Jurnal Perkuliahan: Digital Communication Content

Digital Communication Content

images (6)

Komunikasi digital

Komunikasi digital menggambarkan proses di mana dua atau lebih komputer atau perangkat mentransfer data, instruksi, dan informasi. Konsep Komunikasi Digital adalah konsep-konsep penting dalam komunikasi digital termasuk internet dan juga mencakup elemen-elemen yang tidak ada pada internet, seperti CD-ROMmultimedia, atau perangkat lunak komputer virtual reality (gambar tiga dimensi yang seperti nyata).

Lalu muncul komunikasi digital, yang mana kita melakukan interaksi dan penyampaian pesan melalui beberapa perangkat tambahan seperti komputerhandphoneinternet dan masih banyak lagi.

Jaringan

Network adalah istilah populer dari jaringan komputer. Network merupakan kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, dengan menggunakan peralatan tertentu. Dalam sebuah jaringan komputer, penggunaan peralatan tertentu ini dapat diakses secara bersama-sama (seperti disk dan printer) dan berhubungan dengan komputer induk sistem lain, yang letaknya berjauhan.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi dan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.

Media perantara peralatannya dapat berupa media kabel atau tanpa kabel (nirkabel), sehingga masing-masing komputer dapat terhubung dan saling bertukar data.

Jenis-Jenis Network (Jaringan Komputer)

1.Berdasarkan Luas Area

Dirangkum dalam Modul Kuliah Jaringan Komputer oleh Rifkie Primartha (2020: 10), network dapat dibagi menjadi empat jenis berdasarkan jangkauan areanya, yaitu:

  • LAN

Local area network (LAN) adalah jaringan komputer yang dibuat pada area tertutup. Misalnya, dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil, yang menggunakan resource bersama-sama, seperti penggunaan printer secara bersama, penggunaan media penyimpanan secara bersama, dan lain sebagainya.

  • MAN

Metropolitan area network (MAN) menggunakan metode yang sama dengan LAN, akan tetapi cakupannya lebih luas dibandingkan LAN. Area cakupan MAN bisa sebesar satu kota atau lebih besar lagi.

  • WAN

Wide area network (WAN) cakupannya lebih besar dibandingkan MAN. WAN dapat meliputi satu negara bahkan satu benua.

  • Internet

Internet adalah interkoneksi berbagai jaringan komputer yang ada di dunia. Cakupan internet mencapai satu planet (bahkan tidak menutup kemungkinanan antarplanet). Internet menggunakan protokol komunikasi yang khas, yaitu Internet Protocol (IP).

Selain LAN, MAN, WAN, dan Internet, masih ada beberapa jenis network lainnya, yaitu:

  1. Storage Area Network (SAN)
  2. Personal Area Network (PAN)
  3. Cluster Area Network (CAN)

Baik SAN, PAN, dan CAN, masih dapat dikelompokkan dalam LAN, MAN, WAN, dan Internet. Hanya saja, bentuk layanan dan cakupan areanya berbeda-beda. Sebagai contoh, SAN merupakan kumpulan berbagai perangkat penyimpanan (storage) yang dihubungkan melalui jaringan internet.

2. Berdasarkan Media Penghantar

Berdasarkan jenis media penghantarnya, network dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Wire Network

Wire network adalah network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

  • Wireless Network

Wireless network menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya. Oleh sebab itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses network tanpa harus memasang kabel pada komputernya.

3. Berdasarkan Pola Operasi

Network berdasarkan pola operasinya, dibagi menjadi dua jenis, di antaranya meliputi:

  • Client Server

Clinet server adalah network yang memiliki satu atau lebih komputer, yang dapat melayani komputer lain. Komputer yang melayani ini disebut server, sedangkan komputer yang dilayani disebut client. Contoh server antara lain, yaitu web serverfire server, dan lain sebagainya.

  • Peer to peer

Peer to peer adalah network yang setiap komputernya bisa melayani atau dilayani pada saat bersamaan. Peer to peer banyak diimplementasikan pada LAN, akan tetapi kemungkinan besar juga digunakan pada jenis network yang lebih besar cakupannya.

Standar dan Protokol Komunikasi Jaringan

  • ‌Ethernet: jenis protokol yang menggunakan suatu metode akses berupa CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).
  • ‌Token ring: jenis protokol yang dikembangkan oleh perusahaan IBM dengan metode akses pengiriman informasi yang berada di dalam satu lingkaran protokol.
  • ‌TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol): jenis standar komunikasi data yang terdiri dari sekumpulan protokol dan dipakai oleh komunitas internet secara global.
  • ‌Wi-Fi mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain.
  • ‌LTE adalah standar jaringan yang mendefinisikan bagaimana transmisi seluler berkecepatan tinggi menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler.
  • ‌Bluetooth adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.
  • ‌UWB (ultra-wideband) adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain.
  • ‌IrDA mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR).
  • ‌RFID adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan atau dilampirkan ke objek, hewan, atau orang.
  • ‌NFC (komunikasi jarak dekat) adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC

Perangkat Komunikasi

Perangkat komunikasi adalah semua jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima.

  • ‌Modem nirkabel menggunakan jaringan penyedia ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer atau ponsel.
  • ‌Modem broadband mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari saluran digital.
  • Titik akses nirkabel (WAP) adalah perangkat komunikasi pusat yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk mentransfer data secara nirkabel di antara mereka sendiri atau ke jaringan kabel.
  • Router menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tujuan yang benar di jaringan.
    Beberapa router menyediakan fungsionalitas tambahan:
    1. Router nirkabel Router pita lebar
    2. Router nirkabel pita lebar
    3. Router nirkabel broadband seluler.
  • Kartu jaringan memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki kemampuan jaringan internal untuk mengakses jaringan. Tersedia dalam berbagai gaya Hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik pusat untuk kabel dalam jaringan.

Media Transmisi

Media transmisi membawa satu atau lebih sinyal komunikasi.

Media broadband mengirimkan banyak sinyal secara bersamaan.
Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui media transmisi kadang-kadang disebut bandwidth. Latensi adalah waktu yang dibutuhkan sinyal untuk melakukan perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lain di jaringan.

Media transmisi terbagi 2
1. Media Transmisi Fisik

Kabel twisted-pair
Kabel koaksial
Kabel serat optik

2. Media Transmisi Nirkabel

  • ‌Radio siaran adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh.
  • ‌Radio seluler adalah bentuk radio siaran yang digunakan secara luas untuk komunikasi seluler.
  • ‌Gelombang mikro adalah gelombang radio yang menyediakan transmisi sinyal berkecepatan tinggi.
  • ‌Satelit komunikasi adalah stasiun ruang angkasa yang menerima sinyal gelombang mikro dari stasiun berbasis bumi, memperkuatnya, dan menyiarkan sinyal ke area yang luas ke sejumlah stasiun berbasis bumi.
  • ‌GPS (global positioning system) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima berbasis bumi yang menerima dan menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima.

Sumber Referensi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Konsep_komunikasi_digital

https://m-kumparan-com.cdn.ampproject.org/v/s/m.kumparan.com/amp/kabar-harian/network-adalah-jaringan-komputer-ini-penjelasannya-1wtcyReDR9z?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16371567957240&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Fkabar-harian%2Fnetwork-adalah-jaringan-komputer-ini-penjelasannya-1wtcyReDR9z

https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/protokol_jaringan_komputer_pengertian_fungsi_dan_jenisnya-710

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>