Resume Pemrograman Berorientasi Objek

Screenshot (253)

Dalam pemrograman berorientasi objek (OOP), ada beberapa konsep penting yang membentuk dasar dari paradigma ini. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai konsep-konsep tersebut:

Abstraction

Logicmojo

Abstraksi adalah proses mengisolasi fitur penting dari suatu objek dan mengabaikan detail yang tidak relevan. Dalam OOP, abstraksi mengacu pada pembuatan kelas abstrak yang menyediakan kerangka kerja umum untuk objek-objek yang lebih spesifik. Objek-objek spesifik ini mewarisi sifat-sifat dan perilaku dari kelas abstrak tersebut.

Encapsulation

Encapsulation in OOPs- Logicmojo

Enkapsulasi melibatkan penggabungan data dan metode-metode terkait dalam satu entitas yang disebut kelas. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan detail implementasi dan mencegah akses langsung ke data dari luar kelas. Enkapsulasi memungkinkan kita untuk mengatur akses ke data melalui metode-metode publik yang ditentukan dalam kelas.

Polymorphism

Polymorphism, Encapsulation, Data Abstraction and Inheritance in  Object-Oriented Programming | nerd.vision

Polimorfisme memungkinkan objek-objek dari kelas yang berbeda untuk merespons dengan cara yang sama terhadap pesan yang sama. Artinya, meskipun objek-objek tersebut memiliki perilaku yang berbeda, mereka dapat dipanggil dengan menggunakan metode yang sama. Polimorfisme dapat dicapai melalui penggunaan konsep pewarisan (inheritance) dan penggantian metode (method overriding).

Inheritance

Inheritance in Object Oriented Programming (Java)

Pewarisan adalah konsep di mana sebuah kelas baru (kelas turunan atau subclass) dapat mewarisi sifat-sifat (data dan metode) dari kelas yang sudah ada (kelas induk atau superclass). Dengan menggunakan pewarisan, kita dapat membuat hierarki kelas, di mana kelas-kelas yang lebih spesifik mewarisi sifat-sifat umum dari kelas yang lebih umum.

Class

File:CPT-OOP-objects and classes - attmeth.svg - Wikimedia Commons

Kelas adalah sebuah blueprint atau template untuk membuat objek. Ini mendefinisikan struktur dan perilaku yang dimiliki oleh objek-objek yang dibuat berdasarkan kelas tersebut. Kelas menggambarkan atribut-atribut (data) dan metode-metode (fungsi) yang dimiliki oleh objek.

Object

Sekilas Tentang Object Oriented Programming – Himpunan Mahasiswa Matematika

Objek adalah instansi yang nyata dari sebuah kelas. Saat kita membuat objek, kita menginstansiasi kelas tersebut, yang berarti kita membuat salinan dari blueprint yang didefinisikan oleh kelas. Setiap objek memiliki status (data) dan perilaku (metode) yang terdefinisi dalam kelasnya.

Komponen Dalam Object Oriented Programming

Atribut atau Data

Atribut atau data adalah variabel yang dideklarasikan dalam kelas. Atribut atau data ini dapat diakses oleh objek yang dibuat dari kelas tersebut.

Konstruktor

Konstruktor adalah metode yang dipanggil secara otomatis saat objek dibuat. Konstruktor digunakan untuk menginisialisasi objek dan menentukan nilai awal dari atribut atau data.

Destruktor

Destruktor adalah metode yang dipanggil saat objek dihapus dari memori. Destruktor digunakan untuk membersihkan sumber daya atau memori yang digunakan oleh objek.

Metode atau Fungsi

Metode atau fungsi adalah sebuah blok kode yang dapat dipanggil oleh objek untuk melakukan tindakan tertentu. Metode atau fungsi ini didefinisikan dalam kelas.

Hak Akses

Hak akses adalah mekanisme untuk mengatur akses ke atribut atau metode dalam kelas. Terdapat tiga jenis hak akses dalam OOP, yaitu public, private, dan protected. Hak akses ini dapat digunakan untuk membatasi akses ke data atau metode dalam kelas.

Manfaat Mendalami Object Oriented Programming

Dalam pemrograman berorientasi objek, mudah untuk memelihara kode dengan bantuan kelas dan objek. Dengan menggunakan pewarisan, terdapat penggunaan kembali kode, yaitu Anda tidak perlu menulis kode yang sama lagi dan lagi, sehingga meningkatkan kesederhanaan program. Konsep-konsep seperti enkapsulasi dan abstraksi juga memberikan penyembunyian data.

KUIS Pengetahuan Lingkungan

Pilihan permasalahan yang akan dijadikan bahan untuk menganalisa :

  • Polusi Udara
  • Polusi Air
  • Polusi Tanah
  • Tata kelola sampah
  • Penyakit
  • Kependudukan
  • Pangan
  • Kemiskinan

Soal :

  1. Apa akar masalah yang terjadi ?
  2. Siapa yang terdampak ?
  3. Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah !
  4. Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3 ?

Pilihan permasalahan yang akan dianalisa : Tata Kelola Sampah

Jawab :

  1. Permasalahan yang terjadi disekitar lingkungan saya yang berada di Kabupaten Tulang Bawang, lebih tepatnya di Kampung Gedung Karya Jitu Kecamatan Rawajitu Selatan. Disini masih banyak orang yang melakukan pembakaran sampah untuk menghilangkan sampah mereka. Dan sistem di pasar nya pun masih mengangkut sampah dari tempat pembuangan sampah sementara menuju tempat penimbunan sampah yang terletak tidak jauh dari pasar. Dan juga masih banyak kebiasaan hidup masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan dan juga membuang sampah ke kali yang mana sampah tersebut akan menumpuk di hulu dan juga akan membuat air sungai menjadi tercemar. Jadi sampah masyarakat dan sampah pasar masih sama-sama menimbulkan masalah baru bagi lingkungan.
  2. Yang terdampak adalah masyarakat yang tinggal di daerah sekitar tempat pembuangan sampah sementara dan tempat penimbunan sampah. Lalu dikarenakan daerah Rawajitu masih banyak terdapat kali yang berukuran 2-3 meter yang mana dipinggiran kali tersebut sering menjadi area untuk pembakaran sampah maka hewan yang hidup di sekitar tempat tersebut pun akan merasakan dampaknya.
  3. Solusi untuk masyarakat yang masih membuang sampah secara sembarangan sebaiknya diberikan edukasi secara menyeluruh, lalu mensosialisasikan bersama perangkat daerah, dan kemudian pemberlakuan peraturan mengenai pembuangan sampah. Lalu anggaran desa dialokasikan untuk kepentingan pembuatan bank sampah dan teknologi untuk memenuhi pembuatan tempat pembuangan sampah akhir. Lalu untuk ibu-ibu yang berada di lingkungan sekitar sebaiknya dibentuk kelompok mengenai pengelolaan sampah yang masih bisa di daur ulang. Kelompok ibu-ibu tersebut bekerja sama dengan pihak bank sampah yang juga bekerja sama dengan bank sampah yang terdapat di daerah lain agar memudahkan pengoperasian bank sampah menggunakan bantuan teknologi.
  4. Yang harusnya menerapkan solusi tersebut adalah pihak kebersihan yang bekerja sama dengan pihak kesehatan. Kemudian masyarakat yang masih membakar sampah nya dan juga pembuang sampah sembarangan. Lalu jika diperlukan maka ibu-ibu pkk dan organisasi atau perkumpulan seperti silat dan yang lainnya sebaiknya juga dilibatkan agar semakin banyak masyarakat yang tertarik. Dan terakhir untuk seluruh masyarakat yang tinggal di daerah Rawajitu Selatan baik orang yang menetap maupun yang hanya singgah.

 


 

Sumber :

DLH Provinsi Lampung

Perda Pengelolaan Sampah Kota Bandar Lampung

Laporan Walhi Lampung

KUIS PTI Membuat Sebuah Solusi

Soal :

1.  Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia ? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

2. Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda ?


Jawab :

1. Perkembangan TIK di Indonesia sudah termasuk baik. Dikarenakan Indonesia adalah negara kepulauan maka dari itu permasalahan utamanya adalah bagaimana menjangkau masyarakat yang berada di pulau-pulau kecil dan jauh dari pulau utama. Dan terdapat permasalahan baru ketika masyarakat yang awam lalu secara tiba-tiba mereka menggunakan berbagai perangkat yang canggih tanpa adanya edukasi terlebih dahulu. Maka tanpa disadari itu akan menjadi masalah bagi mereka kedepannya. Contohnya seperti yang baru-baru ini terjadi dalam aplikasi media sosial Instagram terdapat sebuah trending untuk membagikan data mereka seperti nama lengkap, nama panggilan, nomor rumah, dan mungkin kartu vaksinasi sebagai bentuk untuk mengikuti trend sosial yang sedang terjadi, namun itu semua adalah data privasi yang seharusnya dijaga dan disimpan dengan baik agar tidak terjadi penyalah gunaan data pribadi.

Menurut penelitian yang pernah saya baca, teknologi berkembang secara eksponensial sedangkan manusia berkembang secara linear. Contohnya saya misalkan menggunakan angka. Jika manusia berkembang secara urut, misalnya 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – dst. Berbeda dengan teknologi yang berkembang melompati beberapa tahap sekaligus, misalnya 1 – 2 – 4 – 8 – 16 – dst. Maka dari itu perkembangan teknologi akan sangat pesat kedepan nya ditambah dengan adanya perusahaan besar yang akan membuat dunia fana menjadi dunia yang nyata maka perkembangannya akan semakin cepat lagi. Dengan perkembangan teknologi yang cepat dan perkembangan manusia yang tidak secepat perkembangan teknologi, maka akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Misalnya manusia akan lebih tergantung dengan teknologi dalam segala kegiatan, kejahatan di dunia siber akan semakin banyak dan bervariatif, dan bisa saja kita yang terkontrol oleh perkembangan teknologi. Cara menyikapinya adalah dengan membatasi penggunaan teknologi agar tidak berlebihan, tetap melakukan sosialisasi secara langsung agar kesehatan mental tetap terjaga, waspada terhadap perkembangan yang terjadi, kritis dengan adanya perkembangan yang membawa keburukan terhadap manusia secara langsung maupun tidak langsung, dan membekali diri mengenai perlindungan data privasi serta jangan langsung percaya terhadap keamanan dalam sebuah teknologi karena setiap sesuatu pasti memiliki titik lemahnya.

2. Dalam kasus ini teman saya memiliki 5 ruangan yang dapat dijadikan kantor dari masing-masing divisi. Kamar pertama yang paling luas dapat digunakan untuk dijadikan studio dalam setiap video-nya dan juga untuk dia melakukan streaming. Kamar kedua dapat digunakan untuk tim yang memproduksi video dari vlognya dan juga untuk produksi dari podcastnya. Kamar ketiga dapat digunakan untuk tim yang melakukan riset terhadap pasar. Kamar keempat dapat dijadikan studio untuk membuat podcast yang didalamnya terdapat peralatan lengkap untuk mendukung pembuatan podcast tersebut. Dan di kamar kelima dapat digunakan untuk ruangan refreshing yang berisi berbagai peralatan untuk melepas penat sejenak. Dan ruangan besar bisa digunakan sebagai lobby untuk narasumber lain yang sedang menunggu atau tempat rapat yang bersifat portable.

Dalam keempat kamar pertama seharusnya terdapat perangkat komputer dengan menyesuaikan jumlah orang yang bekerja atau menggunakannya yang dilengkapi dengan antivirus dan firewall yang mumpuni. Lalu setiap kamar akan terhubung dengan koneksi yang cepat terpusat di ruang tengah agar kesemua ruangan dapat terbagi secara merata. Kemudian memiliki cloud storage yang besar sebagai backup data yang masih akan digunakan kedepannya. Dan semua komputer sebaiknnya terintegrasi dengan master komputer untuk mengatur dan memonitoring komputer yang terdapat disana. Dalam setiap kamar yang digunakan untuk shooting akan dipasang peredam yang baik agar tidak terdapat noise yang masuk.

Komunikasi Konten Digital

Komunikasi digital merupakan suatu proses yang terjadi antara 2 atau lebih dari komputer atau perangkat-perangkat untuk mengirim data, perintah, dan informasi.

dt-manfaat-teknologi-di-indonesia-DrscM4vn1o

Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi
Keuntungan jaringan meliputi : Memfasilitasi komunikasi, Berbagi perangkat keras, Berbagi data dan informasi, Berbagi perangkat lunak, dan Mentransfer dana.

Terdapat beberapa jenis jaringan yang sering terpakai. Contohnya adalah

pro.co_.id_

LAN (Local Area Network) merupakan jaringan yang terhubung antara komputer dan perangkat yang masih berada di lingkup geografi.

kelebihan-kekurangan-wlan

WLAN (Wireless Local Area Network) sama seperti LAN namun perbedaan nya hanya tidak menggunakan kabel secara fisik.

download

MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan yang menghubungkan beberapa LAN di area metropolitan.

Pengertian-dan-Contoh-Jaringan-WAN

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan yang lebih besar dari MAN (kumpulan dari jaringan MAN) dan juga mencakup daerah geografi yang lebih besar pula.

PAN

PAN (Personal Area Network) merupakan jaringan yang menghubungkan antara komputer dan perangkat lainnya dengan ruang kerja individu dengan teknologi kabel dan nirkabel.

Konfigurasi dalam komputer biasa disebut juga arsitektur jaringan . Terdapat 2 jenis arsitektur jaringan, yaitu peer-to-peer network dan client/server network.

Standard dan protokol dalam komunikasi jaringan adalah sebagai berikut :

Ethernet : Standar jaringan yang menetapkan tidak ada komputer atau perangkat pusat di jaringan (node) yang harus mengontrol kapan data dapat ditransmisikan.

Token ring : Standar menentukan bahwa komputer dan perangkat di jaringan berbagi atau melewati sinyal khusus (token).

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) : Protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) dirutekan dari satu ujung jaringan ke ujung lainnya.

Wi-Fi (Wireless Fidelity) : Mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain

Bluetooth : Protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.

UWB (Ultra Wideband) : Standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain.

IrDA (Insurance Regulatory and Development Authority) : Mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR).

RFID (Radio Frequency Identification) : Protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan atau dilampirkan ke objek, hewan, atau orang.

NFC (Near-field communication) : Protokol yang berdasarkan RFID, yang juga mendefinisikan jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC.

LTE (Telecommunication) : Standar jaringan yang menentukan bagaimana transmisi seluler berkecepatan tinggi menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler.


Jalur-jalur Komunikasi berdasarkan kecepatannya

Cable : 256 Kbps sampai 52 Mbps
DSL : 256 Kbps sampai 8.45 Mbps
ISDN : Lebih dari  1.45 Mbps
FTTP :  5 Mbps sampai 300 Mbps
T-Carrier :  1.544 Mbps dan 44.736 Mbps
ATM : 155 Mbps sampai 622 Mbps bahkan bisa ditingkatkan menjadi 10 Gbps


Perangkat Komunikasi adalah jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima. Modem broadband mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari saluran digital. Modem nirkabel menggunakan jaringan penyedia ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer atau perangkat seluler. Titik akses nirkabel (WAP) adalah perangkat komunikasi pusat yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk mentransfer data secara nirkabel di antara mereka sendiri atau ke jaringan kabel. Router menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tujuan yang benar di jaringan.

Beberapa router menyediakan fungsionalitas tambahan:
-Router nirkabel
–Router pita lebar
–Router nirkabel pita lebar
–Router nirkabel broadband seluler

 

 

Sistem Operasi

Apa itu sistem operasi ?

Sistem operasi adalah kumpulan program yang mana mengatur semua kegiatan yang terdapat di dalam komputer atau perangkat keras. Di bawah ini adalah foto dari kumpulan operasi sistem yang ada di dunia :

h

Namun terdapat beberapa sistem operasi yang sering digunakan contohnya Windows, Apple, Linux, dan HP.

Sejarah Sistem Operasi

Sistem operasi dibagi menjadi beberapa generasi, yaitu :

  1. Generasi Pertama (1940-an sampai 1950-an) pada generasi pertama komputer digital tidak memiliki sistem operasi maka dari itu program dimasukkan lewat punched card namun kemudian ditemukan sistem operasi yang hanya bisa menjalankan satu per satu pekerjaan saja maka dari itu dinamakan Single Stream Batch Processing System.
  2. Generasi Kedua (1960-an) masing menggunakan pemrosesan batch namun sudah berjalan lebih baik dan juga sudah bisa menjalankan beberapa tugas sekaligus. Konsep dari sistem operasi ini dinamakan multiprogramming. Dan juga pada tahun 1964 IBM (International Business Machine) mengembangkan sistem operasinya yang mana mendukung untuk melayani sejumlah user secara interaktif sekaligus yang mana user dapat berkomunikasi dengan komputer melalui terminal yang terhubung. Dari sini pula lah perkembangan bahasa C akan dimulai.
  3. Generasi Ketiga (1970-an) pada generasi ini perkembangan sistem operasi mulai memperhatikan mengenai enkripsi dan deskripsi. Komputer juga memiliki komponen utama berupa IC (Integrated Circuit). Lalu beberapa konsep juga mulai berkembang contoh nya multiprogramming, multiprocessing, spooling, device independence, multitasking dan real time system.
  4. Generasi Keempat (1980-an) generasi keempat menjadi tahun-tahun perkembangan persola computer dan workstation. Dan juga perkembangan penggunaan mikroprosessor yang memungkinkan desktop komputer. Kemudian terdapat perkembangan software seperti spreadsheet, word prosessor, database, dan juga grafis.
  5. Generasi Kelima (1990-an) di generasi ini sistem operasi menggunakan graphical user interface (grafik penggunaan antarmuka). Kemudian terjadi perkembangan internet yang sangat pesat. Dan juga teknologi multi-threading mulai dikembangkan.

Fungsi Sistem Operasi

definisi-sistem-operasi-800x445

Berikut adalah tugas-tugas dari sistem operasi :

  • Menghidupkan dan mematikan komputer atau perangkat seluler. Kemudian terdapat pengembangan nya yaitu mode sleep (tidur) yang mana hampir sama seperti mematikan pc atau perangkat seluler namun ram nya tidak menghapus pengerjaan dari perangkat tersebut.
  • Menyediakan fitur antarmuka kepada pengguna. Tugas nya untuk mengontrol data yang masuk dan menampilkan informasi yang ada ke dalam layar. Dan dengan adanya GUI (graphical user interface) maka pengguna dapat berinteraksi dengan menu yang ada dan gambar visual. Jika dulu terdapat command line interface maka ini adalah suatu revolusinya nya.
  • Mengelola program-program. Single tasking dan multitasking, didepan layar dan dibelakang layar, serta single user dan multi user. Itu semua diatur oleh sistem operasi.
  • Mengelola memori. Mengelola memori mana yang sedang digunakan dan tidak digunakan agar perangkat tersebut tidak mengalami hang.
  • Mengkoordinasi pekerjaan yang terjadi agar tersusun rapih dan efisien. Dan juga perangkat dapat memilih secara otomatis tugas mana yang harus lebih dulu digunakan dan tugas yang lainnya akan dinonaktifkan sementara agar mengehemat ruang dan membuat susunan tugas menjadi rapih berdasarkan penggunaan nya.
  • Mengkonfigurasikan perangkatnya.
  • Memantau kinerja.
  • Menghubungkan perangkat ke dalam internet.
  • Menyediakan manajemen file dan perangkat lain atau tugas yang terkait dengan media.
  • Memperbarui perangkat lunak dari sistem operasi. Dalam setiap software termasuk juga sistem operasi tetap terdapat perbaharuan software tersebut, yang mana digunakan untuk memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya.
  • Mengontrol jaringan.
  • Mengelola keamanan. Dalam melakukan tugasnya, maka sistem operasi dapat membuat sebuah sistem keamanan yang mana sudah sering digunakan seperti membuat pola, password, biometrik, dan pin. Bahkan untuk beberapa software sudah memiliki verifikasi 2 kali yang mana membuat sebuah device akan terasa sangat aman.

Itu adalah tugas-tugas dari sistem operasi yang terdapat dalam setiap komputer dan perangkat seluler.

 

Sumber referensi :

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi

IoT For Agriculture

IoT

Seperti yang sudah dibahas dalam beberapa postingan sebelumnya. Pada postingan kali ini saya akan menjabarkan lebih dalam mengenai IoT atau biasa disebut Internet of Things.

Apasih yang dimaksud dengan IoT itu sendiri…

IoT adalah teknologi yang berkembang dengan bantuan dari beberapa teknologi lain yang dihubungkan menjadi satu dalam jaringan internet. Teknologi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1999 oleh Kevin Ashton yang mana terus berkembang sehingga menjadi seperti sekarang ini.  Contoh penerapan IoT yang sekarang sudah banyak dapat dilakukan adalah menyalakan atau mematikan perangkat elektronik dari jarak yang jauh yang harus terhubung dengan jaringan internet. Contoh lainnya yang sering digunakan adalah GPS (Global Positioning System).

CISCO membagi IoT menjadi 6 pilar, yaitu network connectivity, fog computing, cyber security and physical security, data analyst, management automation and application, dan platform atau aplikasinya. Dari keseluruhan pilar tersebut lah yang akan menjadi dasar dari teknologi IoT.

Dari IoT juga kita dapat mengenal alat yang mana dapat mengatur suhu atau kelembaban suatu ruangan. Biasa nya menggunakan actuator dan sensor. Yang mana sensor dapat digunakan untuk mengetahui berapa suhu saat ini dan suhu saat setelah di dinginkan atau di panaskan oleh aquator. Actuator berfungsi sebagai pengatur suhu nya, jika suatu ruangan memerlukan suhu yang dingin maka aquator akan bekerja untuk mendinginkan ruangan tersebut sampai ke suhu yang diinginkan oleh pengguna yang mana suhu tersebut akan dibaca kembali oleh sensor untuk menentukan apakah suhu yang sudah di dinginkan sesuai dengan kemauan pengguna atau tidak. Dan alat ini juga yang akan mempermudah pekerjaan manusia yang tadinya manusia melakukan pengaturan nya secara manual maka jika menggunakan IoT maka mesin akan bekerja sendiri secara otomatis dan manusia hanya perlu mengontrol keadaan mesin saja bukan untuk mengatur suhunya.

Alat untuk IoT

Actuator dibagi menjadi 3 jenis, yaitu actuator elektrik, actuator hidrolik, dan actuator pneumatik.

Kontroler berguna untuk mengatur komunikasi sebelum sampai ke data internet. Bisa berupa mikro kontroler atau mikro prosesor yang mana terdapat dalam LAN. Terdapat alat bernama arduino mikrokontroler untuk kontrol berbasis analog sedangkan raspberry pi digunakan untuk kontrol yang berbasis digital.

71EPckcD8ZL._AC_SL1244_ ArduinoUno_R3_Front

Maka dari itu fungsi dari mikrokontroler seperti arduino dan raspberry pi digunakan untuk mengontrol program yang bekerja pada sebuah komputer. Dan terdapat flow yang mana berawal dari user kemudian masuk ke dalam fog computing dan terakhir akan masuk ke cloud computing.

 

Model dari Komunikasi

Setiap data melakukan komunikasi yang mana akan menghasilkan LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan Internet. Yang mana teknologi ini berkembang pada awalnya untuk komunikasi kepada sesama pasukan Amerika ketika sedang berperang. Kemudian dikembangkan dan digunakan oleh universitas yang ada untuk berbagi data dan kemudian akhirnya berkembang menjadi internet.

 

Maka dari itu perkembangan dari IoT sendiri sangat memungkinkan untuk di kembangkan di bidang pertanian. Contoh perkembangan nya menggunakan smart agriculture. Yaitu setiap perberapa meter diberi sensor lengkap seperti ph, cuaca, suhu, dan unsur tanah. Lalu bisa menggunakan drone untuk mapping ketika panen dan ketika ingin memonitor lahan perkebunan tersebut.

Penyimpanan Digital

Digital Storage

file-20210504-23-1t02hm4

Digital storage (penyimpanan digital) adalah tempat dimana komputer menyimpan data apa saja yang pengguna atau pengembang inginkan. Gambar diatas merupakan ilustrasi dari bagaimana sebuah data disimpan. Mengenai penyimpanan data, dulu saat pertama kali berkembang untuk menyimpan sebuah data hasil penelitian sangat sulit. Bagaimana tidak, dulu saat ingin menyimpan sebuah data kita harus membuat nya secara manual, lalu berkembang yang menjadikan sebuah hardware sebagai penyimpanan-nya namun masih kurang efisien, kemudian berkembang kembali menjadi penyimpanan yang dapat dibawa dengan ukuran yang sangat kecil, dan sekarang berkembang lagi, data bisa disimpang di awan (cloud) yang mana sebuah data akan bisa disimpan di cloud dan dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja selagi memiliki koneksi internet tentunya ini sangat-sangat simpel, efisien, dan murah. Namun perlu diingat, apa saja yang sudah terinput dalam media digital dan alat digital maka selamanya akan ada disana dan juga menurut yang saya kutip dari dosen di sebuah mata kuliah, data yang tersimpan secara digital tidak ada yang 100% aman. Karena kemungkinan data bocor masih besar dan juga para pembobol data sangat sulit untuk ditangkap dan mereka juga akan selalu mencari celah.

Storage device adalah sebuah alat untuk merekam dan mengambil data dari tempat penyimpanan. Reading (membaca) merupakan kegiatan dimana komputer mentransfer item dari media penyimpanan ke dalam memori. Sedangkan writing (menulis) merupakan sebuah proses transfer item dari memori ke dalam media penyimpanan.

Macam-macam jenis penyimpanan adalah internal hardisk, internal ssd, external hard drive, memory cards, nfc tags, usb flash drives, rfid tags, smart card, cloud storage, optical disc, magnetic strip card, dan network attached storage device.

Picture7

Kapasitas penyimpanan nya bisa mencapai satuan-byte

Berdasarkan waktu untuk mengakses nya memori terutama RAM yang paling cepat untuk diproses . Kemudian ada penyimpanan seperti harddisk, optical disk, dan lainnya.


 

Harddisk

pengertian-harddisk-inarticle

Hard disk atau HDD terdiri dari satu atau lebih piringan bundar yang tidak fleksibel yang menggunakan partikel magnetik untuk menyimpan data, instruksi, dan informasi. Ukuran dari penyimpanan HDD sendiri bervariasi ditentukan berdasarkan jumlah piringan yang berisi hard disk, menggunakan perekaman longitudinal atau tegak lurus, dan kepadatan dari hard disk sendiri.

Hard disk memiliki karakteristik berupa fungsi untuk melacak, bagian-bagian, piringan, bentuk, membaca atau menulis ulang sebuah data, dan terdapat perubahan setiap menitnya.

SSD adalah perangkat penyimpanan memori flash yang berisi prosesornya sendiri untuk mengelola penyimpanannya. SSD (solid state drive) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan hard disk tradisional (magnetik): Waktu akses lebih cepat, Kecepatan transfer lebih cepat, Pengoperasian yang lebih tenang, Lebih tahan lama, Lebih ringan, Konsumsi daya lebih sedikit, Lebih sedikit panas yang dihasilkan, Hidup lebih lama, dan Defragmentasi tidak diperlukan

External hard disk merupakan hard disk tambahan yang tidak ada di dalam sebuah perangkat komputer atau laptop. Bisa disambung dengan USB dan dapat terhubung dengan perangkat lain.

RAID (Redundant Array of Independent Disk) adalah gabungan dari dua atau lebih SSD.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memory Card

tf-card-microsd-card-sd-card

Memory card adalah memori yang dapat dicabut atau dipindahkan ke dalam perangkat lain untuk memindahkan suatu data.


 

 USB Flash Drive

16GB-cheap-USB-roundup-11-drives-feature

USB flash drive digunakan untuk dijadikan tempat penyimpanan yang bisa dibawa kemana saja dan menggunakan port usb untuk memasukkan flash drive nya


 

Cloud Storage

4

Penyimpanan awan adalah layanan internet yang mana digunakan untuk menyimpan sesuatu dalam sebuah jaringan awan yang dapat diakses ketika terhubung dengan internet.


Optical Disc

cant-eject-cd-laptop

Disk optik terdiri dari piringan datar, bulat, portabel yang terbuat dari logam, plastik, dan pernis yang ditulis dan dibaca oleh laser.


Enterprise Storage

data-storage-solution

Perangkat keras perusahaan memungkinkan organisasi besar untuk mengelola dan menyimpan data dan informasi menggunakan perangkat yang ditujukan untuk penggunaan berat, efisiensi maksimum, dan ketersediaan maksimum
–RAID menduplikasi data, instruksi, dan informasi untuk meningkatkan keandalan data.

Network Attached Storage (NAS) adalah server yang ditempatkan di jaringan dengan tujuan menyediakan penyimpanan untuk pengguna, komputer, dan perangkat yang terhubung ke jaringan.

Jaringan area penyimpanan (SAN) adalah jaringan berkecepatan tinggi dengan satu-satunya tujuan menyediakan penyimpanan ke server lain yang terpasang.

Tape adalah pita plastik yang dilapisi magnet yang mampu menyimpan data dan informasi dalam jumlah besar. Sebuah tape drive membaca dan menulis data dan informasi pada pita magnetik.

 

Sumber Referensi :

https://www.plimbi.com/news/3100/digital-storage

https://www.jagatreview.com/2013/01/infographic-sejarah-singkat-perkembangan-digital-storage/?__cf_chl_jschl_tk__=Vu4fPNDR4peB6t_kYfoMG1P6GJbdSJhOYR6WftDnZhw-1636049491-0-gaNycGzNCL0

https://nurfahri.web.ugm.ac.id/2017/09/16/pengantar-teknologi-informasi-digital-storage/

https://urbandigital.id/perkembangan-penyimpanan-data-digital/

Event Besar yang Menjadi Pusat Perhatian

Event besar yang sering membicarakan mengenai lingkungan hidup adalah COP26 dan sekarang beberapa pertemuan besar para pemimpin dunia lumayan sering membuat pertemuan dan juga perjanjian mengenai isu lingkungan hidup.

Dan dalam perkembangan nya selama ini, banyak kegiatan yang dihadiri oleh parah pemimpin besar mulai membicarakan tentang lingkungan hidup. Mungkin karena sudah mencapai tahap krisis dari sudut manapun yang sudah cukup mengkhawatirkan keberlangsungan hidup umat manusia.

 

G20

Salah satu pertemuan besar yang mulai atau sering menyinggung mengenai lingkungan adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Yang mana awalnya diciptakan oleh 7 negara yang menjadi penggagas awal berdirinya G20. Yang mana tujuannya adalah untuk menjadi forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan Australia, Argentina, Brazil, Kanada, RTT, Uni Eropa, Jerman, Prancis, India, Italia, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Amerika Serikat, Turki, dan Inggris.

Negara-negara anggota peserta G20 memiliki kualitas tertentu sehingga baru bisa bergabung dengan G20. Contohnya adalah :

85% Perekonomian dunia

80% Investasi global

75% Perdagangan internasional

60% Populasi dunia

Setiap tahun diadakan KTT G20 untuk dilakukannya pemecahan mengenai ekonomi yang berlangsung di dunia pada saat ini. Terdapat 2 isu yang biasanya diangkat untuk menjadi topik diskusi, yaitu finance track dan Sherpa track. Yang mana finance track hany berbicara mengenai dunia keuangan dan sherpa track membicarakan hal lain diluar bidang keuangan, seperti Geopolitik, anti-korupsi, pembangunan, perubahan iklim.

Sebelum dibahas pada tingkat Menteri, isu-isu tersebut akan dibahas secara detail dan teknis pada tingkat Working Group (WG) terlebih dahulu agar optimal dan komprehensif.

Rangkaian pertemuan G20 dalam setiap presidensi normalnya mencakup 3-4 pertemuan tingkat working group (WG), 3-4 pertemuan tingkat deputi, 2-4 pertemuan tingkat Menteri dan diakhiri dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri oleh Kepala Negara anggota G20.

Masing-masing jalur di atas berjalan secara paralel. Dimulai dari tingkat teknis (WG) kemudian dieskalasi ke tingkat deputi untuk mendapat konsep kesepakatan (communique) dan menyusutkan isu-isu untuk dibahas pada tingkat menteri. Dengan siklus tersebut, pada akhirnya G20 akan menyepakati kesepakatan final atas aksi kebijakan yang diambil atas isu-isu prioritas pada KTT sebagai penghujung rangkaian kegiatan.

 

COP26

Lebih dari 100 pemimpin dunia peserta KTT COP26 berjanji untuk menghentikan dan membalikkan deforestasi dan degradasi lahan pada akhir dekade ini, didukung oleh $19 miliar dana publik dan swasta untuk berinvestasi dalam melindungi dan memulihkan hutan.

 

Janji tersebut merupakan pernyataan bersama sebagai hasil KTT perubahan iklim COP26 di Glasgow, yang berakhir Selasa malam, 2 November 2021. Janji itu didukung oleh para pemimpin negara termasuk Brasil, Indonesia dan Republik Demokratik Kongo, yang secara kolektif menyumbang 85% dari hutan dunia.

 

Deklarasi Para Pemimpin Glasgow tentang Hutan dan Penggunaan Lahan akan mencakup hutan seluas lebih dari 13 juta mil persegi, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor perdana menteri Inggris atas nama para pemimpin.

 

“Kita akan memiliki kesempatan untuk mengakhiri sejarah panjang umat manusia sebagai penakluk alam, dan sebagai gantinya menjadi penjaganya,” kata PM Inggris Boris Johnson, yang menyebut kesepakatan itu belum pernah terjadi sebelumnya.

Presiden AS Joe Biden mengatakan rencana AS yang baru akan “membantu dunia mewujudkan tujuan bersama kami untuk menghentikan hilangnya hutan alam” dan memulihkan setidaknya 200 juta hektar tambahan hutan dan ekosistem lainnya pada tahun 2030.

 

“Kita akan bekerja untuk memastikan pasar mengakui nilai ekonomi sebenarnya dari penyerap karbon alami dan memotivasi pemerintah, pemilik tanah, dan pemangku kepentingan untuk memprioritaskan konservasi,” kata Biden.

Sejumlah inisiatif tambahan pemerintah dan swasta diluncurkan pada hari Selasa untuk membantu mencapai tujuan itu, termasuk miliaran janji untuk penjaga hutan adat dan pertanian berkelanjutan.

 

Hutan menyerap sekitar 30% emisi karbon dioksida dengan mengambil emisi dari atmosfer dan mencegahnya dari pemanasan iklim.

 

Namun penyangga iklim alami ini dengan cepat menghilang. Dunia kehilangan 258.000 km persegi hutan pada tahun 2020, menurut inisiatif pelacakan deforestasi WRI Global Forest Watch. Itu adalah wilayah yang lebih besar dari Inggris.

 

Kesepakatan memperluas komitmen serupa yang dibuat oleh 40 negara sebagai bagian dari Deklarasi Hutan New York 2014 dan melangkah lebih jauh dari sebelumnya dalam menyusun sumber daya untuk mencapai tujuan itu.

 

Organisasi non-pemerintah Global Witness mengatakan tidak jelas bagaimana pemerintah akan bertanggung jawab untuk memenuhi janji baru tersebut. Undang-undang nasional yang melarang perusahaan dan lembaga keuangan dari kegiatan yang memicu deforestasi diperlukan, katanya dalam sebuah pernyataan.

 

Berdasarkan perjanjian tersebut, 12 negara termasuk Inggris telah berjanji untuk menyediakan 8,75 miliar pound ($ 12 miliar) dana publik antara tahun 2021 dan 2025 untuk membantu negara-negara berkembang, termasuk dalam upaya memulihkan lahan yang terdegradasi dan mengatasi kebakaran hutan.

 

Setidaknya 5,3 miliar pound lebih lanjut akan disediakan oleh investor sektor swasta.

Brasil menandatangani perjanjian meskipun deforestasi melonjak di hutan hujan Amazon di bawah Presiden Jair Bolsonaro.

 

Para ilmuwan khawatir perusakan Amazon, hutan hujan terbesar di dunia, dapat mendorongnya melampaui titik tidak bisa kembali sebelum akhirnya  menjadi sabana. Itu akan melepaskan sejumlah besar gas rumah kaca dan menjadi bencana besar bagi iklim global.

 

Brasil secara terpisah pada hari Senin mengumumkan target yang lebih agresif untuk mengakhiri deforestasi pada tahun 2028.

 

Gabon, juga menandatangani perjanjian tersebut, meskipun ada rencana untuk melanjutkan penebangan sambil menggunakan praktik untuk mengurangi emisi gas rumah kacanya.

 

Hutan Adat

Lima negara, termasuk Inggris dan Amerika Serikat, dan sekelompok badan amal global pada hari Selasa juga berjanji untuk menyediakan $1,7 miliar dalam pembiayaan untuk mendukung konservasi hutan masyarakat adat dan untuk memperkuat hak mereka atas tanah.

 

Para pemerhati lingkungan mengatakan bahwa masyarakat adat adalah pelindung terbaik hutan, namun sering kali harus berhadapan dengan perambah  dan perampas tanah.

 

Lebih dari 30 lembaga keuangan dengan aset yang dikelola lebih dari $8,7 triliun juga mengatakan mereka akan melakukan “upaya terbaik” untuk menghilangkan deforestasi yang terkait dengan produksi ternak, minyak sawit, kedelai, dan pulp pada tahun 2025.

COP26 bertujuan untuk mempertahankan target pembatasan pemanasan global pada 1,5 derajat Celcius (2,7 Fahrenheit) di atas tingkat pra-industri. Para ilmuwan mengatakan hutan dan apa yang disebut solusi berbasis alam akan sangat penting untuk mencapai tujuan itu.

 

Hutan telah menghilangkan sekitar 760 juta ton karbon setiap tahun sejak 2011, mengimbangi sekitar 8% emisi karbon dioksida dari bahan bakar fosil dan semen, menurut Biomass Carbon Monitor yang didukung oleh firma analisis data Kayrros dan lembaga penelitian Prancis.

 

Biosfer kita benar-benar membantu menyelamatkan kita untuk saat ini, tetapi tidak ada jaminan proses itu akan berlanjut,” kata Oliver Phillips, ahli ekologi di University of Leeds di Inggris.

Sumber Referensi :

https://www.kemenkeu.go.id/single-page/draft-g20/#:~:text=G20%20dibentuk%20pada%201999%20dengan,rangka%20mewujudkan%20stabilitas%20keuangan%20internasional.&text=Sembilan%20tahun%20kemudian%2C%20pada%2014,G20%20dalam%20KTT%20G20%20pertama.

https://www.icctf.or.id/cop-26-janji-pemimpin-dunia-melawan-perubahan-iklim/

Blockchain for Agriculture

download

Pengertian Blockchain

Blockchain (rantai blok) adalah suatu transaksi digital yang berdasarkan pada strukturnya, yang mana catatan setiap individu yang disebut dengan blok akan dihubungkan bersama dalam satu daftar yang dikenal dengan chain (rantai). Blockchain juga biasa digunakan untuk mencatat kegiatan transaksi yang dilakukan dengan cryptocurrency (mata uang kripto). Blockchain merupakan teknologi yang awalnya berasal dari ledger yang merupakan buku yang berisi kumpulan akun-akun perkiraan yang terkait dengan pencatatan transaksi keuangan yang mengikhtisarkan buku pembantu yang berisi semua daftar perubahan laporan keuangan dari suatu entitas atau perusahaan. Buku besar merupakan dasar pembuatan laporan neraca dan laporan laba rugi.

Blockchain juga merupakan perkembangan dari Electronic Cash (uang elektronik), Hashcash (mata uang elektronik), dan penerapan teknologi Bitcoin yang juga menggunakan teknologi P2P (peer to peer). Blockchain juga digunakan pada Bitcoin dalam setiap transaksi nya.

Bitcoin adalah mata uang kripto yang digunakan sebagai media mata uang digital yang pembukuan dan pertukarannya ditempatkan secara online dan diamankan oleh kriptografi yang kuat. Bitcoin menggunakan teknologi blockchain. Dan belakangan ini sudah banyak perkembangan mata uang digital yang digunakan di seluruh dunia.

Sistem kerjanya berupa desentralisasi dari data induk yang menggunakan jaringan P2P. download (1) architecture

Di atas adalah contoh arsitektur blockchain pada mata uang kripto. Sedangkan yang dibawah adalah cara kerjanya

914739236

Seperti yang tergambarkan cara kerja kurang lebih seperti ini, di mana satu perangkat akan terkoneksi dengan perangkat lain untuk saling merekam dan memeriksa data yang ada. Pemanfaatan paling sering dan populer untuk teknologi ini adalah pada kripto.

Penerapan blockchain pada perntanian

Kita bisa meningkatkan kualitas pertanian dengan menggunakan teknologi blockchain dan beberapa teknologi lainnya yang pernah dibahas di dalam blog ini. Untuk sistem pembayaran dan investasi menggunakan teknologi blockchain yang mana sangat efisien, transparan, dan lebih terpercaya. Blockchain juga bisa dipadukan dengan IoT dengan sensor yang bekerja pada IoT kita bisa menganalisis tentang keadaan disekitar lahan pertanian tersebut dan dibuat laporannya setiap hari dan diinput kedalam setiap transaksi agar investor dan pembeli mengetahui hasil dari pertanian tersebut.