Sapphire Nitro Radeon RX 470 8G D5

Standard

AMD (Advanced Micro Device) adalah salah satu perusahaan semikonduktor multinasional, Salah satu produknya adalah kartu grafis atau biasa disebut VGA. Dengan harga yang ditawarkan oleh seri pendahulunya yaitu RX 480, mungkin masih terlalu mahal untuk mereka yang memiliki budget tipis atau untuk mereka yang baru pertama kali ingin mencoba PC gaming. Untungnya RX 470 bisa memuaskan permintaan konsumen dengan sedikit turunan dari versi RX 480. Dibekali dengan performa hingga 4,9 TFLOP/s, mempunyai 32 unit komputasi, 2048 stream processors  dengan 150-watt TDP dalam model konektor 8 pin.

Spesifikasi :

spek

 

A CLOSER LOOK

Dari segi tampilan, Sapphire membalut RX 470 dengan warna hitam. Dibandingkan dengan menggunakan corak warna yang mencolok, Sapphire lebih menggunakan warna serta desain yang simple namun tetap elegan.

Sama halnya dengan bagian depan dari RX 470, bagian belakang pun didesain dengan koordinasi warna dan garis yang cantik.

Cooling fans terbaru dari Sapphire menawarkan 85% lebih tahan lama dibandingkan versi pendahulunya. Terlebih lagi, 95mm dual fans yang diusung Sapphire ini diklaim 10% lebih sunyi dan dapat diganti

Sapphire juga menggunakan fitur 0db fan mode yang hanya akan hidup apabila temperatur pada GPU sudah melebihi 52C. Alhasil, GPU akan sunyi saat browsing, streaming, dan bermain game ringan. Saat menjalankan program berat, suara yang dihasilkanpun tetap sunyi, ini merupakan suatu kemajuan dari Sapphire.

Konektor 8-pin PCI-E digunakan untuk meningkatkan performa overclock dan untuk memastikan GPU punya daya yang cukup untuk overclocking. Dari gambar ini kita dapat melihat PCB dan alumunium heatsink untuk meningkatkan heat dissipation

Nitro Glow technology menawarkan berbagai macam mode pencahayaan RGB seperti statis, rainbow shift, merubah warna sesuai kecepatan fan,  dan temperatur PCB. tentu saja fitur ini dapat dimatikan  menggunkan onboard switch. secara default GPU akan memakai warna biru statis pada nama Sapphire

Bagian belakang I/O mempunyai dua DisplayPort 1.4, dual-link  DVI-D dan dua HDMI 2.0b. Arsitektur terbaru AMD support HDR dan layar 4K h.265 encode/decode.

PERFORMA

Berikut adalah benchmark dari beberapa game menggunakan RX 480 OC :rx470_bench

KESIMPULAN

Dengan harga yang ditawarkan Sapphire Nitro+ RX 470 OC, GPU ini memang ditujukan untuk kalangan menengah keatas, namun dengan rentan harga yang mirip, GTX 1060 lebih layak untuk dipinang dilihat dari segi performa maupun efisiensi. Namun dengan banyaknya fitur-fitur yang disediakan AMD seperti Crossfire, Vulcan, multi monitor Eyefinity, dan AMD Freesync, membuat GPU ini layak untuk dibeli.