COVID-19 (Coronavirus disease 2019)

Apa itu Coronavirus ?

Coronavirus adalah sekumpulan virus dari subfamili Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales. Kelompok virus ini yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia).[4] Pada manusia, koronavirus menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang umumnya ringan, seperti pilek, meskipun beberapa bentuk penyakit seperti SARS, MERS, dan COVID-19 sifatnya lebih mematikan.

Apa itu COVID-19 ?

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penyakit ini mengakibatkan pandemi koronavirus 2019–2020. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukan. Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan saat batuk atau bersin. Waktu dari paparan virus hingga timbulnya gejala klinis berkisar antara 1–14 hari dengan rata-rata 5 hari.

Penyakit corona virus ini pertama kali diketahui pada tahun 2019 di kota Wuhan, Ibukota Hubei, Tiongkok. Dan setelah diidentifikasi di kota Wuhan, virus tersebut menyebar secara global yang menyebabkan pandemi global.

Saat ini di Indonesia tanggal 25 maret 2020 pada pukul 12.00 WIB, sudah 790 kasus positif COVID-19, sembuh 31 jiwa, dan meninggal 58 jiwa, yang tersebar di 24 provinsi.

indo

Sedangkan total COVID-19 di dunia, sudah terdapat 375.498 kasus yang terkonfirmasi, dan 16.362 kematian, yang tersebar di 196 negara.

WhatsApp-Image-2020-03-25-at-14.49.33-800x566

 

Cara Untuk Menghindari Infeksi dan Mencegah penyebaran COVID-19 ?

  • Selalu cuci tangan dengan sabun.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  • Tutup mulut ketika bersin.
  • Jauhi Keramaian.
  • Tetap dirumah jika tidak ada hal yang mendesak.
  • Segera menuju rumah sakit bila merasakan gejala COVID-19.
  • Gunakan masker untuk yang sedang tidak enak badan.

Sebaiknya kita sebagai warga negara yang baik, mengikuti apa yang telah menjadi kebijakan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

 

 

Sumber :

 

Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara | Pertemuan 5

BAGAIMANA HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK NEGARA DAN WARGA NEGARA DALAM DEMOKRASI YANG BERSUMBU PADA KEDAULATAN RAKYAT DAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT?

Warga negara memiliki hak dan kewajiban terhadap negara, begitu juga sebaliknya. Di Indonesia, pengaturan hak dan kewajiban diatur dalam UUD NRI 1945.

Apa yang dimaksud hak dan kewajiban itu ? Bagaimana hubungan keduanya ?

Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain mana pun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya. Sedangkan Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan.

Hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Hak yang tidak ada kewajiban yang sesuai dengannya tidak pantas disebut hak, hak kebebasan seseorang tidak boleh dipergunakan untuk memanipulasi hak orang lain, demi kepentingan sendiri.

Hak dan kewajiban warga negara merupakan wujud dari hubungan warga negara dengan negara. Hak dan kewajiban bersifat timbal balik, bahwa warga negara memiliki hak dan kewajiban terhadap negara, sebaliknya pula negara memiliki hak dan kewajiban terhadap warga negara.

Maka dari itu, kita perlu menyeimbangkan dalam menuntut hak dan menunaikan kewajiban kita sebagai warga negara.

John Locke, merupakan seorang filsuf inggris yang pertama kali merumuskan adanya hak ilmiah yang melekat pada setiap diri manusia, yaitu hak atas hidup, hak kebebasan, dan hak milik. HAM kini sudah diakui seluruh dunia dan bersifat universal, dan tidak lagi menjadi milik negara barat.

Kewajiban berfungsi sebagai penyeimbang antara kebebasan dan tanggung jawab. Hak lebih terkait dengan kebebasan, sedang kewajiban terkait dengan tanggung jawab. Tanggung jawab merupakan sikap moral berfungsi sebagai kendala alamiah dan sukarela terhadap kebebasan yang dimiliki orang lain.

Hak dan kewajiban warga negara dan negara Indonesia diatur dalam UUD NRI 1945 mulai pasal 27 sampai 34, termasuk di dalamnya ada hak asasi manusia dan kewajiban dasar manusia.

 

Sumber : Winarno, dkk.2016. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenrisetdikti Republik Indonesia.

Kesesuaian UU ITE dengan UUD | Pertemuan 4

NILAI DAN NORMA  KONSTITUSIONAL UUD NRI 1945 DAN KONSTITUSIONALITAS KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN DI BAWAH UUD?

Undang-undang yang berhubungan dengan Teknik Informatika, menurut saya adalah :

Pasal 15 UU ITE

Ayat 2, ”Penyelenggara Sistem Elektronik bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan Sistem Elektroniknya”

Ayat 3, ”Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku dalam hal dapat dibuktikan terjadinya keadaan memaksa, kesalahan, dan/atau kelalaian pihak pengguna Sistem Elektronik”

Maksud Pasal 15 UU ITE ayat 2, Penyedia sistem elektronik itu bertanggung jawab terhadap segala masalah yang terjadi didalam sistem tersebut. Contohnya jika terjadi masalah error atau gangguan pada suatu sistem yang sedang digunakan pengguna,penyedia dari sistem wajib bertanggung jawab atas masalah tersebut.

Maksud Pasal 15 UU ITE ayat 3, Penyedia sistem elektronik tidak dapat bertanggung jawab jika terjadi masalah diluar dalam sistem. Contohnya jika seseorang sehabis menarik uang di bank,lalu uang dari pengguna tersebut tidak sengaja hilang,maka itu bukanlah tanggung jawab penyedia sistem,melainkan kesalahan pengguna sendiri.

Kedua pasal diatas sudah sesuai dengan,

Pasal 28D ayat 1, “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.”

Pasal 28I ayat 4, “Perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah”.

Integrasi Nasional | Pertemuan 3

URGENSI INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

Nama Mahasiswa : Ramadhani Asrofa Kemal

NPM : 1915061028

Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan

Nama Dosen MK : Rio Ariestia Pradipta

Apa itu Integrasi Nasional ?

Integrasi berarti ketersediaan bersatu meski memiliki perbedaan. Sedangkan, Integrasi nasional merupakan usaha untuk mempersatukan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.

Contoh Masalah Integrasi Nasional yang terjadi di Indonesia.

Masalah Integrasi Nasional di Aceh

Pemberontakan di Aceh dipelopori oleh sebuah organisasi separatis yaitu GAM (Gerakan Aceh Merdeka). GAM yang dipimpin oleh Hasan di Tiro memiliki tujuan untuk lepas dari NKRI, tujuan untuk lepas disebabkan oleh adanya perbedaan keinginan yang terjadi sejak 1976 hingga tahun 2005, peristiwa ini memakan hampir 15.000 jiwa. Latar belakang yang paling jelas adalah perbedaan budaya dan penerapan agama islam antara Aceh dengan daerah lan di Indonesia, selain itu kebijakan pemerintahan Soeharto juga menjadi pendorong dibentuknya GAM. Operasi militer yang dilakukan TNI serta kehancuran yang disebabkan oleh Tsunami Aceh (2004) menjadi akhir dari pemberontakan dan diadakannya persetujuan perdamaian.

Masalah Integrasi Nasional di Papua

Konflik tentang papua dipelopori dengan berdirinya Organisasi Papua Merdeka. Organisasi Papua Merdeka (OPM) merupakan organisasi yang didirikan tahun 1965, namun sudah beroperasi tahun 1963 dan memiliki tujuan untuk memisahkan diri dari Indonesia. Gerakan ini sangat dilarang di Indonesia karena dianggap penghianatan, Perlawanan OPM terhadap TNI terjadi pertama kali tahun 1965, sejak dari peristiwa inilah OPM mulai berkembang.

Jadi, solusi yang terbaik dari pemerintah untuk mengatasi  permasalahan diatas adalah membuat perjanjian antara kedua belah pihak untuk mengakhiri konflik, Lebih bijak dan adil kepada setiap masyarakat, lebih memperhatikan rakyat kecil dan wilayah wilayah bagian Indonesia yang sulit dijangkau.

Solusi dari kita sebagai masyarakat, Kesadaran diri akan pentingnya menghargai perbedaan, lebih bersikap bijak dan adil, menjadi masyarakat yang nasionalis dan peduli akan negara.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Aceh_Merdeka

https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Papua_Merdeka

Identitas Nasional | Pertemuan 2

Esensi dan Urgensi Identitas Nasional Sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakteristik

Identitas Nasional adalah suatu jati diri dari suatu bangsa. Artinya, jati diri tersebut merupakan milik suatu bangsa dan berbeda dengan banga lainnya. Dalam garis besarnya, identitas nasional merupakan suatu jati diri yang tidak hanya mengacu pada individu tertentu, namun juga berlaku untuk suatu kelompok/organisasi/negara.

Identitas Nasional Bangsa Indonesia,

  • Bendera Merah Putih
  • Bahasa Indonesia
  • Lambang Garuda dan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
  • Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Pancasila sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia,

  • Religius
  • Menghormati bangsa dan manusia lain
  • Persatuan
  • Gotong royong dan musyawarah
  • Keadilan sosial

Sumber : https://salamadian.com/pengertian-identitas-nasional-indonesia/

Apa itu Pendidikan Kewarganegaraan ? | Pertemuan 1

Apa itu Pendidikan, Kewarganegaraan, dan Pendidikan Kewarganegaraan ?

Pendidikan, adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1)

Kewarganegaraan, adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara. (UU RI No. 12 Tahun 2006 Pasal 1 ayat 2)

Pendidikan Kewarganegaraan, adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan sumber2 pengetahuan lainnya, pengaruh2 positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, dan orang tua, yang kesemuanya itu diproses guna melatih para siswa untuk berpikir kritis, analitis, bersikap dan bertindak demokratis dalam mempersiapkan hidup demokratis yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Review Asus Zenbook Pro 15 UX580

Hallo, Saya Ramadhani, di post saya kali ini saya akan me-review Asus ZenBook Pro 15 UX580. Langsung saja,

Jadi disini, Asus memiliki inovasi unik untuk keluaran laptop barunya, yaitu pada “touchpad-nya” , asus mengganti touchpad yang biasa kita lihat menjadi touchscreen Full HD dengan ukuran 5.5 inch atau screenpad.

20180605_asus_zenbook_pro_15_ux580_screenpad_new

Desain

Asus ZenBook Pro 15 UX580 memiliki bodi yang ramping dengan berat sekitar 1.88 Kg, bobot tersebut terbilang wajar karena menggunakan bahan metal untuk seluruh bodinya. Layarnya sendiri memiliki ukuran 15.6 inci, dengan resolusi layar 4k UHD touchscreen yang didukung warna standar pantone. Keyboard tertata dengan baik, dan sudah dilengkapi fitur sidik jari pada bagian bawah kanan.

Fitur

Asus ZenBook Pro 15 UX580 dilengkapi dua port Thunderbolt 3 USB 3.1 Gen2 Type-C, dua port USB 3.1 Gen2 Type-A, port HDMI, MicroSD slot, 3.5mm audio jack, HD Webcam.

Fitur yang paling menarik, tentunya ScreenPad yang memiliki tiga mode penggunaan, yaitu mode ScreenPad, Touchpad, dan Extender.

ScreenPad bisa menjadi kontrol atau shortcut untuk membuka beragam aplikasi yang terpasang, dan juga bisa menjadi toolbar dari sebuah aplikasi ketika aplikasi tersebut dibuka. Pada mode Extender, jendela aplikasi bisa ditarik ke screenpad, contohnya kita bisa menarik youtube yang sedang berjalan ke dalam screenpad.

Performa

Asus ZenBook Pro 15 UX580 dilengkapi

Intel i9-8950HK
Nvidia GTX 1050TI
16GB DDR4-2400 Mhz
1TB SSD
15.6 inch touchscreen display

Kekurangan laptop ini adalah daya tahan baterai yang sedikit kurang, karena menggunakan fitur dua layar. Untuk menciptakan daya tahan baterai yang lumayan panjang, bisa dengan cara menggunakan screenpad hanya ketika digunakan saja.

Laptop ini dibanderol dengan harga $3,999 dan $3,199 untuk spesifikasi i7.

Kekurangan dan Kelebihan

Kekurangan. Daya Baterai yang kurang dan Harga yang lumayan mahal

Kelebihan. Inovasi ScreenPad, Spesifikasi yang sudah memumpuni, fitur lumayan lengkap, dan layar yang sudah touchscreen.

 

Sekian review dari saya. Terimakasih

Motivasi Masuk Teknik Informatika Unila

Motivasi saya masuk Teknik Informatika Unila adalah karena dari dulu saya sudah menyukai sesuatu yang berhubungan dengan komputer dan teknologi, dan saya juga ingin menjadi seseorang yang berguna dengan cara yang saya sukai, maka dari itu saya memutuskan untuk masuk Teknik Informatika.

Saya ingin belajar lebih dan lebih tanpa adanya paksaan, karena memang ini adalah pilihan saya.