Artikel Covid-19

PANDEMI CORONA DI DUNIA

Saat ini di dunia sedang diberikan kekacauabn berupa muncul nya pandemi Corona pada tahun 2019 kemarin hingga sekarang, Virus ini berasal dari negara China. Lalu bagaimana virus ini dapat menyebar ke negara lain bahkan hampir seluruh dunia? begitu pula virus ini yang mulai menyerang Indonesia di awal tahun 2020 ini.

VIRUS COPID

 

Apa itu Covid-19?

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

 

Gejala Corona

Corona bisa menimbulkan beragam gejala pada pengidapnya. Gejala yang muncul ini bergantung pada jenis virus corona yang menyerang, dan seberapa serius infeksi yang terjadi. Berikut beberapa gejala virus corona yang terbilang ringan:

  • Hidung beringus.
  • Sakit kepala.
  • Batuk.
  • Sakit tenggorokan.
  • Demam.
  • Kelelahan

 

Pencegahan Corona

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah virus Corona  atau COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu:

  • Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung (social distancing)
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
  • Sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.

 

Corona Di Indonesia

data per 26 maret 2020
canvasBiru : positif korona, merah = negatif

Update Corona 22 Maret 2020: Indonesia kini memiliki total 893 kasus positif Covid-19 yang tersebar di 27 provinsi.
Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus membengkak dengan penambahan lebih dari 100 pasien pada Kamis, 26 Maret 2020.
Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menunjukkan pada hari ini ada tambahan 103 kasus positif virus corona, selama 24 jam terakhir hingga pukul 12.00 WIB. Dengan demikian, total jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia, per 26 Maret 2020, mencapai 893 pasien. Dari jumlah tersebut, 780 pasien positif Covid-19 sedang menjalani perawatan.
Sementara jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah empat menjadi 35 orang. Namun, angka kematian juga membengkak dengan tambahan 20 kasus, sehingga jumlah pasien Covid-19 yang meninggal di Indonesia kini menjadi 78 jiwa. Berdasar data resmi dari Gugus Tugas Covid-19, sebanyak 893 kasus positif virus corona di tanah air saat ini tersebar di 27 provinsi.Penambahan kasus baru cukup signifikan ditemukan di Sulawesi Selatan, yakni 14 pasien.

source:

https://www.alodokter.com/virus-corona

https://tirto.id/update-corona-26-maret-indonesia-data-sebaran-893-kasus-covid-19-eHND

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>