Tutorial Install Trixbox di VirtualBox

Apa itu Virtual Box?

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi“tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Apa itu Trixbox?

Trixbox adalah VoIP Phone System yang berbasiskan sistem open source PBX (private Brance Excange) yang ketika sekali di-install kepad suatu PC dengan interface yang sesuai maka akan dapat di gunkan sebagai full feature PBX untuk pengguna rumahan, lembaga, dan lain sebagainya. Trixbox sangat terkenal karena mengkombinasikan paket-paket Open Source Telepon terbaik yang disertakan di dalam sistem operasi tersebut. Dahulu seorang user dituntut untuk menjadi seorang programmer jika ingin mengimplementasikan VoIP karena User Interface yang tidak Friendly. oleh karena itu untuk mengatasi masalah seperti itu diluncurkannya Trixbox dengan penggunaan yang sangat mudah karena menu utama yang berbasiskan web browsure untuk menkonfigurasi dan mengatur sistem, serta pasket-paket untuk VoIP Server dijadikan dalam satu bundle dengan operating system CentOS sehingga menjadi sistem Trixbox CE.

Tahapan Installasi Trixbox

1. Menyiapkan iso trixbox 2.8.0.4, unduh

2. Menyiapkan Virtual Box, unduh 

3. Install Virtual Box terlebih dahulu. Lalu buka VirtualBox bila sudah terisntall

Screenshot (1)

4. Kemudian klik new untuk membuat Virtual Machine baru. Pilih tipe Linux dan versi Red Hat

Screenshot (2)

 

Screenshot (3)

5. Kemudian klik next dan klik create a virtual harddisk now.

Screenshot (6)

6. Klik next dan pilih VHD.

Screenshot (7)

7. Selanjutnya pilih Dynamically allocated dan set default location dan size.

Screenshot (8) Screenshot (9)

 

8. Setelah berhasil membuat virtual machine baru maka klik trixbox lalu klik setting.

Screenshot (12)

9. Setelah itu klik storage dan pilih host drive F

Screenshot (13) Screenshot (14)

10. Selanjutnya pilih gambar disk lalu klik choose a disk file lalu masukkan iso trixbox yang sudah didownload lalu klik oke.

Screenshot (16)

11. Setelah berhasil memasukkan iso ke virtual machine maka jalankan trixbox.

12. Installasi trixbox berhasil.

Screenshot (24)

Selamat mencoba!!

Tutorial Install Phyton27, Numpy, Scipy, dan Matplotlib

Disini saya akan membagikan tutorial menginstall Phyton 2.7, Numpy, Scipy, dan Matplotlib

1. Pertama pastikan Anda sudah mendownload Phyton 2.7

2. Ketika sudah ada Phyton 2.7 Anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut lalu mulai menginstall

3. Ketika menginstall pilihlah “install for all user” lalu klik “next” setelah itu tunggu beberapa saat lalu klik “finish”

4. Setelah seleai install cari di windows “cmd” atau “Command Prompt”, ini digunakan untuk menginstall Numpy, Scypy, dan Matplotlib

5. Buka Command Prompt lalu pada windows system ketikkan “cd..” lalu enter dan ketikkan “cd..” lagi lalu pada enter yang ketiga ketikkan cd C:\phyton27\scripts

6. Setelah itu enter lagi lalu ketikkan “pip install” lalu ketikkan tempat penyimpanan file Numpy, copy paste name file Numpy di pada comman prompt lalu enter, maka Numpy akan terinstall

7. Lakukan langkah yang sama untuk menginstall Scipy dan Matplotlib

8. Setelah selesai silahkan klik enter dan pada phyton27 scripts ketikan “cd..” lalu enter

9. Setelah itu ketikkan import numpy, enter, import scipy, enter, lalu import matplotlib enter. Numpy, Scipy, dan Matplotlib sudah terinstall.

Untuk video tutorialnya bisa di cek di link https://www.youtube.com/watch?v=jRUrHHbvRdc

selamat mencoba

 

Mengapa Saya Memilih Teknik Informatika Unila

Alasan saya memilih teknik informatika adalah karena perkembangan teknologi yang sangat pesat dan minimnya tenaga IT maka sudah dipastikan bahwa tenaga kerja IT di Indonesia sangat dibutuhkan. Selain itu saya juga bisa memahami pemrosesan informasi pada komputer dan dapat mengembangkan perangkat lunak menjadi lebih menarik dan mudah digunakan. Mengapa di UNILA?? Karena UNILA salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia dan saya juga ingin menunjukkan bahwa UNILA dapat bersaing dengan universitas yang ada di pulau Jawa.

Harapan saya kedepannya untuk teknik informatika UNILA adalah semoga teknik Informatika UNILA bisa segera mendapatkan akreditasi dan menjadi jurusan terbaik di UNILA. Semoga teknik informatika bisa mencapai visi dan misi teknik informatika UNILa.