• 0819-0531-3696
  • nauvalsm@gmail.com

Identitas Nasional

Identitas Nasional

A. Pengertian Identitas Nasional

Identitas nasional memiliki pengertian yaitu suatu jati diri dari suatu bangsa. Artinya, jati diri tersebut merupakan milik suatu bangsa dan berbeda dengan banga lainnya. Dalam garis besarnya, identitas nasional merupakan suatu jati diri yang tidak hanya mengacu pada individu tertentu, namun juga berlaku untuk suatu kelompok/organisasi/negara.

B. Fungsi Identitas Nasional

Fungsi identitas nasional adalah :

1) Alat pemersatu bangsa.

Tujuan : Sebagai alat untuk mempersatukan bangsa.

2) Pembeda dengan bangsa lainnya.

Tujuan : Membuat negara tersebut berbeda dengan negara lainnya

3) Landasan Negara

4) Identitas Negara

Dengan adanya identitas nasional bisa membuat suatu negara lebih menonjol dibandingkan dengan negara lainnya

C. Unsur Pembentuk Identitas Nasional

Indonesia merupakan suatu bangsa yang majemuk. Artinya, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan budaya. Kemajemukan itulah merupakan suatu gabungan akan unsur – unsur penting dalam pembentukan identitas nasional. Berikut ini beberapa unsur penting dibentuknya suatu identitas nasional.

  1. Agama

Indonesia sendiri dikenal sebagai masyarakat agamis, artinya setiap setiap penduduk di Indonesia memiliki agama mereka masing – masing dan hal tersebut wajib hukumnya. Agama yang berkembang di Indonesia sendiri adalah Islam, Katholik, Kristen, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu.

  1. Suku Bangsa

Suku bangsa juga dikenal sebagai unsur pembentukan akan identitas nasional tersebut. Suku bangsa adalah satu golongan sosial yang bersifat askriptif, yakni dibawa sejak lahir.

  1. Kebudayaan

Budaya menjadi salah satu faktor penting akan pembentukan identitas nasional. Dengan berbagai macam budaya yang dimiliki oleh Indonesia menjadi salah satu ciri khas dari negara Indonesia itu sendiri. Oleh karena itu, kita harus melestarikan budaya yang merupakan warisan dari nenek moyang kota.

  1. Bahasa

Dengan bahasa sebagai identitas nasional, pastinya kita harus bangga. Tidak semua negara memiliki keanekaragaman bahasa seperti yang dimiliki oleh Indonesia. Maka dari itu, agar tidak terpecah belah, ada satu bahasa yang merupakan bahasa pemersatu, yakni bahasa Indonesia

D. Karakteristik Identitas Nasional

Untuk Indonesia sendiri ada 3 karakteristik identitas nasional yang dimiliki, seperti berikut ini:

  1. Kesatuan Indonesia
  2. Persamaan Nasib
  3. Keinginan Untuk Merdeka
    Referensi :

    https://salamadian.com/pengertian-identitas-nasional-indonesia/

     

mrpolo

Leave your message


*