Tugas Paper “Menganalisa Intergrasi Nasional Terkait Permasalahan di Aceh dan Papua serta solusi yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat indonesia”

Standard

Nama : Muhammad Alwan Fadhlullah

NPM : 1955061006

Mata Kuliah : PKN TI B

Nama Dosen : Rio Ariestia Pradipta

Analisa Integrasi Nasional terkait Permasalahan di Aceh dan Papua serta Solusi yang Dapat Dilakukan oleh Pemerintah dan Seluruh Lapisan Masyarakat Indonesia.

1. Analisis Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Organisasi Papua Merdeka (OPM) melakukan serangkaian pemberontakan diakibatkan beberapa faktor. Salah satunya dilatarabelakangi oleh ketidakpuasan akan hasil Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) yang menunjukkan bahwa Papua memilih menjadi bagian dari Indonesia. Keputusan tersebut ditetapkan secara sah dalam Resolusi PBB Nomor 2504, dengan menyebutkan bahwa adanya pemindahan kekuasaan Papua ke tangan Indonesia (Agreement between the Republic of Indonesia and the Kingdom of the Netherlands concerning West New Guinea, 1996). Masyarakat pro-Papua beranggapan bahwa pemungutan suara yang dilakukan tidak melibatkan rakyat Papua dan tidak menggambarkan kepentingan rakyat Papua.Bagi masyarakat pro-Papua, keputusan tersebut dianggap sebagai sebuah kecurangan. Kesenjangan presepsi terkait integrasi Papua ke Indonesia menjadi salah satu pemicu timbul konflik separatisme.

Dari ulasan diatas,  maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat Irian Jaya (Papua) ingin keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia disebabkan oleh:

  • aspirasi masyarakat Irian Jaya kurang diakomodir (Ngatiyem, 2007).
  • Perlakuan tidak adil selama ini dirasakan oleh rakyat Irian Jaya, 2)
  • merasa ditelantarkan,

2. Analisis Gerakan Aceh Merdeka (GAM)

Pada 21 Desember 1953, sebagian rakyat Aceh hampir terancam melakukan kegiatan separatisme. Alasannya tidak lain karena rasa ketidak adilan yang dilakukan pemerintah. Selain itu terdapat rasa kekecewaan yang berkepanjangan mulai dari kecewa terhadap pemerintahan Belanda, dan kekecewaan terhadap pemerintah Indonesia sendiri. mereka merasa sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam hanya menjadi sapi perah pusat saja. hasil bumi yang melimpah diperkirakan hanya 1 persennya saja yang sampai ke tangan rakyat Aceh.Hal inilah yang membuat Hasan Tiro dan kawan kawan kembali mengangkat senjata melalui panji-panji Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang didirikan pada tanggal 4 Desember 1974.

3. Solusi Dari Pemerintah untuk Mengatasi Disintegrasi GAM dan OPM

Sebenarnya pemerintah sudah cukup berhasil mengatasi konflik Aceh dengan konsep self-government. Self-government merupakan cara yang dilakukan Pemerintah Indonesia secara tepat mengatur proses perdamaian melalui diplomasi dan kekuatan militer. Untuk mencegah intervensi internasional terhadap konflik tersebut melalui isu yang pelanggaran HAM, sebuah strategi diplomatik yang lebih luas kemudian digunakan Pemerintah untuk dapat tetap mengerahkan kekuatan militer,Selain itu solusi yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi disintegrasi Aceh dan Papua adalah dengan melakukan pendekatan sosiologis. Dimana pemerintah berusaha memberikan keadilan dan kesejahteraan sosial. Lagkah-langkah untuk membangun integrasi dalam kasus tersebut antara lain dengan melakukan perubahan yang baik dalam hal ekonomi, pendidikan, sosial budaya, akses politik dan kepastian hukum.

4. Solusi Dari Masyarakat untuk Mengatasi Disintegrasi GAM dan OPM

Aceh dan Papua adalah bagian dari Negara Indonesia. sudah selayaknya kita sebagai masyaakat yang baik harus tetap menjaga keutuhan bangsa dan mempertahankan keragaman di Indonesia. Solusi yang dapat dilakukan bangsa Indonesia saat ini adalah dengan tidak memperkeruh keadaan, menghargai HAM, saling menghargai perbedaan, dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Serta ikut serta mendukung pemerintah agar mampu mempertahankan Aceh dan Papua sebagai salah satu propinsi di Indonesia.

Referensi : 

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-46539502

https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Papua_Merdeka

https://www.coursehero.com/file/21048448/ANALISIS-OPM/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>