Kuis Pengetahuan Lingkungan Topic 14

Nama : Meta Berliana

NPM : 2115061047

Kelas : Teknik Informatika B

Dosen Pengampu : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Permasalahan tata kelola sampah di Lampung

 download (12)

Akar masalah

Sampah plastik merupakan persoalan penting yang dihadapi Provinsi Lampung saat ini. Data Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Provinsi Lampung menunjukan, tiap masyarakat rata-rata menghasilkan sampah sebanyak 0,45 kilogram/hari. Sementara, masih berdasarkan data DLH 2020, timbunan sampah di Lampung mencapai 1.630.317,05 ton/tahun. kendala Pemerintah Lampung dalam mengelola sampah plastik sekali pakai adalah minimnya sarana prasarana. Secara umum, armada angkutan sampah belum memadai dan pemanfaatan kembali sampah plastik baru sebatas mengharapkan bank sampah dan lapak rongsok.

Peningkatan pada jumlah penduduk Kota Bandar Lampung mengakibatkan tingkat konsumsi masyarakat meningkat dan berdampak pada peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan. Sampah yang masuk ke TPA Bakung milik Kota Bandar Lampung mencapai 800 ton per hari, dengan komposisi sampah 60% merupakan sampah anorganik didominasi sampah plastik dan 40% sampah organik. Luas TPA Bakung yang terbatas yaitu 14,2 hektare yang seharusnya diperuntukan menampung 230 ton sampah per hari, berakhir dengan tumpukan sampah yang kian hari semakin menggunung. Pola pengelolaan sampah di Kota Bandar Lampung masih menggunakan metode pengumpulan secara langsung (door to door) dan langsung ditampung di TPA Bakung, dimana menggunakan metode open dumping tanpa ada pengelolaan lanjutan. Permasalahan sampah yang tidak kunjung menemui solusi terletak pada sistem pengelolaan sampah yang tidak ditangani secara tepat.

Dampak 

Dampak yang ditimbulkan dari permasalahan sampah ini dapat dirasakan langsung oleh warga lampung. nelayan di Lampung kerap kesulitan menjaring ikan akibat menumpuknya sampah. Sebelum ada sampah, tangkapan nelayan cukup bagus, kini sampah yang banyak dapat menyebabkan ikan berkurang dan membuat pendapatan menjadi kecil. Ancaman lain yang dihadapi masyarakat di Bandar Lampung, , adalah banjir yang disebabkan oleh sampah yang tersumbat,

 

Solusi

Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh perlu dilakukan alternatif-alternatif pengelolaan. dengan cara mendaur-ulang semua limbah yang dibuang kembali ke ekonomi masyarakat atau ke alam, sehingga dapat mengurangi tekanan terhadap sumberdaya alam. Untuk mencapai hal tersebut, ada tiga asumsi dalam pengelolaan sampah yang harus diganti dengan tiga prinsip– prinsip baru. Daripada mengasumsikan bahwa masyarakat akan menghasilkan jumlah sampah yang terus meningkat, minimalisasi sampah harus dijadikan prioritas utama. Sampah yang dibuang harus dipilah, sehingga tiap bagian dapat dikomposkan atau didaur-ulang secara optimal, daripada dibuang ke sistem pembuangan limbah yang tercampur seperti yang ada saat ini. Dan industri-industri harus mendesain ulang produk-produk mereka untuk memudahkan proses daur-ulang produk tersebut. Prinsip ini berlaku untuk semua jenis dan alur sampah. Pembuangan sampah yang tercampur merusak dan mengurangi nilai dari material yang mungkin masih bisa dimanfaatkan lagi. Bahan-bahan organik dapat mengkontaminasi/ mencemari bahan-bahan yang mungkin masih bisa di daur-ulang dan racun dapat menghancurkan kegunaan dari keduanya. Sebagai tambahan, suatu porsi peningkatan alur limbah yang berasal dari produk-produk sintetis dan produk-produk yang tidak dirancang untuk mudah didaur-ulang; perlu dirancang ulang agar sesuai dengan sistem daur-ulang.

 

Menerapkan solusi

Untuk menjalankan solusi permasalahan sampah ini diharapkan semua penduduk di Lampung menerapkannya dengan ini permasalahan akan berkurang dengan cepat jika seluruh warganya turut andil dalam menanganinya. Warga Lampung harus mengetahui pentingnya sikap peduli lingkungan agar tidak lagi merasakan dampak dari permasalahan sampah ini lagi. Tidak hanya itu, pemerintah Lampung juga harus terus mengajak warganya untuk menerapkan solusi-solusi ini.

 

sumber :

1. KINERJA PENGELOLAAN SAMPAH KOTA BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN SUDUT PANDANG PEMERINTAH http://repo.itera.ac.id/assets/file_upload/SB2009100065/22116092_20_163632.pdf2.

2. https://www.mongabay.co.id/2021/06/09/harus-ada-solusi-penanganan-sampah-plastik-di-lampung/

3. https://dlhk.bantenprov.go.id/upload/article-pdf/PERMASALAHAN%20SAMPAH%20DAN%20%20SOLUSINYA.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>