Part 4.. Pendidikan Kewarganegaraan

BAGAIMANA HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK NEGARA DAN WARGA NEGARA DALAM DEMOKRASI YANG BERSUMBU PADA KEDAULATAN RAKYAT DAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT

Pada pertemuan ke lima ini diadakan secara daring, untuk pertemuan ini ditugaskan untuk membahas mengenai harmoni kewajiban dan hak negara.

Sebelum itu kita harus mengetahui apa itu hak dan kewajiban.

>Hak sebuah kuasa yang diberikan untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu dan tidak didapat oleh pihak lain manapun termasuk pihak lain yang mengganggu hak yang dimiliki yang dimiliki seseorang atau juga dapat sebuah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita karena telah melakukan suatu kewajiban.

>Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh sebuah pihak yang diberikan kepercayaan oleh pihak lain maupun seseorang, bahkan kewajiban yang diberikan oleh diri sendiri kepada diri sendiri. Hal ini biasanya bersifat “harus” dikerjakan sesuai dengan kaidahnya atau juga dapat disebut sebuah persyaratan yang harus kita penuhi sebagai tanggung jawab.

 

Sebagai warga negara tentu memiliki sebuah hak dan kewajiban kepada negara yang ditinggalinya. Begitupun sebaliknya ada hak dan kewajiban yang dimiliki negara tersebut.  Pemerintahan pun memiliiki hak untuk mengatur warga negara tersebut, dan warga negara memiliki tanggung jawab atas kewajiban yang diberikan pemerintah itu. Dari hal tersebut didapat beberapa hak dan kewajiban yang dimiliki oleh negara dan warga negara yaitu :

  • Hak Negara
  1. Hak negara untuk menarik sejumlah uang atau barang tertentu dari penduduk yang dapat dipaksakan dengan bentuk peraturan
  2. Hak negara untuk mencetak uang dan menentukan mata uang sebagai alat tukar dalam masyarakat
  3. Hak negara untuk mengadakan pinjaman paksa kepada warga negara (obligasi, sedering uang, devaluasi nilai mata uang)
  • Kewajiban Negara
  1. Kewaiban negara untuk menyelenggarakan tugas negara demi kepentingan umum (masyarakat), antara lain meliputi : kewajiban negara untuk memlihara keamanan dan ketertiban, untuk mrmbuat, memelihara jalan-jalan raya, pelabuhan dan pangkalan udara, membangun Gedung-gedung sekolah dan rumah sakit, pembangunan pemeliharaan alat perhubungan (pos, telepon, dan sebagainya)
  2. Kewajiban negara untuk membayar hak tagihan dari pihak-pihak yang melakukan sesuatu / perjanjian dengan pemerintah.
  • Hak Warga Negara
  1. Hak ekonomi atau hak untuk mendapatkan kesejahteraan social (Pasal 33 ayat 1 sampai 5 )
  2. Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2 )
  3. Hak mendapatkan jaminan keadilan social (Pasal 34 )
  • Kewajiban Warga Negara Indonesia
  1. Wajib berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh (Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 )
  2. Wajib menaati dan menjunjung tinggi dasar negara,hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
  3. Setiap warga negara wajib menghormati hak asasi manusia orang lain (Pasal 28J ayat 2 )

Hak dan kewajiban warga negara merupakan wujud dari hubungan warga negara dengan negara. Hak dan kewajiban bersifat timbal balik, bahwa warga negara memiliki hak dan kewajiban terhadap negara,sebaliknya pula negara memiliki hak dan kewajiban terhadap warga negara.

Hak dan kewajiban warga negara dan negara Indonesia diatur dalam UUD NRI 1945 mulai pasal 27 sampai 34, termasuk di dalamnya ada hak asasi manusia dan kewajiban dasar manusia. Pengaturan akan hak dan kewajiban tersebut bersifat garis besar yang penjabarannya dituangkan dalam suatu undang-undang.

 

Jadi  menurut saya dari paparan hak dan kewajiban tersebut dipastikan hak dan kewajiban memiliki sesuatu yang tak dapat dipisahkan antara kedua, jika sebuah hak negara mengeluarkan kewajiban kepada warga negara nya, dan warga negara tersebut tidak melaksanakan kewajiban itu merupaka salah satu hal yang tidak seimbang antara negara dan warga negara, oleh karena itu mari kita sebagai warga negara melakukan kewajiban yang telah di berikan oleh negara agar menjadi warga negara yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>