One Plus 3

Review OnePlus 3

OnePlus 3. Smartphone ini telah resmi dirilis pada tanggal 15 Juni 2016, dan membawa spesifikasi canggih yang siap bersaing melawan smartphone flagship buatan Samsung, Xiaomi, Vivo, Sony, dan LG. Pasalnya smartphone ini akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang didalamnya membawa 2 inti processor berkecepatan Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo.

Chipset Qualcomm Snapdragon 820 menjadi chipset dengan performa tercepat saat ini, sehingga tak heran banyak sekali smartphone flagship yang mengadopsinya. Tak hanya itu, OnePlus 3 juga dibekali Ram berkapasitas 6GB dan didukung pengolahan grafis bertipe Adreno 530. Alhasil performa smartphone ini akan sangat cepat dan mampu menjalankan semua aplikasi dan game dengan lancar. Kemudian untuk bagian software, sudah ada OS Android Marshmallow 6.0 yang dioptimalkan oleh antarmuka OxygenOS terbaru.

Dengan spesifikasi yang tergolong sangat tinggi, pastinya OnePlus 3 akan mampu menarik minat pecinta gadget di seluruh dunia. Terlebih smartphone ini akan dibekali layar berukuran 5.5 inci yang disempurnakan oleh panel Optic AMOLED capacitive touchscreen, dengan resolusi Full HD (1080 x 1920 pixels) serta memiliki kepadatan layar mencapai 401 ppi. Cukup disayangkan OnePlus tak melengkapinya dengan layar Quad HD, mungkin agar harga OnePlus 3 bisa lebih murah dibandingkan smartphone flagship berlayar Quad HD.

Harga OnePlus 3 akan jauh lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy S7 Edge ataupun LG G5. Walaupun begitu, smartphone ini tetap menawarkan teknologi kamera terbaik yang dilengkapi fitur Optical Image Stabilization, OIS, dan phase detection autofocus. Sedangkan untuk resolusinya mencapai 16 Megapixel dan mampu mengabadikan video hingga resolusi 4K (2160p@30fps). Kemudian untuk kamera bagian depan, kabarnya akan mengusung lensa 8 Megapixel untuk memanjakan pengguna OnePlus 3 saat berfoto selfie dan berkomunikasi via video call.

Dibalik bodi metal dengan berdimensi 152.7 x 74.7 x 7.4 mm dan berbobot 158 gram, sudah ada baterai berkapasitas 3000 mAh. Baterainya cukup besar dan bisa bertahan seharian penuh. Selanjutnya untuk bagian konektivitas, OnePlus akan melengkapinya dengan teknologi 4G LTE dan memiliki fitur Dual Sim. Sama seperti OnePlus 2 Mini yang kabarnya akan segera dirilis, tersedia pula port USB Type-C yang sebelumnya dimiliki OnePlus 2, serta membawa konektivitas pendukung berupa, Wi-Fi Dual Band, Bluetooth v4.2, NFC dan navigasi GPS berteknologi satelit A-GPS dan Glonass.

Berbagai fitur canggih akan memanjakan pengguna OnePlus 3 dalam mengoperasikan smartphone milikinya. Nah salah satu fitur andalannya adalah teknologi fingerprint sensor yang akan mengoptimalkan sistem keamanan data dan privacy pengguna OnePlus 3. Sebagai pembanding, OnePlus memiliki sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan pada tombol home di sisi depan, dan hal serupa juga dimiliki OnePlus 3. Selain itu, tersedia pula fitir Dash Charging yang bisa mengisi baterai 60% dalam waktu 30 menit.

Lebih hebatnya lagi, OnePlus 3 memiliki bodi full metal yang membuatnya terlihat lebih premium dibandingkan OnePlus 2. Selain itu, tersedia pula lapisan antigores bertipe Corning Gorilla Glass 4 yang siap melindungi layar 5.5 inci dari goresan ataupun benturan ketika terjatuh. Namun yang paling hebat dari OnePlus 3 adalah hadirnya Ram berkapasitas 6GB, dan kamera beresolusi 16 Megapixel yang sanggup mengabadikan video dan foto dengan hasil berkualitas tinggi.

Harga OnePlus 3 Perdana

Dilansir dari gsmarena.com, untuk membeli satu unit OnePlus 3, sobat harus menyiapkan uang sebesar USD$399 atau setara Rp. 5.3 Jutaan. Harganya tergolong sangat murah, mengingat smartphone ini memiliki Ram berkapasitas 6GB dan didukung chipset serta processor tercepat saat ini. Dibalik murahnya harga OnePlus 3, tersedia pula kamera beresolusi tinggi yang didukung lensa 16 Megapixel dengan fitur PDAF, OIS, dan LED Flash. Selain itu, smartphone ini juga menawarkan desain premium dan layar Full HD berukuran 5.5 inci yang membuatnya semakin menarik untuk dimiliki.

Sayangnya OnePlus sudah memutuskan untuk berhenti berjualan di Indonesia, jadi sobat jangan harap bisa medapatkan smartphone ini dengan garansi resmi. Peraturan pemeritah mengenai TKDN mengharuskan OnePlus angkat kaki di Indonesia, padahal smartphone buatannya sangat diminati pecinta gadget tanah air, karena menawarkan spesifikasi tinggi dan harga terjangkau. Begitu pula dengan harga OnePlus 3 yang dibanderol jauh lebih murah dibandingkan smartphone flagship yang memiliki fitur dan teknologi serupa.

https://www.detekno.com/spesifikasi/harga-oneplus-3/