Resume Kuliah Kunjungan Lapangan Kelas Jaringan Komputer 1

13165836_10154096089552822_2409164311156314191_n

Postingan ini tentang kami mahasiswa program studi teknik informatika Universitas Lampungpada tanggal 3 mei 2016 melakukan kunjungan kuliah lapangan untuk mata kuliah jaringan computer 1 dengan Dosen PJ Bpk Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I dengan lokasi kunjungan kuliah lapangan yaitu Kantor Wilayah Telkom (Kanwitel)Lampung.

telkom5

Pada saat kujungan kuliah lapangan ini kita diberi kuliah singkat oleh bapak eko waluyo tentang keunggulan dari fiber optic yang di gunakan PT. Telkom saat ini yaitu informasi ditransmisikan dengan kapasitas yang tinggi, karena murni terbuat dari kaya dan plastik sehingga tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio dan fiber optic juga lebih aman dibandingkan kabel tembaga sebab kabel fiber optic tidak ada nilai ekonomi di tempat kiloan. Selain itu kami juga diberi pengetahuan sedikit mengenai PT. Telkom ini, disini terdapat pelayanan IndiHome, IndiHome Fiber merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet Fiber atau High Speed Internet (Internet Cepat), Interactive T V (UseeTV) dan Phone (Telepon Rumah) yang selanjutnya bakal ditambah lagi layanannya.

Setelah kuliah singkat yang diberikan bapak eko waluyo kami keliling ruangan Telkom yang didalamnya merupakan perangkat keras yang dimiliki Telkom, Namun ada beberapa ruangan yang tidak boleh diambil gambar dan ada yang tidak ke ambil gambarnya serta gambarnya juga tidak boleh dipublikasikan.

13133350_10154096088967822_8095270320273912301_n

Kami juga mendapatkan bagaimana cara penyambungan kabel fiber optic yang apabila terputus dengan menggunakan alat ini untuk menyambungkan serat kabel yang putus.

13133345_10154096088782822_8685942149329015616_n

Mungkin itu saja yang dapat disharing dari kunjungan ke Kantor wilayah Telkom lampung semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca

Tugas Struktur Data

Sorting / pengurutan biasanya dilakukan untuk tujuan mempermudah pencarian. Pengurutan data baik dari segi ascending (dari nilai terkecil ke terbesar) atau descending (dari nilai terbesar ke terkeci). Ketika akan melakukan sortir di komputer, maka hal-hal yang akan mempertimbangkan, meliputi :
1. Perlu tidaknya data disortir
2. Besarnya atau banyaknya data yang akan disortir
3. Kemampuan atau kapasitas computer atau media penyimpanan data
4. Metode sortir

Macam-macam bentuk pensortiran :

Bubble Sort atau metode gelembung adalah metode pengurutan dengan cara melakukan penukaran data dengan tempat disebelahnya jika data sebelum lebih besar dari pada data sesudahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan, atau telah terurut dengan benar.

Selection Sort adalah metode yang digunakan dengan cara memilih data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yang belum diurutkan, dan meja yang telah diurutkan. Elemen pertama yang diambil dari bagian array yang belum diurutkan dan kemudian diletakan pada posisinya sesuai dengan bagian lain array yang telah di urutkan.

Insertion Sort adalah Metode Literasi (pengulangan) yang menginsert atau menyisipkan setiap elemen ketempat yang sesuai(setelah dibandingkan dengan elemen kiri dan kanannya) atau kita bisa mengumpamakan metode ini seperti bermain kartu, yaitu satu demi satu akan menginsert ketempat yang sesuai.

Quick Sort adalah Metode yang dimulai dengan menscan daftar yang disortir untuk nilai median. Nilai ini yang disebut tumpuan atau (pivot), kemudian dipindahkan ke satu sisi pada daftar dan butir-butir yang nilainya lebih besar dari tumpuan di pindahkan ke sisi lain.

Merge Sort adalah metode yang digunakan untuk menyusun daftar dengan cara membagi daftar menjadi dua bagian yang lebih kecil. Kemudian kedua daftar yang baru tersebut disusun secara terpisah dan diurutkan masing-masing. Kemudian hasil sortir dari setiap bagian tersebut digabungkan dan diurutkan lagi hingga menghasilkan urutan yang sudah tersortir. Intinya menggabungkan dua array yang sudah tersortir yaitu array A dan array B kemudian membuat array ketiga yaitu array C yang berguna untuk menampung nilai-nilai elemen dari array A dan array B.

Shell Sort adalah Metode yang mengacu pada algoritma sorting dimana data didistribusikan dari input untuk struktur peralihan beberapa yang kemudian dikumpulkan dan ditempelkan pada output.

untuk menjalankan algoritma sorting ini saya mencoba menggunakan pc dengan spesifikasi sebagai berikut :

tugas

dari spesifikasi pc diatas di dapatkan data dari sorting yaitu

1

 

s1

 

Bubble sort menggunakan pc dengan spesifikasi di atas di dapatkan grafik dengan 10 iterasi bahwa bubble sort pada iterasi 8 menunjukkan kecepatan sorting maksimum dan pada iterasi 1 kecepatan sorting terendah dari 10 iterasi yang dilakukan

s2

Pada inserting sort di dapatkan data dengan 10 iterasi dan data menunjukkan lebih cepat dari pada bubble sort dan kecepatan sorting maksimum berada pada iterasi 6

s4

quick sort merupakan metode paling cepat ketikan melakukan sorting dengan menggukan pc yang saya gunakan dan pada iterasi ke 6 dan 4 merupakan sorting paling cepat dan iterasi ke 9 merupakan paling lambat pada metode quick sort

s6

 

pada metode shell sort juga cepat seperti quick sort namun kecepatan sorting masih lebih cepat metode quick sort dan pada iterasi 5,6,7,8 adalah sorting paling cepat menggunakan metode ini

 

s3

 

pada merge sort juga cukup cepat seperti halnya metode quick dan shell tapi quic masih metode paling cepat dan sorting paling cepat pada metode ini yaitu pada iterasi 3

s5

 

Meode selection sort dalam melakukan sorting cukup lama seperti halnya bubble sort namun metode ini tidak selambat metode bubble sort, sorting paling cepat berada pada iterasi 7 dan sorting paling lambat berada pada iterasi ke 1

Dari data yang di ambil menggunakan pc dengan spesifikasi yang ada di dapatkan hasil sorting paling cepat menggunakan metode quick sort karena quicksort dimulai dengan menscan daftar yang disortir untuk nilai median. Nilai ini, yang disebut tumpuan (pivot), kemudian dipindahkan ke satu sisi pada daftar dan butir-butir yang nilainya lebih besar dari tumpuan di pindahkan ke sisi lain dan metode bubble sort lebih lambat dari pada metode soring yang lainnya.

Kecerdasan Buatan “Artificial intelligent”

 

Mungkin semua pengertian tentang kecerdasan buatan hampir sama yaitu istilah kecerdasan buatan sebenarnya berasal dari bahasa Inggris: “Artificial Intelligence”. Jika diartikan tiap kata, artificial artinya buatan, sedangkan intelligence adalah kata sifat yang berarti cerdas. Jadi artificial intelligence maksudnya adalah sesuatu buatan atau suatu tiruan yang cerdas. Cerdas di sini kemungkinan maksudnya adalah kepandaian atau ketajaman dalam berpikir, seperti halnya otak manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.

Secara awam kecerdasan buatan diterjemahkan sebagai sebuah sistem saraf, atau sensor atau otak yang diciptakan oleh sebuah mesin. Sebenarnya kecerdasan buatan merujuk kepada mesin yang mampu untuk berpikir, menimbang tindakan yang akan diambil, dan mampu mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh manusia.

Alan Turing, ahli matematika berkebangsaan Inggris yang dijuluki bapak komputer modern dan pembongkar sandi Nazi dalam era Perang Dunia II tahun 1950, dia menetapkan definisi Artificial Intelligent : Jika komputer tidak dapat dibedakan dengan manusia saat berbincang melalui terminal komputer, maka bisa dikatakan komputer itu cerdas, mempunyai intelegensi. Kecerdasan buatan itu sesuatu yang diciptakan oleh manusia, untuk menggantikan manusia. Jadi bisa jadi kecerdasan buatan itu merupakan suatu ancaman. Walau pun menyadari bahwa kecerdasan buatan bisa jadi adalah suatu ancaman untuk manusia, tapi manusia masih saja mengembangkan apa yang disebut dengan kecerdasan buatan. Manusia masih saja mencoba mengembangkan / mendapatkan sesuatu (teknologi) yang baru, yang dapat berpikir seperti manusia. Hal ini terjadi karena adanya ketidakpuasan dalam diri manusia, manusia ingin mendapatkan sesuatu dengan cara yang lebih mudah. Lagipula memang ada keterbatasan-keterbatasan dalam diri manusia, seperti otak manusia yang hanya mampu berpikir dengan frekuensi kira-kira 100 Hz dan karena manusia mempunyai rasa capai. Bandingkan dengan komputer sekarang yang mampu mengolah data dengan frekuensi 4 GHz. Komputer juga tidak mempunyai rasa capai walau pun harus mengolah data yang sama berulang-ulang.

Walaupun terasa sangat futuristik dan terlihat berbahaya, karena mesin nantinya akan memiliki kecerdasan dan emosi, para pakar AI menganggap pengembangan disiplin ilmu ini penting karena bisa diterapkan di Internet nantinya. Misalnya saja, di masa mendatang ketika Anda mengunjungi sebuah situs agen perjalanan, maka di layar komputer akan muncul wajah seorang wanita yang sangat sempurna karena semuanya berupa ciptaan komputer. Uniknya, Anda akan mampu bercakap-cakap dengan wanita artifisial ini, seperti layaknya Anda berbicara dengan staff wanita beneran di counter biro perjalanan. Kalau ini tercapai, maka pelayanan dapat diberikan 100% online, dengan akurasi yang sangat tinggi. Terutama dari konsistensi, keramahan, kecepatan dan akurasi pelayanan. Lain kalau kita menggunakan staff manusia asli yang konsistensinya tidak bisa akurat karena terpengaruh kepada kondisi fisik dan emosi saat itu.

Saat ini sudah banyak teknologi kecerdasan buatan yang dihasilkan dan dipakai oleh manusia. Misalnya saja pada robot Asimo yang bisa menari dan berjalan, atau pada permainan komputer yang dirancang untuk membuat manusia berpikir keras untuk mengalahkannya. Contoh lain ada di industri otomotif. Adanya teknologi komputer yang mampu mengolah data dengan cepat dipakai untuk memberikan peringatan pada pengemudi mobil untuk menghindari terjadinya tabrakan.

Asimo-by-Honda4Kecerdasan Buatan (artificial intelligent) yaitu dimana penggunaan komputer, yang mana meniru atau menduakan fungsi otak manusia. Sistem Kecerdasan buatan tidak diharap menggantikan manusia sebagai pembuta keputusan, tetapi sebaliknya mereplikakan  butirannya, dengan keadaan jelas. Umumnya bidang kecerdasan buatan termasuklah  beberapa jenis komponennya.

Tujuan penggunaan sistem pengambil keputusan menggunakan kecerdasan buatan atau AI adalah :

  1. Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah, masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra, perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.
  2. Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja

Cara mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca di komputer/Laptop

Pada kesempatan ini saya memberikan sebuah informasi yaitu cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca pada komputer atau laptop. Ada beberapa hal  yang harus anda ketahui beberapa penyebab sehingga  flashdisk anda tidak bisa terbaca oleh komputer/laptop:

  1. Secara Fisik Flashdisk anda memang sudah mengalami kerusakan
  2. Kemungkinan besar  ada permasalahan pada driver USB
  3. Port USB rusak (Port = tempat nyolok USB)
  4. Setinggan bios, Windows punya masalah

Biasanya kebanyakan orang lebih memilih membeli flashdisk baru ketimbang memperbaikinya karna harganya yang terjangkau, mungkin ini beberapa informasi untuk menyelesaikan masalah saat flashdisk tidak terbaca di komputer/Laptop adalah sebagai berikut :

cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop sama sekali secara manual melalui windows 

  • Pertama silakan colokkin Flashdisknya ke laptop/komputer anda.
  • Selanjutnya anda Buka Start -> Control Panel
  •  Ganti penampilan jadi klassik mode (switch to classic mode).
  •  Click ” Add Hardware “
  • Kemudian akan tampak sebuah kotak dialog, maka clik next saja.
  •  Kemudian ada 2 pilihan ” Yes, I have already connected the hardware ” serta ” No, I have not added the hardware yet “. makan anda harus memilih opsi  yang Yes.
  • Maka selanjutnya pada sistem komputer anda akan mengecek adanya keberadaan perangkat keras eksternal anda yaitu Flashdisk yang sudah di colok kan ke laptop tapi belum terdeteksi oleh komputer/laptop. Apabila berhasil di terdeteksi oleh komputer/laptop, maka akan muncul autorun. Dengan kemunculan Autorun ini menyatakan bahwa anda berhasil dan agar koneksi USB Drive bisa lebih cepat,Muncul ikon “Removable hardware “pada systen tray dan Muncul drive baru di Windows Explorer atau My Computer.
  • Bila salah satu hal itu berlangsung, pendeteksian tak perlu diteruskan. Click Cancel pada penampilan selanjutnya.

cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan cmd

 

  • Pertama silakan colokkin Flashdisknya ke laptop/komputer anda.
  • Buka Command Prompt, langkahnya click Start – Run – tulis cmd atau detail silakan baca artikel sebelumnya Cara Membuka CMD di Windows 7/8/10
  • Buka tempat flashdisk anda umpamanya di G, tulis di command prompt g :
  • Lalu anda tulis chkdsk/f, lantas bakal nampak tulisan, serta bakal ada pilihan (Y/N). tulis Y untuk yes.
  • Kemudian, bakal ada pilihan lagi untuk merestart computer anda, tentukan yes untuk merestart computer anda. Biarlah sistem berjalan sesudah winlogon.

Jika ” cmd ” tak dapat masuk ke drive usb itu, hal di atas masih tetap dapat dikerjakan dari drive manapun, dengan perintah :
chkdsk (: e/f/g drive usb) /…

 

Demikianlah Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca di komputer/Laptop

Terimakasih Semoga Bermanfaat