Plan and organise (PO2)

TKTI Kelompok 1

Turing Machine

Kelompok 6

Review Kuliah Kunjungan Lapangan

13151651_10154096081287822_4330851250059556681_n
Kuliah kunjungan lapangan yang dilaksanakan pada Hari Selasa, 3 Mei 2016 yang diikuti bersama 34 teman dari Teknik Informatika lainnya. Kami berangkat pada pukul 13.00 WIB dan memulai acara pada pukul 14.00 WIB. Awalnya kami berfoto bersama sebelum masuk kedalam ruangan, sudah tidak asing melihat kantor pusat PT. Telkom cabang wilayah Lampung ini yang terletak di Jalan Raden Ajeng Kartini No.1 ini, jika kalian pergi ke karang hany sekedar lewat dan berdiri didepan kantor telkom kali ini saya mendapatkan pengalaman yang berharga mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baru tentang telkom area Lampung.

Kami di berikan materi di ruang aula , dengan pemateri yang jenaka menurut saya cukup membuat suasana yang seharusnya untuk tidur siang ini kita mendapatkan full of new knowledge. Kami disambut oleh Pak Eko yang merupakan sesepuh di PT. Telkom cabang wilayah Lampung ini. Beliau memberikan gambaran dari sistem kerja di PT. Telkom Indonesia. Beliau juga menjelaskan cara kerja seperti MEN (Metro Ethernet Network), konfigurasi jaringan, Package Erouter, layanan entertainment PT. Telkon yakni telepon, TV, dan internet, serta layanan IPTV, dan hal-hal yang baru kami tahu.

Berikut notulensi yang saya dapat ketika mengikuli kuliah dari Pak Eko: “Target PT. Telkom per 2015 adalah 100 triliun, namun hasil pencapaiannya lebih dari yang ditargetkan. Dan Rp 100 triliun dari pencapaian masuk ke APBN yang diatur oleh Kemenkeu”.

Ini beberapa pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa/i Teknik Informatika kepada Pak Eko seputar jaringan PT. Telkom:

  1. (Meri Fitriani)

Apa perbedaan MPLS Networks dan Access Networks?

Jawaban:  Sama saja tidak ada beda.

 

  1. (Wulan Rahma Izzati)

Apa saja kerusakan paling parah jaringan di PT. Telkom?

Jawaban: Perawatan atau maintenance memiliki masanya atau sering disebut lifetime.

Contohnya: (Penggalian PAM yang sering bersinggungan dengan kabel telkom ketika menggali).

 

  1.  (Restu Pratiwi)

Keamaan jaringan apa sajayang sering terbajak oleh hacker  di PT. Telkom sendiri dan bagaimana cara menanganinya?

Jawaban:  Fiber Optic dianalisis jauh lebih aman dibanding dengan kabel tembaga. Karena nilai ekonomi dari fiber optic sama sekali tidak ada. Jika dibandingkan dengan kabel tembaga yang laku dijual perkilonya. Sering kali pada masyarakat Indonesia melakukan hal buruk ini. PT.Telkom wilayah Lampung tidak berfokus pada hacking atau pelakunya kereha hanya ke server dan FO/ketersediaan jaringan internet saja fokus nya. Masalah hacker sudah ada yang menangani yakni di kantor pusat.

13177549_10154096088662822_9099993995636151594_n

 Penyerahan cendramata dari kami untuk telkom Lampung

Struktur Data (Sorting)

unila-blue

Nama : Wulan Rahma Izzati

NPM : 1415061040

Tugas Struktur Data I “Sorting”

Prodi Teknik Informatika Universitas Lampung

Sorting

Bubble sort merupakan algoritma pengurutan / metode sorting paling sering digunakan dengan metode pengurutan paling sederhana. pada metode bubble sort, Pengurutan yang dilakukan dengan cara membandingkan masing-masing item / data dalam suatu list secara berpasangan, lalu menukar item tersebut jika diperlukan, dan mengulanginya sampai akhir list secara berurutan dengan sempurna, sehingga tidak ada lagi item yang dapat ditukar.

Insertion sort merupakan salah satu metode sorting dengan cara menyisipkan / insert. Pada dasarnya insertion sort memilah data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yang belum diurutkan dan yang sudah diurutkan. Elemen pertama diambil dari bagian array yang belum diurutkan dan kemudian diletakkan sesuai posisinya pada bagian lain dari array yang telah diurutkan. Langkah ini dilakukan secara berulang hingga tidak ada lagi elemen yang tersisa pada bagian array yang belum diurutkan tersebut.

Shell sort merupakan metode pengurutan yang hampir sama dengan insertion sort, dimana pada setiap nilai i dalam n/i item diurutkan. Pada setiap pergantian nilai, i dikurangi sampai 1 sebagai nilai terakhir

Merge Sort merupakan jenis pengurutan yang dirumuskan dalam 3 tahap berpola divide-and-conquer. Berikut tahapan Merge Sort :

  • Divide = Memilah elemen – elemen dari rangkaian data menjadi dua bagian.
  • Conquer = setiap bagian dengan memanggil prosedur merge sort secara rekursif

Kombinasi = Mengkombinasikan dua bagian tersebut secara rekursif untuk mendapatkan rangkaian data yang berurutan.
Proses rekursi berhenti jika mencapai elemen dasar. Hal ini terjadi jika bagian yang akan diurutkan menyisakan tepat satu elemen. Sisa pengurutan satu elemen tersebut menandakan bahwa bagian tersebut telah terurut sesuai rangkaian yagn dikehendaki.

Quick sort merupakan metode pengurutan dengan algoritma berdasarkan pola divide-and-conquer. Algoritma ini hanya memiliki 2 langkah sebagai berikur :

  • Divide = bisa dikatakan Memilah rangkaian data menjadi dua sub-rangkaian A[p…q-1] dan A[q+1…r] dimana setiap elemen A[p…q-1] adalah kurang dari atau sama dengan A[q] dan setiap elemen pada A[q+1…r] adalah lebih besar atau sama dengan elemen pada A[q]. A[q] disebut sebagai elemen pivot. Perhitungan pada elemen q merupakan salah satu bagian dari prosedur pemisahan.
  • Conquer = dengan cara Mengurutkan elemen pada sub-rangkaian secara rekursif. Pada algoritma quicksort, langkah ”kombinasi” tidak di lakukan karena telah terjadi pengurutan elemen – elemen pada sub-array.

Selection sort adalah mencari elemen yang tepat untuk diletakkan di posisi yang telah diketahui, dan meletakkannya di posisi tersebut setelah data tersebut ditemukan, selection Sort Membandingkan elemen yang sekarang dengan elemen yang berikutnya sampai dengan elemen yang terakhir. Jika ditemukan elemen lain yang lebih kecil dari elemen sekarang
maka dicatat posisinya dan kemudian ditukar. Pengurutan data dalam struktur data sangat penting untuk data yang beripe data numerik ataupun karakter.Pengurutan dapat dilakukan secara ascending (urut naik) dan descending (urut turun) Pengurutan (Sorting) adalah proses menyusun kembali data yang sebelumnya telah disusun dengan suatu pola tertentu, sehingga tersusun secara teratur menurut aturan tertentu. Metode ini memiliki konsep memilih data yang maksimum/minimum dari suatu kumpulan data larik L, lalu menempatkan data tersebut ke elemen paling akhir atau paling awal sesuai pengurutan yang diinginkan. Data maksimum/minimum yang diperoleh, diasingkan ke tempat lain, dan tidak diikutsertakan pada proses pencarian data maksimum/minimum berikutnya.

 

Pada tugas sorting kali ini saya menggunakan bahasa pemrograman Python 2.7 dengan perangkat yang digunakan adalah Laptop Asus tipe X450C Series dengan rincian:

Untitled

 

Grafik dibawah ini menujukan perbandingan dari Iterasi-1 sampai Iterasi-10 dari enam macam jenis sorting:

Setalah melakukan percobaan data yang didapatkan dengan iterasi sebanyak 10 kali dengan menggunakan 5 macam jenis sorting yaitu Bubble sort, Insertion sort, Merge sort, Quick sort, dan Shell sort. Menunjukan bahwa Merge Sort memiliki kecepatan paling tinggi dalam mensorting 10.000 data dengan kecepatan 0.12/detik . Pada bubble sort memiliki rata-rata kecepatan dalam mensorting adalah 20.70/detik, insertion sort memiliki rata-rata kecepatan dalam mensorting adalah 10.12/detik, merge sort memiliki rata-rata kecepatan dalam mensorting adalah 0.12/detik, quick sort memiliki rata-rata kecepatan dalam mensorting adalah 0.78/detik, selection sort memiliki rata-rata kecepatan dalam mensorting adalah 7.29/detik, sedangkan shell sort memiliki rata-rata kecepatan dalam mensorting adalah 0.15/detik/.

 

Referensi :

http://visualgo.net/sorting.html

https://lunarphue.wordpress.com/asd/macam-macam-sorting/

http://andiagusta.blogspot.co.id/2014/03/metode-pengurutan-pilih-selection-sort_5424.html

 

Ilmu Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan

A. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan itu sendiri memiliki banyak kata yang dapat mendefinisikan Kecerdasan Buatan, diantaranya adalah:

  • Suatu studi yang mengupayakan bagaimana agar komputer berlaku cerdas
  • Studi yang membuat komputer dapat menyelesaikan persoalan yang sulit
  • Teknologiyang mensimulasikan kecerdasan manusia, yaitu bagaimana mendefinisikan dan mencoba menyelesaikan persoalan menggunakan komputer dengan meniru bagaimana manusia menyelesaikan dengan cepat.

Dengan beberapa definisi di atas,menunjukan bahwa Kecerdasan Buatan menawarkan baik media maupun uji teori kecerdasan. Teori-teori ini dapat dinyatakan dalam bahasa program komputer dan dibuktikan eksekusinya pada komputer nyata.

B. Sejarah Kecerdasan Buatan

Pada tahun 1950-an para ilmuwan dan peneliti mulai memikirkan bagaimana caranya agar mesin dapat melakukan pekerjaannya seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Alan Turing,  seorang matematikawan yang berasal dari Inggris, yang mulai melakukan test untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas. Hasil tes tersebutkemudian dikenal dengan “Turing Test”. Turing beranggapan bahwa, jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka  dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas.Namun kecerdasan buatan itu sendiri diciptakan oleh seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bernama John McCarthy pada tahun 1956 pada saat Dartmouth Conference yang dihadiri oleh para peneliti Al.

C. Lingkup utama dalam Kecerdasan Buatan adalah:

  1. Sistem Pakar (Expert System). Disini komputer digunakan sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
  2. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing). Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
  3. Pengenalan Ucapan (Speech Recognition). Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
  4. Robotika & Sistem Sensor (Robotics & Sensory Systems).
  5. Computer Vision, mencoba untuk dapat menginterpretasikan gambar atau obyek- obyek tampak melalui komputer.
  6. Intelligent Computer-aided Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
  7. Game playing.

C.1 LINGKUP KECERDASAN BUATAN PADA APLIKASI KOMERSIAL

Sejalan dengan berkembangnya permasalahan manusia, maka manusia harus menggunakan sumber daya secara efisien. Untuk melakukan hal tersebut, maka kita membutuhkan bantuan dengan kualitas yang tinggi dari komputer. Dalam kehidupan manusia, komputer dapat membantu dalam bidang:

  • Pertanian, komputer dapat mengkontrol robot yang melakukan kontrol terhadap hama, pemangkasan pohon, pemilihan hasil panen.
  • Pabrik, komputer dapat menkontrol robot yang harus mengerjakan pekerjaan berbahaya dan membosankan, inspeksi dan melakukan maintenance pekerjaan.
  • Kesehatan, komputer dapat membantu untuk mendiagnosis penyakit, melakukan monitoring kondisi pasien, memberikan treatment yang cocok.
  • Pekerjaan Rumah Tangga, komputer dapat memberikan nasihat dalam memasak dan berbelanja, membantu membersihkan lantai, memotong rumput, mencuci pakaian, dan melakukan maintenance terhadap pekerjaan.

D. Kecerdasan Buatan Vs Kecerdasan Alami

 Keuntungan Kecerdasan Buatan:

  • Lebih bersifat permanen, sdgkan kec. alami akancepat mengalami perubahan. Faktor sifat manusiayang pelupa.
  • Lebih mudah diduplikasi dan disebarkan, sdgkan mentransfer pengetahuan manusia dari satu org ke org lain membutuhkan proses yg sangat lama.
  •  Lebih murah dibanding dengan kec. alami.
  • Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibandingkan dengan mendatangkan seseorang utk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu lama
  • Bersifat konsisten, krn merupakan bagian dari teknologi komputer sdgkan kec. alami akan senantiasa berubah-ubah
  • Dapat didokumentasikan, keputusan yang dibuat oleh komputer dapat didokumentasikan dengan mudah melalui log systemnya sdgkan kec. alami sangat sulit untuk direproduksi
  • Dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat Dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik

Keuntungan Kecerdasan Alami:

  • Kreatif, kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan sangat melekat di jiwa manusia.
  • Memungkinkan untuk menggunakan pengalaman secara langsung
  • Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sdgkan kec. buatan sangat terbatas
E. Lingkup Kec. Buatan pada Aplikasi
Komersial
Lingkup Utama:
-         Sistem Pakar (Expert System)
-         Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
-         Pengenalan Ucapan (Speech Recognition)
-         Robotika&Sistem Sensor (Robotics&Sensory Systems)
-         Computer Vision
-         Intelligent Computer-aided Instruction
-         Game Playing
Soft Computing
Definisi
Koleksi dari beberapa metodologi yang bertujuan untuk mengeksploitasi adanya toleransi terhadap ketidaktepatan, ketidakpastian, dan kebenaran parsial untuk dapat diselesaikan dengan mudah, robustness, dan biaya penyelesaiannya murah.
Unsur-unsur pokok dalam Soft Computing
-         Sistem Fuzzy (mengakomodasi ketidaktepatan)
-         Jaringan Syaraf (mengakomodasi pembelajaran)
-         Probabilistic Reasoning (mengakomodasi ketidakpastian)
-         Evolutionary Computing (optimasi)
Karakteristik Soft Computing:
-         Memerlukan keahlian manusia, apabila direpresentasikan dalam bentuk    aturan (IF-THEN)
-         Model komputasinya diilhami oleh proses biologis
-         Merupakan teknik optimasi baru
-         Menggunakan komputasi numeris
-         Memiliki toleransi kegagalan (meskipun kualitasnya berangsur-angsur memburuk)

Framework

Yeaph~ this my 4th post , this is wanna talking about framework, trying to love about all about programing world hahah let’s share :

In general, a framework is a real or conceptual structure intended to serve as a support or guide for the building of something that expands the structure into something useful.

In computer systems, a framework is often a layered structure indicating what kind of programs can or should be built and how they would interrelate. Some computer system frameworks also include actual programs, specify programming interfaces, or offer programming tools for using the frameworks. A framework may be for a set of functions within a system and how they interrelate; the layers of an operating system; the layers of an application subsystem; how communication should be standardized at some level of a network; and so forth. A framework is generally more comprehensive than a protocol and more prescriptive than a structure.

A framework is similar to an application programming interface (API), though technically a framework includes an API. As the name suggests, a framework serves as a foundation for programming, while an API provides access to the elements supported by the framework. A framework may also include code libraries, a compiler, and other programs used in the software development process.

Several different types of software frameworks exist. Popular examples include ActiveX and .NET for Windows development, Cocoa for Mac OS X, Cocoa Touch for iOS, and the Android Application Framework for Android. Software development kits (SDKs) are available for each of these frameworks and include programming tools designed specifically for the corresponding framework. For example, Apple’s Xcode development software includes a Mac OS X SDK designed for writing and compiling applications for the Cocoa framework.

In many cases, a software framework is supported natively by an operating system. For example, a program written for the Android Application Framework will run on an Android device without requiring other additional files to be installed. However, some applications require a specific framework in order to run. For example, a Windows program may require Microsoft .NET Framework 4.0, which is not installed on all Windows machines (especially PCs running older versions of Windows). In this case, the Microsoft .NET Framework 4 installer package must be installed in order for the program to run.

NOTE: While frameworks generally refer to broad software development platforms, the term can also be used to describe a specific framework within a larger programming environment. For example, multiple Java frameworks, such as Spring, ZK, and the Java Collections Framework (JCF) can be used to create Java programs. Additionally, Apple has created several specific frameworks that can be accessed by OS X programs. These frameworks are saved with a .FRAMEWORK file extension and are installed in the /System/Library/Frameworks directory. Examples of OS X frameworks include Address Book .framework, Core Audio. framework, Core Text. framework, and Quick Time.framework.

Source :

http://techterms.com/definition/framework

http://whatis.techtarget.com/definition/framework

 

Dasar Elektronika (Penguat Daya dan Penguat Tegangan)

 Penguat Tegangan         

Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, pemotong (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya.

Transistor sebagai penguat, sudah bukan barang yang tabu lagi di dunia rangkaian elektronika bahwa transistor dapat kita gunakan untuk berbagai macam keperluan salah satunya sebut saja salah satu fungsinya yaitu transistor yang digunakan sebagai penguat. Nah penggunaan ini biasanya paling banyak digunakan di rangkaian rangkaian elektronika yang sifatnya masih analog misalnya saja ketika diggunakan sebagai penguat yaitu penguat arus,penguat tegangan, dan penguat daya. Fungsi komponen semikonduktor ini dapat kita temui pada rangkaian Pree-Amp Head , Pree-Amp Mic, Mixer, Echo, Tone Control, Amplifier dan lain-lain.

Pada umumnya, transistor memiliki 3 terminal. Tegangan atau arus yang dipasang di satu terminalnya mengatur arus yang lebih besar yang melalui 2 terminal lainnya. Transistor adalah komponen yang sangat penting dalam dunia elektronik modern. Dalam  angkaian analog, transistor digunakan dalam amplifier (penguat). Rangkaian analog melingkupi pengeras suara, sumber listrik stabil, dan penguat sinyal radio. Dalam rangkaian-rangkaiandigital, transistor digunakan sebagai saklar berkecepatan tinggi. Beberapa transistor juga dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai logic gate, memori, dan komponen-komponen lainnya.

Prinsip yang di pakai didalam transistor sebagai penguat yaitu arus kecil pada basis dipakai untuk mengontrol arus yang lebih besar yang diberikan ke kolektor melalui transistor tersebut. Dari sini bisa kita lihat bahwa fungsi dari transistor adalah hanya sebagai penguat ketika arus basis akan berubah. Perubahan arus kecil pada basis inilah yang dinamakan dengan perubahan besar pada arus yang mengalir dari kolektor ke emitter.

Kelebihan dari transistor penguat bukan sekedar bisa menguatkan sinyal, namun transistor ini juga dapat di pakai sebagai penguat arus, penguat daya dan penguat tegangan. Di bawah ini gambar yang biasa di pakai dalam rangkaian transistor khususnya sebagai penguat yang biasa di pakai dalam rangkaian amplifier sederhana

Untuk Eksperiment Silakan dibandingkan Input/Output dari rangkaian Penguat Berikut:

Penguat Kelas A

Penguat kelas B

Penguat kelas AB

Berdasarkan cara pemasangan ground dan pengambilan output, transistor yang  sebagai penguat  dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

  1. Penguat Common Base (grounded-base)

Penguat Common Base adalah penguat yang kaki basis transistor di groundkan, lalu input di masukkan ke emitor dan output diambil pada kaki kolektor. Penguat Common Base mempunyai karakter sebagai penguat tegangan.

Sifat atau karakter pada Penguat Common Base adalah :

  • Adanya isolasi input dan output tinggi sehingga Feedback lebih kecil
  • Cocok sebagai Pre-Amp karena mempunyai impedansi input tinggi yang dapat menguatkan sinyal kecil
  • Dapat dipakai sebagai penguat frekuensi tinggi (biasanya terdapat pada jalur UHF dan VHF)
  • Dapat dipakai sebagai buffer atau penyangga

 

 

  1. Penguat Common Emitor

Penguat Common Emitor adalah penguat yang kaki emitor transistor di groundkan, lalu input di masukkan ke basis dan output diambil pada kaki kolektor . serta mempunyai karakter sebagai penguat tegangan. Pada rangkaian ini Emitor di-ground-kan/ ditanahkan, Input adalah Basis, dan output adalah Collector.

Sifat atau karakter pada Transistor sebagai Penguat Common Emitor:

  • Signal output berbeda phasa 180 derajat atau berbalik phasa sebesar 180 derajat terhadap sinyal input.
  • Sangat memungkinkan adanya osilasi akibat feedback atau umpan balik positif,sehingga  untuk mencegahnya sering dipasang feedback negatif.
  • Sering dipakai sebagai penguat audio (frekuensi rendah) terutama pada sinyal audio
  • Mempunyai stabilitas penguatan rendah karena tergantung stabilitas suhu dan bias transistor

 

  1. Penguat Common Collector

Penguat Common Collector adalah penguat  dimana kaki kolektor transistor di groundkan / ditanahkan , lalu input di masukkan ke basis dan output diambil pada kaki emitor dan penguat ini berkarakteristik sebagai penguat arus. Rangkaian ini hampir sama dengan Common Emitor tetapi outputnya diambil dari Emitor. Input dihubungkan ke Basis dan output dihubungkan ke Emitor. Rangkaian ini disebut juga dengan Emitor Follower (Pengikut Emitor) karena tegangan output hapir sama dengan tegangan input.

Sifat atau karakter pada Transistor sebagai Penguat Common Collector:

  • Signal output dan signal input satu phasa (tidak terbalik seperti Common Emitor)
  • Mempunyai penguatan tegangan sama dengan 1
  • Mempunyai penguatan arus tinggi (sama dengan HFE transistor)
  • Karena mempunyai Impedansi input tinggi dan impedansi output rendah sehingga cocok digunakan sebagai buffer

Penguat daya merupakan suatu rangkaian yang digunakan untuk menguatkan atau memperbesar sinyal masukan. Akan tetapi, proses yang terjadi sebenarnya adalah sinyal input direplika atau di copy lalu kemudian direka kembali menjadi sebuah sinyal yang lebih besar dan tentunya lebih kuat. Penguat daya biasanya digunakan pada rangkaian elektronika sebagai penguat sinyal informasi sebelum dikirmkan, sehingga penguat daya ini sangat penting, mengingat informasi yang dikirimkan dapat langsung sampai ke tujuan tanpa ada yang terhilang di tengah jalan.

Salah satu contoh yaitu penguat daya audio (power aplifier) yang merupakan pesawat elektronika yang memiliki fungsi sebagai penguat sinyal suara yang berasal dari tape recorder, radio, CD player, preamp mic atau sebagainya. Pada saat tertentu alat elektronika tersebut nantinya akan mengalami penurunan akibat seringa digunakan atau lainnya, penurunan tersebut dapat berupa kekuatan suara yang keluar dari perangkat tersebut. Agar pada rangkaian penguat daya kembali memiliki output besar, maka harus didorong dengan perangkat tambahan.

Rangkaian Penguat Daya

Gambar Skema Rangkaian Penguat Daya

Hal tersebut tentunya membutuhkan power amplifier atau penguat daya. Dengan menggunakan penguat daya 50 watt dirancang berdasarkan diagram aplikasi lembar data LM3876. Beberapa modifikasi dari rangkaian tersebut telah dibuat agar nantinya menghasilkan kinerja yang lebih baik. Untuk rangkaian penguat daya ini dibekali dengan bipolar kapasitor elektrolitik C7 yang merupakan masukan dari DC kapasitor decoupling. R4 merupakan resistansi masukan, sedangkan R2 dan R1 dari kapasitor elektrolitik bipolar C5 membentuk rangkaian umpan balik.

Untuk C1, C2 merupakan filter / by pass kapasitor untuk rel pasokan positif, sedangkan pada C4 dan C3 adalah filter / by pass kapaistor untuk suplay negatif. Resistor mengumpan balik R2 dan menetapkan gain dari penguat. Sedangkan L1 memberikan impedansi tinggi terhadap frekuensi yang tinggi, sehingga R7 dapat memisahkan beban kapasitif. Untuk R3 adalah resistansi bisu yang dapat memungkinkan 0,5 mA yang dapat di tarik dari pin 8 untuk dapat mengaktifkan fungsi bisu OFF. S1 adalah saklar bisu, sedangkan resistor R6 dan kapasitor K8 membentuk jaringan Zobel yang dapat meningkatkan stabilitas frekuensi tinggi penguat dan tentu saja mencegah osilasi. Demikian sedikit info mengenai rangkaian penguat daya, semoga membantu. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Amperemeter, Skema Rangkaian TV, Rangkaian KWH Meter dan Rangkaian Induktor.

RWTH Aachen University

Wie geht es Ihnen ?  gut , danke . mein name ich Wulan, ich komme aus Indonesian . Hi, ini postingan kedua di blog ini kali ini saya akan ngebahas tentang RWTH University yang terletak di kota Aachen, Jerman . RWTH university ini adalah tempat belajar bapak B.J Habibie , ini alesanya kenapa saya mau postingan ini karna beliau adalah motivasi terbesar saya untuk bisa melanjutkan kuliah ambil master di universitas ini . 2f77b10

RWTH Aachen University (Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen) is a research university of technology located in Aachen, North Rhine-Westphalia, Germany. With over 40,000 students enrolled in 130 study programs, it is the largest technical university in Germany.The institution maintains close links to industry and accounts for the highest amount of third-party funds of all German universities in both absolute and relative terms per faculty member.

In 2007, RWTH Aachen was chosen by DFG as one of nine German Universities of Excellence for its future concept RWTH 2020: Meeting Global Challenges and additionally won funding for one graduate school and three clusters of excellence. In 2012, RWTH Aachen was selected again as a University of Excellence and altogether financially endowed for one graduate school and two clusters of excellence. RWTH Aachen is one of only six German universities to retain this status from the previous funding period of 2007 – 2012.

RWTH Aachen is a founding member of IDEA League, a strategic alliance of four leading universities of technology in Europe. The university is also a member of TU9, DFG (Deutsche Forschungsgemeinschaft) and the Top Industrial Managers for Europe network.

Aachen Engineering Award

  Andreas Schmitter

The Aachen Engineering Award, initiated in 2014 by RWTH Aachen and the City of Aachen, is annually awarded to an individual who has made a significant contribution to the positive perception and/or further development of engineering with his or her life’s work. Award recipients are selected by a high-profile advisory board.

Award Ceremony and Key-Note Speech

The first recipient of the Aachen Engineering Award was Berthold Leibinger, a pioneer in the field of laser technology. The prize was awarded on September 5, 2014, during a celebratory evening event at Altes Kurhaus der Stadt Aachen.This was the evening before the University’s large Graduation Celebration with about 5,000 participants.  Every recipient of the Aachen Engineering Award has the honor of talking about their life’s work to graduates in the key-note speech and serving as a role model to the young generation.

Sparkasse Aachen is the major sponsor of the events surrounding the Aachen Engineering Award. VDI, the Association of German Engineers, has sponsored the sculpture, which was designed by the Mexican artist Mariana Castilla Deball.

Quality Management in Teaching

Two students in a lucture hall 

Since 2008, RWTH Aachen has committed itself to a guided, strategic development process to expand quality assurance in teaching. In its institutional strategy Excellent Teaching and in the Teaching Strategy funded by the federal-state program, RWTH set the particular goal of further developing quality assurance in studies and teaching.

What is good teaching?

RWTH Aachen’s dedication to good teaching is not only evident and confirmed by its successful performance in competitions. A significant factor is the common understanding that qualitative, excellent teaching should be a part of a high-performing university’s self-image. The question of excellence must be answered individually in each course of study. Quality assurance makes a significant contribution to this issue. It systematically collects feedback from persons involved, makes this feedback available to responsible parties, students, and interested public, and promotes necessary measures. Furthermore, processes in studies and teaching are defined and illustrated in a transparent manner for all those involved.

RWTH’s understanding of good teaching goes beyond collecting data and discussing the results. It is significantly shaped by the dedicated work of all those involved in studies and teaching. This was confirmed in particular by the university-wide Teaching Quality Objectives, which RWTH Aachen developed and approved. A quality management system is being developed based on these goals in a process that involves all of the faculties and status groups.

How is quality ensured?

RWTH Aachen uses the PDCA circuit to guide the processes in studies and teaching.

  Graphic: Means of Quality Assurance. Circuit between Plan, Do, Check and Act

  • Plan: Determine quality goals
  • Do: Select and implement suitable measures and processes
  • Check: Measure results and effects using QM instruments
  • Act: Develop and implement recommendations for action

Facts & Figures

  Pen laying on forms RWTH Aachen

How many students has RWTH Aachen had over so many years? How many employees at the university make sure that everything goes smoothly from enrollment to research proposals? The university summarizes current statistics, trends, and developments.

RWTH Key Data

Academics

  • 42,298 students in the Winter Semester of 2014/2015
  • 8,440 new enrollments in the Winter Semester of 2013/14 (including 1,043 external Master’s students)
  • 6,867 students in the first core semester for a Bachelor’s degree, Teacher Training Programs or Medicine/Dentistry Staatsexamen
  • 2,917 students in the first core semester for a Master’s degree
  • of which 1,624 students previously completed a Bachelor’s degree at RWTH Aachen
  • 144 courses of study (Bachelor and Master)
  • 6,480 graduates in 2014

Staff

  • 538 Professors (as of December 31, 2014)
  • 5,230 Other academic staff (including externally funded staff)
  • 2,722 Non-faculty staff (including externally funded staff)
  • 701 Trainees and interns

Institutions

  • 9 Faculties
  • 260 Institutes
  • 9 Collaborative Research Centers
  • 7 Participations in Collaborative Research Areas and Transregional Collaborative Research Areas
  • 27 Research Training Programs (including 14 DFG Research Training Groups)

Excellence Initiative

  • 1 Graduate School
  • 2 Clusters of Excellence
  • 1 Institutional  Strategy “RWTH 2020: Meeting Global Challenges”

Annual Budget 2014

  • 839,5 Million Euros in total annual budget, including
  • 330,4 Million Euros in external funding

Table of Figures

The Table of Figures presents the University with key data from the previous academic and financial year. It serves the generation of the necessary transparency of the University both within internally and externally, while forming the basis for the differentiated controlling instruments of the University, which are important “building blocks” of the modern university management.

Quality Assurance and Increase of Excellence

The information compiled in the report are intended to support the Rectorate, the faculties and the University committees in decision-making issues. Information from the Table of Figures is increasingly needed for external university matters, such as accreditation or the establishment of rankings. The Table of Figures therefore makes a valuable contribution to quality assurance and enhancement of excellence of RWTH Aachen University.

You can find current RWTH Aachen statistics in the RWTH Aachen 2015 Slide Set.

 

Source : http://www.rwth-aachen.de/cms/root/Die-RWTH/Profil/~enw/Daten-Fakten/lidx/1/

 

Fakta Unik Panda

panda1

Panda merupakan hewan yang tak asing lagi dengan kita, ciri-ciri khususnya yang unik dengan lingkaran berwarna bulat pada area mata, serta badan yang sangat lucu dan menggemaskan bagi kebanyakan orang yang melihatnya. Terlebih lagi kegemaran hewan yang satu ini untuk memakan bambu membuat panda sebagai hewan yang unik.

panda2

Panda memiliki keinginan makan yang sangat besar pada bambu. Hewan yang spesial ini setidaknya membutuhkan kurang lebih 12,5 kilogram bambu setiap harinya. Panda adalah merupakan beruang yang asli berasal dari Tiongkok, di mana panda dianggap sebagai sebuah kebanggan nasional.

Meskipun demikian panda raksasa terancam punah: hanya sekitar 2000-an ekor yang hidup di alam liar, dan hanya ada sekitar dua ratusan panda yang tersebar di seluruh kebun binatang di dunia. Problem utamanya ialah habitat panda yaitu area dengan jumlah bambu yang memadai telah berkurang seiring waktu dan juga kendala pengembang-biakan panda.

Berikut ini kami sajikan untuk anda beberapa fakta menarik tentang panda yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan, mari kita simak bersama-sama.

panda3

1. Rentang masa hidup panda di alam liar adalah sekitar 20 tahun. Sedangkan Panda di penangkaran mungkin dapat hidup 25 hingga 30 tahun.

panda4

2. Panda liar hanya hidup di daerah terpencil, yaitu kawasan pegunungan di Tiongkok bagian Tengah. Hutan-hutan bambu yang berada di area tinggi ini berudara dingin dan lembab, merupakan area yang disukai oleh panda. Di musim panas, panda kemungkinan dapat naik setinggi 3.962 meter untuk mencari makananan pada lereng yang lebih tinggi.

panda5

3. Terdapat sebuah filosofi mengenai keseimbangan di Tiongkok yaitu Yin dan Yang. Panda adalah salah satu simbol dari filosofi ini dengan adanya fitur bulu yang berwarna hitam dan putih yang kontras. Masyarakat disana mempercayai bahwa sifat dasar panda yang lembut menunjukkan bagaimana Yin dan Yang dapat membawa kedamaian dan keselarasan ketika mereka dalam keseimbangan.

panda7

4. Panda telah hidup di Bumi selama dua sampai tiga juta tahun lamanya dan secara ilmiah nama panda ialah Ailuropoda melanoleuca.

Hello world!

Welcome to Web-Informatika Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!