Jurnal Perkuliahan 12 Rekayasa Perangkat Lunak : DESIGN CONCEPT

DESIGN CONCEPT 

Desain adalah langkah pertama dalam fase pengembangan bagi setiap produk atau sistem yang direkayasa. Desain dapat didefinisikan sebagai proses aplikasi berbagai teknik dan prinsip bagi tujuan pendefinisian suatu perangkat, suatu proses atau sistem dalam detail yang memadai untuk memungkinkan realisasi fisiknya.Tujuan desainer adalah untuk menghasilkan suatu model atau representasi dari entitas yang kemudian akan dibangun.

Desain Perangkat Lunak

Desain perangkat lunak berada pada inti teknik dari proses rekayasa perangkat lunak dan diaplikasikan tanpa memperhatikan model proses perangkat lunak yang digunakan. Desain sangat penting karena dapat menentukan kualitas dari suatu perangkat lunak. Dengan menggunakan satu dari sejumlah metode desain, langkah desain menghasilkan  desain data, desain arsitektur, desain interface, dan desain procedural

download

  1. Desain Data : Translasi ERD & Data Dictionary ke dalam konteks lingkungan implementasi.
  2. Desain Arsitektur : Rancang bangun dari PL, relasi dan posisi antar bagian utama dari PL dengan memanfaatkan “design patterns”.
  3. Desain Interface : Merancang metode interaksi antar komponen PL dan terhadap pengguna.
  4. Desain Komponen : Desain detail masing-masing prosedur di dalam komponen.

 

pedoman bagi evaluasi suatu desain yang baik

  • desain dapat mengimplementasikan keseluruhan persyaratan eksplisit yang dibebankan dalam model analisis juga mengakomodasikan semua persyaratan implisit yang diinginkan pelanggan.
  • Desain dapat menjadi panduan yang dapat dibaca, dapat dipahami bagi mereka yang menghasilkan kode dan yang menguji serta memelihara perangkat lunak.
  • Desain dapat memberikan suatu gambaran lengkap mengenai perangkat lunak, yang menekankan data, dan domain perilaku dari perspektif implementasi.

Kriteria teknis  desain yang baik

  • Desain dapat memperlihatkan suatu organisasi yang dengan baik menggunakan kontrol di antara elemen-elemen perangkat lunak.
  • Desain besifat modular yaitu perangkat lunak harus dipartisi secara logika ke dalam elemen-elemen yang melakukan fungsi dan subfungsi khusus.
  • Desain harus berisi data dan abstraksi prosedural.
  • Desain membawa ke arah modul (misal subrutin atau prosedur) yang memperlihatkan karakteristik fungsional independent.
  • Desain mengarah kepada interface yang mengurangi kompleksitas hubungan antara modul-modul dan dengan lingkunga eksternal.
    Desain harus didapat dengan menggunakan metode berulang yang dikendalikan oleh informasi yang diperoleh selama analisis persyaratan perangkat lunak.

 

Prinsip desain

  • Proses desain tidak boleh menderita karena “tunnel vision”
  • Desain harus dapat ditelusuri sampai model analisis.
  • Desain tidak boleh berulang.
  • Desain harus “meminimalkan kesenjangan intelektual” di antara perangkat lunak dan masalah yang ada di dunia nyata.
  • Desain harus mengungkap keseragaman dan integrasi.
  • Desain harus terstruktur untuk mengakomodasi perubahan.
  • Desain harus terstruktur untuk berdegradasi dengan baik, bahkan pada saat data dan event-event menyimpang, atau menghadapi kondisi operasi.
  • Desain bukanlah pengkodean, dan pengkodean bukanlah desain.
  • Desain harus dinilai kualitasnya pada saat desain dibuat, bukan setelah jadi.
  • Desain harus dikaji untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan konseptual (semantik).

 

Arsitektur perangkat lunak

adalah struktur sistem dari suatu program atau sistem komputer yang terdiri dari komponen-komponen perangkat lunak, ciri yang tampak secara eksternal dari komponen-komponen tersebut, serta hubungan antar komponen tersebut. Istilah ini juga merujuk pada dokumentasi arsitektur perangkat lunak suatu sistem.

 

Beberapa Jenis Software Architecture Pattern

  1. Layered Pattern

Pattern ini digunakan untuk menstruktur program yang dapat didekompos menjadi beberapa subtask. Setiap layer memberikan service kepada layer diatasnya. 4 layer yang umumnya ditemukan ada sebagai berikut :

  • Presentation layer (UI layer)
  • Application layer (Service layer)
  • Business logic layer (Domain layer)
  • Data access layer (Persistence layer)
  1. Client-Server Pattern

Pattern ini terdiri dari 2 komponen, yaitu satu Server dan Client yang lebih dari 1. Komponen server akan menyediakan berbagai macam service kepada komponen klien, dan komponen klien akan me-request service yang disediakan oleh komponen server, dan komponen server akan memberikan service yang relevan kepada komponen klien tersebut.

 

  1. Microservices Architecture Pattern

Pada microservices, pendekatannya berdasarkan service-service yang mempunyai fitur tertentu, lalu terkumpul membangun suatu sistem. Sistem yang terbangun dari kumpulan service-service ini dapat memanggil service yang menjalankan fitur tersendiri.

 

  1. Event-Driven Architecture (arsitektur berbasis acara)

Arsitektur berbasis acara relatif kompleks dan sulit untuk diterapkan karena sifatnya yang didistribusikan secara tidak sinkron. Untuk menerapkan arsitektur ini, harus mempertimbangkan ketersediaan proses jarak jauh, kurangnya respon, dan koneksi ulang ketika terjadi kegagalan. Salah satu kesulitan penerapan arsitektur ini adalah penciptaan awal arsitektur, pemeliharaan, dan pengelolaan komponen.

 

  1. Microkernel Architecture
    Arsitektur microkernel (kadang disebut sebagai arsitektur plug-in) adalah pola untuk menerapkan aplikasi berbasis produk yang mana dikemas dan tersedia untuk diunduh dalam versi produk pihak ketiga. Arsitektur microkernel terdiri dari dua jenis komponen arsitektur, yaitu sistem inti dan plug-in module. Sistem inti dari pola arsitektur microkernel hanya berisi fungsionalitas minimal yang diperlukan untuk membuat sistem operasional..

 

  1. Space-Based Architecture (arsitektur berbasis ruang)
    Pola arsitektur berbasis ruang (terkadang disebut sebagai cloud architecture pattern atau pola arsitektur awan) dirancang khusus untuk mengatasi dan memecahkan masalah skalabilitas yang ekstrem dan konkurensi. Pola ini juga berguna untuk aplikasi yang volume penggunanya tidak dapat diprediksi. Pola ini dinamakan berdasar pada konsep tuple space dimana menggunakan shared memory yang terdistribusi.

SUMBER :

1. https://rplhlw117a04.wordpress.com/2015/11/16/konsep-desain/

2. https://medium.com/ppl-teman-bisnis/arsitektur-perangkat-lunak-5d263cf732d6

3. https://socs.binus.ac.id/2020/04/02/software-engineering-design-engineering-architectural-design/

JURNAL PERKULIAHAN 10 RPL : SYSTEM DESIGN DAN CLASS DIAGRAM

SYSTEM DESIGN

System design adalah proses mengartikan elemen sistem seperti architecture (arsitektur), module (modul) dan component (komponen), interface (antarmuka) yang berbeda dari komponen tersebut dan data yang melewati sistem itu. desain sistem ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan khusus dari bisnis atau organisasi melalui rekayasa sistem yang koheren dan berjalan dengan baik.

Fase desain dalam SDLC adalah tahapan di mana kamu membuat model cara kerja aplikasi software. Ada beberapa aspek yang diperhatikan dalam tahapan desain, antara lain:

  • Mendefinisikan metode atau cara aplikasi berkomunikasi dengan aset lainnya seperti server pusat atau aplikasi lainnya
  • Programming: Tidak hanya menentukan bahasa pemrograman tapi juga termasuk metode pemecahan masalah dan tugas-tugas yang ada dalam aplikasi.
  • Architecture: Menentukan bahasa pemrograman, praktik dalam industri, desain keseluruhan dan penggunaan template tertentu
  • User Interface: Mendefinisikan bagaimana cara pelanggan berinteraksi dengan software dan bagaimana software tersebut dapat merespon input yang ada
  • Platforms: Mendefinisikan platform di mana software akan dijalankan. Misalnya versi android, ios, linux atau game konsol.
  • Security: Mendefinisikan langkah-langkah untuk mengamankan aplikasi. misalnya membuat perlindungan kata sandi, enkripsi SSL traffic atau membuat penyimpanan kredensial pengguna yang aman.

 

CLASS DIAGRAM

class diagram  adalah jenis diagram struktur statis dalam UML yang menggambarkan struktur sistem dengan menunjukkan sistem class, atributnya, metode, dan hubungan antar objek. Class diagram disebut jenis diagram struktur karena menggambarkan apa yang harus ada dalam sistem yang dimodelkan dengan berbagai komponen. Berbagai komponen tersebut dapat mewakili class yang akan diprogram, objek utama, atau interaksi antara class dan objek. Class sendiri merupakan istilah yang mendeskripsikan sekelompok objek yang semuanya memiliki peran serupa dalam sistem. Sekelompok objek ini terdiri atas fitur struktural yang mendefinisikan apa yang diketahui class dan fitur operasional yang mendefinisikan apa yang bisa dilakukan oleh class.

FUNGSI

Fungsi utama dari class diagram adalah menggambarkan struktur sebuah sistem pemrograman. Meski demikian, terdapat beberapa fungsi lainnya dari class diagram.

  • Menunjukkan struktur statis pengklasifikasi dalam suatu sistem.
  • Memberikan notasi dasar untuk diagram struktur lain yang ditentukan oleh UML.
  • Dapat digunakan business analyst untuk membuat model sistem dari perspektif bisnis.

 

Keunggulan Class Diagram

Class diagram memberikan beberapa keunggulan bagi pemrograman, terutama dalam bisnis. Berikut adalah beberapa keunggulan class diagram.

  • Mampu mengilustrasikan model data untuk sistem informasi, terlepas dari apakah model data tersebut rumit atau sederhana.
  • Memberikan gambaran umum mengenai skema aplikasi dengan lebih baik.
  • Membantumu menyampaikan secara visual kebutuhan spesifik apa pun dari suatu sistem dan menyebarkan informasi tersebut ke bisnis.
  • Terdapat bagan terperinci yang menyoroti kode spesifik yang perlu diprogram dan diterapkan ke struktur yang sesuai.
  • Menyediakan deskripsi implementasi independen dari tipe yang digunakan dalam sistem untuk kemudian diteruskan di antara komponen-komponennya.

 

KOMPONEN CLASS DIAGRAM

Komponen atas

Bagian ini berisikan nama class yang selalu diperlukan baik itu dalam pengklasifikasi atau objek.

Komponen tengah

Komponen ini berisikan atribut class yang digunakan untuk mendeskripsikan kualitas kelas. Ini hanya diperlukan saat mendeskripsikan instance tertentu dari class.

Komponen bawah

Bagian ini adalah komponen class diagram yang menyertakan operasi class yang ditampilkan dalam format daftar. Sehingga, setiap operasi mengambil barisnya sendiri.

Komponen ini juga menggambarkan bagaimana masing-masing class berinteraksi dengan data.

Komponen tambahan

  • Class, yang merepresentasikan obyek atau sekumpulan obyek yang memiliki persamaan struktur.
  • Signals, yaitu simbol yang mewakili komunikasi asinkron satu arah antara objek aktif.
  • Tipe data yang terbentuk dengan melakukan pengklasifikasi yang menentukan nilai data. Tipe data ini dapat menghasilkan tipe primitif dan pencacahan.
  • Packages yang dirancang untuk mengatur pengklasifikasi terkait dalam diagram. Komponen ini dilambangkan dengan bentuk persegi panjang.
  • Interface, yaitu sekumpulan atribut yang mendefinisikan sekumpulan perilaku yang kohesif. Komponen ini mirip dengan class, namun harus memiliki setidaknya satu class untuk mengimplementasikannya.
  • Enumerations, yang menggambarkan tipe data yang ditentukan pengguna. Komponen enumerations mencakup kelompok pengenal yang mewakili nilai-nilai pencacahan.
  • Objek, adalah item yang dapat ditambahkan ke dalam class diagramuntuk mewakili contoh konkret atau prototipe.
  • Artifacts, yaitu elemen model yang mewakili entitas konkret dalam sistem perangkat lunak. Misalnya, dokumen, database, file yang dapat dieksekusi, komponen perangkat lunak, dan sebagainya.

KELOMPOK MK REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Kelompok 2 Kelas PSTI B

Judul project : Sistem aplikasi pemesanan menu restoran

Anggota kelompok :

Meta Berliana  (2115061047)

Najla Atikah Dwirahma (2115061043)

Rahmatul Fadhli (2115061128)

Wahyu Sirait (2115061039)

 

SUMBER :

https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-system-design/

https://glints.com/id/lowongan/class-diagram-adalah/#.YmQZ5FRBxdg

Kuis Pengetahuan Lingkungan Topic 14

Nama : Meta Berliana

NPM : 2115061047

Kelas : Teknik Informatika B

Dosen Pengampu : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Permasalahan tata kelola sampah di Lampung

 download (12)

Akar masalah

Sampah plastik merupakan persoalan penting yang dihadapi Provinsi Lampung saat ini. Data Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Provinsi Lampung menunjukan, tiap masyarakat rata-rata menghasilkan sampah sebanyak 0,45 kilogram/hari. Sementara, masih berdasarkan data DLH 2020, timbunan sampah di Lampung mencapai 1.630.317,05 ton/tahun. kendala Pemerintah Lampung dalam mengelola sampah plastik sekali pakai adalah minimnya sarana prasarana. Secara umum, armada angkutan sampah belum memadai dan pemanfaatan kembali sampah plastik baru sebatas mengharapkan bank sampah dan lapak rongsok.

Peningkatan pada jumlah penduduk Kota Bandar Lampung mengakibatkan tingkat konsumsi masyarakat meningkat dan berdampak pada peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan. Sampah yang masuk ke TPA Bakung milik Kota Bandar Lampung mencapai 800 ton per hari, dengan komposisi sampah 60% merupakan sampah anorganik didominasi sampah plastik dan 40% sampah organik. Luas TPA Bakung yang terbatas yaitu 14,2 hektare yang seharusnya diperuntukan menampung 230 ton sampah per hari, berakhir dengan tumpukan sampah yang kian hari semakin menggunung. Pola pengelolaan sampah di Kota Bandar Lampung masih menggunakan metode pengumpulan secara langsung (door to door) dan langsung ditampung di TPA Bakung, dimana menggunakan metode open dumping tanpa ada pengelolaan lanjutan. Permasalahan sampah yang tidak kunjung menemui solusi terletak pada sistem pengelolaan sampah yang tidak ditangani secara tepat.

Dampak 

Dampak yang ditimbulkan dari permasalahan sampah ini dapat dirasakan langsung oleh warga lampung. nelayan di Lampung kerap kesulitan menjaring ikan akibat menumpuknya sampah. Sebelum ada sampah, tangkapan nelayan cukup bagus, kini sampah yang banyak dapat menyebabkan ikan berkurang dan membuat pendapatan menjadi kecil. Ancaman lain yang dihadapi masyarakat di Bandar Lampung, , adalah banjir yang disebabkan oleh sampah yang tersumbat,

 

Solusi

Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh perlu dilakukan alternatif-alternatif pengelolaan. dengan cara mendaur-ulang semua limbah yang dibuang kembali ke ekonomi masyarakat atau ke alam, sehingga dapat mengurangi tekanan terhadap sumberdaya alam. Untuk mencapai hal tersebut, ada tiga asumsi dalam pengelolaan sampah yang harus diganti dengan tiga prinsip– prinsip baru. Daripada mengasumsikan bahwa masyarakat akan menghasilkan jumlah sampah yang terus meningkat, minimalisasi sampah harus dijadikan prioritas utama. Sampah yang dibuang harus dipilah, sehingga tiap bagian dapat dikomposkan atau didaur-ulang secara optimal, daripada dibuang ke sistem pembuangan limbah yang tercampur seperti yang ada saat ini. Dan industri-industri harus mendesain ulang produk-produk mereka untuk memudahkan proses daur-ulang produk tersebut. Prinsip ini berlaku untuk semua jenis dan alur sampah. Pembuangan sampah yang tercampur merusak dan mengurangi nilai dari material yang mungkin masih bisa dimanfaatkan lagi. Bahan-bahan organik dapat mengkontaminasi/ mencemari bahan-bahan yang mungkin masih bisa di daur-ulang dan racun dapat menghancurkan kegunaan dari keduanya. Sebagai tambahan, suatu porsi peningkatan alur limbah yang berasal dari produk-produk sintetis dan produk-produk yang tidak dirancang untuk mudah didaur-ulang; perlu dirancang ulang agar sesuai dengan sistem daur-ulang.

 

Menerapkan solusi

Untuk menjalankan solusi permasalahan sampah ini diharapkan semua penduduk di Lampung menerapkannya dengan ini permasalahan akan berkurang dengan cepat jika seluruh warganya turut andil dalam menanganinya. Warga Lampung harus mengetahui pentingnya sikap peduli lingkungan agar tidak lagi merasakan dampak dari permasalahan sampah ini lagi. Tidak hanya itu, pemerintah Lampung juga harus terus mengajak warganya untuk menerapkan solusi-solusi ini.

 

sumber :

1. KINERJA PENGELOLAAN SAMPAH KOTA BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN SUDUT PANDANG PEMERINTAH http://repo.itera.ac.id/assets/file_upload/SB2009100065/22116092_20_163632.pdf2.

2. https://www.mongabay.co.id/2021/06/09/harus-ada-solusi-penanganan-sampah-plastik-di-lampung/

3. https://dlhk.bantenprov.go.id/upload/article-pdf/PERMASALAHAN%20SAMPAH%20DAN%20%20SOLUSINYA.pdf

Kuis Pengantar Teknologi Informasi Topic 11

Nama : Meta Berliana

NPM: 2115061047

Kelas: Teknik Informatika B

Dosen Pengampu: Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya

Teknologi informasi dan komputer saat ini di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini dikarenakan teknologi informasi dan komputerdapat membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan berbagai macam pekerjaan .Perkembangan yang terus berlanjut dari teknologi membawa aplikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Teknologi informasi di dalam kehidupan akan selalu berkembang mengikuti kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan bervariasi. Komponen dasar pembentuk teknologi selain teknologi komputer disebabkan karena berkembangnya bidang Telekomunikasi. Perkembangan telekomunikasi dianggap sebagai salah satu sebab utama munculnya revolusi informasi yang terjadi saat ini. di Indonesia sendiri sekarang semua kegiatan manusia sudah berhubungan dengan internet, telebih di masa pandemic covid-19 ini masyarakat yang diharuskan untuk tetap dirumah lebih memilih melakukan kegiatannya dengan memanfaatkan internet, seperti sekolah daring, berbelanja melalui e-commerce, dan bahkan pemerintahan pun dapat diakses melalui e-government.

Menurut saya, salah satu perkembangan teknologi yang akan berpengaruh  di dalam kehidupan masyarakat adalah sosial media, dari dulu sosial media selalu berkembang hingga saat ini, hal ini yang tidak menutup kemungkinan bahwa sosial media akan tetap berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat dalam 10 tahun kedepan. Dengan sosial media masyarakat dapat terhubung satu sama lain tanpa terbatas oleh jarak dan waktu, saat ini sosial media juga telah memiliki fitur-fitur yang semakin menarik untuk penggunanya, salah satu manfaat dari sosial media yang dapat kita rasakan adalah, peranan sosial media dalam penyebaran informasi, informasi yang disebarkan melalui media sosial dapat sangat cepat diterima oleh masyarakat luas. Selain itu, dengan media sosial juga sudah  banyak masyarakat yang dapat menghasilkan uang, sosial media telah melahirkan banyak pekerjaan baru seperti selebgram, youtuber, dan lainnya. Hal ini lah yang dapat membuat banyak orang yang semakin berkreasi dengan sosial media, dan sosial media tidak hanya akan berhenti sampai disini saja , sosial media akan melakukan perkembangan dan inovasi-inovasi baru lainnya.

Kemudian perkembangan teknologi yang akan berpengaruh  di dalam kehidupan masyarakat lainnya adalah mobile payment. mobile payment adalah suatu pembayaran nontunai dengan menggunakan perangkat ponsel. Pembayaran jenis ini sering dipilih oleh masyarakat modern dan perkotaan untuk menjawab berbagai permasalahan yang terjadi karena penggunaan mata uang kertas atau koin. Permasalahan tersebut seperti pengembalian uang kecil, dompet ketinggalan, tidak membawa uang tunai, atau terblokirnya ATM. Kondisi seperti itu kerap dialami beberapa dekade lalu. Oleh karena itu, setiap orang harus membawa dompet berisi uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit. Namun, kondisi zaman saat ini sudah berbeda, karena saat ini pembayaran bisa dilakukan dengan ponsel pintar saja, seperti dengan memindai QR Code atau memasukkan nomor telepon, lalu penggunanya hanya tinggal memasukkan nomor pin dan pilih konfirmasi. Dengan kemudahan itu, maka seluruh orang bisa memilih makanan, pakaian, atau kebutuhan lainnya dengan cepat dengan menggunakan mobile payment Dalam melakukan pembayaran secara digital dengan menggunakan ponsel pintar, maka setiap pengguna harus mempunyai uang digital atau e-wallet terlebih dahulu. Beberapa ­e-wallet yang saat ini terkenal di Indonesia adalah GoPay, Dana, Ovo, FlexiCash, Dompetku, Mandiri e-Cash, ShopeePay, dll. Lalu dalam tingkatan internasional, beberapa e-wallet yang terkenal adalah PayPall, PayPass MasterCard, Google Wallet, Alipay, dan juga WeChat Pay yang saat ini sudah sukses menjadi raja e-wallet di Asia.

Dalam menyikapi perkembangan ini kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin terlebih perkembagan teknologi ini dapat membantu mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak dapat dipungkiri bahwa didalam setiap perkembangan memiliki dampak negatifnya masing-masing, seperti modus penipuan yang ikut juga berkembang, untuk itu kita harus tetap berhati-hati dan selalu waspada, juga menghindari dampak-dampak negatifnya.

 

Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

SOHO-Network (1)

Jaringan SOHO (Small Office Home Office) merupakan jaringan sederhana yang menggunakan perangkat keras switch untuk mengakses layanan broadband kantor kecil contohnya adalah rumah. Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL (Digital subscriber line) atau internet kabel. Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik dapat di akses antara beberapa komputer lokal.

Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat. Untuk koneksi antara client dengan server harus dilakukan konfigurasi setiap perangkat dengan menambahkan ip address. Dimana dengan IP address ini maka setiap perangkat akan saling berhubungan atau berkomunikasi.

 

Berdasarkan penjelasan diatas dalam membantu membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger dalam membuat produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live dapat kita gunakan:

  1. PC SERVER

Yaitu perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan. Sehingga server harus cukup spesifikasi untuk bisa menangani akses dari client.

  1. PC Client

Adalah perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server. Sama fungsinya seperti PC client, ada juga client menggunakan laptop atau smartphone menggunakan media wifi untuk koneksinya.

  1. SWITCH

Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan menggunakan media kabel.

  1. Wifi

Wi-Fi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.

  1. Router Mikrotik

Router adalah bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain. Dapat diartikan juga bahwa router adalah media penghubung dalam jaringan berskala besar dengan berbagai macam segmen ip yang berbeda-beda.

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencangkup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider Hotspot.

 

sumber referensi:

1. https://accurate.id/ekonomi-keuangan/mobile-payment/

2. http://okta350.blogspot.com/2018/12/membuat-small-office-home-office-soho.html

Jurnal Topic 10 Pengantar Teknologi Informasi : Communicating Digital Content

Communicating Digital Content

jaringan-komputer

Teknologi komunikasi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu. Setelah melalui proses digitalisasi informasi yang masuk akan berubah menjadi serangkaian bilangan biner yang membentuk informasi dalam wujud kode digital. Kode digital tersebut nantinya akan mampu dimanipulasi oleh komputer. Komunikasi digital menggambarkan sebuah proses dalam yang ditransfer oleh dua atau lebih komputer atau perangkat data, instruksi, dan informasi.

 

Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung atau terkoneksi antara satu dengan yang lain dan digunakan untuk berbagai sumber data. Setiap titik akhir dalam suatu jaringan memiliki tanda pengenal, yang biasa disebut dengan alamat IP atau alamat media access control. Endpoint dapat mencakup server, komputer, telepon, dan perangkat keras (hardware) jaringan yang lain. Jaringan komputer (jarkom) dapat dibuat dengan menggunakan gabungan dari teknologi kabel dan wireless.

 

Jenis – jenis jaringan komputer

  1. PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya saja pada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

  1. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN yaitu sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah. Banyak orang yang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan WIfi dan lebih dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

  1. CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN dapat dibilang memiliki kesamaan dengan MAN, namun lebih terbatas dalam ruang lingkup kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini, lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain sebagainya.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari dari jaringan LAN.

  1. WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

  1. Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya.

  1. VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan salah satu solusi untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. Saat ini, banyak sekali platform yang menjual VPN secara gratis, maupun menyediakan akses premium.

 

Standar dan Protokol Komunikasi Jaringan

Terdapat beberapa jenis protokol jaringan komputer yang bisa diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak, maupun kombinasi keduanya. Jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut:

Ethernet: jenis protokol yang menggunakan suatu metode akses berupa CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).

Localtalk: jenis protokol yang dikembangkan perusahaan Apple yang ditujukan untuk komputer macintosh dengan metode CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access/Collision Avoidance).

Token ring: jenis protokol yang dikembangkan oleh perusahaan IBM dengan metode akses pengiriman informasi yang berada di dalam satu lingkaran protokol.

FDDI (Fiber Distributed Data Interface): jaringan protokol yang dipakai untuk menyambungkan beberapa komputer dengan tipe area lokal yang meliputi wilayah jarak jauh. Metode yang digunakan adalah dengan token dan topologi ring kembar.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol): jenis standar komunikasi data yang terdiri dari sekumpulan protokol dan dipakai oleh komunitas internet secara global.

UDP (User Datagram Protocol): jenis protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi unreliable (tidak andal) dan connectionless (tanpa koneksi) antara host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

ICMP (Internet Control Message Protocol): jenis protokol yang digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim sebuah pesan kesalahan pada jaringan yang digunakan.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol): jenis protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web) sebagai sebuah identitas utama dalam jaringan internet untuk mengakses situs atau website.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure): merupakan jenis protokol versi aman dari HTTP yang dijadikan sebagai sebuah protokol komunikasi dari WWW.

FTP (File Transfer Protocol): jenis protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk mengirimkan berkas komputer antar mesin dalam sebuah internetwork.

 

Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisi

  1. Broadcast

Jaringan broadcast merupakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan secara bersama – sama oleh beberapa perangkat (device) yang saling terkoneksi ke jaringan yang sama. Paket merupakan pesan berukuran kecil yang dikirim oleh suatu mesin menuju mesin yang lainnya. Field dari alamat berisi keterangan mengenai kepada siapa tujuan paket tersebut akan dikirimkan. Apabila paket tersebut tertuju kepada dirinya maka akan segera diproses. Jika paket terkirim ke mesin yang lain, maka mesin otomatis akan mengabaikannya.

  1. Point-to-Point

Jenis yang kedua adalah jaringan point-to-point tersusun atas beberapa koneksi pasangan individu, dari satu perangkat menuju perangkat yang lain. Untuk dapat mengirim sebuah paket ke tujuan alamat, maka perlu untuk melewati beberapa mesin perantara. Sehingga, seringkali akan melewati banyak route yang kemungkinan berbeda jarak. Oleh karena itu, algoritma route sangat memegang peranan penting pada jaringan ini.

 

Topologi jaringan komputer

  1. Bus

Topologi bus merupakan topologi yang mempunyai kabel tunggal yang masing – masing workstation dan server saling terhubung. Kelebihan dari topologi bus sendiri yaitu ketika melakukan pengembangan jaringan dan workstation baru, akan tetapi tidak mengganggu workstation yang lain. Kekurangan yang dimiliki adalah ketika kabel mengalami kerusakan atau putus, maka akan mengalami gangguan pada keseluruhan jaringan.

  1. Ring (cincin)

Topologi ring atau cincin merupakan topologi yang terbentuk ketika semua perangkat telah terhubung, sehingga menyerupai cincin atau berpola lingkaran. Jadi, setiap workstation akan menerima informasi dari satu perangkat ke perangkat lain. Kelebihan dari topologi ring adalah tidak akan terjadi collision atau tabrakan antar data. Sedangkan, kekurangan dari topologi ini adalah jika salah satu node mengalami permasalahan, maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

  1. Star (bintang)

Topologi star atau bintang merupakan topologi yang masing – masing workstation memiliki jalur yang terhubung langsung melalui server atau hub. Kelebihan dari topologi ini, adalah jika salah satu workstation mengalami gangguan, maka tidak semua jaringan akan mengalami hal yang sama. Dikarenakan, setiap workstation memiliki jalur atau kabel sendiri. Kelemahan dari topologi star adalah membutuhkan biaya yang besar, karena membutuhkan sumber daya kabel yang banyak.

  1. Tree (pohon)

Topologi tree merupakan gabungan dari topologi star dan bus. Topologi jaringan ini menyerupai bentuk akar pohon, yang dapat dibilang hanya perangkat hub saja yang terhubung langsung menuju bus pohon. Dan setiap hub berfungsi sebagai akar dari pohon. Kelebihan dan kekurangan dari topologi tree sama dengan topologi bus dan star. Namun, dengan menggunakan jaringan pohon ini (hybrid), mendukung adanya perluasan jaringan yang lebih baik.

  1. Mesh

Topologi mesh sering dipakai ketika terdapat suatu kondisi dimana tidak adanya hubungan komunikasi yang terputus secara absolut antar node dalam sebuah jaringan komputer. Antar perangkat akan terhubung secara langsung selama masih dalam jaringan yang sama. Kelebihan dari topologi mesh adalah komunikasi antar komputer yang lebih cepat, serta keamanan yang lebih terjamin. Kekurangan dari topologi mesh adalah memerlukan biaya yang lebih besar dalam penyediaan kabel.

 

Macam  – macam Perangkat jaringan komputer

  1. Server

Server berfungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan informasi, serta mengelola jaringan komputer. Server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client. Karena tujuan dari dibuatnya server memang untuk melayani komputer client.

  1. NIC (Network Interface Card)

NIC dapat disebut juga dengan LAN Card Expansion Board yang digunakan supaya komputer dapat terhubung dengan jaringan. Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yaitu ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

  1. Kabel jaringan

Kabel merupakan media untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain. Terdapat beberapa jenis kabel untuk pembuatan saluran jaringan. Diantaranya adalah kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

  1. Hub dan Switch

Switch merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik, bentuk dari switch sama dengan hub, namun jika dilihat dari sisi logika switch sama dengan bridge. Switch memiliki dua tipe, yaitu unmanaged switch yang merupakan tipe termurah. Dan managed switch yang merupakan tipe termahal.

  1. Router

Router adalah perangkat jarkom yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN ke dalam suatu jaringan WAN, serta mengelola lalu lintas dari data di dalamnya. Router dapat menentukan jalur terbaik, karena memiliki tabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat dalam jaringan.

  1. Bridge

Bridge adalah sebuah piranti yang digunakan untuk meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi pada sebuah data link. Bridge juga memiliki fungsi untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan kecil.

  1. Modem

Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer, dengan penyedia layanan internet atau disebut juga dengan Internet Service Provider (ISP).

  1. Repeater

Repeater adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater berusaha untuk mempertahankan integritas dari sinyal jaringan. Kelemahan dari repeater sendiri adalah tidak dapat melakukan filter traffic dalam jaringan.

  1. Wireless card

Wireless card merupakan perangkat yang wajib digunakan apabila anda ingin terhubung dalam jaringan nirkabel. Rata – rata komputer jenis terbaru sudah menggunakan perangkat yang mendukung wireless card. Namun, anda juga bisa menambahkannya sendiri pada komputer anda.

 

 

sumber:

1. https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/protokol_jaringan_komputer_pengertian_fungsi_dan_jenisnya-710

2. https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-jaringan-komputer/

3. https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi_digital

Jurnal Perkuliahan Topik 9 Pengantar Teknologi Informasi : Operating System

Operating System (sistem Operasi)

1_IqiC7ABEzP2NCIjGvwAC4g

 

sistem operasi adalah sistem yang terdiri atas berbagai komponen kerja dan metode kerja yang digunakan untuk memerintah serta menjalankan perangkat yang dimilikinya, agar sesuai dengan yang diinginkan. Dalam hal ini, sistem operasi komputer berarti komponen dan metode kerja yang ada dalam komputer. Tujuannya untuk menghubungkan manusia dengan komputer atau perangkat lunak dengan perangkat keras. Sistem operasi dalam bahasa Inggris dikenal sebagai operating system. Sistem operasi  menjadi hal yang paling mendasar dan harus ada saat akan menjalankan komputer.

Sejarah dari Sistem Operasi

  1. Generasi Pertama (1945 – 1955)

Pada generasi pertama ini, merupakan awal terciptanya sebuah perangkat komputasi elektronik yang mampu menggantikan peran sistem komputasi mekanik. Hal tersebut disebabkan kecepatan manusia dalam menghitung dan mengingat informasi sangat terbatas sehingga, sering melakukan kesalahan.Oleh karena itu, di dalam generasi ini terbentuklah sebuah sistem komputer yang diberikan perintah atau instruksi untuk dapat mengerjakan secara langsung setiap tugas yang diberikan secara cepat dan tepat.

  1. Generasi Kedua (1955 – 1965)

Pada generasi kedua ini, memperkenalkan sebuah gagasan baru yang diberi nama Batch Processing System, yaitu pekerjaan yang dilaksanakan secara real – time dalam satu rangkaian yang saling berurutan. Pada generasi ini belum menggunakan sistem operasi khusus, namun masih menggunakan fungsi dari operating system yang dinamakan IBSYS dan FMS.

  1. Generasi Ketiga (1965 – 1980)

Generasi yang selanjutnya, masuk pada perkembangan yang sudah cukup advanced, dimana sistem operasi digunakan untuk kebutuhan banyak pengguna sekaligus dengan melakukan komunikasi secara online. Sehingga sangat mendukung proses multi-user dan multi-programming (banyak program sekaligus).

  1. Generasi Keempat (1980 – Sekarang)

Pada generasi yang keempat, fitur dan fungsionalitas yang disuguhkan oleh sistem operasi jauh lebih kompleks dari era yang sebelumnya. Yang mana, GUI (Graphical User Interface) menjadi keunggulan utama untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dengan proses interaksi yang berjalan lebih mudah.

Fungsi sistem operasi komputer

sistem operasi juga berfungsi untuk menyediakan layanan ke pengguna, sehingga bisa lebih mudah saat memanfaatkan berbagai sumber daya komputer. Selain dua fungsi tersebut, sistem operasi komputer atau operating system juga berfungsi untuk mengelola data yang ada dalam komputer serta mengatur perangkat lunak dan perangkat keras agar bisa bekerja dengan stabil.

Tugas sistem operasi

Sistem operasi bertugas mengelola seluruh perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Pada suatu waktu, Anda menjalankan beberapa perangkat lunak sekaligus di komputer Anda dan dengan demikian beberapa perangkat lunak tersebut memerlukan akses ke CPU, memori, dan media penyimpanan. Sistem operasi mengatur proses-proses tersebut untuk memastikan setiap perangkat lunak berjalan normal.

Jenis sistem operasi komputer

  • MS DOS (Disk Operating System)

MS DOS merupakan sistem operasi komputer yang paling lama. Tampilannya berbeda dengan sistem operasi komputer saat ini, karena pemberian instruksinya dilakukan lewat tulisan. Kelebihan utama dari MS DOS ialah tidak banyak menghabiskan memori komputer. Namun, kelemahannya ialah instruksi diberikan lewat tulisan dan tidak ada grafisnya sama sekali.

  • Sistem operasi Windows

Windows menjadi operating system terbanyak yang digunakan di seluruh dunia. Tidak hanya itu, Windows juga mudah ditemui dalam berbagai komputer atau laptop.  Kelebihan utama dari sistem operasi Windows ialah cara menjalankan dan instalasinya mudah. Sedangkan kelemahan utamanya ialah rentan terkena virus.

  • Sistem operasi Linux

Linux juga cukup sering digunakan oleh pengguna komputer, walau jumlahnya tidak sebanyak sistem operasi Windows. Linux memungkinkan penggunanya untuk melakukan modifikasi untuk meningkatkan kinerja sistemnya. Kelebihan utama dari sistem operasi Linux ialah bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, tetapi hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang paham teknologi. Untuk kelemahan utamanya ialah cara instalasinya lebih susah dibanding Windows.

  • Sistem operasi MacOS

MacOS sering juga disebut Machintosh. Sistem operasi ini hanya disediakan untuk komputer Apple. Pengguna MacOS jauh lebih sedikit dibanding pengguna Windows dan Linux. Kelebihan utama dari sistem operasi MacOS ialah tidak mudah terkena virus. Sedangkan kelemahan utamanya ialah menjalankan sistem operasinya agak lebih susah dibanding Windows dan Linux.

Cara kerja sistem operasi komputer

Sistem operasi komputer memiliki empat tahap cara kerja, yakni:

  • Melakukan manajemen proses. Artinya sistem operasi melakukan penjadwalan, pembuatan file, penghapusan file, dan lain sebagainya.
  • Sistem operasi komputer hanya bisa bekerja setelah menerima instruksi dari penggunanya.
  • Setelah menerima instruksi, kemudian dikelola atau diubah menjadi informasi yang diterima oleh perangkat lunak atau software yang ada di komputer.
  • Tampilan komputer (hardware) akan berubah beberapa saat setelah sistem operasi memproses instruksi dan menjalankan apa yang diinginkan penggunanya.

Contoh sistem operasi komputer

Contoh sstem operasi dalam komputer adalah Windows. Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Sistem operasi ini masih mengalami pengembangan fitur dan lain sebagainya. Contohnya Windows 10, Windows Vista, dan lain sebagainya. Selain itu, juga ada sistem operasi Linux dan MacOS yang digunakan masyarakat walau tidak sebanyak Windows. Tentunya sistem operasi ini akan terus mengalami pengembangan atau peningkatan fitur sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

 

sumber :

1. https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/15/144350269/sistem-operasi-komputer-pengertian-fungsi-jenis-cara-kerja-dan-contohnya

2. https://www.sekawanmedia.co.id/sistem-operasi/

JURNAL PERKULIAHAN 7 INDUSTRI PERTANIAN : IoT For Agriculture

 IoT For Agriculture

download (8)

 

Pengertian IOT

Internet of Things adalah suatu deskripsi dari jaringan fisik atau ”things” yang dipasang dengan menggunakan sensor, software dan juga teknologi lain dengan tujuan agar bisa terhubung dan menukarkan data antar divisi dan sistem lain yang menggunakan internet.

Internet of Things mampu menghubungkan seluruh device yang berbeda dengan cara menambahkan sensor dan kecerdasan digital, sehingga akan memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi secara real-time tanpa harus melibatkan campur tangan manusia.

Manfaat Internet of Things (IoT)

  • Konektivitas

Di era digital ini, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada era pengoperasian perangkat secara manual. Dengan IoT, kamu bisa mengoperasikan banyak hal dari satu perangkat, misalnya smartphone.

  • Efisiensi

Dengan adanya peningkatan pada konektivitas, berarti terdapat penurunan jumlah waktu yang biasanya dihabiskan untuk melakukan tugas yang sama.

  • Kemudahan

Perangkat IoT seperti smartphone kini mulai menjadi perangkat yang biasa dimiliki oleh sebagian besar orang.

Contoh Perangkat IoT

Saat ini, produksi dan penggunaan perangkat Internet of Things meningkat sangat pesat. Perangkat IoT pada dasarnya meliputi laptop, smartphone, smart gadget, smartwatch, dan banyak lagi.

Cara Kerja Internet of Things

Seperti namanya, Internet of Things bergantung pada Internet sebagai konektivitas antara sensor atau perangkat yang akan saling berkomunikasi di cloud. Data dari sensor yang dikirim ke cloud akan diproses oleh software yang akan menentukan action selanjutnya. Action ini bisa berbentuk pengiriman alert, penyesuaian jadwal, penutupan akses pada alat, atau lainnya.

Solusi IoT dapat dikontrol oleh user lewat dashboard dari komputer, laptop, atau mobile device lainnya. User atau pegawai yang sudah diberikan izin dapat mengatur dan mengubah action dan rules sesuai kebutuhan perusahaan. Perubahan ini akan dikirim lagi ke cloud lalu sensor yang berkaitan akan segera ter-update.

Prinsip kerja IoT pada sektor pertanian

Penerapan Internet of Thing (IoT)  pada pertanian dapat berupa teknologi sensor untuk penggunaan air, sensor untuk mendeteksi serangan hama, dan juga sensor yang mengetahui emisi lingkungan. Dengan penerapan tersebut hasil pertanian dapat meningkat dengan pesat dan akurat. Selain itu, IoT dapat mempermudah pengawasan lahan produksi melalui smartphone.

Manfaat penggunaan IoT pada sektor pertanian

Penggunaan IoT bisa mewujudkan pertanian presisi (precision farming) dan irigasi pintar. Artinya, melalui penggunaan sensor yang diterapkan di lahan pertanian memungkinkan petani mendapatkan informasi detail topografi, tingkat kesuburan, tingkat keasaman hingga suhu tanah, bahkan dapat mengukur cuaca serta memprediksi pola cuaca. Salah satu perusahaan di bidang Teknologi Pertanian yaitu BIOPS Agrotekno, mengembangkan sebuah solusi IoT yang bernama ENCOMOTION untuk memonitor kondisi lingkungan dan menentukan kebutuhan air tanaman. Data yang terkumpul tidak hanya untuk keperluan monitoring jarak jauh namun digunakan untuk menghitung kebutuhan air tanaman dan berbagai solusi lainnya. Data ini juga nantinya dapat berguna bagi berbagai stakeholder terutama dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan kebijakan pertanian.

Tantangan penerapan IoT pada sektor pertanian

IoT memiliki tantangan berupa terbatasnya daya listrik dan perangkat komunikasi di lapangan. Hal tersebut karena sebagian besar daerah pertanian di Indonesia berada di remote area yang terbatas infrastrukturnya. Pada saat penerapannya pun masih ada tantangan yang dihadapi, yaitu mengedukasi petani dalam penggunaan teknologi ini untuk mendukung kegiatan/operasional mereka sehari-hari. Untuk mengatasi tantangan tersebut diperlukan kerjasama dari berbagai pihak baik pemerintah, swasta maupun petani itu sendiri.

 

 

Sumber :

1. https://accurate.id/teknologi/internet-of-things/

2. https://www.jagoanhosting.com/blog/pengertian-internet-of-things-iot/

3. https://telkomseliot.com/id/berita-insight/internet-of-things-definisi-sejarah-manfaat-penerapan

4. https://www.biopsagrotekno.co.id/penerapan-internet-of-things/

Jurnal Perkuliahan Topik 8 Pengantar Teknologi Informasi : Digital Storage

Digital Storage

Storage-Options-Header

Storage adalah media penyimpanan data digital yang berfungsi untuk menyimpan data – data digital. Berbagai data digital dalam bentuk dokumen, foto, video, audio dan lain sebagainya bisa kita simpan di Storage. Bahkan Storage dapat kita gunakan untuk menyimpan data yang masih diproses oleh gadget.

Storage ada dua macam yaitu Primary storage dan secondary storage. Meskipun berbeda tetapi fungsi kedua storage itu sama. Keduanya digunakan untuk menyimpan data secara digital.

  1. Primary Storage (Memory Internal )

Primary storage adalah media penyimpanan di dalam komputer yang menyimpan data yang sedang aktif digunakan. Tujuannya untuk lebih mempercepat akses ke data tersebut karena kecepatan primary storage lebih baik daripada secondary storage. Primary  Storage biasanya digunakan pada CPU atau processor untuk mengolah data. Peran ini tidak bisa digantikan oleh secondary Storage. Karena berdasarkan kecepatan CPU maka secondary tidak bisa digunakan dalam mengolah data CPU atau Processor. Contonhya adalah sebagai berikut :

  • Random Access Memory (RAM)

RAM adalah media penyimpanan volatile sehingga data didalamnya hanya bisa dipertahankan dengan bantuan daya listrik. Begitu aliran listrik terputus, data pun akan terhapus. RAM lebih cepat daripada HDD dan terhubung dengan CPU melalui memory bus.

RAM merupakan jenis memori yang paling sering disarankan untuk ditambah kapasitasnya. Penyebabnya, penambahan kapasitas RAM berbanding lurus dengan peningkatan performa sistem, dan peningkatan ini bisa dicapai dengan mudah dan murah.

  • Read Only Memory (ROM)

ROM adalah media penyimpanan non volatile, jadi data didalamnya bersifat permanen. Sesuai dengan kepanjangannya, yaitu Read Only Memory, isi ROM tidak bisa diutak-atik karena ROM hanya bisa dibaca oleh komputer.

ROM juga terletak di dalam motherboard seperti halnya RAM. Pada komputer lawas, ROM ini biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan BIOS sebelum kemudian dialihkan ke memori flash pada generasi komputer selanjutnya untuk mempermudah update. Kini, BIOS itu sendiri sudah digantikan oleh Unified Extensible Firmware Interface (UEFI).

 

  1. Secondary Storage

secondary storage adalah media untuk menyimpan data dalam jangka waktu selama mungkin sampai file yang dimaksud tidak dibutuhkan lagi oleh pengguna. Secondary storage merupakan media penyimpanan yang bersifat permanen, yang berfungsi untuk memroses data yang berada di CPU. Media penyimpanan ini permanen karena tidak tergantung pada listrik, sehingga listrik padam atau menyalapun masih bisa digunakan dan data tersebut masih ada. Yang termasuk dalam media ini, beberapa diantaranya adalah:

  • Hard Disk Drive

HDD bisa digunakan sebagai media penyimpanan internal maupun eksternal. Sebagai media eksternal, pada umumnya HDD ditujukan untuk backup data. Sebagai media internal, selain untuk menyimpan file, sebagian ruang kosong di dalam HDD juga dialokasikan untuk virtual memory supaya komputer bisa tetap menangani kebutuhan pengguna sekalipun kapasitas RAM tak lagi mendukung.

  • CD, DVD, dan flash drive

Media penyimpanan berbentuk DVD dan CD sudah kalah pamor dibandingkan dengan flash drive. Dalam segala aspek, flash drive lebih unggul. Dari segi kemudahan dan kenyamanan, flash drive lebih praktis karena lebih mudah dibawa dan file pun bisa langsung dipindah kedalamnya tanpa burning. Durabilitas flash drive juga lebih bagus dan tidak ada risiko tergores seperti yang kerap menimpa kepingan CD.

  • Solid State Drive

SSD menyimpan file secara elektronis di dalam sirkuit-sirkuit semikonduktor. Kecepatannya lebih baik daripada HDD, tidak mudah rusak karena guncangan fisik, tidak bising, dan lebih hemat daya. Singkat kata, performanya mengungguli HDD. Satu-satunya kekurangan yang terlihat oleh pengguna yang paling awam sekalipun adalah harganya.

  • Disket

opularitas media penyimpanan ini mulai bersinar terang pada tahun 1970-an. Dimensi fisiknya tipis tapi cukup lebar sehingga sering disimpan secara berjejer-jejer dalam sebuah boks transparan. Kapasitasnya kecil, hanya dalam hitungan sekian MB. Di tahun 1990-an, disket yang berukuran 3.5 inci rata-rata berkapasitas 1.44 MB.

 

Cloud Storage

Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

Proses penyimpanan data ke media penyimpanan cloud storage dapat diartikan dengan mengirim salinan ke penyedia layanan cloud atau hosting lewat jaringan internet. Dengan menggunakan cloud storage resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil sebab data disimpan oleh hosting ke dalam server. Pemakaian cloud storage juga tidak membutuhkan perangkat keras, karena cloud storage hanya mengandalkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya.

 

Sumber :

1. https://www.jurnalponsel.com/pengertian-storage/

2. https://www.nesabamedia.com/apa-itu-primary-storage/

3. https://www.nesabamedia.com/apa-itu-secondary-storage/

4. https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/cloud_storage_pengertian_cara_kerja_dan_keuntungan_menggunakannya_yang_perlu_anda_tahu-930

Jurnal Perkuliahan 11 Pengetahuan Lingkungan : KONFERENSI TINGKAT TINGGI (KTT) G20 DAN COP26

KONFERENSI TINGKAT TINGGI (KTT)  G20 DAN COP26

KTT G20

download (6)

G20 merupakan forum ekonomi global yang dibentuk sebagai respons terhadap krisis ekonomi pada tahun 1997 / 1998. G20 beranggotakan 19 negara utama penggerak ekonomi dunia, termasuk Indonesia, dan satu perwakilan regional yaitu Uni Eropa, yang memiliki PDB terbesar di dunia. Pemerintah Indonesia bersiap untuk menyelenggarakan KTT G20 pada tahun 2022 mendatang.  Tongkat estafet Presidensi G20 akan diserahkan secara resmi oleh PM Italia kepada Presiden Joko Widodo pada 30-31 Oktober 2021 mendatang, di Roma. Momentum itu merupakan kali pertama Indonesia menjadi Presidensi G20, sejak forum ini dibentuk pada 1999 yang lalu.

Dalam menentukan presidensi, G20 memiliki mekanisme regional basket rotation dimana saat ini adalah giliran negara yang berada di basket Asia. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 merupakan kali pertama bagi Indonesia, karena dari basket Asia, baru 4 negara yaitu Jepang, RRT, Korea Selatan dan Saudi Arabia yang sudah pernah menjadi tuan rumah Presidensi G20.

 

Keuntungan G20 bagi Indonesia

  • Presidensi G20 ini dengan mengoptimalkan manfaat bagi bangsa Indonesia, di bidang ekonomi, pembangunan sosial dan juga politik.
  • Pemerintah memperkirakan dari aspek ekonomi, beberapa manfaat langsung yang dapat dicapai jika pertemuan dilaksanakan secara fisik adalah peningkatan konsumsi domestik hingga Rp1,7 Triliun, penambahan PDB nasional hingga Rp7,4 Triliun, pelibatan UMKM dan penyerapan tenaga kerja sekitar 33 ribu di berbagai sektor.
  • Presidensi G20 juga memberikan momentum bagi Indonesia untuk menampilkan keberhasilan reformasi struktural di tengah pandemi, antara lain dengan Undang Undang Cipta Kerja dan Sovereign Wealth Fund yang diyakini dapat meningkatkan kepercayaan Investor Global pada Indonesia dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.
  • Pemerintah juga berkomitmen untuk menggunakan forum G20 untuk mendorong kepentingan Indonesia terkait pengembangan kualitas sumber daya manusia, serta kerjasama produksi dan distribusi vaksin.
  • Dalam melaksanakan peran sebagai Presidensi G20, Indonesia akan melakukan koordinasi kebijakan global yang berkontribusi terhadap tata kelola dunia yang lebih seimbang, membuat G20 lebih adaptif terhadap krisis, dan memperjuangkan kepentingan nasional di forum global, melalui isu-isu terkait Transformasi Digital dan Ekonomi Inklusif. Pemerintah menekankan sinergi dan koordinasi yang kuat antarkementerian dan lembaga yang terlibat di dalam 16 Working Groups (WG).

 

Dalam sesi yang membahas tentang penguatan kebijakan dan koordinasi antara negara anggota, Jokowi juga berpesan agar negara-negara G20 saling bekerja sama dan menghindari kebijakan ekonomi yang menimbulkan dampak negatif di antara sesama anggota.

Indonesia, yang pertumbuhan ekonominya lebih tinggi dibanding rata-rata pertumbuhan ekonomi negara G20, yg diyakini mampu berperan besar dalam perkembangan ekonomi global. Sebab, pemerintah telah bertekad untuk menjaga perekonomiannya lebih terbuka.

 

CONFERENCE OF THE PARTIES-26  ( COP26 )

download (7)

 

COP26 adalah singkatan dari Conference of the Parties ke-26 atau diartikan sebagai Pertemuan Para Pihak. Dalam forum tingkat tinggi tahunan ini, ada 197 negara yang terlibat pertemuan untuk membicarakan dan menanggulangi isu perubahan iklim global. COP pertama diadakan Maret 1995 di Berlin, Jerman. Untuk tahun ini, COP26 digelar di Glasgow, Skoltlandia, Inggris Raya pada 1-12 November 2021.

Sejak 1994, setiap tahun PBB telah mempertemukan hampir setiap negara di bumi untuk mengikuti KTT iklim global atau COP, yang merupakan singkatan dari Conference of the Parties. Seharusnya, tahun 2021 menjadi COP global ke-27. Namun karena pandemi Covid-19, pelaksanaan COP tertunda setahun. Oleh karenanya, tahun ini digelar COP ke-26 dan disebut sebagai COP26.

Setiap negara yang masuk dalam COP melakukan peninjauan pelaksanaan konvensi dan instrumen hukum lainnya yang diadopsi COP serta mengambil keputusan yang diperlukan untuk mempromosikan pelaksanaan konvensi yang efektif, termasuk pengaturan kelembagaan dan administratif.

Tugas utama COP adalah melakukan peninjauan target-target setiap negara terkait emisi yang diajukan. Pelaksanaan COP akan digilir di antara lima wilayah PBB, yakni Afrika, Asia, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Tengah dan Timur dan Eropa Barat dan Lainnya.

 

Pentingnya COP26 bagi Isu perubahan Iklim

COP26 adalah pertemuan pertama yang akan mengevaluasi hasil dari Paris Accord atau Persetujuan Iklim Paris pada 2015 lalu.

Dalam Perjanjian Paris, negara di dunia sepakat membatasi pemanasan global tidak melebihi 2 derajat Celsius, idealnya 1,5 derajat Celsius, serta meningkatkan pendanaan aksi iklim. Dalam COP26, delegasi juga bertujuan menyelesaikan “Paris Rulebook” atau aturan yang diperlukan untuk  mengimplementasikan Perjanjian Paris. Kali ini, mereka perlu menyepakati kerangka waktu umum untuk frekuensi revisi dan pemantauan komitmen iklim mereka. Dan pada COP26 kali ini merupakan kesempatan penting untuk mewujudkan aturan-aturan guna mencapai Perjanjian Paris.

Adapun target-target utama saat Paris Accord 2015 atau ketika COP21 yaitu setiap negara harus berjanji untuk:

  1. Melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca
  2. Mendorong peningkatan produksi energi terbarukan
  3. Mempertahankan suhu global di bawah 2 derajat celcius, atau idealnya maksimal 1,5 derajat celcius

Setelah target tersebut disusun, evaluasi akan dilakukan setiap 5 tahun. Dengan kata lain, COP26 adalah pertemuan pertama untuk melakukan evaluasi Paris Accord, setelah pada 2020 ditunda karena pandemi COVID-19.

 

Hasil yang diharapkan dari COP26

Adapun lebih dari 100 negara berkembang telah bersepakat untuk menyampaikan tuntutan jelang COP26, yang antara lain:

  1. Pendanaan dari negara-negara maju untuk memerangi maupun menanggulangi perubahan iklim.
  2. Kompensasi dari negara-negara maju atas dampak yang akan menimpa mereka
  3. Uang dari kelompok negara maju untuk membantu mereka menerapkan ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Adapun COP26 diharapkan akan memastikan setiap negara berkomitmen mencapai target 2050 dengan nol emisi dan melakukan pengurangan karbon secara progresif pada 2030.

 

 

Sumber:

1. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36955/pemerintah-siap-selenggarakan-presidensi-g20-tahun-2022/

2. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3291039/jokowi-di-ktt-g20-hindari-kebijakan-ekonomi-yang-menciptakan-dampak-negatif

3. https://www.kompas.com/global/read/2021/11/03/071227770/apa-itu-cop26-dan-mengapa-penting?page=all

4. https://news.detik.com/berita/d-5791362/cop26-adalah-pertemuan-perubahan-iklim-apa-saja-hasil-yang-diharapkan

 

Jurnal Perkuliahan 6 : Blockchain for Agriculture

Blockchain for Agriculture

images (7)

blockchain merupakan rantai blok urut yang dirangkai dan didistribusikan bersama. Setiap blok terdiri dari ledger (buku besar) dan tiga elemen, yakni data, hash, dan hash dari blok sebelumnya. Jenis data yang digunakan  pada teknologi ini bergantung pada tujuan blockchain itu sendiri.

Hash berisikan data berupa tanda tangan atau sidik jari atau tanda tangan. Hash digunakan untuk mengidentifikasi blok dan seluruh isinya dalam kode unik. Hash dari blok sebelumnya merupakan bagian yang membawa jejak informasi sebelumnya sekaligus mengamankan rantai blockchain.

Cara kerja blockchain

Blockchain dimulai saat sebuah blok menerima informasi baru. Sistem blockchain terdiri atas transaksi dan blok yang berisikan rangkaian hash kriptografi dan hash blok sebelumnya hingga membentuk jaringan. Blockchain bekerja dengan mencatat informasi yang tidak bisa diubah.

Pemanfaatan blockchain

Teknologi blockchain dapat dimanfaatkan di bidang keuangan. Pasalnya, teknologi ini dapat diibaratkan seperti buku kas digital yang bisa diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun dengan mudah tanpa perlu meinta persetujuan lembaga keuangan layaknya bank.

Teknologi blockchain secara tidak langsung telah memudahkan seluruh proses transaksi. Transaksi juga lebih aman dan transparan sehingga dapat meminimalisasi penyelewengan data, seperti suap ataupun korupsi.

Keunggulan blockchain

  • Sistem Lebih Transparan.
  • Proteksi Data Lebih Baik
  • Audit Lebih Baik
  • Mencegah Biaya Middleman

Kelemahan blockchain

  • Kurang efisien
  • Kesulitan untuk diatur

3 Pilar Teknologi Blockchain

  • Decentralization
  • Transparency
  • Immutability

Blockchain pada agriculture

Era   revolusi   industri   4.0   telah   mendorong penerapan  teknologi  informasi  di  berbagai  bidang termasuk   dalam   pertanian   yang   mendorong   era agromaritim   4.0. penggunaan blockchain dapat meningkatkan sistem ketertelusuran yang ada melalui penyimpanan   data   secara   permanen. Penggabungan    kecerdasan buatan dan blockchainmerupakan hal yang mungkin dilakukan. Konsep blockchain for AI maupun AI for blockchain keduanya dapat diimplementasikan secara bersamaan pada bidang  pertanian. Perangkat IOT juga dapat  ditambahkan  dalam  sistem  tersebut  berupa sensor   dan   perangkat   penunjang   lainnya.   Model prediksi dapat diperoleh dari data basedalam sistem blockchain yang  kemudian  dipelajari  berdasarkan konsep    kecerdasan    buatan. Penggunaan sistem blockchain dalam manajemen rantai pasok dan penggunaan sistem e-commerce dapat meminimumkan   peran   perantara.  Hal  ini  dapat bermuara  kepada  peningkatan  kesejahteraan  petani.

Peluang  kebaruan  riset  pada  integrasi  AI  dan Blockchain di bidang pertanian masih terbuka dengan luas.  Berbagai  macam  sistem  AI  dapat  digunakan sesuai  konsep smart  farming.  Teknologi blockchaindapat digunakan untuk meningkatkan keamanan data dari sistem  AI  yang selama  ini  masih tersentralisasi . Penggunaan  teknologi  yang  tepat  dan sesuai dengan kebutuhan    pengguna    sehingga    teknologi    yang dikembangkan    dapat    bermanfaat    bagi    seluruh pemangku kepentingan.

Blockchain for Agriculture

blockchain merupakan rantai blok urut yang dirangkai dan didistribusikan bersama. Setiap blok terdiri dari ledger (buku besar) dan tiga elemen, yakni data, hash, dan hash dari blok sebelumnya. Jenis data yang digunakan  pada teknologi ini bergantung pada tujuan blockchain itu sendiri.

Hash berisikan data berupa tanda tangan atau sidik jari atau tanda tangan. Hash digunakan untuk mengidentifikasi blok dan seluruh isinya dalam kode unik. Hash dari blok sebelumnya merupakan bagian yang membawa jejak informasi sebelumnya sekaligus mengamankan rantai blockchain.

Cara kerja blockchain

Blockchain dimulai saat sebuah blok menerima informasi baru. Sistem blockchain terdiri atas transaksi dan blok yang berisikan rangkaian hash kriptografi dan hash blok sebelumnya hingga membentuk jaringan. Blockchain bekerja dengan mencatat informasi yang tidak bisa diubah.

Pemanfaatan blockchain

Teknologi blockchain dapat dimanfaatkan di bidang keuangan. Pasalnya, teknologi ini dapat diibaratkan seperti buku kas digital yang bisa diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun dengan mudah tanpa perlu meinta persetujuan lembaga keuangan layaknya bank.

Teknologi blockchain secara tidak langsung telah memudahkan seluruh proses transaksi. Transaksi juga lebih aman dan transparan sehingga dapat meminimalisasi penyelewengan data, seperti suap ataupun korupsi.

Keunggulan blockchain

  • Sistem Lebih Transparan.
  • Proteksi Data Lebih Baik
  • Audit Lebih Baik
  • Mencegah Biaya Middleman

Kelemahan blockchain

  • Kurang efisien
  • Kesulitan untuk diatur

3 Pilar Teknologi Blockchain

  • Decentralization
  • Transparency
  • Immutability

Blockchain pada agriculture

Era   revolusi   industri   4.0   telah   mendorong penerapan  teknologi  informasi  di  berbagai  bidang termasuk   dalam   pertanian   yang   mendorong   era agromaritim   4.0. penggunaan blockchain dapat meningkatkan sistem ketertelusuran yang ada melalui penyimpanan   data   secara   permanen. Penggabungan    kecerdasan buatan dan blockchainmerupakan hal yang mungkin dilakukan. Konsep blockchain for AI maupun AI for blockchain keduanya dapat diimplementasikan secara bersamaan pada bidang  pertanian. Perangkat IOT juga dapat  ditambahkan  dalam  sistem  tersebut  berupa sensor   dan   perangkat   penunjang   lainnya.   Model prediksi dapat diperoleh dari data basedalam sistem blockchain yang  kemudian  dipelajari  berdasarkan konsep    kecerdasan    buatan. Penggunaan sistem blockchain dalam manajemen rantai pasok dan penggunaan sistem e-commerce dapat meminimumkan   peran   perantara.  Hal  ini  dapat bermuara  kepada  peningkatan  kesejahteraan  petani.

Peluang  kebaruan  riset  pada  integrasi  AI  dan Blockchain di bidang pertanian masih terbuka dengan luas.  Berbagai  macam  sistem  AI  dapat  digunakan sesuai  konsep smart  farming.  Teknologi blockchaindapat digunakan untuk meningkatkan keamanan data dari sistem  AI  yang selama  ini  masih tersentralisasi . Penggunaan  teknologi  yang  tepat  dan sesuai dengan kebutuhan    pengguna    sehingga    teknologi    yang dikembangkan    dapat    bermanfaat  bagi  seluruh pemangku kepentingan.

sumber referensi:

1. https://www.akseleran.co.id/blog/blockchain-adalah/

2. https://www.ruangmom.com/blockchain.html

3. https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/4059/pdf