URGENSI INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

Assalamualaikum Wr. Wb

Nama Mahasiswa : Muhammad Setiawan
NPM                        : 1915061020
Mata Kuliah           : Pendidikan Kewarganegaraan
Nama Dosen MK  : Rio Ariestia Pradipta

Masalah yang terjadi


 

+ GAM

Gerakan Aceh Merdeka, atau GAM adalah sebuah organisasi separatis yang memiliki tujuan supaya Aceh lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Konflik antara pemerintah RI dan GAM yang diakibatkan perbedaan keinginan ini telah berlangsung sejak tahun 1976 dan menyebabkan jatuhnya hampir sekitar 15.000 jiwa. Gerakan ini juga dikenal dengan nama Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF).

+ OPM

Organisasi Papua Merdeka adalah organisasi yang didirikan pada tahun 1965 untuk memisahkan Papua dan Papua Barat dari pemerintahan Indonesia, yang sebelumnya dikenal sebagai Irian Jaya. Nicolaas Jouwe dan dua komandan OPM, Seth Jafeth Roemkorem dan Jacob Hendrik Prai, berencana mendeklarasikan kemerdekaan Papua pada tahun 1971.

Solusi


 

Oleh Pemerintah :

1. Memberikan pengertian kepada mereka seperti memperdulikan mereka dalam memberikan yang terbaik seperti melakukan pembangunan infrastrukur dan memberikan pelayanan seperti sandang, papan,pangan agar mereka merasa diurusi oleh negara

2. Melakukan negosiasi antara pemerintah dan setempat.

3. Menumpas para provokator yang ingin memecah belah kan bangsa.

Oleh masyarakat :

1. Memberikan pengetahuan dan pengajaran kepada masyarakat terutama sejak kecil/dini tentang bela negara serta cinta tanah air bangsa indonesia.

2. Saling tolong-menolong sesama manusia tanpa membedakan ras, kulit, dan suku supaya tidak ada rasa benci dan ingin memisahkan diri dari NKRI.


Referensi :

1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Aceh_Merdeka

2. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Papua_Merdeka

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>