Jurnal pertemuan ke 7 Artikel

Artikel

Artikel Merupakan kegiatan mempublikasikan dan juga melaporkan hasil karya kepada publik. sedangkan artikel menurut KBBI adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan tentang berita atau essai dalam majalah.

Artikel ilmiah Merupakan hasil kerja dari seorang peneliti itu sendiri. selain ada Artikel dan Artikel ilmiah adapun pengertian dari Ilmiah itu sendiri, Ilmiah merupakan suatu pembuktian yang dilakukan dengan adanya data atau research dari seorang peneliti,

Karya Ilmiah merupakan karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah, berdasarkan data dan fakta (observasi, eskperimen, Kajian pustaka)

Adapun beberapa hal yang ditulis di dalam artikel yaitu :

  1. literatur
  2. apa yang dikerjakan oleh peneliti
  3. melaporkan hasil kerja peneliti
  4. jika berguna, maka harus dilaporkan dan dipublikasikan agar orang lain bisa mendapatkan pengetahuan berdasarkan apa yang dikerjakan peneliti.
  5. jika yang dikerjakan tidak berguna, maka peneliti tidak harus mempublikasikannya.

Terdapat beberapa jenis jenis dari artikel yaitu :

  • Artikel / jurnal ilmiah

 

  • Makalah

memiliki sistematika lebih formal dan makalah ditulis pada topik tertentu

  • Kertas kerja

suatu kertas yang berkolom-kolom atau berlajur-lajur yang direncanakan secara khusus untuk menghimpun semua data-data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan dengan cara sistematis.

  • Paper

biasanya lebih singkat dan flexibel dibandingkan makalah

  • Skripsi

hasil pemaparan atau hasil teliti oleh seorang mahasiswa sebagai tugas akhir.

  • Tesis

adalah pendapat atau argumen.

  • Disertasi

menurut wikipedia adalah paparan diskusi menyertai sebuah pendapat atau argumen

  • Artikel ilmiah populer

biasanya artikel ilmiah populer ini dibuat senyaman mungkin dan tidak harus mengikuti struktur untuk menarik minat para pembaca.

struktur Artikel Ilmiah

ada beberapa struktur dari Artikel ilmiah diantaranya :

– Judul
– Informasi penulis
– Abstrak
– Kata Kunci
– Isi Artikel
– Pendahuluan
– Studi Literatur
– Metode yang digunakan
– Hasil dan Pembahasana
– Simpulan Saran
– Daftar Pustaka

Lalu ada bebrapa cara mempublikasikan hasil Artikel Ilmiah

1. seminar

seseorang dapat mempublikasikan hasil risetnya melalui seminar.

2. Jurnal

seseorang dapat mempublikasikan hasil penelitian ke sebuah jurnal.

jurnal pertemuan ke 6 Big Data

Database adalah pangkalan data yang umumnya disimpan di suatu system computer yang terorganisir dengan baik dan dapat diakses secara elektronik. Data terdapat tiga jenis yaitu, yang pertama data terstruktur, jenis data yang tersusun rapi  dalam suatu table yang biasanya berbentuk spreadsheet, yang kedua adalah data semi terstruktur adalah data yang memiliki karakteristik dari data terstruktur dan tidak terstruktur seperti data tersebut tersusun dalam sebuah table, namun tidak memiliki format yag pasti antar table, yang ketiga adalah data tidak terstruktur, data yang bentuknya tidak memiliki aturan tentu, tidak pasti, dan tidak memiliki skema yang spesifik.

Pengertian Big Data

Big data adalah sebuah istilah untuk menjelaskan tentang volume besar variabel data
denan kecepatan tinggi, kompleks yang membutuhkan teknik dan teknologi tingkat lanjut
untuk mengaktifkan pengambilan penyimpanan, distribusi, manajemen dan analisa informasi

Untuk istilah Big data itu sendiri terdapat 10 istilah yaitu :

  • Volume
  • Velocity
  • Variety
  • Veracity
  • Value
  • Validity
  • Variability
  • Vanue
  • Vocabulary
  • Vagueness

Terdapat beberapa jenis dan bentuk dari big data itu sendiri yaitu berupa teks, file, suara, video dsb.

Adapun beberapa sumber dari big data itu sendiri yaitu :

  • Media
  • Social Media
  • Communication data
  • Database
  • Network stream monitoring
  • IoT
  • Website
  • Cloud

Contoh penggunaan Big Data itu sendiri seperti :

  1. Chat bot

Chat bot adalah suatu program komputer yang dapat membalas pertanyaan atau mensimulasikan percakapan manusia melalui perintah suara, berdasarkan pertanyaan yang sering ditanyakan.

2. Search engine

Search engine ini adalah program yang sering kita gunakan sehari hari untuk memudahkan kita untuk melakukan pencarian seperti website, aplikasi, informasi, dan berita yag sedang kita hadapi saat ini. Contoh search engine adalah google, yahoo dan lain sebagainya.

3. Artificial intelligence

Artificial Intellegence atau biasa disebut dengan AI ini adalah sebuah program komputer yang dapat berfikirlayaknya manusia, program ini diharapkan bisa membantu pekerjaan manusia di masa yang akan datang .

Keuntungan Big Data

Big Data memiliki beberapa keuntungan yaitu :

  1. Mengambil keputusan berdasarkan data yang tepat
  2. rekomendasi
  3. inovasi
  4. untuk pemanfaatan sosial media
  5. pengoptimalan data
  6. dan juga analisa yang prediktif

Jurnal Pertemuan ke 5 INDUSTRI PERTANIAN

AI for Agriculture

Pembahasan
-proses Pertanian
-Agroindustri
-revolusi industri 4.0
-Artificial Intelligence

Proses pada pertanian
– Pengolahan lahan
– Pembibitan
– Penanaman
– Pemanenan
– Penjualan hasil

Jika ingin dijualnya laku maka barangnya harus berkualitas ada 2 standard yaitu
standard kualitas dan standard proses

Agroindustri
Komoditas Pertanian di indonesia ini sangat luas di Indonesia
membuat pertanian yang bisa berkelanjutan merupakan salah satu bentuk bela negara. dan memberikan dampak yang baik untuk negara itu sendiri.

keuntungan dari cengkeh sendiri bisa mencapai 560 milyar

Agroindustri
– perencanaan
– perancangan
– pengembangan
– evaluasi terpadu

Orang yang terlibat dalam Agro industri tidak hanya petani tetapi masih banyak yang lain contohnya ahli bisnis dan lain lainnya

Industri 4.0
Perubahan yang menyebabkan perkembangan teknologi dan juga penciptaan teknologi baru.

Penerapan AI tidak berdiri sendiri dan biasanya melakukan kolaborasi dengan IoT

AI ini banyak diletakan pada robotika, untuk melakukan suatu analisa untuk bergerak dan melakukan hal lainnya.

Agruculture ini tidak hanya dari bidang TI saja namun gabungan dari beberapa beberapa bidang lainnya.

di Indonesia sendiri dapat melakukan Agriculture, yaitu Milenial dan Teknologi Bertani, yang dilakukan oleh anak anak muda di Indonesia
Diharapkan di Indonesia dapat membuat atau memikirkan inovasi baru dalam bidang Agriculture ini.

Penerapan AI di indonesia

Tanggapan saya soal video yang telah saya tonton

1. How singapore Farm Use Artificial Intelligence

Dalam video itu disebutkan bahwa singapur Peringkat 1 Food Security Index, jadi apa pun yang singapur ekpor ke negara lain mereka menjamin bahwa makanan itu sangat aman untuk dikonsumsi. dengan adanya pertanian berbasis AI ini, dengan segala fasilitasnya mereka mampu mengoprasikannya sepanjang waktu selama 24 jam, lalu dipindahkan ke dalam cloud dan akan memberikan sebuah data. dan dapat melihat temperatur, suhu, ukuran cahaya, kelembaban udara, dan lainnya, alat itu bekerja secara otomatis menyesuaikan dengan tanaman apa yang akan di tanam. Mereka mempunyai 2 hektar pertanian indoor di pertengahan 2021 ini. Mungkin ada beberapa yang harus kita contoh terhadap singapura seperti memulainya dengan menanam segala tumbuhan dan sayuran dengan ilmu yang sangat cukup dan baik.

2. The Futuristic Farms That Will feed the World Freethink Future food

Netherland menjadi negara pengekspor makanan nomer 2 didunia. di dalam video itu bagaimana mengembangkan sayuran sebaik mungkin dengan penggunaan air yang tidak terlalu banyak. Untuk menjaga tumbuhan dari para hama mereka menggunakan sebuah drone untuk mengatasi hama atau serangga. Kita harus menggunakan seumber daya yang ada secara cukup dan juga kita bisa memanfaatkan beberapa teknologi yang ada untuk mengatasi beberapa permasalahan terkait pertanian.

3. AI for Agriculture ecosystem in India – IBM Research

Menciptakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan para petani untuk mereka mulai dari bertani, pemanenan, hingga pemasarannya agar lebih mudah. dan bisa dibantu menggunakan teknologi untuk mmemonitoring selama proses pertanian agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Milenial & Teknologi Bertani

untuk mengatur semua yang dibutuhkan kebun yaitu dengan panel otomasisasi, untuk mengatur nutrisi, ph air, dan suhu air, menggunakan alat ini dan semuanya di kontrol di panel otmasisasi ini. Ada beberapa manfaat yang kita dapat di pertanian indoor ini salah satunya adalah dapat menata secara bertingkat jadi ktia dapat menanam lebih banyak daripada menanam di outdoor, selain itu indoor farming dapat lebih konsisten di hasil panennya karena menggunakan alat dan tidak bergantung pada alat.

5. Penerapan Artificial Intellegence di Indonesia

Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan adalah mesin yang diprogram untuk berpikit maupun bertindak seperti manusia. ada 2 komponen utama dalam pengembangan AI  yaitu Big data  dan Computing Power. Contoh penerapannya adalah, Bot chat, Verifikasi wajah, Fitur personal assistant, recomendation engine dan save driving. Menurut riset dari microsoft bersama dengan firma riset IBC pada tahun 2019 hanya 14% perusahaan di Indonesia yang mengadopsi AI. dalam kesiapan adaptasi AI di Indonesia menduduki peringkat ke 5 di Asia Tenggara. terdapat beberapa kendala dalam penerapan AI di indoensia yaitu pengolahan Big Data dan MIndset Inovasi, untuk mengatasi nya indonesia harus memiliki 3 skill wajib utama yaitu, kemampuan analitis, pengambilan inisiatif, dan keterampilan IT. mungkin beberapa orang masih belum bisa menerima AI ini untukmasuk ke Indonesia ada beberapa faktor yang menyebabkan kendala dalam adaptasi AI ini salah satunya adalah orang Indonesia sangat kental akan budayanya, tidak semua warga Indonesia tetapi hanya beberapa saja,

Jurnal pertemuan ke 4 Industri Pertanian

Manfaat penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di sektor pertanian

Menurut : https://journal.uii.ac.id/Snati/article/download/6236/5598#:~:text=3)%20Manfaat%20Penerapan%20Teknologi%20Informasi,TIK%20dapat%20meningkatkan%20efektifitas%20dalam

Menjelaskan bahwa ada beberapa manfaat dari penerapan TIK di sektor pertanian yaitu

1. TIK dapat meningkatkan Hasil produksi

2. Bisa mengurangi resiko dalam bisnis pertanian mulai dari gagal panen hingga pemasaran semua bisa diatasi dengan penerapan TIK di bidang pertanian ini.

3. dapat mendukung optimalisasi keuntungan bagi petani

4. dapt meningkatkan efektifitas di bidang pertanian ini sehingga dapat meminimalisir kegagalan yang akan di alami oleh petani itu sendiri.

5. Mendukung pertanian yang ramah lingkungan

Dengan ada nya penerapan teknologi ini diharapkan dapat membuka peluang bagi para petani untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, dari petani maupun konsumen itu sendiri.

Disamping itu pula terdapat tantangan yang harus di hadapi dalam proses pertanian itu sendiri diantaranya adalah cuacanya, suhu, dan kadar kelembaban tanah itu sendiri. maka dari itu dengan adanya penerapan TIK di bidang pertanian ini diharapkan agar mampu mengatasi semua permasalahan yang tidak bisa diatasi sebelumnya.

Jurnal pertemuan ke 3 Industri pertanian

jenis jenis pertanian

sawah
dibagi menjadi 2 yaitu sawah irigasi dan sawah non irigasi.
sawah membutuhkan pengairan untuk menghidupi sawahnya.
tanah yang membutuhkan pengairan lebih lama yaitu sawah non irigasi, biasanya menunggu hujan. Sawah yang berada di dataran tinggi biasanya bentuknya tidak mendatar.
ada juga sawah yang menunggu pasang surut air. untuk melakukan irigasi tidak boleh ada sampah atau limbah agar tidak menyebabkan gagal panen.

Ladang
model pertanian yang kebanyakan dilakukan di sekitar rumah petani, dan juga tidak musiman
biasanya dia berbentuk perbukitan, dan tidak selalu basah seperti sawah yang harus selalu basah.

Tegalan
tegalan juga tidak butuh pengairan seperti sawah, komoditasnya biasanya tanaman pangan dan juga musiman seperti sawah.

Kebun
lebih kecil dari ladang biasanya ada di rumah, untuk menanam tanaman yang tidak terlalu besar seperti tomat dan sawi.
jika perkebunan lebih besar kalau kebun biasanya relatif kecil dan tidak selalu sayur tetapi kebun biasanya terdapat buah juga.

Lainnya
seperti perikanan peternakan
perikanan dibagi menjadi 2 yaitu perikanan air tawar dan air laut
dapat digabungkan juga dengan sawah seperti perairan yang ada di sawah dapat digunakan untuk mengembangbiakan ikan, jadi dapat menjadi komoditas hewani dan nabati.
peternakan biasanya lebih banyak tantangannya karena harus menyiapkan pakan dan lainnya untuk memelihara atau ternak hewan.

Proses dalam pertanian
-pengolahan lahan
-penyiapan budaya
-pamanenan
-pemasaran produksi

Pengolahan lahan
tidak hanya dari tanahnya dan yang lainnya, terkadang perlu diberi nutrisi atau cara merawat dan kita harus menyiapkan metode dan bibit menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan lahan dan tanaman apa yang di tanam.
dan juga perlu adanya tempat penyimpanan air.

Penyiapan budaya
biasanya ilmu dari pertanian diberikan secara turun menurun, tetapi dengan adanya ilmu pertanian kita bisa tahu apa saja yang dibutuhkan untuk menanam agar tumbuh dengan baik.
hasil panen atau berkembangnya suatu pertanian, buididaya tanaman, dan dibidang yang lainnya, tergantung dari cara kita menggunakan metode atau prosesnya seperti apa, apabila selama menerapkan metode yang baik
dan juga memproses dengan baik maka hasilnya akan memuaskan.

Pemanenan
pada saat pemanenan kita harus memeriksa kembali jika pada suatu saat terdapat hama.
akan berbeda hasilnya jika kita melakukan proses dengan tidak tepat sebelum panen.

Pemasaran
Bagaimana cara kita memasarkan hasil panen?
biasanya untuk mendistribusikan yang telah di hasilkan oleh para petani kepada pelanggan secara luas.
terdapat tantangan lagi, seperti bagaimana cara kita memasarkan hasil panen, dan tidak selamanya bagus.
contoh tanaman yang laku nya musiman adalah timun suri pada saat bulan ramadhan banyak orang yang mencari timun suri untuk menu berbuka puasa.

JURNAL PERTEMUAN 2 INDUSTRI PERTANIAN

Smart farming

Smart farming merupakan metode pertanian cerdas berbasis teknologi. Teknologi yang digunakan dalam Smart farming di antaranya drone penyemprt pestisida dan pupuk cair.

Pengolahan lahan

Pemanfaatan GPS untuk jalur traktor otomatis,drone,dsb. dengan menggunakan drone dapat melakukan pemetaan untuk membentuk jalur traktor otomatis. menggunakan sensor untuk mendeteksi mulai dari PH tanah hingga dapat mengukur luas tanah

Monitoring

IOT in Agriculture

IOT sendiri bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus.

IOT in Agriculture

Tantangan utama dalam pertanian adalah untuk mengolah produk di pertanian dan mengirimkannya ke konsumen akhir dengan harga terbaik dan kualitas terbaik. Saat ini ditemukan bahwa sekitar 50% tidak pernah mencapai konsumen akhir karena pemborosan dan harga yang tidak optimal.

Adapun beberapa  Pengertian Agriculture berdasarkan para Ahli

  • Van Aaresten

Beliau adalah ahli Bidang pertanian yang mengatkan bahwa pengertian agriculture adalah salah satu kegiatan manusia utnuk mampu menghasilkan sesuatu dari berbagai jenis tumbuhan danjuga hewan peternakan.

 

  • Mosher

Mosher adalah salah seorang spesialis dalam bidang pengembangan pertanian yang berpendapat bahwa pengertian agriculture adalah suatu upaya dalam memproduksi secara khas dalam hal memproses pengolahan tumbuhan dan juga hewan ternak.

Tidak hanya sekotr pertanian saja yang terdapat pada Agriculture ini terdapat 5 sektor yaitu :

  1. Tanaman pangan
  2. Perkebunan
  3. Kehutanan
  4. Peternakan
  5. Perikanan

Namun pada kali ini kita akan fokus di sektor perikanan

Rekayasa e-Aquaculture untuk otomasi monitoring tambak udang

Yang pertama adalah Analisis situasi Provinsi lampung merupakan daerah penghasil udah dan sebagian besar hasil udang diekspor ke luar negeri selain itu, Lampung juga merupakan Provinsi pensupply benih udang Vaname nasional nomor 1, yaitu sebesar 37,84%.

Untuk mempertahankan pencapaian ini maka dibutuhkan sebuah metode penelitian yang tepat pula salah satunya adalah Prototyping. Prototyping adalah salah satu versi rekayasa sistem yang dilakukan secara bertahap dan dikomunikasikan antara pengembang dan pengguna.

Permasalahanya adalah tambak udang di lampung masih dilakuakn dengan cara tradisional meskipun sebagian sudah dilakukan dengan cara yang intensif, tambak udang secara tradisional dimana kontrol terhadap kualitas tambak itu sendiri dilakukan secara manual dan berkala, hal ini menyebabkan seringnya penurunan kuaitas air.

Solusinya adalah Sistem monitoring kualitas tambak udang berbasis internet of things. dengan menggunakan sensor sensor yang ada contohnya adalah dengan mengukur suhu air dan juga kedalaman air serta memahami tentang perkembang biakan tambak udang dan lain lainnya.

Adapun Pengembangan sistem yang dibutuhkan yaitu salah satunya alat yang akan dibangun dapat mengukur kadar air pH, suhu dan salinitas pada air di tambak udang.

Dan juga seperti yang telah dijelaskan tadi, kita bisa memonitoring tambak udang dengan berbasis internet of things atau IOT.

Data dari setiap node sensor dikirmkan ke masterboard menggunakan pemancar nRF24L01 kemudian Masterboard akan mengirimkan data Firebase melalui API menggunakan jaringan Wireless Fidelity (WIFI) terdapat 2 node yang bekerja mengambil data kualitas air pada setiap titik tambak udang. Data yang diambil setiap 5 menit sekali dan langsung dikirikan ke masterboard dan langsung dapat ditampilkan pada aplikasi pemantauan berbasis android.

Hello world!

Welcome to Web-Informatika Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!