KUNJUNGAN TEKNIK INFORMATIKA UNILA KE PT TELKOMSEL REGIONAL LAMPUNG

Pada tanggal 17 Juli 2017 seluruh mahasiswa/i program studi Teknik Informatika angkatan 2015 telah melaksanakan kunjungan kuliah ke PT Telkomsel Regional Lampung dalam rangka Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL) untuk Mata Kuliah Jaringan Komputer. Dalam Kunjungan ini kami ditemani oleh pak Gigih Forda Nama S.T.,M.T.I selaku dosen penanggung jawab dari Mata Kuliah Jaringan Komputer. Kunjungan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa/i tentang jaringan komputer sesuai dengan real case serta menambah wawasan mahasiswa/i akan sejarah jaringan komputer yang telah ada dari dulu hingga sekarang dan tentunya kunjungan ini untuk membangun hubungan baik Universitas Lampung dengan pihak instansi.

Kunjungan kami disambut sangat baik oleh pihak PT Telkomsel. Kami diberikan banyak kesempatan untuk mengetahui lebih dalam mengenai Telkomsel. Dimulai dari penjelasan mengenai sejarah telkomsel lalu mempersilahkan kami semua untuk melihat langsung komponen dan alat apa saja yang digunakan, lalu menjelaskan  proses-proses apa saja yang dilakukan dalam membagikan jaringan ke seluruh pengguna telkomsel di seluruh indonesia.

Telkomsel berdiri pada tahun 1995 hingga sekarang dengan jumlah pelanggan saat ini hingga 170 juta pelanggan dimana 90 juta nya merupakan pelanggan data dan 12juta untuk pelanggan 4G.
Telkomsel juga memberikan service yang terdiri dari:

  • 430 GraPARI
  • 480 Mobile GraPARI dan
  • 780 Mobile COMBAT. Mobile COMBAT(traffic) ini ditempatkan di area tertentu yang memiliki permintaan akses jaringan paling banyak seperti misalnya pada daerah padat kendaraan pada waktu liburan atau mudik.

Telkomsel memiliki 140.000 BTS(Base Transceiver Station), 95% Wilayah populasi, 400 BTS Merah Putih, dan 627 BTS perbatasan.

Memasuki era digital Telkomsel akan membangun ekosistem Digital dari Telco ke Digital dengan meyediakan layanan-layanan yang menunjang aktifitas dari masyarakat dalam hal seperti berikut:

  1. Mobile Financial Service

contoh : T-cash

  1. Digital Lifestyle

contoh: Game, Film, Music Max(JOOX,Smule)

  1. Digital Advertising

yaitu sebuah platform yang memungkinkan pengiklan mempromosikan produk dan layanan mereka

  1. Machine to Machine

contoh: T-bike

  1. Internet Of Things

Setelah pemaparan tentang profil serta sejarah telkomsel yang disampaikan oleh kak Galuh selaku Telkomsel Youth&Community. Dalam kunjungan ini pun kami dijelaskan mengenai Spektrum Frekuensi (Nyalanya Operator) dimana setiap operator mempunyai jalur nya masing-masing. Semakin besar lebar Frekuensi maka akan semakin besar pula potensi menarik/menampung lebih banyak pelanggan. Untuk jaringan CDMA berada pada Frekuensi 800MHz.  GSM pada 900MHz, 1800Mhz untuk 2G dan LTE dan 2100 untuk 3G. Tekomsel adalah provider pertama yang meluncurkan layanan 4G LTE di Indonesia.

Kami juga diajarkan tentang MISDN (Mobile ISDN Number) yaitu penomoran nomor telpon,sebagai contoh kita akan membaca penomoran dari nomor telpon +62 811 721 7200

+62 merupakan Mobile Country Code
811 merupakan Network Destination
721 merupakan home location Register
7200 merupakan Customer Number

Setelah diakhir kunjungan,terdapat penyerahan plakat dari Teknik Infromatika Universitas Unila ke pihak PT Telkomsel oleh pak Gigih Forda Nama S.T.,M.T.I dan tak lupa kami pun mendokumentasikan momen berharga kami.

IMG_2729

IMG_2824

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>