Kuliah Kunjungan Lapangan ke TTC Lampung

Pada hari senin, 17 Juli 2017 , kami mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2015 Universitas Lampung melangsungkan kegiatan Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL) untuk mata kuliah Jaringan Komputer yang diampu oleh dosen Pak Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I dimana pada KKL kali ini mengunjungi PT. Telkomsel Regional Lampung tepatnya di Jalan Way Sekampung No. 08, Pahoman Bandar Lampung. Dari kegiatan ini saya mendapat tambahan wawasan tentang jaringan khususnya di PT. Telkomsel itu sendiri. Adapun materi – materi yang dapat saya ambil adalah sebagai berikut :

Tentang teknologi jaringan 1G,2G,3G, dan yang sekarang 4G :

  • 1G yang beroperasi pada frekuensi 800 MHz
  • 2G berada pada frekuensi 800 MHz – 900 MHz
  • 3G dengan frekuensi 2100 MHz
  • 4G dengan frekuensi 1800 MHz

Tentang Spektrum Frekuensi :

Spektrum frekuensi merupakan lintasan yang digunakan untuk melakukan pengiriman informasi melalui media udara dilakukan dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk membawa pesan/ informasi ketempat tujuan.

Sejauh ini Telkomsel memiliki sumber daya 15 MHz di spektrum 2.100 MHz, lalu 22,5 MHz di spektrum 1.800 MHz, 7,5 MHz di spektrum 900 MHz, dan 7,5 MHz di 850 MHz yang didapat dari (more…)

Read More

Perkenalan

Nama : Muhammad Haqi Yusuf

NPM : 1515061030


      Latar belakang saya memilih jurusan Teknik Informatika Unila karena dari kecil saya bercita-cita ingin menjadi seorang programmer yang profesional dan bisa mendesain website milik sendiri, selain itu juga saya ingin membuat software yang bisa berguna bagi orang banyak.

Teknik Informatika Unila merupakan pecahan dari prodi Teknik Elektro , dan menurut saya Teknik Informatika mempunyai peluang kerja yang cukup besar dan selain itu juga bisa membuka lapangan kerja sendiri. Walaupun jurusan Teknik Informatika Unila masih baru saya yakin lulusannya bisa menjadi orang-orang yang sukses, Amin.

Pengertian tentang Teknologi Informasi menurut saya yaitu suatu alat sarana untuk berbagi ilmu kepada semua orang yang dapat dipahami dan bernilai positif . Contohnya seperti Blog, Social Media , dan lain sebagainya

Read More