Manfaat Video Game Bagi Lansia, Bagus untuk Fungsi Kognitifnya

Manfaat video game bagi lansia ternyata bagus sekali. Game bisa berpengaruh pada kesejahteraan emosional yang baik untuk kinerja kognitifnya. Aktivitas bermain game memang bisa membuat stres jadi mereda, apabila penggunaannya tepat.

Bukan hanya orang tua, video game juga memberikan manfaat untuk kalangan dewasa, remaja, dan anak-anak. Namun sayangnya dewasa ini penggunaan video game sering dimanfaatkan oleh banyak orang. Sehingga memberikan dampak buruk.

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa lansia juga akan memperoleh manfaat jika mereka memainkan video game situs slot online. Bukan hanya sebatas membantu meningkatkan fungsi kognitif saja tapi juga manfaat lainnya.

Beberapa Manfaat Video Game Bagi Lansia

Pada lansia, bermain video game cukup bagus untuk menunjang memori menjadi lebih tajam. Serta bisa membuat mereka lebih terhibur. Mengingat usia lanjut sering membuat seseorang merasakan gampang resah dan ingatannya menurun.

Berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh lansia jika memanfaatkan permainan video game.

  1. Mereka yang bermain video game akan memperoleh manfaat berupa pengoptimalan kecepatan pemrosesan, memori, waktu reaksi, dan kemampuan menangani pengalihan tugas;
  2. Bisa memberikan pengaruh positif kepada respons emosional utamanya saat bermain game. Sehingga bisa membuat seseorang aktif secara fisik;
  3. Pengembangan manajemen stres yang bagus bagi lansia yang bisa menggunakan video game sebagai suatu hiburan;
  4. Dapat membantu mengurangi kecemasan di dalam dirinya.

Meski demikian, dalam memainkan video game lansia juga tidak bisa melakukannya secara berlebihan. Nantinya akan memberikan dampak buruk berupa kecanduan.

Kecanduan game akan malah merugikan kesehatan fisik dan mental seseorang. Bukan hanya lansia saja, sehingga pastikan untuk memainkannya secara tepat.

Jadi, sebaiknya membatasi mereka memainkan video game dan membantu mengimbanginya dengan latihan fisik. Jika terlanjur kecanduan, maka bisa berkonsultasi kepada psikolog.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu menangani kecanduannya agar tidak semakin parah. Sehingga kualitas keseharian lansia dalam menjaga kesehatannya tetap terjaga dengan baik.

Itulah beberapa informasi tentang manfaat video game bagi lansia yang bisa memberikan pengaruh baik bagi kognitifnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>