Kuliah kunjungan Lapangan TTC TELKOMSEL 2017

Pada tanggal 17 Juli 2017, mahasiswa teknik informatika 2015 melakukan Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL) untuk mata kuliah Jaringan Komputer yang didampingi oleh Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I ke PT Telkomsel Regional Lampung. Banyak sekali experience yang kami dapatkan darisana. Mulai dari sejarah telkomsel,sistem kerja jaringan, ke ruang data center yang mereka miliki, termasuk network room tempat perangkat komunikasi ditempatkan,sampai perangkat-perangkat yang dipakai oleh Telkomsel.

Telkomsel adalah salah satu operator terbesar (Operator seluler/telekomunikasi) yang berdiri sejak 1995. Telkomsel memiliki 140.000 Bts, 190 juta pelanggan, 430 grapari. Telkomsel merupakan operator pertama yang meluncurka 4G di Indonesia.

Ada yang namanya spektrum frekuensi. Yang dimaksud dari spektrum frekuensi adalah jalur dari masing-masing operator.
Untuk perkembangan jaringan saat ini, yang paling banyak diminati masyarakat adalah sms dan voice (800 dan 900Hz), jaringan 3G(2100Hz), 4G(1800Hz). Jaringan 4G didapatkan dengan mengorbankan jaringan 2G yang saat ini sudah jarang digunakan masyarakat.

Adapun proses-proses dalam setiap jaringan adalah
– MS→BTS→BSC→MSC→BSC→BTS→MS (Untuk call process)
– MS→BTS→BSC→SMS CENTER→MSC→SMS CENTER→BSC→BTS→MS (Untuk sms process)
– MS→BTS→BSC→SGSN→GGSN→INTERNAL

Yang saya ketahui arti dari bahasa pemrosesan nya sbb:
1. BST (Base transciever station)
2. BSC (Base station controller)

Tugas 1 pengantar TI

Nama: Nova alfionita fermana

Npm:1515061010

Alasan saya masuk di teknik elektro program studi teknik informatika adalah yang pertama karna saya ingin menguasai IPTEK karna di jaman globalisasi seperti ini sangat lah dibutuhkan orang-orang yang berkemampuan tinggi di IT atau IPTEK.

Pendapat saya tentang TE adalah dimana TE itu adalah jurusan yang bisa dibilang rumit namun saja TE adalah jurusan yang masih terbaik dilihat dari antara teknik lainnya dengan lapangan kerja yang masih luas peluangnya.Dan dosen-dosen di TE pun sangatlah menjamin, mereka adalah dosen-dosen yang memang sudah ahli di bidang nya. TE yang terbaik.

Yang saya mengerti atau tau tentang TE adalah di TE itu mempelajari tentang pemrograman yang lebih mendalami dengan dunia software dan hardware nya. Dan juga TE pun lebih mendalami tentang pemrograman-pemrograman untuk kehidupan IPTEK. Dan yang saya tau lagi tentang TE adalah TE itu rumit.