggi, di atas tingkat nasional. Karena itu, kemiskinan menjadi sorotan. Lampung sebenarnya telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan dengan baik. Namun, mengingat tingkat kemiskinan  yang tinggi, pengurangan ini tampaknya tidak mengurangi beban kemiskinan secara signifikan. Perkembangan tingkat kemiskinan dihitung BPS (Badan Pusat Statistik) dua kali setahun, yaitu setiap bulan Maret dan September. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat dilihat sejauh mana masalah kemiskinan dapat dikurangi. Sebab, ini menyangkut kesejahteraan masyarakat, yaitu kemampuannya memenuhi kebutuhan hidup secara layak dan manusiawi.

Kemiskinan diukur berdasarkan garis kemiskinan yang dihitung dengan nilai uang, yang mencerminkan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar  baik makanan maupun non makanan. Dengan kata lain, garis kemiskinan dihitung dari sisi pengeluaran. Dengan demikian, garis kemiskinan akan berubah sejalan dengan perubahan harga komoditas yang masuk kebutuhan dasar, yaitu makanan sebanyak 52 jenis komoditas dan nonmakanan sebanyak 36 jenis komoditas. Kecenderungannya, harga selalu naik dan karena itu garis kemiskinan juga cenderung naik. Perubahan garis kemiskinan akan juga mempengaruhi jumlah penduduk miskin yang pada gilirannya mempengaruhi tingkat kemiskinan. Hal ini menjadi tantangan besar bagi pembangunan Lampung ke depan, yaitu mengurangi jumlah penduduk miskin dan tingkat kemiskinan sekaligus menghadapi kedalaman dan keparahan kemiskinan. Upaya yang lebih sistematis dan terukur perlu dilakukan untuk mempercepat penanganan kemiskinan. Melihat data perkembangan kemiskinan di Lampung, data perkembangan kemiskinan di Lampung, setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dan tingkat kemiskinan Lampung.

Siapa yang Terdampak?

Mereka yang terdampak kemiskinan adalah orang-orang dengan tingkat kualitas Sumber Daya Manusia yang rendah dibandingkan dengan orang lain sehingga produktivitasnya juga berkurang dan mempengaruhi besaran penghasilan yang didapat dari kemampuan yang dimilikinya.

Analisa Solusi untuk Mengatasi Permasalahan tersebut

Untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dan tingkat kemiskinan, hal yang dapat diupayakan adalah. Pertama, meningkatkan penghasilan penduduk dan peningkatannya harus lebih tinggi dari kenaikan harga komoditas kebutuhan dasar. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan produktivitas dan harga jual produk masyarakat (pertanian, industri, jasa, dll) dan memperpendek sistem perdagangan (saluran distribusi). Kedua, peningkatan pendapatan nontunai dalam bentuk pemenuhan secara mandiri kebutuhan dasarnya, seperti cabai dan bawang dengan menanam sendiri atau listrik/gas/bbm untuk memasak dan penerangan diproduksi sendiri dengan pengolahan limbah atau memanfaatkan sumber daya lokal. Ketiga, mengatur harga barang-barang kebutuhan pokok agar tidak mengalami kenaikan dengan mendorong distribusi seperti jalan yang baik dan transportasi yang tersedia serta menjaga barang-barang agar tidak hilang dari pasaran.

Siapa Saja yang Harus Menerapkan Solusi Tersebut?

Tentunya harus ada sinergi yang baik antarpemerintahan (pusat, provinsi, dan kabupaten/kota), pemerintah dengan perusahaan, pemerintah dengan perguruan tinggi dan masyarakat (LSM, ormas, dll) maupun antara perusahaan dengan perguruan tinggi dan masyarakat dan antara perguruan tinggi dan masyarakat. Pendekatan penanggulangan kemiskinan penanganan kemiskinan ke depan haruslah bersifat mikro, berdampak langsung pada masyarakat miskin, dan pendataan rinci yang sudah ada.

Sumber Referensi:

Saifuddin, Ridwan dkk. 2018. Menggali Akar Kemiskinan; Melihat Dari Dekat Kemiskinan di Provinsi Lampung. Lampung: Penerbit BALITBANGDA PROVINSI LAMPUNG.

https://m.lampost.co/berita-lampung-dan-penanganan-kemiskinan.html

Kuis Pengantar Teknologi Informasi

1. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) di Indonesia

Saat ini TIK terus berkembang dengan pesat. Jarak dan waktu seolah tidak lagi menjadi hambatan dalam berkomunikasi. Orang yang berada di pulau dan  negara yang berbeda sekarang sudah mampu melakukan komunikasi yang bahkan mampu ditampilkan secara visual. Salah satu hal yang sedang menjadi trend saat ini adalah kegiatan yang berbasis internet dan elektronik. Salah satu tren saat ini adalah  internet dan aktivitas elektronik. Beberapa contohnya adalah e-learning, e-banking, e-library, e-laboratory, e-mail, dan lain sebagainya. Kegiatan berbasis elektronik ini tentunya sangat berguna bagi kegiatan manusia. Dengan hal itu, dimensi ruang dan waktu tidak lagi menjadi hambatan. Selain itu, pengolahan data akan lebih cepat dan efisien. mulai dari televisi, handphone, pager, PDA, laptop hingga palmtop, dan berbagai produk elektronik sudah  tidak asing lagi bagi masyarakat. Perkembangan TIK pun semakin pesat seiring dengan ditemukannya alat-alat yang lebih canggih.

Pada tahun 2021, di Indonesia telah tercatat bahwa sebanyak 202,6 juta jiwa menggunakan akses internet dimana jumlah tersebut meningkat hingga 15,5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Pirnama dan Putri, 2021). Dengan adanya internet, kita dapat mengakses berbagai informasi dengan cepat. Salah satu manfaat perkembangan teknologi informasi adalah financial technology (fintech). Fintech sendiri adalah sebuah inovasi teknologi modern pada bidang keuangan. Perkembangan financial technology (fintech) Indonesia sangat pesat. Hal ini menunjukkan bahwa percepatan perkembangan dan transformasi digital di Indonesia cukup baik. Pengembangan fintech memberikan berbagai manfaat  bagi masyarakat, seperti mendorong inklusi keuangan dan pinjaman, terutama untuk usaha  kecil dan menengah (UMKM). Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat dilihat bahwa penggunaan fintech dan uang elektronik oleh masyarakat yang dinilai lebih praktis. Kemungkinan pada beberapa tahun ke depan, teknologi di bidang fintech khususnya penggunaan uang elektronik ini akan terus berkembang di lingkungan masyarakat umum. Sehubungan dengan perkembangan ini, perlu diperhatikan sikap kehati-hatian karena resiko penggunaan uang elektronik lebih besar dibandingkan dengan uang konvensional (tunai).

2. Membangun multimedia SOHO untuk kebutuhan kerja tim vlogger

Small Office Home Office (SOHO) adalah jaringan sederhana yang menggunakan perangkat keras switch untuk mengakses  layanan melalui broadband. Jaringan SOHO biasanya digunakan sebagai tempat kerja di rumah. Jaringan SOHO memiliki sifat yang sama dengan jaringan Local Area Network (LAN), dan kedua jaringan ini tidak terhubung ke jaringan eksternal dan menggunakan topologi star melalui koneksi Ethernet atau Wifi.

Pada permasalahan tersebut dimana seorang vlogger yang ingin membuat sebuah environtment SOHO yang akan digunakan sebagai tempat kerja untuk produksi video, research market, podcast studio dan broadcast stream live. Untuk membuat lingkungan yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut, dibutuhkan beberapa komponen perangkat keras sebagai penunjang jaringan SOHO, yaitu:

  • PC Server
  • Router, untuk menghubungkan jaringan SOHO ke jaringan internet melalui Internet Service Provider lokal.
  • Switch, untuk menyediakan konektivitas antara berbagai stasiun akhir dan server di kantor, untuk keperluan transfer data.
  • Wifi
  • PC klien

Berdasarkan permasalahan yang sudah dijelaskan, dapat dilihat bahwa untuk membangun sebuah multimedia SOHO, diperlukan beberapa perangkat keras seperti PC server, router, switch, wifi, dan PC klien yang akan digunakan sesuai dengan fungsi pada setiap perangkat. Untuk menghubungkan setiap perangkat satu dengan perangkat lainnya, diperlukan setting pada IP Address, router, access point, lalu kemudian mengkonfigurasi dan menginstall semua peralatan yang terhubung ke jaringan komputer.

Referensi:

https://economy.okezone.com/read/2021/10/11/320/2484722/perkembangan-fintech-di-indonesia-sangat-pesat-ini-buktinya

https://acehprov.go.id/berita/kategori/serba-serbi/80-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi

Jurnal Pengantar TI

Communicating Digital Content

Types of Wireless Networks - Shireen

A. Communications

Digital communication content atau Komunikasi digital adalah teknologi yang berbasis pada sinyal elektrik komputer, sinyalnya terputus-putus dan menggunakan sistem  biner. Bilangan biner ini membentuk kode yang mewakili informasi tertentu.

B. Networks

Networks atau jaringan adalah kumpulan komputer yang dihubungkan oleh communication device dan media transmisi.

C. Jenis – Jenis Jaringan

Berdasarkan luas wilayah

  • LAN (Local Area Network), adalah jaringan komputer yang hanya mencakup area lokal. Ini berarti bahwa jaringan ini hanya tersedia untuk pengguna di area LAN. LAN menghubungkan perangkat ke jaringan Internet melalui perangkat jaringan sederhana.
  • MAN (Metropolitan Area Network), adalah jaringan komputer yang  mencakup area yang lebih luas dari LAN dan dapat menggunakan teknologi yang lebih canggih. Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN dengan jangkauan hingga 10 s.d. 50 km.
  • WAN (Wide Area Network), adalah jaringan komputer yang luas cakupannya dapat mencapai satu negara bahkan benua. Jaringan ini merupakan gabungan dari LAN dan MAN yang wilayahnya dipisahkan secara geografis.
  • PAN (Personal Area Network), adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dengan komputer maupun perangkat lain dalam jarak yang sangat dekat, misalnya dalam satu ruangan. Melalui jaringan ini komputer bisa dihubungkan dengan kabel dan internet ke printer, PDA, dan perangkat lainnya.

Berdasarkan media penghantar

  • Wired Network, adalah pendistribusian informasi melalui kabel sebagai media penghubung dan biasanya digunakan dalam jangkauan lokal semisal dalam satu area gedung, kabel yang sering digunakan adalah jenis : Coaxial Cable, Unshielded Twisted Pair Cable (UTP) maupun Fiber Optic Cable. Jaringan dengan menggunakan kabel ini selain memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.
  • Wireless Network, adalah pendistribusian informasi melalui gelombang radio sebagai media transmisinya yang di set untuk bekerja dibidang frekwensi tertentu sesuai standar.

 D. Standar dan protokol komunikasi jaringan

  • Ethernet, adalah standar jaringan yang tidak menentukan komputer pusat  atau perangkat dalam jaringan yang harus mengontrol  data yang dapat ditransmisikan.
  • TCP/IP Protokol, adalah jaringan yang menghubungkan pesan ( data ) dirutekan dari satu jaringan ke jaringan lain.
  • Wifi, mengidentifikasi jaringan berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi satu sama lain.
  • Bluethooth, adalah protokol jaringan yang menghubungkan dua perangkat menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.
  • Ultra Wideband (UWB), adalah standar jaringan yang menghubungkan dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi.
  • IrDA, mengirimkan data melalui gelombang cahaya inframerah.
  • RFID, adalah protokol yang menghubungkan jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan atau dilampirkan pada objek.
  • LTE, adalah jaringan standar yang memperlihatkan kecepatan jaringan dengan menggunakan broadcast radio untuk mengirimkan data.

E. Communications Devices

  • Wireless modem
  • Wireless access point (WAP)
  • Router
  • Network Card
  • Hub atau switch
  • Bridge
  • Repeater
  • Wireless Card

 

Referensi:

http://www.dataglobal.co.id/pengertian-lan-man-wan-beserta-fungsi-kelebihan-kekurangannya

https://www.visiotek.co.id/2016/04/pengertian-wired-dan-wireless-networking.html

Jurnal Pengantar TI

Operating System

Macam-Macam Sistem Operasi Terbaru dan Lengkap | NeedsIndex.com

Operating System (OS) adalah seperangkat program yang mengkoordinasikan semua aktivitas  perangkat keras dari komputer atau perangkat seluler. Sistem operasi atau sistem operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan software. Sistem operasi mengelola aplikasi yang berbeda sehingga dapat berjalan  dengan lancar pada saat yang bersamaan. Beberapa fungsi dari sistem operasi diantaranya.

  • Manajemen Program

Sistem operasi dapat menjalankan beberapa program secara langsung sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti single user dan multiuser, single tasking dan multitasking, serta foreground dan background.

  • Manajemen Memori

Manajemen memori dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan penyimpanan internal untuk komputer dan perangkat lain. Manajemen memori terbagi menjadi dua fokus utama, yaitu primary memory dan main memory. Dimana primary memory merupakan kebutuhan penyimpanan yang diutamakan seperti RAM. Main memory merupakan penyimpanan yang dapat diakses langsung melalui CPU.

  • Menyediakan User Interface (UI)

Ada juga User Interface (UI) yang mengontrol bagaimana pengguna memasukkan data dan instruksi, dan bagaimana informasi ditampilkan di layar. Dengan kata lain, UI dapat didefinisikan sebagai tampilan awal yang muncul di layar perangkat, termasuk program  yang dapat diakses pengguna dan berbagai menu.

  • Mengkoordinasikan Task (Tugas)

Sistem operasi menentukan tugas  yang akan diproses. Selain itu, ada berbagai  alat yang dapat digunakan sesuai dengan komputer, perangkat, ataupun program, seperti file manager, backup and restore, screen saver, image viewer dan sebagainya.

  • Kontrol Jaringan

Beberapa sistem operasi dirancang untuk bekerja dengan  server atau jaringan. Seperti administrator jaringan  yang digunakan oleh sistem operasi untuk menambahkan atau mengurangi pengguna, computer dan device lainnya, mengkonfigurasi jaringan, dan menginstall software.

  • Update sofware dari operating system dan sebagainya.

Selain itu, terdapat istilah Desktop Operating System yang merupakan sistem operasi yang bekerja pada desktop, laptop, dan tablet. Beberapa contoh Desktop OS diantaranya.

  1. Windows
  2. Linux
  3. UNIX
  4. Mac OS
  5. Chrome OS

 

Referensi:

Adani, Muhammad Robith 2021. Penjelasan Lengkap Mengenai Apa itu Sistem Operasi dan Pemanfaatannya. https://www.sekawanmedia.co.id/sistem-operasi

 

 

 

 

Jurnal Perkuliahan Industri Pertanian 7

IoT for Agriculture

How The Internet Of Things (IOT) Is Helping The Agriculture Sector – Site  Title

Internet of Things (IoT) adalah jaringan  objek fisik yang terhubung ke sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya. Tujuan dari IoT adalah untuk menghubungkan dan bertukar data dengan perangkat sistem lain melalui Internet. Pada sektor pertanian, teknologi IoT dapat menjadi  solusi dari banyak masalah yang dihadapi petani. IoT dapat mengendalikan penyakit dan hama serta mengenali kesuburan tanah. Kedua, teknologi nirkabel IoT akan mampu mengenali cuaca dan iklim. Selain itu, teknologi Internet of Things dapat menjadwalkan otomatisasi irigasi, aplikasi pestisida, dan pemupukan. IoT diharapkan dapat mengembangkan pertanian di Indonesia.

Dalam menerapkan IoT,  banyak teknologi  seperti RFID, teknologi web, komunikasi jarak dekat, dan WSN (Wireless Sensor Network) perlu diintegrasikan. Teknologi ini nantinya akan terhubung dengan terminal akuisisi data melalui jaringan internet dan komunikasi. Informasi di sekitar properti diperoleh secara real time, dikonversi sesuai format, dan dikirim ke pusat data melalui jaringan. Data diproses menggunakan cloud computing dan teknologi komputasi cerdas lainnya yang dapat memproses data dalam jumlah besar untuk memenuhi tujuan IoT.

Dalam bidang pertanian, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mulai digunakan untuk  mengelola lahan pertanian. Smart farming atau sistem pertanian cerdas adalah contoh implementasi IoT di bidang pertanian. Sistem pertanian cerdas menggunakan IoT untuk menghasilkan data guna memfasilitasi pengambilan keputusan. Data ini berasal dari berbagai sensor dan  akses API (Application Programming Interface). Sensor yang digunakan dalam smart farming meliputi sensor lingkungan seperti suhu, pH, kelembapan, NPK, dan sensor kamera optik. Jaringan sensor nirkabel yang terhubung ke Internet melalui gateway memungkinkan Anda untuk mengakses sistem Anda dari berbagai lokasi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui kondisi lahan pertanian mereka dan memantau kondisi lahan dan tanaman mereka dari jarak jauh.

Ada beberapa tantangan saat menerapkan IoT ke pertanian. Artinya, keterbatasan daya dan perangkat komunikasi di lapangan. Hal ini karena sebagian besar wilayah pertanian  Indonesia berada di daerah terpencil dengan infrastruktur yang terbatas. Tantangan selanjutnya adalah perlunya pelatihan khusus bagi petani tentang pemanfaatan teknologi untuk mendukung kegiatan pertanian. Oleh karena itu, untuk mengatasi tantangan tersebut diperlukan kerjasama antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta dan petani itu sendiri.

Referensi:

Meutia, Ernita Dewi. “Internet of things–Keamanan dan Privasi.” Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro. Vol. 1. No. 1. 2015.

http://www.biopsagrotekno.co.id/penerapan-internet-of-things

Jurnal Perkuliahan Pengantar TI

Digital Storage

Digital Storage: Preserving Content Locally and on the Cloud – Hello Hi :)

Penyimpanan data digital (digital storage) adalah perekaman informasi digital pada media penyimpanan, biasanya secara elektronik. Perangkat penyimpanan biasanya memungkinkan pengguna untuk menyimpan sejumlah besar data dalam ruang  yang relatif kecil dan dengan mudah berbagi informasi dengan orang lain. Perangkat mungkin dapat menyimpan data sementara atau permanen.

Perangkat Penyimpanan Data Digital memiliki banyak kegunaan. Misalnya, komputer biasanya mengandalkan penyimpanan informasi untuk berfungsi. Media penyimpanan juga dapat digunakan untuk membuat cadangan informasi penting. Beberapa perangkat penyimpanan juga portabel. Artinya, dapat digunakan untuk mentransfer informasi dari satu komputer ke komputer lain.

Beberapa Media penyimpanan data digital diantaranya:

1. Hard Disk Drive

Hard disk drive (juga dikenal sebagai hard drive, HD, atau HDD) biasanya dipasang di hampir setiap komputer desktop dan laptop. ini dapat menyimpan sistem operasi dan file program perangkat lunak, serta dokumen pengguna seperti foto, file teks, dan audio. Hard drive menggunakan penyimpanan magnetik untuk merekam dan menangkap informasi digital ke dan dari satu atau lebih disk yang berputar cepat.

2. Solid State Drive (SSD)

Solid State Drive menggunakan memori flash untuk menyimpan data dan dapat digunakan di perangkat seperti netbook, laptop, dan komputer desktop, bukan hard drive  tradisional. Kelebihan SSD dibandingkan HDD termasuk kecepatan baca/tulis yang lebih cepat, pengoperasian yang lebih senyap, keandalan yang lebih baik, dan konsumsi daya yang lebih rendah. Kelemahan utama adalah biaya, karena SSD memiliki kapasitas  lebih sedikit daripada HDD dengan harga yang sama.

3. Hard disk eksternal

Hard disk eksternal pada dasarnya adalah hard disk yang tidak terpasang pada perangkat, dapat dengan mudah dilepas, dan dapat dibawa ke mana saja. Ini adalah disk yang mirip dengan  flash disk karena hard disk eksternal menggunakan port USB. Ukuran hardisk eksternal juga sangat tipis dibandingkan dengan hardisk internal yang terpasang di  komputer atau laptop Anda.

4. Redundant Array of Independent disks (RAID)

RAID adalah penyimpanan gabungan dari dua atau lebih hardisks/SSD yang digabungkan.

5. Secure Digital Card (SD Card)

Kartu SD adalah jenis kartu memori yang umum dan digunakan di banyak perangkat elektronik, termasuk kamera digital dan ponsel. Mereka bervariasi dalam ukuran, kelas, dan kapasitas, tetapi semuanya menggunakan desain persegi panjang yang “terkelupas” di satu sisi  untuk mencegah kartu dimasukkan secara tidak sengaja ke dalam kamera atau perangkat lain.

6. USB Flash Drive

Juga dikenal sebagai thumb drive, pen drive, flash-drive, memory stick, jump drive, dan USB stick, USB flash drive adalah perangkat penyimpanan data memori flash yang menggabungkan antarmuka USB terintegrasi. Memori flash umumnya lebih efisien dan andal daripada media optik karena lebih kecil, lebih cepat, memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar, dan lebih tahan lama karena tidak adanya bagian yang bergerak.

7. Compact Disc (CD)

Compact disc atau CD, adalah jenis penyimpanan optik yang menggunakan laser dan cahaya untuk membaca dan menulis data. Awalnya, compact disc digunakan secara eksklusif untuk audio musik, tetapi pada akhir 1980-an mereka  juga digunakan untuk penyimpanan data komputer. CD yang diperkenalkan adalah CD-ROM pertama (read-only), diikuti oleh CD-R (recordable compact disc) dan CD-RW (recordable compact disc).

8. DVD dan Disk Blu-ray

DVD (cakram Serbaguna Digital) dan cakram Blu-ray (BD) adalah format penyimpanan data digital untuk cakram optik  yang telah menggantikan cakram padat terutama karena kapasitas penyimpananya yang jauh lebih besar. Misalnya, cakram Bluray dapat menyimpan 25 GB (gigabyte) data pada cakram satu lapis dan 50 GB pada cakram dua lapis. Sebagai perbandingan, CD standar memiliki ukuran fisik yang sama tetapi hanya berisi 700 MB (megabyte) data digital.

9.  Penyimpanan Cloud

Karena semakin banyak pengguna  mengoperasikan banyak perangkat di banyak tempat, semakin banyak pengguna yang beralih ke solusi komputasi online dan cloud. Cloud computing pada dasarnya melibatkan pengaksesan layanan melalui jaringan melalui kumpulan server jarak jauh. Ide “awan komputer” mungkin terdengar abstrak bagi mereka yang tidak terbiasa dengan konsep metafora ini, tetapi pada kenyataannya itu bisa menjadi solusi penyimpanan yang bagus untuk perangkat yang terhubung ke internet.

10. Enterprise Storage

Biasanya digunakan oleh organisasi atau perusahaan besar untuk mengelola dan menyimpan data dan informasi menggunakan sebuah device yang dapat bekerja untuk penggunaan dalam kapasitas besar serta efisiensi maksimal. Beberapa jenis Enterprise Storage diantaranya:

  • Network-attached storage (NAS)
  • Storage area networks (SAN)
  • Tape

Ada beberapa jenis penyimpanan digital lainnya, diantaranya:

  • Magnetic stripe card, adalah tipe kartu yang dapat menyimpan data dengan mengubah daya magnet partikel magnet kecil berbasis besi yang menempel pada pita magnetik kartu.
  • Smart card, adalah kartu yang dirancang dengan menanamkan chip di dalamnya, sehingga informasi dapat disimpan secara elektronik.

Referensi:

https://www.ensinesia.com/2020/02/dasar-komputer-10-contoh-perangkat.html

Jurnal Perkuliahan Pengetahuan Lingkungan

Indonesia pada KTT G20 dan COP26

KTT Group of Twenty (G20) 2021

Roma, Italia, 30-31 Oktober 2021

Chicago named top contender to host G20 Summit in 2021 - ABC7 Chicago

G20 adalah kelompok informal dari 19 negara dan Uni Eropa, serta pewakilan dari International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB). G20 merupakan forum ekonomi utama dunia yang memiliki posisi strategis karena secara kolektif mewakili sekitar 65% penduduk dunia, 79% perdagangan global, dan setidaknya 85% perekonomian dunia. Forum G20 membahas dua arus isu yaitu Finance Track dan Sherpa Track. Isu yang dibahas pada finance track adalah ekonomi dan keuangan, seperti kebijakan fiskal; moneter dan riil; investasi infrastruktur; regulasi keuangan; inklusi keuangan; dan perpajakan internasional. Sementara itu, fokus isu yang dibahas pada sherpa track meliputi geopolitik, antikorupsi, pembangunan, perdagangan, energi, perubahan iklim, kesetaraan gender. Pembahasan isu-isu tersebut dilakukan oleh kementerian terkait isu yang dibahas.

Beberapa kesepakatan dari G20 tahun 2021, yaitu:

  • Mengusulkan pembentukan joint health and finance task force untuk membantu pendanaan penanganan kesehatan di masa pandemi.
  • pengurangan emisi karbon dan penetapan time frame menuju net zero emission.
  • Mengimplementasikan langkah baru agar lebih stabil dan sistem perpajakan internasional yang jelas, termasuk 15% minimal pajak global di tahun 2023.
  • komitmen pembiayaan iklim US$ 100 miliar dari negara maju untuk negara berkembang dan pembentukan digital economy working group.

Sebagai bagian dari forum G20, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju. Oleh karena itu, Indonesia mampu menyiapkan kebijakan ekonomi yang tepat dan terbaik. Selain itu, Indonesia juga dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum ini.

Conference of the Parties (COP26)

KTT COP26, Momentum Indonesia jadi Destinasi Investasi Hijau - Ekonomi  Bisnis.com

Beberapa pemimpin dunia menghadiri KTT yang membahas perubahan iklim, COP26, di Glasgow, Skotlandia, mulai 31 Oktober hingga 12 November. COP26 adalah konferensi yang terkait dengan iklim terbesar dan terpenting di planet ini. Dalam acara tersebut,  Perubahan Iklim (UNFCCC) mengadopsi Konvensi Kerangka Kerja PBB. Lewat UNFCCC, negara-negara sepakat untuk menstabilkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer untuk mencegah gangguan berbahaya dari aktivitas manusia pada sistem iklim. Saat ini, perjanjian tersebut memiliki 197 penandatangan.

Perubahan iklim sudah menjadi darurat global yang dapat mengancam jiwa dalam tiga dekade terakhir. Meskipun ada komitmen baru dari negara-negara sebelum COP26, beberapa peneliti memperkirakan bahwa kenaikan suhu global akan naik 2,7 derajat Celcius abad ini. Pada akhir abad ini, besarnya kenaikan suhu ini akan menyebabkan kerusakan besar pada planet ini dan menyebabkan banyak bencana alam. Ini adalah tantangan besar yang hanya dapat dicapai jika para pemimpin COP26 datang dengan rencana ambisius, terikat waktu, dan menghapus batu bara secara bertahap untuk mencapai nol emisi.

Sejauh ini COP26 telah menghasilkan sejumlah kesepakatan multinasional, seperti pelestarian hutan dan lahan. Langkah-langkah Indonesia untuk mengatasi dampak perubahan iklim kepada rakyat, diantaranya dengan mengurangi laju deforestasi terendah sepanjang sejarah, Perhutanan Sosial, TORA, Rehabilitasi gambut dan mangrove, pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta berbagai upaya nyata lainnya. Hal ini juga ditegaskan oleh Presiden Jokowi dalam World Leaders’ Summit. Pada pertemuan dengan CEOs Forum, Presiden Joko Widodo melihat pentingnya sinkronisasi kebijakan antara negara maju dan berkembang mengenai perubahan iklim.

Penting untuk memantau perjanjian-perjanjian yang disepakati delegasi negara pada COP26. Hal tersebut bisa menjadi dasar bagi masyarakat sipil maupun pelaku bisnis untuk menagih komitmen tersebut. Tak hanya delegasi pemerintahan negara, COP26 juga menghadirkan kelompok-kelompok yang berkaitan dengan isu perubahan iklim seperti pelaku bisnis, kelompok aktivis lingkungan, serta kelompok masyrakat sipil. COP26 harusnya menjadi momentum bagi semua pihak terkait untuk mengambil sikap menyelamatkan kelestarian bumi. Untuk itu, penting untuk memahami apa yang dibicarakan dan terwujud dari konferensi COP26.

Sumber Referensi:

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211030/9/1460044/indonesia-menjadi-presidensi-g20-tahun-2022-apa-itu-g20

https://www.kemenkeu.go.id/single-page/draft-g20/

https://www.icctf.or.id/apa-itu-cop26-dan-mengapa-penting/

https://nasional.kontan.co.id/news/cop26-glasgow-jokowi-sampaikan-komitmen-indonesia-dalam-penanganan-perubahan-iklim