Part 3.. Pendidikan Kewarganegaraan

Urgensi Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Pada pertemuan ke empat membahas mengenai integritas nasional. Dalam sebuah negara tentunya memiliki perbedaan kebudayaan,suku,ras,bahasa yang banyak seperti Indonesia. Namun apakah dapat berjalan dengan baik negara tersebut dengan adanya perbedaan itu? tentu saja ada hal yang mengatur mengenai hal tersebut yaitu yang disebut integritas nasional. apakah itu integritas nasional??

A. PENGERTIAN INTEGRITAS NASIONAL

Integrasi nasional merupakan proses mempersatukan perbedaan yang ada pada srbuah negara sehingga tercapainya keserasian dan keselarasan secara nasional.

integrasi nasional merupakan bentuk persatuan dan kesatuan antara beragam kelompok sosial dan budaya dalam suatu negera yang bertujuan untuk mewujudkan keserasian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

B.JENIS JENIS INTEGRITAS NASIONAL

1. Asimilasi

Asimilasi merupakan proses percampuran dua kebudayaan atau lebih menjadi satu kebudayaan yang baru yang sifatnya melebur, sehingga kebudayaan yang baru terbentuk tidak memeiliki ciri-ciri kedua atau lebih kebudayaan pembentuknya..

2. Akulturasi

Akulturasi adalah percampuran dua macam atau lebih kebudayaan menjadi satu kebudayaan baru denga tidak menghilangkan sifat atau ciri-ciri budaya yang asli pembentuknya.

3. Pluralis

Pluralis merupakan paham yang menghargai adanya perbedaan dalam masyarakat ataupun negara.

4. Normatif

Integrasi normatif ini terwujud karena adanya norma-norma tertentu yang telah disepakati oleh masyarakat.

5. Instrumental

Integrasi nasional dalam bentuk instrumental ini terlihat sangat nyata karena memang dari fisik orang atau masyarakat.

6. Fungsional

Integrasi fungsional terbentuk karena adanya kesamaan fungsi tertentu dalam suatu masyarakat.

7. Koersif

Integrasi koersif ini terjadi karena adanya paksaan dari pihak penguasa atau pemerintah. Jadi, sifatnya tidak secara suka rela ketika bersatu dalam suatu hal. Integrasi semacam ini pastinya tidak bisa bertahan lama dan kuat karena memang sifatnya yang terpaksa.


APAKAH INTEGRITAS PENTING DALAM SEBUAH NEGARA??

Ya penting, karena dalam sebuah negara mengharuskan kita saling meghargai apa yang dimiliki orang lain ataupun daerah lain. Dengan berlakunya integritas dapat membuat kegiatan bernegara aman tanpa adanya perselisihan di negara tersebut, jadi oleh karena itu mari membangun integritas nasional dengan saling menghargai agar negara dapat mempersatukan semua perbedaan yang ada tanpa memandang apapun.

Referensi

https://thegorbalsla.com/integrasi-nasional/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>