Computing Components

Pinka Ananda-2115061089

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Bersama saya untuk membahas materi perkuliahan pengantar teknologi digital mengenai komponen komputasi. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai komponen komputasi, komponen komputer adalah komponen yang ada dalam suatu perangkat komputer. Berikut kita simak bersama penjelasan mengenai komponen-komponen dalam komputer.

12 Bagian-Bagian Komputer yang Harus Anda Tahu (+Fungsinya)

Komponen Komputer

A. Case

Casing mengisi dan melindungi komputer elektronik atau perangkat seluler dari kerusakan.

Case PC Gaming Sades Optimus Casing Komputer - Free 2 Pcs Fan Case RGB |  Shopee Indonesia

Bagian-bagian di dalam casing di antaranya. Motherboard adalah papan arena utama komputer.

Pengenalan MotherBoard (Komputer dan Jaringan Dasar) - SMKN 1 PANJALU

B. Processor

Processor atau disebut juga Central Processing Unit (CPU), menginterpretasikan dan melaksanakan instruksi dasar yang mengoperasikan komputer. Processor berisi unit kontrol dan arithmetics logic unit (ALU). Unit kontrol adalah komponen pada processor yang mengarahkan dan mengoordinasikan sebagian besar operasi dalam komputer. Sedangkan arithmetics logic unit (ALU) menunjukkan aritmatika, perbandingan, dan operasi lainnya. Pada processor berisi register untuk sementara menyimpan data dan instruksi.

  1. Multi-core processor adalah chip tunggal dengan dua atau lebih inti processor terpisah.
  2. System clock mengontrol waktu semua operasi komputer, kecepatan pada system clock disebut clock speed dan biasa diukur dalam gigahertz (GHz).
  3. Manufaktur chip processor komputer pribadi terkemuka adalah AMD dan Intel. Untu Chip Processor menghasilkan panas yang dapat menyebabkan chip menjadi tidak berfungsi atau gagal fungsi jika dibiarkan terlalu panas. Maka diperlukan pendingin tambahan seperti Heat sinks, Liquid cooling technology, dan cooling pads.                                                Best Cooling Pads for Gaming Laptops 2021 - Gamer Necessary

C. Cloud Computing

Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. Pengguna rumahan dan bisnis memilih cloud computing karena berbagai alasan. Salah satu mudah untuk diakses dimana saja dan kapan saja asal tersambung dengan internet.

Komputasi grid png | PNGWing

D. Data Representation

Sirkuit di komputer atau perangkat seluler mewakili keadaan hidup atau mati secara elektronik dengan ada atau tidak adanya muatan elektronik. Untuk delapan bit yang dikelompokkan bersama sebagai satu unit disebut byte. Satu byte mewakili satu karakter di komputer atau perangkat seluler.

 E. Memory

Memori terdiri dari komponen eletronik yang menyimpan instruksi untuk dieksekusi oleh processor, data yang dibutuhkan oleh instruksi tersebut, dan hasil pemrosesan data. Ukuran memori umumnya berukuran gigabytes (GB) or terabytes (TB). Cache memori mempercepat proses komputer karena menyimpan instruksi dan data yang sering digunakan. Untuk memori flash dapat dihapus secara elektronik dan ditulis ulang, pada teknologi CMOS menggunakan daya baterai untuk menyimpan informasi saat daya ke komputer mati. Dan waktu akses pada memori ini adalah jumlah waktu yang dibutuhkan processor untuk membaca dari memori diukur dalam nanodetik.

F. Adapters

Adapter card ini meningkatkan fungsi komonen unit sistem desktop atau server dan/atau menyediakan koneksi ke periferal berupa kartu suara dan kartu video. Lalu Expansion slot adalah  soet pada motherboard desktop atau server yang dapat menampung kartu adaptor. Beberapa tipe Adapter card yaitu bluetooth, MIDI, Modem, Network, Sound, TV tuner, USB, Video, dan Video capture.

Dengan Plud and Play, komputer automatis dapat mengenali perangkat periferal yang diinstal. Dan Adaptor USB ,  meningkatkan fungsi komputer seluler atau menyediakan koneksi ke perangkat periferal.

G. Buses

Sebuah buses memungkinkan berbagai perangkat baik di dalam dan terpasang ke unit sistem untuk berkomuniksi suatu sama lain, dan terdapat bus data dan alamat bus. Untuk ukuran kata adalah jumlah bit yang dapat ditafsirkan dan dieksekusi oleh processor pada waktu tertentu.

Terdapat 3 jenis sistem buses

  1.  Sistem bus
  2. Backside bus
  3. Expansion bus

H. Power Supply and Baterry

Penyedia Daya atau adaptor laptop AC mengkonversikan dinding outlet daya AC ke dalam daya DC. Untuk komputer dan perangkat seluler dapat berjalan menggunakan power supply atau baterai. Baterai biasanya adalah baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang.

ATX-400PA-B204 - Sparkle Power - ATX 400W Power SupplyHow to Repair a Laptop Battery - BatteriesInAFlash Blog

 

Sumber Referensi

http://fajarhariawan.blogspot.com/2017/10/pengertian-dari-cloud-computing-mobile.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>