Dasar Teknologi Informasi

1. Pengertian teknologi informasi

Teknologi adalah alat yang digunakan untuk mambantu atau mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari bunyi, tulisan ataupun simbol, yang memiliki makna dan dapat ditafsirkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah alat yang digunakan manusia untuk menyampaikan pesan dalam kehidupan sehari-hari.

Walaupun belum terdapat kesepakatan yang universal mengenai pengertian teknologi informasi, namun pada dasarnya seluruhnya memiliki esensi pengertian yang sama. Adapun beberapa pengertian yang disampaikan para ahli terkait teknologi informasi adalah sebagai berikut :

Menurut Haag dan Keen, 1996 teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Menurut Martin, 1999 teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

William dan sawyer, 2003 teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

Menurut Mc Keown, Information Technology adalah seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, mengubah, menyimpan dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.

Menurut Lucas, pengertian teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.

Menurut Information Technology Association of America (ITAA), teknologi informasi adalah proses pengolahan, penyimpanan dan penyebaran informasi bergambar, vocal, teks dan numerik melalui mikro elektronika berbasis kombinasi telekomunikasi dan komputasi.

Secara singkat teknologi informasi dapat kita artikan sebagai suatu alat yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam membuat, mmengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi. Contoh dari teknologi informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

2. Pengelompokan Teknologi Informasi

Teknologi informasi digunakan untuk menangkap (menerima), menyimpan dan menyebarluaskan informasi. Berikut ini adalah pengelompokan teknologi informasi :

  •  Teknologi masukan (input technologi), teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data-data yang dibutuhkan seperti mouse dan keyboard.
  •   Teknologi keluaran (output technology), peralatan berfungsi menyajikan informasi hasil pengolahan dari data-data seperti layar atau monitor dan printer.
  •  Teknologi perangkat lunak (software) adalah program yang digunakan untuk memberikan komputer kemampuan untuk melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki penggunanya.
  • Teknologi penyimpanan, adalah alat yang berfungsi sebagai penyimpanan data dan informasi yang dimiliki. Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan eksternal.

Memori internal (main memory) berfungsi sebagai pengingat sementara bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU contohnya ROM dan RAM. ROM (read only memory) adalah memory yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM (random acces memory) adalah memory yang isinya bisa diperbaharui.

Memori eksternal (external storage) adalah alat yang berfungsi menyimpan data secara permanen yang data tetap terpelihara dengan baik meskipun komputer dalam keadaan mati.

  •  Teknologi pemroses (processing machine), alat yang digunakan untuk memproses data dan informasi. Teknologi ini lebih dikenal dengan sebutan CPU (central processing unit), mikroprosesor, atau prosesor.

 

3. Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi teknologi informasi adalah sebagai berikut :

  • Capture (Menangkap), menangkap fakta-fakta atau data yang terkait dengan pengetahuan yang digarapkan menjadi sebuah informasi. Misalnya menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan lainnya.
  • Processing (Mengolah), mengubah, menganalisis, menghitung dan mengumpulkan semua bentuk data untuk menjadi informasi. Olah data ini bisa dalam bentuk konversi, menganalisis, menghitung, hingga penggabungan berbagai bentuk informasi dan data.
  •  Generation (Mengolah), proses menata informasi ke dalam bentuk yang bermanfaat. Misalnya grafik, tabel, perhitungan, dan lain sebagainya.
  • Storage (Menyimpan), penyimpanan data atau informasi. Misalnnya data disimpan ke dalam flasdisk, CD, dan hardisk.
  • Retrieval (Mencari Kembali), proses mencari dan menelusuri kembali informasi dan data yang sudah pernah disimpan. Misalnya mencari data klien yang belum melakukan pembayaran.
  • Transmission (Sebagai Transmisi), mendistribusikan informasi melalui jaringan komunikasi. Misalnya mengirim data penjualan ke tim lain di lokasi yang berbeda.

 

4. Pemanfaatan Teknologi Informasi

Teknologi informasi memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia maupun organisasi atau perusahaan. Mulai dari penggunaan TI secara individu untuk bersosialisasi, berinteraksi, transaksi, belajar, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk organisasi atau perusahaan TI digunakan untuk :

  • Mengurangi komplesitas tugas manajemen, dimana dalam menjalankan fungsi sebagai manajemen dari mulai perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian mereka membutuhkan informasi sebagai landasan menjalankan fungsinya tersebut.
  • Pengaruh globalisasi. Bagi organisasi yang ingin memperluas pasar mereka ke luar negerimembuat kebutuhan akan informasi banyak mengenai pasar baru yang akan mereka masuki.
  •  Perlunya response time cepat. Penggunaan TI dalam penanganan pasien di rumah sakit diperlukan agar kondisi pasien tetap terpantau dan dapat meningkatkan response ketika terjadi kondisi kritis.
  • Tekanan persaingan bisnis. Dalam persaingan bisnis pelaksanaan kegiatan organisasi dituntut kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan, serta bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan dibutuhkan ketersediaan informasi yang cepat dan tepat.

 

5. Komponen TI

Komponen teknologi informasi merupakan sebuah sistem yang terbentuk berdasarkan tujuan, mengenai apa yang ingin diketahui dari penggunaannya. Setidaknya terdapat tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu :

  •  Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras adalah perangkat fisik yang membangun sebuah teknologi informasi. Contohnya adalah monitor, CD-ROM, kabel jaringan komunikasi, flasdisk, telepon seluler, dan lain sebagainya. Perangkat keras terdiri dari perangkat input dan output yang digunakan untuk memasukan, dan mengeluarkan data dan informasi.

  • Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak berupa program yang dibuat untuk keperluan pengguna teknologi. Perangkat lunak dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu :

1) Perangkat Lunak System

Perangkat lunak system merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk mengontrol semua perangkat keras, sehingga semua perangkat keras teknologi informasi dapat bekerja dengan kompak sebagai suatu system yang utuh. Contohnya adalah system operasi windows, linux, unix, dan freeBSD.

2) Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

Perangkat lunak pemrograman merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk membuat program aplikasi maupun perangkat lunak system. Misalnya pascal, java, visual basic, delphi, turbo C, fortan, cobol, turbo assembler, dan lain sebagainya.

3) Perangkat Lunak Aplikasi.

Perangkat lunak aplikasi adalah program jadi yang siap pakai untuk keperluan khusus. Software aplikasi yang umum ada di pasaran antara lain :

- Pengolah Kata (Word Processing) Contoh: Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dll

- Pengolah Angka atau Data tabel (Spreadsheet) Contoh: Microsoft Excel, Lotus 123, Super Calc, dll

- Pengolah Database Contoh: Microsoft Access, Fox Pro, dll

- Membuat Slide Presentasi Contoh: Microsoft Power Print, Story Board, dll

- Pengolah Gambar Contoh: Adobe Photoshop, ACD See dll

- Game (Software Permainan) Contoh : PC Game Dan lain sebagainya

  • Perangkat Otak/Kecerdasan yang Dimiliki Manusia (Brainware)

Brainware merupakan orang yang menjadi pengguna, pemelihara, pembuat sistem teknologi. Sebagai faktor penentu manusia menentukan bagaimana tinggi rendahnya pemanfaatan dari teknologi informasi tersebut. Untuk mampu meningkatkan pemanfaatan dari teknologi tersebut manusia harus terus mempelajari pemanfaatannya untuk mengatasi permasalahan yang ada.

6. Data, Informasi, dan Pengetahuan

Keberadaan teknologi informasi tidak akan terlepas dari tiga aspek yang membentuknya, adapun ketiga aspek tersebut adalah sebagai berikut :

  • Data

Data adalah fakta mentah yang didapatkan belum terorganisir atau masih belum memiiki arti. Terkait kegiatan pengumpulan data harus memperhatikan kredibilitas (keterpercayaan) dari sumber data. Adapun sumber data secara garis besar dibagi menjadi sumber yang berasal dari faktor internal dan data yang berasal dari faktor eksternal. data dapat berupa grafik, foto, angka dan lain-lain yang belum diolah atau dapat dikatakan masih mentah.

  • Informasi

Informasi adalah data yang telah terorganisir (telah direduksi) sehingga memberikan arti pada user atau penggunanya. Data dapat menjadi sebuah informasi ketika diproses sesuai dengan karakteristik data tersebut. Kemampuan yang dimiliki untuk mengorganisir data menentukan keakuratan informasi.

  • Pengetahuan

Pengetahuan adalah informasi yang telah diproses sehingga memberikan pembelajaran dan pemahaman untuk dapat diaplikasikan. Informasi yang akurat memberikan pengetahuan yang jelas terhadap kondisi sedang dan akan dialami secara tepat.

7. Peranan TI

TI memegang peranan penting dalam peningkatan kemampuan individu maupun organisasi dalam mencapai tujuan (efektif), serta peningkatan efisiensi dalam mencapai tujuan individu dan organisasi. Mencapai efektifitas berarti kemampuan individu dan organisasi dalam mencapai tujuan, sedangkan meningkatkan efisiensi berarti mengurangi sumber daya yang terbuang untuk mencapai tujuan tersebut. Di zaman yang semakin maju Manusia pasti membutuhkan teknologi informasi. Bahkan teknologi informasi juga memiliki peran penting dalam dunia perbankan, dunia pendidikan, dunia medis, dunia kepolisian, dunia perdagangan elektronis, dunia perancangan produk dan lain sebagainya.

Karena dengan kemampuan TI menghasilkan pengetahuan mengenai bagaimana cara terbaik mencapai tujuan, bagaimana cara mengorganisir kegiatan untuk mencapai tujuan, bagaimana cara memotivasi diri, dan bagaimana melakukan pengendalian atas usaha pencapaian tujuan tersebut, maka individu maupun organisasi akan mampu mencapai efektifitas dan efisiensi. Menurut G.R Terry, ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu :

  • Fungsi Operasional

Akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambilalih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.

  •  Fungsi Monitoring and Control

Mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship  yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.

  • Fungsi Planning and Decision

Mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut diatas.

  •  Fungsi Communication

Secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi modern dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.

  •  Fungsi Interorganisational

Merupakan sebuah peran yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resourse Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya.

8. Tujuan dan Prinsip TI

Tujuan teknologi informasi adalah untuk memudahkan kehidupan manusia, memecahkan masalah yang ada, membuka dan meningkatkan kreatifitas, dan membuat pencapaian tujuan menjadi lebih efisien, daripada saat tidak menggunakan teknologi informasi dalam pekerjaannya.

 

9. Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi

Sistem teknologi informasi dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian yaitu menurut fungsi sistem dan menurut ukuran.

  • Menurut fungsi sistem

Sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT system), sistem teknologi informasi yang khusus ( dedicated IT system) dan sistem teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system).

Embedded IT system adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain seperti VCR (video casette recorder).

Dedicated IT system adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus seperti ATM (anjungan Tunai Mandiri) yang dirancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank.

General purpose IT system adalah sistem teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum seperti PC yang bersifat serbaguna yang umum dipakai di rumah.

  • Fungsi menurut ukuran

Fungsi menurut ukuran ini lebih cenderung berdasarkan ukuran informasi yang dapat ditampung, kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan pemroses dan jumlah orang yang menggunakan secara bersamaan. Klasifikasi komputer yaitu mikrokomputer, workstation, minikomputer, mainframe dan superkomputer.

  1. Superkomputer, jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Bisa menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan kompleks misalnya peramalan cuaca dan perancang roket.
  2. Mainframe, jenis komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani proses data dengan volume sangat besar.
  3. Minikomputer, sering disebut midrange yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai server.
  4. Workstation, jenis komputer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC (bisa menampung 8gigabyte sedangkah PC biasa bisa di bawah 1gigabyte).
  5. Mikrokomputer (IC/Proccessor), PC atau komputer pribadi. Mikrokomputer dapat berbentuk PC desktop, tower PC, laptop, notebook, palmtop dan PDA.
    • Desktop PC adalah jenis PC yang berukuran besar yang umum digunakan di rumah atau kantor dengan case (kotak CPU).
    • Tower PC adalah PC dengan case dalam keadaan berdiri (seperti menara).
    • Laptop adalah mikrokomputer yang bisa dibawa bepergian.
    • Notebook adalah mikrokomputer yang bisa dibawa bepergian dengan bentuk lebih kecil daripada laptop.
    • Palmtop atau biasa disebut handheld PC (PC genggam) adalah komputer berukuran sedikit lebih besar daripada kalkulator sehingga dapat diletakkan di tangan.
    • PDA (personal digital assistant) adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard.
  6. Minikontroler, sering disebut embedded computer adalah mikroprosessor khusus berukuran kecil yang bisa dipasang pada peralatan elektronis cerdas, mobil, lift dan barang yang lainnya. Peranan :
    • Bank
    • Pendidikan
    • Medis
    • Kepolisian
    • Perdagangan elektronik dan produk

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>