Jurnal Perkuliahan: Digital Storage

Digital Storage

Penyimpanan Digital

Digital storage – minerl512

Storage

Media penyimpanan adalah materi fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Membaca adalah proses pemindahan item dari media penyimpanan ke dalam memori. Menulis adalah proses pemindahan item dari memori ke media penyimpanan. perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang merekam dan/atau mengambil item ke dan dari media penyimpanan. Jenis penyimpanan sendiri diantaranya Internal hard disk, External harddisk, Internal solid-state drive, memory card, USB flash drive, Cloud storage, Optical discs, Network attached storage devices, Magnetic stripe card, Smart card, RFID tags, dan NFC tags. Kapasitas penyimpanan adalah jumlah byte yang dapat ditampung oleh media penyimpanan.

NurFahri's Blog » Post Topic Pengantar Teknologi Informasi - Digital  Storage | NurFahri's Blog

Pada penyimpanan item pada media penyimpanan tetap utuh bahkan ketika Anda mematikan komputer atau perangkat seluler. Untuk Ukuran waktu akses antara momori dan storage adalah jumlah waktu yang dibutuhkan perangkat penyimpanan untuk menemukan item pada media penyimpanan dan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan sebuah item dari memori ke prosesor. Perbedaan memori dan storage pada perbandingann saat mentransfer pada memori lebih cepat dibanding storage. Hard Drive

Hard Drive

Hard Disk Drive
Hard Disk Drive (juga dikenal sebagai hard drive, HD, atau HDD) dapat ditemukan terpasang di hampir setiap komputer desktop dan laptop. Ini menyimpan file untuk sistem operasi dan program perangkat lunak, serta dokumen pengguna, seperti foto, file teks, dan audio. Hard drive menggunakan penyimpanan magnetik untuk merekam dan mengambil informasi digital ke dan dari satu atau lebih disk yang berputar cepat.

SSD (Drive Solid State)

SSD (Drive Solid State) adalah tipe hard drive yang lebih baru. SSD telah menjadi format yang disukai untuk hard drive internal laptop canggih, dan semua smartphone serta tablet juga menggunakan bentuk dari SSD. Solid-State Drive memakai memori flash, yang juga digunakan dalam USB flash drive dan kartu memori untuk kamera digital. Tidak ada magnet yang terlibat di sini, SSD memakai semikonduktor yang menyimpan data dengan mengubah status kelistrikan dari triliunan sirkuit yang terkandung di dalam SSD. Karena tidak memiliki bagian yang bergerak, SSD tidak hanya bekerja lebih cepat (karena tidak perlu menunggu cakram berputar dan kepala untuk mengumpulkan informasi), selain itu SSD juga lebih awet daripada HDD. SDD jauh lebih mahal untuk diproduksi, jadi meski semakin banyak digunakan sebagai disk drive utama untuk laptop dan PC canggih, hard disk masih dipilih oleh banyak orang karena lebih murah sebagai opsi eksternal.

Hard Drive Ekternal

Hard Drive Eksternal adalah hard drive yang terintegrasi dalam sebuah komputer. Ini adalah perangkat portabel yang dapat Anda pasang pada komputer mana pun untuk mengakses data yang disimpannya. Meski hard drive internal terkait langsung dengan motherboard komputer dan menyimpan data sistem operasi, driver, dan perangkat lunak selain file Anda, hard drive eksternal digunakan sebagian besar untuk menyimpan file pribadi. Hard drive komputer biasanya dapat dilepas dan ditingkatkan, namun ini merupakan tugas yang sulit, jadi banyak yang memilih hard drive eksternal saat ruang pada komputer mereka semakin sedikit.

RAID (Redundant Array of Independent Disks)

RAID atau Redundant Array of Independent Disks adalah teknologi di dalam penyimpanan data komputer yang digunakan untuk mengimplementasikan fitur toleransi kesalahan pada media penyimpanan komputer (khususnya hard disk). Teknologi RAID menggunakan cara penumpukan data menggunakan perangkat lunak dan unit perangkat keras RAID yang terpisah.

Portable Flash Memory Storage

Kartu Memori (Memory Card) adalah alat yang dipakai untuk media penyimpanan data digital pada sebuah perangkat, contohnya gadget seperti kamera digital, PDA dan Handphone, laptop, tablet dll.

Drive USB, juga disebut flash drive atau stik memori, adalah perangkat portabel kecil yang disambungkan ke port USB pada komputer Anda. Drive USB biasanya digunakan untuk penyimpanan, pencadangan data, serta transfer file antar perangkat. Drive USB hadir dalam beragam kapasitas penyimpanan dan berbagai jenis port, yang masing-masing memiliki bentuk unik. Drive USB yang digunakan dapat bervariasi, tergantung pada jenis komputer yang akan disambungkan dengan drive

Cloud Storage

Penyimpanan cloud menyimpan informasi di server di internet, dan media aktual tempat file disimpan transparan bagi pengguna. Penyimpanan awan menawarkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada flash drive USB dan opsi penyimpanan fisik lainnya.

 

Optical Disk

Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. Optical disk pertama kali ditemukan pada tahun 1958. Kemudian teknologi ini dipatenkan beberapa tahun kemudian. Perkembangan berikutnya, ditemukan teknologi optical media untuk data video dalm laser disc yang dikeluarkan oleh philips, pada tahun 1978.Berlanjut setelah itu, audio compact disc (CD) dikeluarkan sony pada tahun 1983.

Optic Disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1.  Menggunakan laser untuk menulis dan membaca data.
  2. Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar.
  3.  Dapat membaca lebih cepat

Compact Disc (CD)
CD atau laser optical disc adalah jenis Piringan optik generasi pertama kali yang muncul sebelum adanya DVD. proses read dan write masih dilakukan oleh sinar laser. Oleh karena itu CD jauh lebih cepat dibanding Disket.
Ada 3 macam CD diantaranya adalah :

  1. CD ROM (Compact disc read only memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data yang cukup besar, dapat mencapai 700MB
  1. CD-WORM (Compact disc write only memory) adalah compact disc yang dapat ditulis lewat komputer . sesuai namanya proses menulis hanya dapat dilakukan sekali, setelah ditulis data tidak bisa dihapus atau dirubah. biasanya dikenal dengan CD-R(Recordable).
  2. CD-RW (Compact Disc Rewritable) adalah Compact Disc yang memungkinkan data yang sudah direkam dapat dihapuis dan diganti dengan data yang baru.
  3. CD-R (Compact Disc Recordable) merupakan CD yang hanya bisa menyimpan data dan isinya tidak bisa diubah lagi.Digital Video Disc (DVD)
    DVD adalah generasi selanjutnya dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD berkapasitas jauh lebih besar dibanding CD. Dan juga jauh lebih cepat dengan Kecepatan rata-rata transfer hingga 1,321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12MB/s

Enterprise Storage

Penyimpanan perusahaan adalah gudang terpusat untuk informasi penting bisnis yang menyediakan berbagi data, manajemen data, dan perlindungan data di berbagai sistem komputer (dan seringkali berbeda). Baik berbasis cloud, di tempat, atau sebagai solusi cloud hybrid, penyimpanan perusahaan dapat menangani volume data yang besar dan sejumlah besar pengguna. Ini menawarkan kinerja, ketersediaan, dan skalabilitas yang lebih baik daripada opsi penyimpanan tradisional. Penyimpanan perusahaan dapat mencakup jaringan area penyimpanan (SAN), perangkat penyimpanan yang terpasang ke jaringan (NAS), atau penyimpanan yang ditentukan perangkat lunak (SDS).

 

Other Types of Storage

Magnetic Stripe Card adalah salah satu kartu identitas yang dapat menyimpan data/informasi dengan memodifikasi daya magnet dari partikel-partikel magnetik yang terdapat pada pita hitam. Data dimasukkan ke dalam deretan partikel magnet dengan cara mengatur polaritas magnet tersebut. Data pada Magnetic Stripe Card dapat dibaca dengan menggunakan alat pembaca kartu (Swipe Reader). Alat tersebut memiliki slot yang digunakan untuk menggesekkan/melewatkan Magnetic Stripe Card. Swipe Reader ini tidak dapat bekerja dengan normal jika kecepatan gesek kartu terlalu cepat atau terlalu lambat. Swipe Reader jenis ini banyak digunakan pada jenis kartu kredit.

Kemampuan kartu pintar yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terenkripsi dalam suatu komponen sirkuit terpadu ini. Memungkinkan pemegangnya dapat melakukan beragam transaksi dengan cepat, dan aman. Teknologi smart card berperan membantu kinerja sistem informasi akademik agar memungkinkan proses transaksi secara offlinesehingga meminimalkan kebutuhan akan koneksi.

RFID TAG dapat berupa perangkat read-only yang berarti hanya dapat dibaca saja ataupun perangkat read-write yang berarti dapat dibaca dan ditulis ulang untuk update. RFID TAG mempunyai dua bagian penting yaitu Integrated Circuit (IC) yang berfungsi menyimpan dan memproses informasi. Dan antenna yang berfungsi menerima dan mengirim sinyal RF.

Sedangkan RFID READER merupakan alat pembaca RFID TAG yang terdiri dari pasif dalam artian hanya menerima sinal radio dari RFID TAG AKTF dan aktif yang memiliki sistem pembaca aktif dan memancarkan sinyal interogator serta meneima balasan autentikasi dari TAG.

NFC tag adalah penghubung untuk memulai fitur dengan menggunakan NFC. NFC tag yang telah diprogram memungkinkan pengguna untuk mengendalikan berbagai fungsi pada ponsel mereka secara otomatis, hanya dengan satu kali tap.
SUMBER REFERENSI

https://www.suse.com/suse-defines/definition/enterprise-storage/

https://inet.detik.com/cyberlife/d-2878793/fungsi-nfc-yang-banyak-orang-belum-tahu

https://www.kingston.com/id/solutions/mobile-lifestyle/how-to-use-a-usb-drive-on-windows

https://elektro.umy.ac.id/sistem-kerja-rfid-tag/

https://www.tptumetro.com/2020/06/kartu-pintar-magnetic-stripe-card-smart.html

http://artikellas.blogspot.com/2018/02/apa-itu-optical-disk-assalamualaikum-wr.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>