Jantung adalah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah melalui karat dengan kontraksi berirama berulang. Darah menyediakan oksigen dan nutrisi dalam tubuh, juga membantu menghilangkan sisa metabolisme. Istilah jantung berarti berhubungan dengan hati, dari kata Yunani cardia ke jantung. Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada bagian kiri.

Pada manusia, mamalia dan burung, jantung dibagi menjadi empat segmen: atrium kanan atas dan atrium kiri; dan ventrikel kanan dan kiri. Secara umum, atrium kanan dan ventrikel disebut jantung kanan, dan selebihnya disebut jantung kiri. Ikan hanya memiliki dua segmen, atrium dan ventrikel, sedangkan reptil memiliki tiga segmen. Dalam hati yang sehat, darah mengalir ke satu arah melalui darah. Ada kantong perlindungan tas, perikardium, yang juga mengandung cairan kurang. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan: epikardium, miokardium dan endokardium.

Jantung memompa darah melalui dua sistem peredaran darah. Darah yang berasal dari sistem peredaran darah yang besar mengandung sedikit oksigen dan memasuki atrium kanan melalui vena kava superior dan inferior ke ventrikel kanan. Dari situ, darah dipompa ke paru-paru, tempat yang mengandung oksigen dan karbon dioksida. Darah yang mengandung oksigen kembali ke atrium kiri, melewati ventrikel kiri dan dipompa melalui tubuh melalui aorta, di mana oksigen digunakan dan melalui metabolisme karbon dioksida. Selain itu, darah juga membawa nutrisi dari hati ke berbagai organ tubuh, sekaligus membawa zat sisa ke hati dan ginjal. Biasanya, jumlah darah yang dipompa ke paru-paru sama dengan jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh. Vena memompa darah ke jantung dan membawa darah yang kaya akan karbon dioksida – dengan pengecualian pembuluh darah dan vena pulmonal dari sistem pencernaan. Arteri membawa darah dari jantung, membawa oksigen selain arteri pulmonalis. Jarak dari hati. Vena memiliki sedikit tekanan daripada. Saat istirahat, jantung berdetak sekitar 72 kali semenit. Latihan fisik biasanya dilepas, tapi jumlahnya melambat untuk sementara, yang bagus untuk jantung.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian pada tahun 2008, membunuh 30% manusia. Dilanjutkan dengan penyakit udara koroner dan stroke. Penyebabnya adalah: merokok, obesitas, kurang olahraga, kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes dan lain-lain. Diagnosis kardiovaskular dengan stetoskop, EKG atau pendengaran ultrasonik. Spesialis yang berfokus pada penyakit jantung disebut kardiolog, berdandan untuk spesialis lainnya untuk mengelola ….

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Jantung