Contoh Pidato

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

-Al-Mukaarrom Al ustadz Muhammad Abdurachman Hilmy selaku pimpinan pesantren tahfidz Al Fatah

-Al Mukarrom para jajaran assatidz dan assatidzah pesantren tahfidz Al Fatah

Serta kawan-kawan seperjuangan yang saya banggakan

السَّلاَمُ  عَلَيْكُمْ  وَرَحْمَةُ  اللهِ  وَبَرَكَاتُهُ

اَوَّلاً نَحْمَدُ اللَّهِ وَنَشْكُرُهُ تَعَا لَى عَلَى نِعَمِهِ الْكَثِيْرَةِ مِنْ
صِحَّةِ اْلاَجْسَا د وَالْاَبْدَانِ وَقُوَّةِ الْاِسْلَمِ وَالْاِيْمَانِ
ثَانِياً صَلَاةً وَ سَلَامًا دَاىِمَىِنِ مُتَلَازِمَيْنِ عَلَى سَيِّدِ
الْاِنْسِ وَالْجَآنِّ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٌ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ
ذَوِى ا الْغُفْرَانِ طَيِّبْ مُبَا شَرَةً اَقُومُ هُنَا اَ مَا مَكُمْ جَصِيْعًا
سَاُلْقِيَ اِلَيْكُمُ الْخِطَابَةِالْبَسِيْطَةِ تَحْتَ الْمَوْضُوْعُ

PEMBENAHAN POLA PIKIR UMAT ISLAM DALAM MENGHADAPI KEMAJUAN ILMU DAN TEKNOLOGI

Hadirin yang dirahmati Allah SWT, seiring dengan perkembangan sains dan teknologi modern yang kian hari tak terbendung kemajuannya,melesat laksana meteor menembus Cakrawala bahkan alam tak sadar kita. kemajuan kemajuan sains dan teknologi telah membuka mata kita betapa besar manfaatnya bagi kehidupan umat manusia. Coba kita bayangkan dulu ketika zaman nabi kendaraan yang paling modern adalah kuda dan unta. Pada zaman kerajaan Majapahit kendaraan yang paling populer adalah tandu,dolkar,atau delman, orang bepergian terkendala oleh Medan kondisi,dan situasi. Tetapi sekarang sarana transportasi begitu maju dan cepat,dan tak terbatas oleh Medan waktu dan suasana. Kemajuan perkembangan yang paling mencengangkan dibidang informatika kini hubungan berkomunikasi tak terbatas kan oleh jarak dan waktu.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT,sejalan dengan kemajuan sains dan teknologi yang begitu besar manfaatnya pada umat manusia itu sendiri. Mengapa demikian perkembangan teknologi yang canggih dapat merusak akal manusia juga?…ini semua dikarenakan sains dan teknologi desainer dan pengolahan nya dimonopoli oleh orang orang yang tidak mempedulikan agama,akhlaq,moral dan etika. Kita masih ingat kah kekejaman-kekejaman amoral yang disebabkan dampak negatif,kemajuan sains di bidang persenjataan Bom Atom,senjata kimia perusak saraf dan senjata-senjata pembunuh masal lainnya. Belum lagi dampak yang ditimbulkan oleh teknologi informatika, kedokteran,pertanian, peternakan,dan bidang lainnya.

Maka sebagai kiat-kiat untuk mengantisipasi dampak-dampak negatif perlu ditanamkan mentalis akhlak dan iman yang kokoh,agar umat tidak mudah terbawa arus,tidak mudah terpengaruh oleh budaya-budaya kafir yang sengaja ditiupkan untuk merongrong,memperlemah,dan pada akhirnya menghancurkan keimanan dan ketaqwaan kita.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah:120

“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang Kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka.”

Hadirin yang dirahmati Allah SWT, keimanan dan akhlak merupakan besok yang paling utama bagi kita sebagai muslim dan muslimat, akhlak merupakan penutup Aurat. Manusia akan telanjang bulat kalau tidak berakhlak,tidak bermoral,dan tidak beretika. Kedudukan akhlak jauh lebih tinggi dibandingkan moral dan etika,karena akhlak bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT, pembangunan-pembangunan di Indonesia tercinta ini akan gagal total kalau krisis akhlak dan moral tidak segera diatasi, walaupun tahun demi tahun pemerintahan membangun ribuan sekolah ratusan perguruan tinggi dan tempat-tempat pendidikan lainnya,apabila pendidikan tersebut tidak didasarkan pada agama dan akhalakul Karimah,maka jangan kaget 10 tahun mendatang bangsa yang besar dan megah ini akan menjadi NERAKA MORAL. Nauzubillahi min dzalik.

Penyair sufi Arab dengan mantab menyatakan:

 “Eksistensi suatu bangsa ditentukan oleh baik buruknya keindahan akhlak.”

Nilai suatu bangsa bukan terletak pada banyaknya jumlah gedung pencakar langit,gemerlapnya club-club malam,meriahnya tempat-tempat hiburan. Tetapi terletak pada keindahan akhlaknya. Akhlak lah yang akan menentukan kualitas suatu masyarakat,bangsa,dan negara.

-Pohon akan layu,manakala akar-akarnya kering.

-Jembatan akan ambruk,manakala tiang penopang nya rapuh.

Demikian pula suatu negara,bangsa akan hancur manakala Aparat-aparat, pejabat-pejabatnya dan masyarakat nya sudah berani memainkan korupsi,suap atau sejenis nya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda

Yang artinya:

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak.”

اَظُنُّ كِفَايَةّ خِطَابَتِى الْبَسِطَةِ رَجَاءً تَامًّا مِنَ اللَّهِ لِتَكُوْنَ

هَذِهِ الْخِطَابَةُ نَفِعَةً لِيْ وَلَكُمْ جَمِيْعًا قَطَبْعًا هُنَكَ الْعُيُوْبُ

وَالنَّقَاىِصُ فِيْ شَتَّى الْكَلَامِيْ مِنَ الْبِدَايَةِ اِلَى النِّهَايَةِ

فَلِذَلِكَ اِعْتِدَرْتُ اِلَيْكُمْ جَمِيْعاً فَاِنَّ الْاِعْتِدَارُ مِنِّيْ جَدِيْرٌ

وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ هَدَانَااللَّهُ وَاِيّكُمْ اَجْمَعِيْنُ

 

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>